22 Jenis Bunga Tulip yang Sedap dipandang Mata

  • Whatsapp

“Indah” adalah satu kata yang pasti terlintas pertama kali jika mendengar kata bunga.

Diantara beragam jenis bunga di dunia ini, bunga tulip atau memiliki nama latin tulipa merupakan salah satu yang paling dikagumi banyak orang. Ini karena bentuk bunga tersebut memiliki warna cerah dengan penampilan sangat anggun dan hanya mekar saat musim semi saja.

Saya sendiri, bukan pemelihara bunga tulip. Namun melihat warna dan bentuknya, ingin juga memiliki tanaman ini untuk dipajang di pekarangan rumah.

Jika melakukan search dari jendela google dengan kategori pencarian image, terlihat warna bunga tulip beraneka macam. Mulai dari putih, kuning, ungu kebiruan, merah dengan bentuk yang melingkar dari bawah, kemudian menguncup ke atas. Indah terlihat.

Oleh karena itu, kehadirannya seakan begitu dinantikan setiap tahunnya.

Omong-omong, tentang keindahan bunga Tulip, tahukah Anda dari mana asal bunga ini aslinya?

Asal Bunga Tulip bukan dari Belanda

Bunga tulip sudah populer dijuluki sebagai bunga khas negeri Belanda.

Padahal sebetulnya bunga ini asalnya bukan dari sana, melainkan dari Turki. Konon katanya, bunga ini dulu pertama kali ditemukan pada masa pemerintahan kekhalifahan Turki Usmani.

Ada banyak jenis tulip yang tersebar di dunia. Termasuk di Indonesia, namun bunga ini hanya tumbuh di daerah yang memiliki suhu udara dan cuaca yang sejuk saja. Misalnya wilayah pegunungan seperti di daerah Cipanas, Bogor.

Di bawah ini akan dijelaskan beragam jenis bunga tulip sebagai bahan referensi.

Jenis Bunga Tulip Berdasarkan Waktu Berbunga

Jenis bunga tulip bisa dibedakan menurut waktu berbunganya. Dari klasifikasi ini bunga tersebut digolongkan menjadi 3 bagian.

Tulip berbunga lebih awal,  agak lambat, dan tulip berbunga lambat. Berikut masing-masing pemaparan selengkapnya

Tulip Berbunga Lebih Awal

Jenis tulip yang masuk pada kelompok ini akan mekar mendahului tulip jenis lain yaitu pada awal bulan april.

Tulip pada kelompok ini rata-rata punya bunga yang tumbuh rendah dengan ketinggian yang hanya bekisar antara 15-40 cm saja. Bunga tulip berbunga awal juga terkenal  lebih kuat dan tahan lama, berikut jenis-jenisnya

1. Tulip Single Early

Tulips-Shirley
Source: Pinterest

Pertama dari jenis single early. Tulip Single Early ini hanya punya 6 daun mahkota. Pada umumnya jenis tulip ini berbunga pada awal april. Tulip jenis ini adalah salah satu dari sekian jenis keturunan dari tulip jenis ‘Duke Van Thol’.

Untuk penampakan fisiknya sendiri Tulip Single Early ini cenderung pendek. Rata-rata hanya punya tinggi kurang lebih 20 hingga 30 cm saja. Contoh dari tulip Single Early ini adalah Apricot Beauty, dan Christmas Dream.

2. Double Early

Double-early

Selanjutnya ada jenis tulip Double Early yang punya lebih dari 6 daun mahkota. Namun faktanya jumlah tersebut sebetulnya lebih sedikit dibandingkan jenis Double Late. Soal tinggi tanaman tulip jenis ini bekisar antara 20 hingga 30 cm.

Bunga tulip jenis ini termasuk golongan yang kuat dan tahan  lama. Selain itu punya batang tanaman yang sangat kuat. Waktu untuk tulip double early berbunga adalah di awal bulan April.

Sebagai informasi tulip jenis Double Early ini merupakan keturunan dari tulip ‘Murillo’ yang dikenal punya kelopak bunga warna putih dan 120 kultivar.

Contoh varian dari jenis Double Early ini adalah ‘Peach Blossom’ serta ‘Monte Carlo’.

3. Kaufmaniana

Jenis-bunga-Tulip-kaufmanniana
Source: Hollandbulbfarms

Ada lagi salah satu jenis tulip yang bernama Kaufmaniana. Jenis ini sengaja dikembangkan dari spesies Tulipa Kauffmanniana yang asalnya dari Turkestan.

Jenis tulip ini pada umumnya akan berbunga saat awal di daerah tertentu seperti Washington, D.C. Bahkan kadang-kadang sudah mulai berbunga pada awal bulan Maret.

Untuk penampakan fisiknya, bagian batang tanaman tulip ini punya ukuran pendek.

Sementara bunganya sendiri akan terbuka lebar di bawah sinar matahari. Jika dilihat sekilas, bentuk tulip jenis ini menyerupai bintang segi enam.

Rata-rata tulip Kaufamania ini berbunga pada awal bulan april. Untuk tingginya sendiri bunga ini mampu tumbuh hingga sampai pada ketinggian 10 hingga 20 cm.

4. Fosteriana

Tulip-Fosteriana-amazon
Source: Amazon

Jika mencari jenis tulip dari kelompok berbunga lebih awal dan mudah berkembang biak, Fosteriana ini adalah jawabannya.

Fosteriana ini merupakan hasil persilangan antara banyak jenis tulip yang kebanyakan berasal dari daerah asia tengah.

Sama dangan jenis tulip berbunga awal lainnya, Fosteriana juga akan berbunga saat memasuki awal bulan april.

Untuk tinggi tanaman tulip Fosteriana ini mencapai 25 hingga 51 cm.

Contoh dari tulip Fosteriana ini adalah ‘Purissima’ dengan warna kelopak putih. Ada juga jenis tulip ‘Sweatheart’, dengan warna kelopak kuning dengan tepian putih yang indah.

Tulip Berbunga Agak Lambat

Selanjutnya ada dari kelompok tulip berbunga agak lambat. Sedikit berbeda dengan tulip kelompok sebelumnya, bunga tulip pada kelompok ini cukup lambat soal waktu mekarnya.

Untuk lebih jelasnya berikut pemaparan masing-masing jenis tulip kelompok berbunga agak lambat

5. Tulip Triumph

tulipa-triumph

Tulip Triumph merupakan hasil persilangan antara tulip Single Early dengan jenis tulip lain yang lambat berbunga. B

icara tentang bentuk bunganya, tulip Triumph ini punya bentuk bulat telur yang memang sudah menjadi ciri khas dari bunga tulip. Tulip jenis ini punya batang yang kuat.

Bahkan tulip Triumph ini dikenal mampu bertahan pada kondisi cuaca yang buruk. Rata-rata banyak yang memanfaatkan jenis tulip ini sebagai bunga potong.

Untuk tinggi tanamannya sendiri sekitar 25 hingga 41 cm. Jika ingin melihat tulip ini mekar, biasanya pada pertengahan bulan april.

Tidak seperti jenis tulip pada umumnya yang punya sedikit jenis warna kelopak. Tulip Triumph justru punya banyak warna.

Diantaranya tulip ‘Negrita’ dengan kelopak ungu, ‘Kess Nelis’ warna campuran merah dan kuning, ‘White Dream’ warna putih. Selain itu ada ‘Prominance’ warma merah, ‘Cairo’ kelopak coklat, serta ‘Zurel’ campuran ungu dan putih.

Ada juga jenis ‘Gavota’ dengan warna kelopak merah tua dengan pinggiran  kuning. Bahkan ada jenis tulip dalam kelompok ini yang dinamai dengan kota Indonesia. Yaitu jenis tulip Makassar dengan kelopak warna kuning.

6. Darwin Hybrid

jenis-tulip-darwin-hybrid
Edenbrothers

Merupakan salah satu jenis tulip yang sebetulnya baru dikenal selepas Perang dunia ke 2. Tulip Darwin Hybrid ini adalah hasil persilangan, antara Tulip Fosteriana namun yang ukurannya besar dengan tulip ‘Dawin’.

Jenis tulip ini memiliki kelebihan yaitu mempunyai bunga yang lebih besar dibanding jenis tulip lainnya.

Oleh karena kelebihannya tersebut, tulip ini sering dipakai untuk hiasan taman bunga. Seringkali juga dipakai untuk bunga potong sehingga diproduksi secara besar-besaran. Hal ini didukung dengan pananaman tulip Darwin Hybrid ini tidak sulit, dan punya batang yang sangat kuat.

Bahkan tulip jenis ini juga dikenal sangat tahan terhadap berbagai virus tanaman. Untuk tinggi tanamannya sendiri, tulip ini bisa mencapai 30 hingga 51 cm.

Waktu berbunga tulip Darwin yaitu saat memasuki pertengahan april. Tidak seperti jenis tulip Triumph yang punya banyak jenis warna. Tulip Darwin justru punya sedikit variasi warna.

Diantaranya ada warna merah jambu yaitu jenis ‘Pink Impression’, dan warna merah dari jenis ‘Apeldoorn’ serta ‘Oxford’.

Keturunan dari ‘Apeldoorn’ dan ‘Oxford’ ada jenis ‘Golden Oxford’ dengan kelopak warna kuning tua. Jenis ‘Blusihing Apeldoorn’ warna orange kekuningan. Serta ada ‘Oxford Elite’ dengan warna orange namun dengan pinggiran kuning.

Baca juga tips memanfaatkan lahan sempit untuk apotik hidup.

7. Tulip Greigii

tulipa-greigii-toronto

Ada lagi jenis bunga tulip berbunga agak lambat yaitu dari jensi tulip Greogii. Sebagai informasi, jika tulip ini awalnya dikembangkan dari spesies tulip greigii asal Turkestan. Fisik batangnya sangat kokoh.

Sedangkan untuk bunganya berukuran sedang. Selain itu bunganya juga terbuka lebar di bawah pancaran sinar matahari. Sehingga bila dilihat dari dekat, akan nampak bagian dasar bunga yang berwarna tua bahkan hitam. Sementara bagian daun tulip ini punya motif khas tersendiri.

Tulip Greigii punya daun dengan motif garis-garis dengan corak warna ungu yang cantik.

Waktu berbunga tulip Greigii ini sekitar awal hingga pertengahan april. Untuk tinggi tanamannya sendiri bisa mencapai 20 hingga 30 cm.

Tulip Berbunga Lambat

Selain tulip berbunga awal dan agak lambat, ada juga yang masuk kelompok lain. Yaitu kelompok tulip berbunga lambat. Bedanya dengan kedua kelompok sebelumnya, tentu saja jenis ini waktu berbunganya lebih lambat ketimbang kedua jenis lain. Berikut tulip jenis apa saja yang masuk dalam kelompok tulip berbunga lambat

8. Tulip Single Late

tulip-single-late
Source: Vanengelen

Semua kultivar yang masuk tulip jenis Single Late ini punya bentuk batang yang panjang. Selain itu rata-rata tulip jenis Single late juga juga punya struktur batang yang tergolong sangat kuat.

Ada banyak jenis Single Late yang pernah ditemukan. Mulai dari jenis ‘Breeder’, ‘Darwin’ serta ‘Cottage’.

Namun ketiga jenis tersebut sudah kehilangan ciri khas masing-masing. Hal ini terjadi akibat seringnya dilakukan proses persilangan yang melibatkan ketiga jenis tulip tersebut.

Untuk tinggi tanaman tulip Single Late sendiri bekisar antara 37 hingga 76 cm.

Oleh karena termasuk jenis tulip berbunga lambat, maka Single late ini baru berbunga pada akhir bulan April.

Namun ada salah satu jenis tulip ini yang bernama ‘IIe-de-France’. Tulip ini bisa berbunga lebih cepat bahkan dari jenis tulip berbunga lebih awal.

Termasuk kategori tulip Single Late ini adalah ‘Pink Diamond’ dengan warna kelopak merah jambu. Selain itu ada juga jenis ‘Queen of Night’ yang warna kelopaknya ungu tua.

Baca juga 30 macam jenis bunga mawar sebagai inspirasi tanaman hias.

9. Tulip Double Late

Tulip-double-late
Source: Davesgardenn

Sebutan lain dari salah satu jenis tulip dari kelompok tulip berbunga lambat ini adalah Peony Flowered Tulip.

Dasar penamaan tersebut adalah bunga ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bunga Peony. Jika dilihat sekilas, tulip Double Late ini besar-besar. Mahkota bunganya pun ada berlapis-lapis.

Penanaman tulip double late ini perlu perhatian khusus. Diantaranya harus ditanam di tempat yang cukup terlindungi.

Hal ini karena bentuk bunganya yang besar sehingga kurang kuat menahan hujan lebat serta angin kencang. Untuk tinggi tanamannya sendiri, tulip jenis ini punya ketinggian sekitar 30 hingga 41 cm.

Tulip Double Late pada umumnya akan mulai berbunga pada akhir bulan April. Selain itu tulip jenis ini faktanya hanya memiliki beberapa kultivar saja. Diantaranya ada jenis ‘Angeligue’ dengan warna mahkota putih merah jambu.

Ada juga jenis ‘Mount Tacoma’ yang warna kelopak bunganya putih. Paling terkenal adalah ‘Ice cream’ dengan warna yang berbeda di bagian atas dan bawah.

Tulip ‘Ice Cream’ punya warna kelopak atas putih, sementara bagian bawah berwarna merah jambu.

10. Lily-Flowered Tulip

tulips-Lily-Flowered

Lain halnya dengan kelompok tulip berbunga lambat lainnya yaitu Lily-Flowered Tulip. Tulip ini punya batang yang berukuran cukup panjang.

Bunganya punya karakteristik khusus yaitu bagian mahkotanya yang terbelah dan sedikit meruncing. Jika dilihat sekilas memang mirip dengan bungan Lily.

Konon katanya pada zaman dahulu tulip memang punya penampakan bentuk bunga seperti itu.

Jika ditelusuri, tulip Lily-Flowered ini asalnya dari spesies tulip Acuminata, namun punya batang yang lebih kuat. Jenis tulip ini termasuk dalam golongan bunga potong.

Untuk tinggi tanamannya sendiri bekisar antara 36 hingga 76 cm. Sama seperti jenis tulip kelompok berbunga lambat lainnya jenis tulip ini akan mulai berbunga pada akhir bulan april.

Ada beberapa varian warna dari jenis tulip Lily-Flowered ini. Ada ‘West Point’ dengan warna mahkota kuning cerah.

Jenis ‘Ballerina’ yang warna kelopaknya orange. Ada juga yang paling indah yaitu ‘Marilyn’ dengan warna kelopak yang unik. Yaitu warna putih namun dilengkapi dengan corak mirip coretan kuas berwarna merah.

11. Tulip Fringed Group

tulipa-Fringed-Group
Queenflowerbulbs

Jenis bunga tulip Fringed Group ini juga punya keunikan tersendiri, tepatnya pada bagian tepi mahkotanya.

Pada bagian tersebut terlihat memiliki semacam Kristal atau sejenis rumbai-rumbai. Jika dilihat-lihat, bunga ini sangat cantik dan ternyata juga punya ketahanan yang cukup kuat.

Tulip Fringed Group berbunga saat mulai memasuki akhir bulan april. Banyak dari jenis tulip ini malah berasal dari mutan tulip Single Late.

Misalnya seperti tulip ‘Crystal Beauty’ dengan warna kelopak merah yang merupakan mutan dari jenis ‘Apeldoorn’. Tulip ini memiliki hiasan mirip kristal yang berada pada tepian daun mahkota.

Ada lagi tulip jenis ‘Barnados’ yang masih masuk dalam kelompok jenis tulip Fringed Group. Jenis bunga tulip ini memiliki hiasan pada tepian daun mahkota mirip rumbai-rumbai yang tajam.

Sementara tulip jenis ‘Royal Sphinx’ pada tepian daun mahkotanya hanya memiliki hiasan rumbai-rumbai namun sedikit sekali. Bahkan hampir tak terlihat jika hanya dipandang sekilas.

Varian lain dari tulip jenis ini adalah   ‘Fancy Frill’ dengan warna mahkota bunga merah jambu. Ada juga jenis tulip ‘Hamilton’ yang punya warna kelopak bunga kuning.

12. Tulip Viridiflora

Tulip Viridiflora

Jenis tulip dari kelompok berbunga lambat lainnya adalah tulip Viridiflora. Tulip jenis ini dikenal masih termasuk dalam golongan tulip Single Late.

Karakteristik yang menjadi ciri khas dari tulip ini adalah adanya garis hijau yang terdapat pada daun mahkotanya. Garis hijau ini terbujur mulai dari dasar bunga hingga sampai tepian daun mahkkota.

Tulip Viridiflora ini dikenal punya usia yang cukup panjang. Bunganya sendiri sering dimanfaatkan oleh masyararakat umum sebagai bunga potong.

Sementara untuk tinggi bunga tulip jenis ini bekisar antara 41 hingga 61 cm.

Tulip Viridiflora ini mulai berbunga saat memasuki akhir bulan april. Ada beberapa varian dari jenis tulip ini. Diantaranya ada bunga tulip ‘Spring Green’ dengan warna kelopak putih dilengkapi dengan garis hijau.

Ada juga variasi lain sepeti ‘Greenland’ yang memiliki daun kelopak berwarna merah jambu. Namun masih diselingi garis hijau yang memang merupakan ciri khas dari tulip Viridiflora.

13. Tulip Rembrandt

Tulip Rembrandt

Selanjutnya ada jenis tulip berbunga lambat yaitu tulip Rembrandt. Tulip Rembrand merupakan salah satu  keturunan dari jenis tulip jenis Darwin.

Namun tulip Rembrandt ini telah mengalami proses perubahan warna yang disebabkan oleh serangan virus.

Pada awalnya, orang tidak ada yang tahu jika warna unik mirip goresan kuas yang dimiliki tulip ini adalah karena infeksi virus.

Oleh karena itu, dulu tulip ini diperdagangkan dengan besar-besaran dengan harga yang fantastis. Kondisi ini terjadi sekitar abad ke 17 hingga abad ke 18 an.

Tidak lama setelah itu, baru ketahuan jika tulip jenis ini ternyata mengandung penyakit.

Maka seiring berjalannya waktu jenis tulip Rembrandt yang berpenyakit telah hilang kemudian tergantikan dengan jenis yang lebih baik dan sehat. Tulip Rembrandt banyak berbunga saat memasuki akhir bulan April.

Ada beberapa variasi atau kultivar dari jenis tulip Rembrandt ini. Diantaranya ada jenis ‘Bizarre’ dan jenis ‘Ice Follies’.

14. Tulip Parrot

Tulip Parrot

Terakhir bunga tulip dari kelompok berbunga lambat adalah dari jenis tulip parrot.

Tulip parrot dikenal punya ciri khusus terutama terlihat pada bagian daun mahkotanya. Bagian mahkota tulip Parrot ini lebih mirip bulu unggas.

Sekitar 99 persen jenis tulip Parrot ini merupakan hasil dari perubahan-perubahan jenis bunga tulip yang lain.

Menurut beberapa teori menjelaskan ciri khas tulip parrot yang memiliki mahkota mirip unggas disebabkan karena pemisahan mahkota yang tidak sempurna.

Jenis dari tulip Parrot yang banyak ditemukan pada masa sekarang punya batang yang cukup kuat.

Beda dengan jenis tulip parrot yang hidup pada zaman dulu, terkenal punya batang rapuh dan agak lemah.

Ada banyak variasi warna untuk tulip jenis Parrot ini. Namun hampir semua varian memiliki karakteristik yang mirip yaitu pada tengah daun mahkotanya ada semacam bercak-bercak warna hijau.

Tulip parrot ini tidak punya cukup kuat ketahanan tubuh. Jenis tulip ini tidak cukup kuat dengan cuaca buruk.

Untuk itu perlu ditanam pada tempat yang terlindungi. Jenis bunga tulip ini bisa tumbuh mencapai tinggi 31 hingga 41 cm. Tulip Parrot mulai berbunga saat memasuki akhir bulan april.

Ada beberapa variasi tulip jenis ini yang banyak ditemukan. Misalnya jenis ‘Flaming Parrot’ dengan warna kelopak kuning bersemu coretan merah.

Jenis ‘Estella Rijnveld’ punya warna kelopak campuran merah dan putih. Juga jenis ‘Blue Parrot’ dengan warna kelopak biru tua sedikit keunguan.

Jenis Bunga Tulip Yang Populer Di Dunia

Ada beragam jenis bunga tulip yang hidup hampir tersebar di seluruh dunia.

Hal inilah yang menyebabkan mungkin tidak ada satu pun orang di dunia yang tidak mengenal bunga tulip.

Jika ingin tahu apa saja jenis bunga tulip yang hidup tersebar di seluruh dunia dan menjadi paling digemari, simak uraian berikut ini

15. Tulip Angelique

Tulip Angelique
Source: Blomsbulbs

Ada jenis tulip bernama tulip Angelique. Salah satu jenis bunga tulip yang hidup di dunia ini termasuk jenis yang paling populer.

Banyak yang berpendapat jika tulip Angelique ini adalah tulip paling indah. Jika dilihat, penampakan bunga tulip ini cukup klasik.

Ada sisi feminimnya sedikit karena memang punya ciri khas warna merah mudah lembut. Tulip Angelique ini termasuk jenis tulip berkelopak ganda. Jika diamati lebih dekat, sekilas wujud tulip Angelique ini mirip dengan bunga Peony.

Bagian kelopaknya penuh dan mampu menunjukkan nuansa kemewahan, namun sedikit terlihat berantakan.

Kombinasi warna kelopaknya sungguh cantik, mulai dari pink muda hingga pink terang.

Paling bagus, tulip jenis ini sebaiknya ditanam pada akhir bulan oktober dan November . Hal ini karena pada bulan tersebut mulai masuk musim dingin.

16. Tulip Mini Cantik

mini-tulips

Jenis bunga tulip lainnya adalah tulip mini cantik. Tulip mini cantik ini punya tangkai yang pendek dengan tunas yang berwarna merah muda.

Warna kelopak tulip mini cantik ini adalah pink kemerahan. Namun pada bagian tengah berwarna biru dengan dikelilingi beberapa lengkungan warna putih.

Dalam satu tanaman, tulip ini bisa menghasilkan bunga tidak lebih dari 4 buah. Bagian kelopak bunganya sangat tebal sehingga terlihat mencolok. Panjang bunga bisa mencapai 4 hingga 6 inci.

17. Tulip Little Princess

tulips-little-princes
Source: Amazon

Termasuk jenis bunga tulip taman dengan ukuran mungil. Tulip little Princess ini merupakan hasil persilangan antara Tulip Hageri dan Aucheriana.

Ciri khas dari tulip ini ada di bagian tengah mahkota yaitu warna kuning yang kontras dengan warna bunga.

Warna tulip ini akan terus menggelap seiring bertambahnya usia. Ketahanan tulip ini cukup kuat. Baik dari cuaca ekstrim maupun serangan penyakit dan hewan pengerat.

Oleh karena itu, bisa tumbuh lebih lama. Punya bau yang harum namun ringan. Tulip little Princess melambangkan cinta sempurna.

18. Tulip Tarda

Tulips-tarda

Ada lagi jenis bunga tulip lain yaitu tulip Tarda yang asalnya dari daerah asia Tengah.

Warna kelopak tulip ini didominasi oleh warna kuning namun ada nuansa garis putih di pinggirannya. Tulip Tarda bisa hidup sepanjang tahun dan bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 8 inci.

Bunga ini bisa mekar secara utuh terutama saat hari cerah. Dalam satu batang tanaman, bisa menghasilkan bunga sebanyak 5 buah.

Sangking populernya jenis tulip ini pernah menyabet penghargaan. Pertama dari Garden Merit yaitu “Royal Horticulturra Society Award” tahun 1993. Kedua tahun 1997 mendapat pengjargaan “Flower Blub Of The Year”.

19. Lady Tulip

lady-jane-tulips

Keunikan dari bunga lady tulip adalah saat mekar kelopaknya berbentuk bintang dengan ukuran sekitar 4 inci. Tulip ini didominasi oleh warna putih krem.

Namun bagian tengahnya ada aksen warna emas, dan bagian luar kelopak berwarna pink tua. Tumbuhan lady tulip bisa hidup hingga tinggi mencapai 6-12 inci dengan lebar 8 inci.

Sementara batangnya cukup tinggi dan lurus menguncup. Jika mekar utuh, bunga ini punya ukuran seluas 4 inci dengan bagian tengah mahkota punya aksen warna emas.

Bagian daunnya berwarna hijau keabuan. Tanaman bunga Lady Tulip ini bisa tumbuh subur pada area teduh namun dapat asupan cahaya matahari penuh.

20. Tulip Zurel

Tulips-zurel
Source: Heraldextra

Bunga tulip Zurel punya ciri khas warna kelopak mirip ubi dan gading yang sedikit kemerahan.

Jika dilihat sekilas seperti punya pola yang menyala. Awalnya bunga ini berbentuk kerucut, saat mekar akan terbuka dan berbentuk bulat.

Oleh karena punya warna yang cukup unik, jenis tulip ini banyak dimanfaatkan menjadi hiasan taman.

Tulip Zurel ini punya nama ilmiah Tulipa ‘Zurel’. Pada umumnya salah satu jenis tulip yang populer di dunia ini mulai mekar pada pertengahan hingga saat memasuki akhir musim semi.

Batang bunga tergolong cukup kuat dan kokoh. Selain itu tulip Zurel ini juga punya daun bunga yang menarik.

21. Tulip Shirley dominasi Warna Putih Gading

Tulips-Shirley
Source: Pinterest

Salah satu jenis tulip yang punya kombinasi warna menakjubkan adalah jenis tulip Shirley. Sebenarnya tulip Shirley ini didominasi warna putih gading.

Namun bagian ujungnya berwarna ungu muda. Seiring bertambahnya usia warna bunga ini akan memudar menjadi putih dengan dasar ungu gelap. Lama-lama akan berubah menjadi ungu gelap seluruhnya.

Bentuk tulip ini adalah cangkir tunggal sehingga bisa dipakai sebagai bunga potong.

Jika diukur dari batang tanaman, bunga ini bisa tumbuh mencapai 50 cm. Rata-rata tulip Shirley ini mekar pada bulan April hingga Mei.

22. Prince Irene

Prince Irene
Source: Burpee

Salah satu tulip dengan warna yang didominasi dengan warna orange adalah Prince Irene. Bagian pangkal kelopak masih ada sedikit warga ungu. Tulip ini dikenal punya aroma harum yang dapat bertahan lama.

Prince Irene akan mulai mekar setiap tahun. Bunga ini akan mulai mekar semenjak awal hingga mulai  memasuki pertengahan musim semi. Biasanya orang menanam tulip ini pada pot karena cocok dan terlihat unik.

Itu tadi beberapa jenis-jenis bunga tulip yang bisa diketahui. Mulai dari yang digolongkan menurut waktu berbunganya, atau jenis tulip yang populer di dunia.

Tulip memang salah satu bunga yang dikagumi karena keindahannya. Tertarik untuk menanam salah satu jenisnya?

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *