12 Jenis Kucing yang Asik Dijadikan Binatang Kesayangan Di Rumah

  • Whatsapp

Kucing memang menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang disukai sebagian orang sifatnya yang suka bermalas-malasam sering menjadi pilihan banyak orang.

Hal ini tentunya sangat cocok bagi anda untuk menemani bermalas-malasan.

Berbeda dengan anjing yang termasuk hewan aktif dan anda pun harus sering mengajaknya jalan-jalan keluar rumah.

Nah, bagi anda yang memang berminat untuk memelihara kucing, berikut beberapa jenis kucing peliharaan yang ‘asik’ untuk dijadikan hewan kesayangan di rumah.

Kucing Persia

Jenis kucing Persia merupakan jenis kucing yang tertua. Kucing yang memiliki karakter tenang dan menghanyutkan ini memang menjadi salah satu jenis kucing peliharaan yang banyak digemari.

Bulu yang lebat serta hidung yang pesek inilah yang membuat kucing ini terlihat menggemaskan.

Kucing ini juga sangat menyenangkan untuk diajak hidup berdampingan dengan manusia.

Walaupun wajahnya terlihat jutek seperti orang yang bosan, tetapi kucing ini tetap terlihat lucu.

Untuk memelihara jenis kucing ini anda harus menyiapkan ruangan khusus di dalam rumah anda dan anda pun harus siap untuk merawat bulunya.

Hal ini dikarenakan keunggulan atau keunikan dari kucing ini adalah bulunya maka tidak heran jika perawatan bulunya pun membutuhkan perhatian yang khusus.

Abyssinians

Jenis-Kucing-Abyssinians

Kucing yang mudah dekat dengan manusia terutama anak-anak ini mempunyai nama singkat Abys.

Selain cepat dekat dengan majikannya, kucing ini juga dapat hidup rukun dengan hewan peliharaan lainnya.

Ciri fisik dari kucing ini adalah memiliki kaki yang pendek, telinganya panjang serta kakinya langsing. Ukurannya pun cukup mungil, yaitu 3 hingga 5 kg. Kucing Abys juga memiliki ciri suka penasaran dan tidak bisa diam atau dapat dikatakan suka berpetualang sendiri.

Jadi jika anda memang mencari kucing untuk menemani anda bermain, tidak ada salahnya anda memilih jenis kucing yang satu ini.

Exotic Short Hair

Kucing yang mirip boneka ini terlihat sangat imut, jadi tidak heran jika banyak orang yang menyukainya.

Memang jenis ini masih termasuk dalam ras kucing Persia dengan ciri bulunya lebih pendek, hidungnya yang pesek serta wajahnya yang ekspresif.

Sedangkan karakter dari kucing ini sangat tenang dan ramah pada majikannya. 

Nah, bagi anda yang memang menyukai jenis kucing ras Persia, namun tidak memiliki banyak waktu untuk merawat bulunya, kucing ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Kucing ini juga sangat ramah pada hewan peliharaan lainnya maupun anak-anaknya. Walaupun pada waktu tertentu kucing ini juga akan terlihat galak.

Siamese

Kucing-Siamese

Kucing yang memiliki bulu pendek dengan ciri khas bermata biru ini mempunyai karakter yang ramah.

Maka tidak heran jenis kucing ini popular dikalangan pecinta kucing. Bahkan kucing ini juga dapat rukun dengan anjing.

Untuk itu, cocok bagi anda yang memang menyukai memelihara kucing dan anjing. Namun yang harus anda perhatikan adalah kucing ini membutuhkan kehidupan atau rutinitas yang teratur.

Untuk itu, anda jangan sering mengajaknya keluar untuk jalan-jalan karena hal ini akan mengakibatkan dirinya menjadi cepat stres.

Jenis kucing yang tidak suka bermalas-malasan ini dapat mencapai usia hingga belasan tahun.

Bulu dari kucing ini cenderung berwarna gelap yaitu antara cokelat dan keabu-abuan namun memiliki mata yang terang dan kontras.

Maine Coon

Kucing yang berasal dari Maine, Amerika Serikat ini memiliki bulu yang tebal serta panjang yang menyelimuti tubuh mereka.

Ukuran dari kucing jenis ini bisa mencapai 9 hingga 10 kg dengan catatan kucing jenis ini dalam keadaan sehat serta ideal.

Kucing Maine Coon bisa bertahan untuk hidup pada cuaca atau daerah yang dingin, namun mereka sedikit agresif. Untuk itu, jenis kucing ini memang tidak terlalu digemari para pecinta kucing.

Tetapi jika kucing ini sudah jinak maka mereka pun juga akan dapat hidup berdampingan dengan hewan lain maupun anak-anak.

Cornish Rex

Ciri khas dari kucing ini adalah memiliki bola mata yang penuh dan besar, bulunya yang lembut seperti karpet dan terang. Jenis kucing ini sangatlah lincah, jadi tidak cocok untuk anda peluk selama berjam-jam.

Jenis kucing ini sangat senang melakukan kegiatan akrobatik apalagi di saat dirinya sedang merasa bahagia.

Jika anda memelihara kucing ini, anda sebaiknya menyediakan ruangan khusus dan memastikan kucing ini tidak keluar tanpa sepengetahuan anda.

Hal ini dikarenakan kucing ini senang berada di tempat yang tidak anda sangka. Seperti berada di mesin cuci yang terbuka dan tempat-tempat lain.

Walaupun kucing ini sangat lincah dan suka kegiatan akrobatik, kucing ini cocok buat anda yang pendiam. Karena kucing ini dapat mengerti perasaan majikannya.

Manx

Kucing-Manx

Jenis kucing yang sangat setia, independen dan hangat pada manusia ini memiliki suara yang bervibrasi. Untuk itu tidak heran jika suara dari jenis kucing ini sangat khas di telinga anda.

Kucing ini juga termasuk jenis kucing yang suka nimbrung dengan kegiatan yang sedang dilakukan oleh majikannya.

Dan mereka pun juga sangat ramah dengan anak- anak maupun hewan peliharaan lainnya.

Jadi anda jangan kaget jika di tengah-tengah kegiatan anda, kucing ini datang dan menghampiri anda.

Perasaan dari kucing ini juga cukup protektif, jika ada orang yang menyakiti anggota keluarganya.

Mereka tidak segan menyerang maupun menggeram. Dan ciri yang paling memudahkan anda adalah, kucing ini tidak takut dengan air.

Dengan demikian maka anda pun tidak akan kesulitan jika akan memandikannya. Bahkan anda pun bisa memandikannya sendiri dengan tenang tanpa harus membawanya ke pet shop.

Scottish Fold

Kucing eksotis yang memiliki penampilan rata-rata gembul dan banyak penggemar ini memiliki keunikan tersendiri.

Keunikan yang dimiliki yaitu bentuk telinganya yang terlipat serta cara duduk dari kucing ini juga sangat khas.

Jenis kucing yang satu ini berasal dari Skotlandia, yang dimana kucing ini merupakan hasil persilangan dari beberapa jenis kucing.

Kucing yang satu ini juga memiliki suara yang ekspresif.

Dengan wajah yang menggemaskan ini, mereka sangatlah cocok untuk menjadi salah satu hewan peliharaan di dalam keluarga anda.

Selain itu, kucing ini juga memiliki sifat yang tidak neko-neko serta ramah dan penurut sama majikannya.

Ragdoll

Kucing-Ragdoll

Hasil dari persilangan kucing Persia dan kucing birma ini merupakan salah satu jenis kucing ras campuran.

Pada awal mulanya memang kucing ini terlihat kecil, namun tidak menutup kemungkinan pada usia dewasa kucing ini bisa mencapai berat hingga 10 kg.

Ciri fisik dari kucing ini adalah memiliki pundak yang lebar, bulu tebal yang ada di sekitar tubuh dan perutnya terlihat gempal.

Kucing yang cenderung lemah dan sedikit kurang lincah ini sebaiknya tidak anda biarkan untuk berkeliaran bebas. Hal ini dikarenakan kucing ini juga tidak memiliki pertahanan diri yang baik.

Namun anda jangan salah paham dulu pada kucing ini, walaupun tidak memiliki sistem pertahanan diri yang baik, kucing ini memiliki banyak penggemar. Jenis kucing ini juga sering diikutkan dalam kegiatan kompetisi.

Himalayan

Kucing yang memiliki ras himalaya ini memang mirip dengan kucing Persia yang identik dengan hidung pesek dan bulunya yang lebat. Namun kucing ini juga memiliki kemiripan dengan kucing Siamese.

Untuk membedakan kucing ini dengan jenis kucing lainnya, anda dapat melihat warna matanya yang biru terang serta warna bulunya yang kontras, yaitu pada bagian telinga serta kaki.

Kucing ini juga termasuk ke dalam golongan kucing yang memiliki kaki pendek yang suka berada di dalam ruangan.

Sehingga anda pun juga harus menyediakan ruangan khusus untuk kucing ini agar kucing ini tetap berada di dalam ruangan. Sifat dari kucing ini pun sangat ramah pada majikannya, namun sedikit moody.

Angora Turki

Jenis kucing ini memang sering disamakan dengan kucing Persia namun keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Perbedaan yang sangat mencolok ini terlihat dari bentuk wajahnya.

Kucing angora memiliki wajah yang lebih cenderung panjang dan berbentuk segitiga sedangkan kucing Persia memiliki wajah yang yang lebih sempit atau squashed.

Ciri fisik lainnya dari kucing angora ini adalah telinganya tidak terlalu tertutup oleh bulu tebal sehingga bentuk bulat dari telinga masih jelas terlihat. Memliki hidung yang lonjong tidak seperti kucing Persia yang memiliki hidung pesek.

Kucing ini juga termasuk ke dalam kucing yang cukup memiliki banyak peminat untuk mengadopsinya.

Sphynx

kucing-sphynx

Jenis kucing yang sangat unik ini adalah jenis kucing botak alias kucing ini tidak memiliki bulu.

Kucing yang berasal dari Kanada ini termasuk kucing liar. Namun belakangan ini banyak orang yang menyukai jenis kucing ini dan memutuskan untuk dijadikan hewan peliharaan.

Dengan tidak adanya bulu yang menempel di tubuhnya, maka tidak heran jika kucing ini sangat sensitif terhadap udara panas.

Untuk itu, jika anda menyukai kucing jenis ini, sediakan tempat khusus di rumah anda untuk tempat bersantai mereka.

Walaupun pada umumnya mereka akan tetap keluar ruangan dan mencari majikannya untuk bersantai bersama. Berat ideal mereka adalah 4 hingga 7 kg.

Tetapi jika mereka mempunyai berat di atas itu maka anda pun wajib waspada dan segera memeriksakannya ke dokter. Karena hal ini dapat dapat membahayakan kesehatannya.

Ternyata banyak jenis kucing peliharaan yang dapat anda jadikan pilihan untuk dipelihara di rumah.

Namun ketika anda memutuskan untuk memelihara kucing, anda juga harus memikirkan banyak tugas yang harus anda emban untuk merawatnya.

Pastikan anda siap dengan segala perawatannya dari bulu, kuku, makanan serta lain sebagainya.

Tentunya hal ini berkaitan dengan biaya serta waktu luang anda untuk merawat kucing tersebut. Jangan asal dalam merawat kucing ini.

Sanggup kan?

Sumber gambar: Pixabay.com

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *