Kisah Seorang Milyarder Pang Kang, Memulai Usaha dari Jualan Botol Kecap

Share

Siapa yang menyangka bahwa benda sepele seperti kecap dapat mengantarkan seorang pria menjadi milyarder dengan urutan ke 35 terkaya di negara China? Dialah Pang Kang. Pang Kang merupakan Chaiman atau pemimpin utama perusahaan Foshan Haitian Flavouring & Food Co.

 

Read More

Motivasi Bisnis - Kisah Inspiratif

 

Urutan kekayaannya meningkat drastis dari urutan ke 68 ke urutan 35 pada tahun 2018. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya harta kekayaannya sebanyak 60% dan lebih tepatnya 52 miliar Yuan atau US$ 7,5 miliar.

Pada usia 26 tahun, Pang Kang merupakan salah satu dari pendiri atau perintis perusahaan yang memproduksi kecap bernama Haiti Weiye. Pada waktu itu, beliau merupakan wakil direktur Pabrik Kecap Kedelai Foshan Zhujiang.

Pada tahun 1988, Pabrik Kecap Kedelai Foshan Zhujiang mengalami restrukturisasi dan mengubah namanya menjadi Foshan Haitian Flavouring & Food Co. Dari sinilah, sepak terjang Pang Kang mulai cukup terlihat.

Foshan Haitian Flavouring & Food Co memiliki kantor pusat di China. Perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan bumbu dapur dan juga termasuk distribusinya ke seluruh China dan negara lain.

Pang Kang menjabat sebagai Manager Utama Foshan Haitian Flavouring & Food Co hingga saat ini. Dengan seluruh kemampuannya, Pang Kang berhasil mengantarkan perusahaan ini menjadi besar dan ternama.

Baca juga: Kata kata motivasi bisnis dari pengusaha sukses Indonesia

Foshan Haitian Flavouring & Food Co tidak hanya memproduksi kecap saja. Mereka mulai merambah dan menambah produk-produknya dengan berbagai variasi menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Hingga saat ini, produk yang dikeluarkan oleh perusahaan ini semakin beragam, namun semua produknya masih terfokus pada keperluan bumbu dapur. Diantaranya adalah saus tiram, saus kedelai, bumbu sari ayam, saus tomat, cuka, hingga penyedap rasa dan monosodium glutamat.

Tidak dipungkiri, bisnis bumbu makanan ini cukup mendatangkan keuntungan yang signifikan. Harga bahan dasar yang cukup murah serta proses pengolahan yang tidak membutuhkan banyak biaya menjadi salah satu modal dasar bagi perusahaan ini untuk meraih keuntungan besar.

Seperti yang Anda ketahui, harga dasar kedelai dan cabai cukup murah terlebih lagi jika sedang panen raya. Namun harga kecap Haiti Weiye terbilang cukup tinggi, bahkan bisa mencapai HK$ 10 per botolnya.

Foshan Haitian Flavouring & Food Co menjadi salah satu produsen kecap yang cukup memiliki banyak pelanggan setia. Produk bumbu dan kecap yang mereka hasilkan selalu memiliki standar yang sama dan tidak pernah berubah rasa. Memang, rasa merupakan aspek penting bagi sebuah perusahaan makanan.

Jika mereka mampu mempertahankan kualitas rasa produk yang dihasilkan, pelanggan pun akan tetap setia membeli produk mereka meskipun harganya lebih mahal dibandingkan produk lainnya.

Bisnis bumbu masakan memang terbilang cukup menjanjikan jika sudah memiliki pangsa pasar. Pasalnya, makanan merupakan salah satu bidang yang tidak akan pernah mati.

Di samping itu, perusahaan pengolahan makanan akan bisa terus tumbuh dan berkembang jika selalu melakukan inovasi dan menghasilkan produk-produk baru seperti yang dilakukan oleh Foshan Haitian Flavouring & Food Co.

Selain gencar melakukan inovasi dan mempertahankan mutu produk, Foshan Haitian Flavouring & Food Co yang dipimpin oleh Pang Kang juga melakukan berbagai cara untuk tetap bisa berkembang dan menguasai pasar bumbu makanan.

Meskipun jarang membagikan pengalaman dan tekniknya dalam melakukan bisnis, Pang Kang juga cukup memperhatikan branding dan merk produknya.

Strategi pemasaran yang dilakukan lebih banyak melalui media elektronik seperti televisi yang pada tahun 2000-an masih merajai industri informasi. Berbagai iklan dibuat untuk menarik pelanggan.

Salah satu produk unggulannya, Kecap Weiye Haiti, memiliki slot iklan di jam-jam utama seperti pada saat penayangan berita. Bahkan, Pang Kang menggunakan seorang Brand Ambassador untuk mempromosikan produknya dan memperkenalkan perusahaan Foshan Haitian Flavouring & Food Co agar lebih terkenal di mata publik.

Promosi dengan gencar dilakukan hingga memakan banyak biaya yang dikabarkan mencapai 30 juta Yen. Banyak media promosi lainnya yang juga dilakukan oleh Pang Kang dengan tekun dan stabil. Namun, semua usaha dan kerja keras tersebut cukup membuahkan hasil yang memuaskan.

Berdasarkan standar dan sistem itulah akhirnya Foshan Haitian Flavouring & Food Co menjadi salah satu pabrik kecap dan penghasil bumbu dapur yang cukup besar dan terkemuka. Mereka bahkan terdaftar di Shanghai Stock Exchange pada tahun 2014 dan menjadi perusahaan berpengaruh di China.

Foshan Haitian Flavouring & Food Co menjadi salah satu perusahaan yang ternama dengan penghasilan yang cukup besar. Tercatat pada tahun 2010, perusahaan ini berhasil meningkatkan laba bersihnya hingga 10% per tahun dan membukukan nilai keuntungan yang cukup fantastis.

Harga sahamnya naik hingga 479,24% pada tahun 2018 dari pertama kali dicatatkan pada tahun 2014. Sungguh sebuah pencapaian yang luar biasa.

Dari perusahaan inilah, Pang Kang kemudian menjadi seorang milyarder. Pang Kang merupakan sesosok pria yang tidak banyak membuka diri dan tampil di hadapan publik.

Tidak banyak informasi yang diketahui mengenai orang kaya yang satu ini. Beberapa sumber mengatakan bahwa Pang Kang berasal dari Guangdong China. Beliau lahir pada tahun 1956. Sejak muda Pang Kang memang memfokuskan diri untuk melakukan bisnis sehingga tidak heran jika beliau bisa sesukses sekarang ini.

Banyak yang mengatakan bahwa kekayaan Pang Kang bersumber dari sebotol kecap yang beliau tekuni sejak muda. Hal ini membuktikan bahwa ketekunan bisa juga menjadi sumber kekayaan yang melimpah.

Oleh sebab itu, kisah botol kecap yang bisa dikatakan sebagai mesin pencetak uang ini merupakan contoh nyata bagaimana ketekunan dan keuletan bisa mengantarkan seseorang pada kekayaan yang tidak terbatas.

Sumber Foto : Reuters

(Ika Pratiwi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *