Aneka macam Ikan Mas Koki dan Cara Memeliharanya

  • Whatsapp

Ikan mas koki merupakan sejenis ikan mas yang memiliki bentuk yang unik. Tidak hanya warna, maskoki memiliki bentuk yang bervariasi. 

Ada yang bentuknya bulat dengan bentol-bentol seperti mutiara, ada yang memiliki bentuk memanjang dengan ekor berumbai-rumbai ada juga maskoki yang bentuk matanya besar seperti balon dengan warna hitam kelam serta masih banyak bentuk dan warna maskoki lainnya.

Saya sendiri pernah memelihara jenis maskoki yang memiliki bodi bungkuk seperti udang dan maskoki yang bodinya besar dengan warna dominan putih dengan warna merah di kepala seperti topi namanya maskoki oranda.

Asal Usul Ikan Mas Koki

Sebelum berkembang seperti sekarang (melalui kawin silang dan peternakan), aslinya ikan mas koki merupakan jenis ikan mas yang didomestikasi pertamakali di Tiongkok sekitar tahun 960 Masehi, yang sepengetahuan saya arti domestikasi adalah dijadikan ikan peliharaan rumah, sehingga bentuknya bermutasi. Ikan mas hias ini memiliki nama latin Catassius auratus.

Ikan Mas Koki kemudian masuk ke Jepang pada tahun 1500 Masehi dan benua Eropa dua abad kemudian. 

Ikan Mas Koki ini mengalami perkembangan pesat di Jepang dengan munculnya varietas-varietas baru hasil kawin silang yang bisa dilihat jenis-jenisnya seperti saat ini. 

Ikan mas hasil ternak dari Jepang merupakan varietas dengan bentuk lebih bulat dan memiliki warna menarik seperti sekarang ini serta memiliki nama latin catassius auratus var japonicus.

Berikut ini merupakan berbagai jenis ikan mas koki yang bisa Anda lihat di pasaran:

Jenis-jenis ikan Mas Koki

The Common Goldfish

The Comet

The Shubunkins

Shubunkins-goldfish

The Wakin

The Jikin

The Fantail

The Ryukin

The Tosakin

The Veiltail

The Telescope

telescope-ikan-mas-koki

The Celestial

The Bubble-eye (Mata balon)

The Pompon

The Pearlscale (Mutiara)

The Oranda

The Ranchu-Lionhead Group

Tips Memelihara Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki merupakan ikan hias air tawar yang pemeliharaannya gampang-gampang susah. Gampang, karena ikan ini merupakan jenis ikan yang tidak terlalu banyak membutuhkan persyaratan khusus untuk memeliharanya, asal tahu kebutuhannya.

Susah, ini berdasarkan pengalaman saya, karena jenis ikan ini mudah stres, terkena penyakit kalau kita malas atau kurang rajin menjaga kualitas air dan makanannya.

Ikan Mas Koki dapat dipelihara seperti pemeliharaan ikan hias pada umumnya.

Dalam memelihara ikan mas koki, menurut pendapat saya sebaiknya dipelihara minimal sepasang (2 ekor) yang bisa terdiri dari jantan dan betina, agar ikan ini tidak mudah stres.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memelihara ikan hias ini adalah:

Makanan

Makanan untuk ikan mas koki banyak dijual berupa pelet di pasaran. 

Makanan utama ikan mas koki yang perlu diberikan lebih sering berupa pelet. Namun ikan mas koki juga perlu diberikan makanan kombinasi lainnya beberapa kali dalam seminggu. Makanan kombinasi bisa berupa cacing tubifex, cacing tanah kecil, udang laut kupas dan remah sayuran (semua jenis yang biasa dikonsumsi manusia).

Kebutuhan pangan untuk mas koki anakan dan dewasa memerlukan nutrisi yang berbeda. Untuk anakan, nutrisi yang diperlukan lebih banyak yang mengandung protein daripada ikan mas koki dewasa.

Jumlah atau Kuantitas Air

Kuantitas atau banyaknya air untuk ikan mas koki ini yang dianjurkan menurut salah satu buku yang saya baca adalah 4 liter (1 galon) per satu ikan koki ukuran kecil (2.5cm – 5cm panjang keseluruhan termasuk sirip ekor). 

Jadi jika Anda ingin memelihara 2 ikan mas koki anakan, maka sebaiknya ukuran minimal akuarium Anda adalah minimal 8 liter. Ini untuk ikan mas koki ukuran kecil. Semakin besar ikannya maka kebutuhan tempatnya juga akan semakin besar volumenya.

Selain itu kuantitas air ini juga tergantung dari space ruangan di mana akuarium akan ditempatkan. Sesuaikan luas ruangan serta size akuarium dengan banyaknya ikan yang akan dipelihara.

Kualitas Air

Air untuk memelihara ikan mas koki perlu dipelihara kualitasnya. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah kebersihan, tingkat pH (7.2 – 7.6), suhu air (18 – 22 derajat celcius). 

Ikan mas koki merupakan jenis ikan yang lebih cocok hidup di air yang suhunya dingin. Namun suhu air yang terbaik untuk memelihara kebanyakan ikan hias ini adalah pada suhu 18 – 22 derajat celcius. Beberapa jenis ikan mas koki ada yang bisa hidup pada suhu mendekati nol derajat cecius. 

Anda bisa menggunakan termometer akuarium untuk memonitor suhu akuarium. Jika suhu air akuarium berada pada suhu 24 derajat celcius atau lebih, akan membuat mas koki Anda dalam kondisi tidak nyaman.

Selain itu, jumlah oksigen pada air perlu diperhatikan. Semakin banyak jumlah oksigen maka akan semakin baik bagi ikan peliharaan Anda. Salah satu cara mempertahankan jumlah oksigen, Anda bisa memberikan tanaman air ke dalam aquarium. Pilihlah tanaman air yang bisa hidup di pH 7.2 – 8, atau minimal sama dengan lingkungan hidup mas koki. 

Beberapa tanaman yang bisa Anda pelihara berdampingan dengan mas koki adalah Java Fern (Microsorium Pteropus), Water Sprite (Ceratipteris thalictroids), dll.

Mempertahankan oksigen bisa juga dengan mempertahankan suhu akuarium agar tidak panas. Semakin panas akuarium, maka tingkat oksigen semakin berkurang.

Pemeliharaan Kualitas Air

Anda dapat mengganti seperempat sampai sepertiga air akuarium seminggu sekali untuk menjaga kualitas air agar tetap sehat untuk ikan mas koki.

Pembersihan filter juga perlu dilakukan sesuai dengan kotoran yang terdapat pada filter. Semakin cepat filter manjadi kotor, maka semakin sering pula filter dibersihkan.

Filter

Filter berfungsi untuk memisahkan kotoran yang ada di air dengan tujuan menjaga kondisi air selalu bersih. Ada beberapa tipe filtering berdasarkan proses pembersihannya, yaitu filter mekanik, filter kimiawi, filter biologis, filter spons, filter undergravel. 

Biasanya satu paket filter bisa terdiri dari beberapa proses termasuk di dalamnya mekanik, kimiawi, bioligis, dan lainnya.

Pilihlah paket filter yang paling sesuai dengan kondisi akuarium Anda. Biasanya disesuaikan dengan ukuran akuarium. Semakin besar akuarium, semakin banyak pula proses filter yang dibutuhkan.

Penempatan Akuarium

Hindari penempatan akuarium yang terlalu dekat dengan jendela (jendela yang terbuka). Penempatan akuarium di dekat ambang jendela akan menyebabkan akuarium  menjadi mudah panas akibat terlalu terbuka untuk cahaya matahari.

Pilih Akuarium yang Lebar atau yang Tinggi?

Prinsipnya seperti ini, semakin luas permukaan air semakin cepat pertukaran oksigen pada akuarium atau semakin baik untuk ikan mas koki. Jadi, jika Anda diberi pilihan akuarium dengan volume yang sama misalnya 100m kubik dan memiliki space ruangan yang cukup, maka pilihlah akuarium yang permukaan akuariumnya lebih luas, bukan yang lebih tinggi.

Temperatur Ruangan

Usahakan penempatan akuarium ikan mas koki Anda pada tempat yang memiliki temperatur ruangan yang stabil. Hindari menempatkan akuarium pada ruangan yang berangin serta bisa mengalami perubahan temperatur ruangan yang drastis. Perubahan temperatur yang drastis bisa menyebabkan kesehatan ikan mas koki menjadi tidak stabil.

Aerator (pompa udara)

Pompa udara dan peralatannya merupakan peralatan penting untuk memelihara ikan mas koki. Pilihlah pompa udara yang disesuaikan dengan ukuran akuarium Anda.

Anda disarankan untuk menyediakan pompa udara yang kapasitasnya dua kali kebutuhan kapasitas akuarium saat ini. Selain baik untuk mas koki, hal ini juga untuk antisipasi jika Anda akan menambah jumlah mas koki Anda nantinya.

Lampu

Ada dua tipe lampu untuk pencahayaan akuarium, yaitu lampu fluorescent dan lampu incandescent. Lampu incandescent biasanya dijual dengan harga yang lebih murah, namun dari sisi pemakaian listrik biaya yang dikeluarkan lebih besar. Selain itu lampu incendescent dapat menyebabkan akuarium menjadi lebih panas terutama untuk akuarium yang kecil.

Pemakaian jenis lampu fluotenscent lebih aman untuk ikan mas koki Anda.

Demikianlah tentang jenis mas koki dan cara perawatannya bagi pemula, semoga bermanfaat.

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *