Simak Kutipan kata Inspiratif Berikut untuk Membantu Anda Tetap Fokus Pada Tujuan

By |

Fokus pada tujuan merupakan hal perlu dilakukan seseorang jika ia ingin memperoleh keberhasilan dalam hidupnya. Perencanaan yang matang jika tidak dibarengi dengan usaha yang konsisten secara terus menerus akan sulit memperoleh kesuksesan.

Menurut Om Bob Sadino jangan jadi orang “pintar” namun jadilah orang “bodoh” jika kita ingin berhasil dalam usaha.

Orang “pintar” adalah orang yang kebanyakan rencana dan ide yang membuat dia tidak fokus pada tujuannya. Apa pula yang dimaksud orang “bodoh” ? Orang “bodoh” adalah orang yang tidak banyak rencana sehingga ia fokus pada tujuannya.

Itulah sekilas mengenai fokus pada tujuan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut,  yuk simak saja kata bijak dari pertamakali.com berikut ini supaya kita lebih baik dalam memaknai kata fokus dari tokoh tokoh yang sudah lebih dulu sukses di bawah ini !

 

Kutipan Kata Inspiratif tentang Fokus

 

Fokus pada Tujuan Bukan Pada Rasa Takut

“Fokus kepada tujuan bukan kepada rasa takutmu.” – Anthony Robbins

Banyak orang yang merasa takut ketika ingin mencapai tujuannya. Misalkan seseorang yang dipromosikan naik jabatan memiliki ketakutan untuk dapat bersaing dengan rekan kerja yang terlihat lebih pintar darinya. Sehingga rasa takutnya membuat dia lebih memikirkan kelebihan rekan kerjanya serta tantangan yang akan dihadapi, ketimbang apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Kata kata bijak Anthony Robbins di atas mengingatkan kita agar kita fokus pada apa yang menjadi tujuan kita bukan pada ketakutan yang akan kita hadapi.

Baca Juga : Kata kata tentang rasa takut

Cobalah untuk menetapkan tujuan mu terlebih dulu mulai dari tujuan jangka panjang kemudian dibagi-bagi menjadi tujuan jangka pendek. Jangan lupa juga buatlah fokus tahunan untuk merencanakan hal hal apa yang perlu Anda lakukan dalam 1 tahun ke depan. Setelah itu buatlah tujuan bulanan dan harian Anda.

Bekerja lebih cerdas dan sesuai target serta belajar lebih banyak untuk menciptakan nilai yang bermanfaat bagi perusahaan atau orang-orang sekitar dan bukan untuk mengalahkan pesaing, merupakan satu kunci untuk menghilangkan ketakutan kita. Jadikanlah pesaing sebagai partner, bukan lawan yang harus kita hadapi atau kalahkan.

Jangan lupa pula berdoa agar langkah kita diberi kelancaran oleh Allah SWT.

Pahami Kompetensi dan Pertahankan Fokus

“Mempertahankan fokus adalah kunci sukses. Anda seharusnya memahami bidang kompetensi Anda, keterampilan Anda, dan menghabiskan waktu serta energi Anda di sana.” – Bill Gates

Sebelum Anda fokus dalam karir Anda, pahami terlebih dulu apa kelebihan dan minat Anda. Pilihlah karir atau bidang usaha yang paling berhubungan dengan minat dan bakat Anda. Jangan menjalani bidang pekerjaan yang Anda sama sekali tidak menyukainya.

Ketika kita sudah memiliki tujuan hidup dan tujuan karir, pertahankanlah tujuan tersebut secara konsisten. Fokuslah pada minat Anda tersebut sehingga suatu saat Anda dapat membangun usaha sendiri ketika Anda sudah memiliki cukup keterampilan dan modal. Teruslah berusaha membangun impian Anda sampai Anda mencapai apa yang Anda cita-citakan.

Jangan lupa juga untuk menciptakan inovasi bagi pekerjaan atau usaha yang sedang Anda jalankan.

Adakalanya di tengah jalan Anda merasa jenuh karena pekerjaan atau usaha yang Anda jalankan begitu-gitu saja. Coba pikirkan kembali apa yang sudah Anda capai sampai saat ini, apa yang menjadi minat dan kompetensi terbaik Anda hingga saat ini, coba lah mulai dari apa yang sudah Anda miliki sampai saat ini untuk melakukan langkah selanjutnya.

Bisa saja Anda melakukan sedikit perubahan haluan sesuai dengan apa yang sudah Anda kembangkan dan Anda miliki. Ini bisa terjadi karena kita perlu menyesuaikan dengan perubahan yang sangat cepat baik di bidang teknologi, politik mau pun bisnis.

Jangan Memikirkan Hal-hal Kecil

“Anda tidak akan mencapai kebesaran yang Anda idamkan dengan mengkhawatirkan hal-hal kecil, memikirkan yang kecil-kecil, dan melakukan yang kecil-kecil. Ukuran Anda ditentukan oleh ukuran dan kualitas dari fokus Anda.” – Mario Teguh

Memang benar apa yang dikatakan Mario Teguh dengan kata kata bijaknya. Seseorang akan sulit berkembang jika banyak memikirkan hal hal kecil ketimbang hal hal yang seharusnya dia selesaikan. Hal-hal kecil di sini menurut Mario Teguh adalah segala macam kejadian yang dapat terjadi dalam hidup seseorang yang kurang berkaitan dengan tujuan hidupnya. Misalkan ada orang yang banyak menghabiskan waktunya untuk bertengkar karena urusan sepele dengan rekan nya, ada juga yang menghabiskan waktu untuk mengurus hobinya sehingga uangnya banyak dihabiskan untuk kegiatan yang kurang mendukung cita cita nya, ada juga akibat pertengkaran keluarga atau rumah tangga, dan lain sebagainya.

Berbagai kekhawatiran kecil juga bisa jadi penghalang, misalkan adanya perasaan gengsi, minder, pikiran negatif, dan lain-lain.

Atasi itu semua dengan lebih banyak belajar, berkomunikasi dan bekerja dengan visi dan misi untuk menciptakan nilai yang dapat berguna bagi perusahaan serta usaha Anda.

Jangan Meremehkan Fokus

“Orang “Pintar” sering menganggap remeh kata Fokus. Buat dia, melakukan banyak hal lebih mengasyikkan. Sementara orang “bodoh” tidak punya kegiatan lain kecuali fokus pada bisnisnya.” – Bob Sadino

Biasanya orang yang pintar akan memiliki banyak ide “brilliant” yang membuatnya tergoda untuk melakukan hal-hal di luar bisnis utama nya. Berkebalikan dengan orang yang “bodoh” menurut Om Bob Sadino. Orang bodoh yang dimaksud disini adalah orang yang tidak punya pikiran macam macam kecuali hanya untuk menjalankan serta memajukan bisnis utamanya.

Jangan Keluar Jalur karena Orang Lain

“Tetap fokus daripada tersinggung atau keluar jalur oleh orang lain.” – John C. Maxwell

Kali ini John C. Maxwell seorang motivator serta penulis kenamaan Amerika memberikan nasehat kata kata bijak yang sepertinya sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari baik itu di tempat kerja kita atau di lingkungan keluarga atau pergaulan kita.

Ada saja orang yang bisa membuat kita tersinggung. Terkadang hal ini terjadi di saat yang kita tidak duga-duga.

Pertengkaran kecil dalam keluarga juga bisa menyebabkan kita kehilangan fokus. Bagi orang yang bisa mengendalikan emosinya biasanya ini bisa cepat berlalu.

Namun bagi yang sedang susah mengendalikan emosi coba beberapa tips berikut ini :

Cara Mengatasi Marah

Kunjungi juga kata kata bijak dari tokoh terkenal berikut :

Kata kata Tentang Amarah

Sebaiknya tetaplah fokus daripada mengikuti emosi kita, karena fokus pada tujuan dapat meredam amarah yang ada pada diri kita. Sedangkan mengikuti amarah dapat merusak mood serta mengganggu aktifitas kita sehingga akan menjauhkan kita pada tujuan.

Tidak Cukup hanya Rencana

“Tidak cukup kita sekadar punya target untuk diraih. Tetapi dibutuhkan tekad baja, mental pantang menyerah, dan terus fokus, fokus, dan fokus dalam memperjuangkannya.” – Andrie Wongso

Target dan perencanaan yang baik merupakan salah satu modal yang dibutuhkan ketika kita ingin meraih cita-cita.

Namun meski kita memiliki perencanaan yang baik untuk meraih cita-cita, menurut kata kata bijak Andrie Wongso di atas itu belumlah cukup untuk mencapai keberhasilan. Diperlukan usaha yang lebih dari sekedar perencanaan, yaitu tekad yang kuat serta usaha yang pantang menyerah.

Tekad ini perlu kita jaga dengan tetap semangat pada apa yang menjadi cita cita kita. Teruslah berusaha sampai Anda memperoleh apa yang Anda cita-citakan. Iringi usaha Anda dengan memperbanyak sedekah dan doa kepada Allah SWT.

Jangan Kehilangan Fokus

“Pertandingan mengalami pasang surut, tapi kamu tidak bisa kehilangan fokus terhadap tujuan pribadimu dan kamu tidak bisa membiarkan dirimu dikalahkan karena kurangnya usaha.” – Michael Jordan

Adakalanya dalam suatu pertandingan basket sang Legenda Basket, Michael Jordan, mengalami kemenangan dan adakalanya juga mengalami kekalahan. Hal yang tidak boleh ia lakukan adalah menjadi kurang usaha dan kehilangan fokus untuk tetap meraih prestasi. Seperti yang tertera pada kata kata bijaknya, meskipun hasil pertandingan bisa menang atau kalah, ia tetap berusaha dan fokus untuk meraih prestasi. Tentunya dengan tetap melakukan latihan keras dan disiplin untuk meraih prestasi serta kemenangan.

Hal ini juga seharusnya bisa kita terapkan pada kehidupan kita sehari-hari. Adakalanya dalam usaha kita mengalami keberhasilan dan adakalanya pula kita mengalami kegagalan. Meskipun begitu kita jangan menyerah dengan kegagalan yang dihadapi. Begitu juga dengan keberhasilan kita, jangan sampai kita menjadi lengah. Tetaplah pada jalur Anda untuk melakukan yang terbaik agar kesuksesan dapat diraih dan terus bertambah.

Fokus untuk Menghilangkan Galau

“Galau akan berlalu ketika kita fokus memaafkan, bersyukur, dan meningkatkan diri!” – Tung Desem Waringin

Banyak penyebab terjadinya galau pada diri kita. Bisa jadi galau itu datang, saat kita sedang berselisih dengan rekan kita atau anggota keluarga, atau bisa juga galau datang ketika kita mengalami kegagalan dalam usaha.

Menurut Tung Desem Waringin agar galau dapat berlalu, kita perlu tidak sekedar memberi maaf dan bersyukur, namun juga diselipkan kata fokus pada kata kata bijaknya, artinya kita melakukan usaha yang lebih (ekstra) untuk memaafkan diri kita sendiri, orang lain serta lebih banyak dalam bersyukur.

Salah satu caranya adalah dengan tetap menjalin hubungan baik dan bersilaturahmi dengan orang yang berselisih dengan kita (kalau perlu meminta maaf jika kita yang salah), tidak menyalahkan diri sendiri, memperbanyak ibadah dan bersedekah sebagai cara kita bersyukur.

Itulah kutipan kata kata bijak mengenai fokus dari pertamakali.com, semoga bermanfaat.

Images :

Pixabay.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *