Internet Marketing yang Ampuh Bagi Perusahaan Startup

By |

Internet Marketing – Saat ini hampir semua pemasaran jasa atau produk dilakukan melalui media online atau internet. Anda bisa liat banyak orang yang memajang produk nya di website ecommerce atau blog pribadi.

Tidak dipungkiri bahwa internet memudahkan orang dalam berbisnis dengan kemudahan mengakses berbagai informasi termasuk jasa atau produk yang dijual.

Jika Anda seorang yang bergerak dalam bidang penjualan atau marketing, Anda wajib mengetahui apa itu internet marketing dan setidaknya tahu bagaimana cara menjalankannya.

 

Apa Itu Internet Marketing ?

 

Internet Marketing

 

Internet marketing merupakan suatu cara memasarkan produk atau jasa, melalui media online (internet). Internet marketing ini dapat dijalankan dengan menggunakan perangkat elektronik yang menghubungkan seseorang dengan internet.

Perangkat yang dibutuhkan seperti jaringan internet, laptop atau desktop, smartphone dan berbagai perangkat lain yang memungkinkan seseorang untuk mengakses internet.

Secara global hampir semua orang tahu arti kata pemasaran. Ya, pada intinya pemasaran merupakan suatu cara menjual produk atau jasa. Penjualan ini bisa dilakukan secara langsung atau pun tidak langsung.

Konten yang ditampilkan untuk memasarkan produk juga beragam. Ada konten teks serta ada juga yang menampilkan konten video.

 

Penjualan Langsung (Direct Sales)

 

Penjualan secara langsung melalui internet biasanya dilakukan dengan memajang produk produk kita di situs ecommerce. Situs ecommerce merupakan situs yang menampilkan list produk beserta harganya. Pada situs ini kita bisa memilih produk, memesan produk atau dengan kata lain melakukan transaksi jual beli.

Contoh situs ecommerce seperti situ lazada.co.id, bhinneka.com, amazon.com dan masih banyak situs lainnya baik itu skala besar maupun skala kecil.

 

Penjualan Tidak Langsung (Indirect Sales)

 

Selain penjualan secara langsung, cara lain melakukan pemasaran adalah dengan melakukan penjualan secara tidak langsung.

Banyak cara yang dilakukan seorang internet marketer dalam memasarkan produknya secara tidak langsung.

Hal ini tidak terbatas pada satu atau dua cara namun bisa bermacam cara digunakan dalam melakukan pemasaran di internet.

Beberapa cara yang paling banyak digunakan adalah melalui email marketing serta menggunakan kunjungan banyak orang pada satu situs (blog) atau halaman tertentu pada satu blog.

Media sosial juga sangat berperan dalam pemasaran secara tidak langsung ini. Beberapa medsos yang biasa digunakan adalah facebook, twitter, pinterest, dan beberapa lainnya.

Dengan banyaknya kunjungan orang pada satu halaman situs atau blog maka akan lebih banyak orang yang dapat ditawari produk atau jasa (calon customer).

Biasanya seorang internet marketing akan memanfaatkan ulasan atau bahasan tentang satu topik tertentu, kemudian ketika banyak orang yang mengakses halaman blognya, dia akan mengarahkan atau mempengaruhi orang tersebut untuk membeli produk atau jasanya.

Contoh nya adalah blog yang mengulas tentang cara memakai jilbab dengan benar. Atau blog yang mengulas tentang cara menurunkan hipertensi.

Kedua topik blog tersebut, jika dioptimasi dengan baik, akan mendatangkan banyak pengunjung yang sedang mencari tau tentang cara memakai jilbab atau cara menurunkan hipertensi.

Ini artinya target pengunjung sudah kita dapatkan sehingga kita bisa menawarkan produk jilbab misalnya atau herbal penurun darah tinggi kepada pengunjung blog kita.

 

Target Pengunjung

 

Hal penting atau mendasar yang perlu diketahui dalam internet marketing adalah bagaimana agar banyak orang mengunjungi serta melihat halaman blog kita.

Karena semakin banyak pengunjung semakin besar kemungkinan orang membeli produk yang dijual.

Jika kita telah membuat blog profile atau blog komersial, sebagus apa pun itu jika tidak ada pengunjungnya tentu akan kurang maksimal bukan?

Beberapa cara agar blog atau situs kita memiliki pengunjung adalah dengan memanfaatkan mesin pencarian di internet seperti google, yahoo, sharing content di social media dan email.

Ini adalah beberapa cara jitu yang bisa dilakukan.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan jasa iklan atau advertise di internet. Misalkan melalui google ads, facebook ads atau memasang banner pada web orang lain yang banyak pengunjungnya serta memiliki topik yang sama dengan produk atau jasa yang kita jual.

Namun ini membutuhkan biaya yang berkesinambungan dan mungkin cukup besar.

 

Optimasi Penggunakan Mesin Pencarian (Google)

 

Salah satu kunci agar website Anda memiliki banyak pengunjung melalui mesin pencarian (google) adalah dengan optimasi web.

Anda bisa mengoptimasi website Anda sehingga dapat muncul di halaman pertama pencarian dengan kata kunci yang sesuai produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Cara ini biasa dikenal dengan SEO (search engine optimization).

Mungkin beberapa dari Anda banyak yang sudah pernah mendengar apa itu seo bahkan sudah mempraktekkannya.

Namun mungkin ada sebagian lagi yang baru mendengarnya.

Atau mungkin juga ada di antara Anda yang langsung merasa ciut mendengar kata SEO..karena terkesan rumit dan sulit dipraktekkan?

SEO yang dilakukan secara manual, menurut saya merupakan salah satu cara ampuh, mudah dan murah dalam memasarkan suatu produk.

Karena pembahasan mengenai SEO ini cukup panjang, saya akan membahasnya pada artikel selanjutnya.

 

Kesimpulan 

 

Internet Marketing sangat dibutuhkan saat ini karena dapat menjangkau konsumen yang lebih besar dan lebih luas dibanding cara konvensional.

Berikut ini merupakan komponen yang bisa Anda gunakan dalam melakukan pemasaran melalui internet (internet marketing) :

  • Blog SEO (Search Engine Optimation)
  • Email Marketing
  • Media social
  • Youtube
  • Web Ecommerce

Dalam menjalankan bisnis Anda perlu menggunakan beberapa cara di atas. Cara di atas dapat dilakukan secara simultan atau parallel dan saling mendukung antara satu dan lainnya.

Berikutnya saya akan membahas bagaimana Anda dapat menggunakan cara SEO untuk mendatangkan pengunjung tertarget ke blog Anda.

Nantikan artikel saya selanjutnya yang akan membahas tentang Apa itu SEO serta bagaimana mempraktekkannya agar Web Anda berada di halaman pertama Google.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *