John Collison, Milyarder Muda Yang Ramah Dan Sederhana

Share

John Collison, namanya. Pria yang satu ini meraih kesuksesan dan prestasi gemilangnya di usia yang cukup muda yakni 20 tahun.

Lahir di Dromineer Irlandia pada 6 Agustus 1990, Collison berhasil membuktikan bahwa usia bukanlah penghalang untuk menjadi seorang milyarder. Hal ini telah dibuktikan sendiri oleh John Collison yang muda, cerdas, energik dan juga rendah hati.

Read More

Sebuah sumber mencatat bahwa kekayaan yang dimiliki John Collison mencapai US$ 245 juta atau senilai dengan Rp 3,5 triliun pada bulan September 2018. Aset perusahaan Stripe pada saat itu adalah US$ 20,25 miliar atau Rp 293 triliun. Sebuah nilai yang mencengangkan bagi seorang pemuda yang masih bisa dikatakan sangat muda.

Dengan kemampuan dan kecerdasannya, Collison bersama dengan kakak kandungnya yang bernama Patrick Collison mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang software untuk sistem pembayaran online, Stripe.

Di perusahaan ini, Collison menggunakan kecerdasan dan kemampuannya dalam IT dan berhasil mengembangkannya hingga menjadi perusahaan yang cukup berpengaruh.

Sejak membangun Stripe pada tahun 2009, John dan kakaknya terus menerus melakukan pembelajaran dan pembaharuan agak perusahaan mereka dapat berkembang.

Kini, Stripe bahkan bisa mempekerjakan sekitar 1500 karyawan dan bekerja sama dengan perusahaan besar lainnya seperti Facebook dan Lyft. Saat ini, Stripe berkantor pusat di San Fransisco California Amerika.

Baca juga: Kisah Milyarder Pang Kang, Memulai usaha dari jualan botol kecap

Stripe merupakan sebuah perusahaan yang bertujuan untuk membantu orang-orang melakukan transaksi keuangan secara online. Stripe mengubah tata cara pembayaran online yang sebelumnya dilakukan dengan cara membuat akun seperti pada sebuah situs transaksi online.

Cara kerja yang ditawarkan oleh Stripe diminati karena lebih praktis dan cepat. Itulah sebabnya, Stripe berkembang dengan sangat cepat dan pesat.

Berbicara tentang John Collison, ia merupakan pemuda yang cukup rendah hati dan tidak suka memamerkan kekayaannya.

Orang tuanya bekerja mengurus sebuah hotel. John merupakan mahasiswa yang beruntung bisa diterima di Harvard University. Namun, pada tahun 2011 John memutuskan untuk tidak lagi meneruskan kuliahnya dan hanya fokus untuk membesarkan Stripe.

Stripe diciptakan oleh John Collison pada usianya yang cukup belia yaitu 19 tahun ketika ia masih bersekolah di Harvard. John memang terkenal sebagai anak yang cukup cerdas.

Kemauannya untuk belajar ditambah dengan ketekunan dan keuletan menuntunnya untuk mencapai hasil yang luar biasa. John juga diketahui pernah mencapai nilai yang paling tinggi dalam ujian untuk melanjutkan ke jenjang Universitas.

Tidak seperti milyarder lain yang gaya hidupnya cukup tinggi dan mewah, John Collison hidup dalam kesederhanaan. John memiliki hati yang baik dan ramah pada orang lain terlebih pada karyawannya.

Dalam sebuah wawancara pada seorang direksi Stripe yang bernama Mike Moritz, kesederhanaan yang dibawa oleh John Collison merupakan hasil didikan kedua orang tuanya yang selalu menjunjung tinggi sikap ramah dan selalu membuka diri terhadap ilmu pengetahuan. Semoga cerita ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita semua.

Gambar: Forbes

(Ika Pratiwi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *