27 Ide Bisnis Tanpa Modal yang Bisa Anda Mulai Sekarang Juga

  • Whatsapp

Memulai suatu usaha tanpa modal atau dengan modal minim mungkin bagi sebagian orang merupakan solusi untuk mulai merintis bisnis. 

Ide-Bisnis-Tanpa-Modal

Kebanyakan bisnis konvensional (offline) membutuhkan modal. Misal ingin berbisnis minuman, Anda butuh modal sewa tempat, bayar pegawai, beli bahan makanan, dan macam lainnya.

Namun bagi Anda yang kurang modal atau ingin coba-coba, Anda bisa menyiasati usaha atau bisnis Anda, dengan berkolaborasi dengan pebisnis lainnya serta dengan membuat strategi pemasaran yang tepat sasaran namun hemat biaya.

Salah satu strategi pemasaran yang hemat biaya yang menjadikan banyak pengusaha cepat “melejit” adalah melalui media internet atau media online.

Memang, untuk memulai bisnis, yang dimaksud tanpa modal, bukan berarti 100 persen Anda tidak mengeluarkan biaya untuk kebutuhan bisnis Anda. 

Anda masih keluar biaya, namun biaya yang dikeluarkan pada umumnya masih kisaran di bawah 1 juta pada awal usaha. Hal ini biasanya untuk kebutuhan pemasaran dan transportasi.

Apa saja bisnis tanpa modal yang bisa dijalankan yang sesuai dengan kriteria di atas?

Berikut ini ide-ide yang terpikir oleh saya dan yang saya dapat dari beberapa referensi!

27 Ide Binis Tanpa Modal yang Bisa Anda Lakukan dari Rumah

Usaha Dropship

Contoh-Bisnis-Tanpa-Modal

Usaha dropship merupakan jenis usaha yang banyak peminatnya dan banyak pula pebisnis yang berminat bermitra dengan dropshipper untuk memasarkan produknya. 

Usaha dropship ini “gampang-gampang susah” dijalankan.

Kenapa?

Gampang, karena pada saat pelaksanaannya tinggal memesan barang untuk dikirim menggunakan alamat kita (pemesan).

Susah, karena kualitas barang sulit diawasi secara langsung karena yang melakukan pengiriman adalah si pemilik barang. Rentan terjadi kecurangan atau ketidak hati-hatian dari pemilik barang. 

Sehingga untuk menjalankan bisnis ini Anda perlu menyiasatinya agar nama atau brand Anda dapat dipercaya dan bisnis Anda bisa berkembang.

Bagaimana proses penjualan secara dropshipper?

Berikut ini proses dalam berbisnis secara dropshipper: 

Anda memasarkan barang dagangan orang lain. Pemasaran dilakukan secara online hanya menggunakan gambar produk atau deskripsi produk. Ketika ada pemesanan, pembeli akan membayar (transfer) kepada Anda. Lalu Anda memesan barang (membayar) ke pemilik barang (orang pertama) untuk dikirim langsung ke pembeli. 

Saat barang dikirim, alamat pengirim yang digunakan adalah alamat Anda sendiri.

Penjelasan singkatnya seperti di atas.

Lalu apakah cukup seperti itu? Cari pemilik barang, lalu menjualkannya…

Tunggu dulu…Jika Anda hanya ingin bisa berjualan sebagai dropshipper, cara di atas bisa Anda jalankan.

Namun, jika Anda ingin berkembang dalam bisnis, Anda harus memikirkan nilai tambah jasa Anda. 

Ajukan pertanyaan berikut:

Apa kelebihan Anda dibandingkan dropshipper lainnya? Apa yang bisa membuat pembeli membeli barang ke Anda? Apa yang Anda tawarkan yang bisa bermanfaat untuk pembeli?

Hal yang perlu diperhatikan untuk menjalankan bisnis dengan cara dropship adalah Anda perlu memastikan bahwa barang yang Anda jual juga benar-benar sesuai kualitas dan harganya. 

Istilah berbisnis dengan cara dropship sebaiknya tidak membuat Anda menyerahkan sepenuhnya pengecekan kualitas barang ke pemilik pertama. Dalam hal ini Anda perlu bertemu langsung dengan penjual untuk melihat dan mengecek barangnya. 

Pilihlah barang-barang yang memang sudah Anda periksa kualitas barangnya.

Selain itu jika terjadi komplain terkait cacat barang, Anda harus bersedia menggantinya sehingga Anda juga perlu membuat perjanjian awal dengan pemilik barang agar dapat menggantinya ke penjual.

Privat Online

Menjalankan privat online merupakan salah satu bisnis online yang menjanjikan dan ingin saya jalankan. 

Menurut dataelearningindustry.com, industri e-learning di Indonesia menempati urutan 8 di seluruh dunia berdasarkan jumlah permintaan market learning setiap tahunnya yaitu 25 persen lebih besar dari rata-rata Asia Tenggara.

Menurut data docebo.com Indonesia diproyeksikan menjadi top 5 buyer for mobile e-learning product and service di seluruh dunia.

Jika Anda punya keahlian, tidak ada salahnya Anda juga memikirkan untuk memulai bisnis ini.

Bagaimana idenya?

Anda bisa membuat tutorial dalam bentuk video atau bisa juga dalam bentuk teks yang kemudian Anda upload di website. Ada beberapa konten yang bisa Anda bagikan secara gratis. Namun untuk konten berbayar, Anda perlu memproteksinya dengan password untuk dapat diakses.

Contohnya adalah seperti yang dilakukan oleh Vatih alamat websitenya : klik di sini.

Cara lainnya, Anda juga bisa memberikan privat secara realtime dengan membuat kelas virtual.

Platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat kelas virtual, seperti : Skype, TeamViewer dan GTalk.

Kunci dari memberikan privat adalah materi yang diberikan harus yang berbobot dan bermanfaat bagi siswa untuk diaplikasikan di dunia nyata nantinya.

Menjadi Reseller Barang-barang Unik

Reseller di sini artinya Anda menjual barang yang sudah ada di sekitar lokasi tempat tinggal Anda. 

Misalkan, tempat tinggal Anda dekat dengan toko bunga. Anda tinggal memajang foto bunga di internet kemudian ketika ada pemesanan Anda langsung mengunjungi toko bunga tersebut untuk dibeli dan dikirim ke pembeli. 

Namun, sebelumnya Anda sudah melakukan perjanjian untuk dapat menjualkan barang pemilik bunga. 

Biasanya barang yang laku dijual adalah barang yang unik atau barang dengan harga grosir.

Menjadi Blogger

Jika Anda rajin menulis pilihan untuk menjadi blogger merupakan satu keputusan yang tepat. Saat ini blog-blog dengan konten bahasa indonesia sudah bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi jika dijalankan dengan serius.

Banyak tema atau topik yang bisa Anda pilih untuk membuat tulisan, seperti: teknologi, motivasi, bisnis, kesehatan atau bisa juga topik gado-gado seperti website saya ini.

Jika Anda sedang malas menulis, Anda juga bisa membayar content writer untuk mengisi website Anda. Anda bisa memberikan poin-poin penting saat menyerahkan ke konten writer untuk membuat tulisan.

Agar tulisan bermutu percayakan tulisan Anda pada konten writer yang terpercaya atau melalui referensi dari teman Anda.

Pendapatan bisa Anda dapatkan dari iklan yang Anda pasang di blog Anda.

Menjadi Digital Desainer 

Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat logo atau hal-hal yang berhubungan dengan creative design, Anda bisa menjadikan kemampuan Anda sebagai ladang bisnis.

Bisnis ini bisa dimulai dari menawarkan jasa dengan harga promo atau gratis untuk yayasan sosial, hingga harga tinggi untuk level corporate.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah, Anda harus benar-benar memahami keinginan client, karena ini bersifat subjektif. Juga desain Anda juga harus unik dan relatif simpel.

Contohnya logo pertamakali.com saya pesan dari seorang desainer logo.

Saat ini ada banyak website yang bisa dijadikan tempat untuk mempromosikan hasil karya Anda seperti projects[dot]co[dot]id, Sribulancer[dot]com, Fiverr, Graphicriver, Designcrowd& 99designs.

Untuk mempromosikan jasa Anda, buatlah portofolio sebanyak mungkin. Dengan begitu, calon klien bisa melihat hasil karya Anda.

Selain cara di atas, jika Anda memiliki cukup modal, bisnis desain ini bisa dikembangkan lebih maksimal lagi..

Bagaimana cara mengembangkan bisnis desainer ini?

Selain membuat produk-produk digital Anda juga bisa mengembangkan bisnis ini dengan menjadikan desain Anda sebagai produk non-digital. Artinya Anda juga bisa menjual benda yang konkret atau nyata di pasaran.

Bagaimana idenya?

Yah, salah satunya Anda bisa mencetak desain Anda pada gelas mug, kaos, merchandise yang bisa Anda pasarkan di sosial media.

Sebelum mulai menciptakan sebuah desain, coba Anda cari tahu terlebih dulu motif-motif mug atau kaos apa yang lagi laku dipasaran.

Anda bisa mengeceknya di produk laris di beberapa market place. Jalankan strategi ATM (Amati, tiru dan modifikasi) untuk membuat desain tersebut, lalu buat produknya dan pasarkan.

Oh iya mengenai modal, jika Anda rasa masih belum mencukupi, Anda juga bisa bekerjasama dengan investor atau berkolaborasi dengan pelaku bisnis lainnya (misalnya penjual gelas polos, percetakan).

Menjadi Copy Writer

bisnis online terbaru

Apa beda copy writer dan content writer? Copy writer adalah melakukan promosi, marketing atau pemasaran melalui tulisan. Sedangkan content writer adalah penulis artikel, biasanya dengan topik tertentu. 

Dari pengertian di atas, sudah jelaskan perbedaannya?

Saat ini jasa copy writer sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk memasarkan produknya. 

Tarif seorang copy writer pun bisa cukup tinggi terutama jika dilakukan untuk perusahaan-perusahaan besar.

Menjadi Penulis Artikel (Content Writer)

Sekarang ini banyak dibutuhkan penulis artikel karena banyak blog-blog baru yang bermunculan di dunia maya. 

Berbagai niche atau topik yang dibahas di blog-blog baru ini. Namun kebanyakan topik yang dicari pemilik blog adalah topik yang yang berhubungan dengan produk atau jasa yang mereka jual atau topik yang banyak dicari pengunjung mesin pencarian google.

Sebagai konten writer, agar tulisan Anda  

bisa memiliki nilai jual tinggi ada beberapa skill yang perlu Anda miliki, yaitu:

  • Skill menulis dengan bahasa terstruktur yang enak dibaca serta menyajikan informasi yang akurat.
  • Skill seo on page (bagaimana artikel mudah mendapat rangking di mesin pencarian).
  • Tepat waktu sesuai target yang dijanjikan.
  • Skill bahasa inggris. Jika Anda ingin mendapakan nilai jual yang lebih tinggi, tawarkan penulisan artikel dalam bahasa inggris. Anda juga bisa menawarkan artikel Anda ke pemesan dari luar negeri yang tentunya ratenya bisa jauh lebih tinggi.

Makelar properti

Makelar-Properti

Makelar adalah orang yang menjadi penghubung antara penjual properti kepada pembeli properti.

Dengan adanya makelar, informasi tentang penjualan properti akan semakin cepat sampai kepada target pasarnya.

Bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal sama sekali.

Biasanya, ketika rumah yang Anda tawarkan telah laku maka Anda akan mendapatkan komisi dari kontraktor atau penjualnya.

Bisnis tanpa modal yang satu ini akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki koneksi yang luas.

Maka dari itu, skill berbicara dan juga promosi sangat dibutuhkan untuk bisnis makelar properti.

Satu hal yang harus Anda tahu bahwa tiap properti yang berhasil dijual, biasanya komisinya dapat mencapai jutaan rupiah.

Thrift shop

Bisnis ini sedang ramai dipasaran. Target-targetnya adalah anak muda yang gemar melakukan inovasi terhadap fashion stylenya.

Konsep bisnis ini sebenarnya adalah menjual pakaian-pakaian bekas yang masih layak pakai.

Anda bisa menjual pakaian layak pakai Anda sendiri atau mengumpulkan pakaian bekas secara kiloan dari orang-orang terdekat Anda.

Kemudian, Anda bisa menjualnya sendiri dengan cara membuka lapak Anda diberbagai event atau mempostingnya secara berkala pada berbagai platfrom sosial media.

Jangan lupa untuk membuat foto yang layak dan menarik ketika mempromosikan baju second Anda!

Translator

Jasa-Translator

Bagi Anda yang memiliki keahlian dibidang bahasa, Anda bisa mencoba peruntungan bisnis menjadi seorang penerjemah atau translator.

Banyak sekali orang yang membutuhkan jasa yang satu ini mulai dari para penerbit, perusahaan kecil, hingga mahasiswa yang kesulitan untuk memahami jurnal yang berbahasa asing.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik. Tidak perlu ikut kerja di instansi penerjemah, Anda bisa berdiri secara independen sebagai freelancer translator.

Anda bisa mematok harga sesuai dengan tingkat kerumitan dokumen yang Anda terjemahkan.

Penyedia Katering Sehat

Jaman sekarang, orang-orang sudah disibukkan dengan berbagai urusan hingga lupa untuk memakan makanan yang sehat dan bergizi.

Mengingat hal tersebut, maka tidak mengherankan banyak orang yang kemudian mencari jasa penyedia layanan katering harian hingga bulanan.

Anda bisa mengambil peluang tersebut untuk mendapatkan uang.

Modal yang Anda butuhkan untuk katering sehat relatif hanya sedikit. Atau jika Anda masih kesusahan untuk mendapatkan modal, Anda bisa membuat sistem katering Anda akan dilayani jika sudah melunasi diawal atau melakukan DP.

Admin Sosial Media

Admin-Social-Media

Berbisnis hanya bermodalkan internet dan gadget yang satu ini akan sangat tepat bagi Anda yang menyukai berkomunikasi dengan orang lain.

Anda bisa mendaftarkan diri Anda sebagai admin sosial media berbagai perusahaan atau toko online.

Tugas yang biasanya diemban oleh seorang admin sosial media adalah sebagai narahubung, memposting konten, serta mencari insight dari para followers.

Anda bisa mengerjakannya dimana saja dan kapan saja, yang mana hal ini sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat antara pihak Anda dengan ownernya.

Freelancer Photografer

Jasa-Photograper

Bagi Anda yang piawai menggunakan kamera, Anda bisa mencoba bisnis yang satu ini.

Saat ini, banyak sekali orang yang membutuhkan jasa fotografer untuk berbagai kepentingannya mulai dari acara pernikahan, wisuda, dan berbagai moment penting lainnya.

Anda bisa memanfaatkan kepiawaian Anda untuk freelancer photografer.

Untuk tarif sendiri, sebaiknya Anda menarifkan harga jasa foto Anda secara bertahap seiring dengan semakin majunya bisnis Anda nantinya.

Terkendala modal kamera bagus?

Tenang, kini ada banyak tempat yang menyewakan kamera. Yang terpenting adalah Anda memiliki kemampuan fotografi yang bagus.

Untuk marketing atau promosi usaha jasa fotografer freelance, buatlah kartu nama. Dengan begitu, Anda bisa mempromosikan diri di setiap kesempatan.

Selain itu, buatlah portofolio yang banyak supaya orang yakin bahwa Anda memiliki skill fotografi.

Anda bisa membuat portofolio di blog gratisanblogspot, Instagram, Tumblr, atau Flickr. Untuk pemasarannya, coba manfaatkan situs Projects[dot]co[dot]id.

Anda juga bisa memasarkan bisnis Anda dengan cara memposting berbagai hasil jepretan Anda di sosial media dan kemudian mempromosikan jasa Anda kepada orang terdekat.

Memasarkan Produk Offline Secara Online

Jika Anda memiliki produk yang biasa dijual secara offline, Anda bisa memasarkannya secara online. Silahkan buat foto produk sebagus mungkin supaya calon pembeli tertarik dengan apa yang Anda jual.

Perkembangan dunia digital yang semakin berkembang membuat banyak perubahan dalam pemasaran. Saat ini banyak bisnis offline yang sudah go online. Anda harus pintar memanfaatkan kesempatan ini.

Untuk tempat pemasarannya, Anda bisa melakukan promosi atau berjualan online di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya.

Selain itu, bisa juga di sosial media seperti Facebook dan Instagram. Bahkan, Anda bisa membuat web toko online sendiri sehingga ketika ada orang yang mencari barang tersebut di Google, dia akan menemukan website milik Anda.

Jika Anda bermaksud membuat website sendiri, pilihlah nama domain yang berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Misalkan Anda ingin menjual baju muslim, pilih domain dengan nama misalnya : bajumuslimmurah[dot]com.

Kenapa Anda harus memilih nama domain yang berhubungan dengan brand atau bisnis Anda? Karena selain bisnis Anda mudah diingat, orang yang mengakses internet kebanyakan adalah orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu sehingga mereka akan lebih suka pada hal-hal yang mudah dicari dan tidak rumit.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan optimasi website Anda sehingga mudah dicari pembeli di mesin pencarian terutama google.

Menjadi Publisher Iklan Adsense

Adsense

Pernahkah Anda kepikiran mengapa di internet tersedia banyak informasi gratis? Ada banyak artikel yang bisa dibaca di internet.

Siapa yang menulis? Mengapa mereka rela menulis artikel-artikel tersebut? Apakah ada imbalannya?

Mereka yang membuat website kemudian diisi dengan banyak artikel akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan.

Mekanismenya yaitu seseorang membuat website, kemudian ada kode iklan yang ditampilkan, dan iklan tayang.

Jika ada pengunjung website yang mengklik iklan tersebut, pemilik website akan mendapatkan bayaran.

Untuk dapat menayangkan iklan-iklan google, Anda harus mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense. Google akan melakukan peninjauan.

Hanya website yang memiliki autoritas dan memiliki konten yang sudah cukup layak menurut penilaian google yang biasanya akan diterima oleh google.

Baca juga: Cara daftar google adsense agar cepat diterima

Jualan Produk Affiliate

Apakah Anda tahu apa itu affiliate marketing? Maksudnya adalah kita melakukan promosi mengenai produk milik orang lain.

Jika kita berhasil melakukan penjualan atas rekomendasi kita, maka kita akan mendapatkan komisi.

Sebagai contohnya, ada seseorang yang membuka kursus online. Lalu, kita mempromosikan kursus tersebut.

Ketika ada orang yang mengikuti kursus itu atas rekomendasi kita, maka kita akan mendapat fee.

Jual Foto Royalty Free

Salah satu ide bisnis online yang cukup berpeluang bagus adalah menjual foto bebas royalty. Saat ini banyak orang yang membutuhkan foto tersebut.

Misalnya ialah ada seseorang yang membuat konten mengenai tempat wisata di Jogja.

Dia pastinya membutuhkan foto terkait konten dia, yakni beberapa tempat wisata di daerah Yogyakarta.

Dalam hal ini, dia bisa mencari jasa yang jual foto royalty-free. Jika kebetulan Anda memiliki jenis foto yang dia butuhkan, Anda bisa menjualnya.

Syarat foto yang Anda jual ialah memiliki kualitas yang bagus. Saat ini banyak pemilik website yang membutuhkan foto-foto original berkualitas.Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Buka Jasa Web Development

Bila Anda memiliki kemampuan membuat website, Anda bisa membuka jasa web development.

Mereka yang sudah profesional mampu mendapatkan penghasilan yang super besar.

Jika Anda ingin mengikuti jejak mereka, mulailah dari skala kecil dulu. Anda bisa menawarkan jasa kemampuan Anda di upwork atau projects[dot]co[dot]id.

Biasanya, ada beberapa job dalam ukuran kecil mulai dari budget kurang dari 1 juta rupiah hingga miliaran. Mengapa tidak mencobanya?

Jual Plugin dan Template WordPress

Semakin banyak orang yang membangun website. Peluang menjual plugin dan template pun semakin terbuka lebar.

Memang ada versi gratisnya, tapi kebanyakan orang merasa tidak puas. Contoh situs tempat untuk menjual plugin dan template adalah CodeCanyon dan ThemeForest.

Penghasilan seseorang yang melakukan bisnis ini cukup besar. Kini, saatnya Anda bergerak.

Membuka Jasa SEO

pengertian-seo-pertamakali

Semakin banyak orang yang bergelud di bisnis jualan online. Mereka membuat website toko online untuk menjual produk yang mereka tawarkan.

Sebuah website yang berhasil di peringkat satu halaman Google akan berpotensi mendapatkan banyak pengunjung.

Jika suatu website memiliki traffic yang bagus, maka peluang produk terjual laris semakin besar.

Agar website bisa nangkring di ranking 1, perlu adanya optimasi SEO.

Banyak yang tidak sempat mempelajari teknik SEO karena bisnisnya berkembang pesat. Keadaan seperti ini dapat dimanfaatkan bagi Anda yang memiliki kemampuan mengoptimasi website dengan SEO.

Menjadi Kolektor Domain untuk Dijual Lagi

Ada lagi bisnis online yang kreatif. Anda bisa membeli nama-nama domain menarik yang kemungkinan besar akan dibutuhkan oleh orang lain.

Anda bisa menjual domain tersebut dengan harga jauh lebih mahal dibandingkan harga pembeliannya.

Sebagai contoh, fresh domain seharga 10 dollar bisa dijual dengan harga lebih dari 500 dollar (pengalaman seorang teman). Sangat menarik bukan?

Tips dari pertamakali.com :

Sebaiknya domain yang Anda beli, agar lebih menarik bagi pembeli dan menambah nilai jual, Anda isi dengan artikel yang sesuai dengan nama domain atau brand yang melekat pada domain.

Jika belum mau dikembangkan, artikel tidak perlu banyak, cukup paling banyak 5 artikel.

Pengisian artikel pada domain bertujuan agar pembeli lebih tertarik membeli domain dan domain terindeks oleh google seawal mungkin sejak domain dibeli.

Bagi sebagian praktisi SEO semakin lama umur domain diindeks oleh google maka nilai domain tersebut akan semakin tinggi. Jadi ini akan menjadi semacam investasi bagi Anda di masa depan.

Menjadi Youtuber

uang-dari-youtube

Salah satu bisnis online paling menjanjikan adalah dengan menjadi youtuber.

Anda pasti tahu jika ada banyak youtuber sukses di Indonesia. Mereka berhasil memperoleh penghasilan yang luar biasa.

Cara Youtuber mendapatkan penghasilan ialah dari iklan yang ditayangkan pada channelnya.

Secara umum, ada dua jenis iklan yaitu iklan dengan komisi tiap klik dan iklan dengan komisi tiap kali tayang.

Nantinya, ada sistem pembagian kerja sama. Dari iklan yang tayang, Youtubeakan mengambil 45% lalu sebanyak 55% menjadi milik Anda sebagai pemilik channel.

Kalau Anda punya kemampuan membuat konten video yang berkualitas, menjadi Youtuber menjadi peluang yang menjanjikan.

Anda akan mendapatkan penghasilan dengan jumlah yang tak disangka-sangka jika video yang Anda buat berkualitas serta mengandung informasi yang dibutuhkan banyak orang.

Buatlah video original yang tidak melanggar hak cipta. Anda bisa membuat video apa saja sesuai dengan passion. Contohnya adalah video tutorial, video lucu, vlog, ataupun lainnya.

Jasa Sewa Kamar Kosong

Kalau Anda punya kamar kosong yang tak terpakai, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pasalnya, di dunia serba digital ini, ada tempat khusus untuk menawarkan rumah atau kamar kosong selama beberapa hari. Biasanya, para penyewanya adalah backpacker yang melakukan perjalanan wisata.Anda bisa menawarkannya di situs AirBnB.

Sudah banyak orang yang melakukan bisnis ini. Berapa pendapatan mereka? Dalam satu minggu, ada yang berhasil mendapatkan uang sekitar Rp. 4 juta rupiah. Tapi, semua itu balik lagi pada lokasi rumah.

Jika berada di lokasi yang strategis seperti dekat dengan jalan raya atau tempat wisata, maka kamar tersebut akan banyak diminati sehingga penghasilan Anda banyak.

Bisnis di Bidang Seni dan Kerajinan Tangan

Produk Homemade kali ini semakin diminati karena unik dan tidak dimiliki oleh banyak orang. Tentunya memiliki barang yang eksklusif memberikan kebanggaan tersendiri.

Syarat untuk menjalankan bisnis ini adalah memiliki daya kreativitas tinggi untuk membuat suatu kerajinan tangan. Anda bisa menentukan jenis kerajinan tangan apa yang ingin dijadikan sebagai ladang bisnis.

Beberapa contoh yang bisa dipilih adalah seni kerajinan kayu, jahit menjahit, lukisan, aksesoris, dan sebagainya.

Anda bisa memasarkan hasil buatan Anda di Instagram.Buatlah foto produk yang menarik supaya banyak orang yang tertarik untuk membeli.

Menjalankan Bisnis Endorsement di Instagram

Untuk menjadi endorsement suatu produk, Anda harus memiliki akun Instagram dengan banyak pengikut.

Banyak orang yang telah sukses menjadi endorsement suatu produk atau jasa. Orang yang menggunakan jasa endorsementnya akan membayar sejumlah uang.

Langkah-langkah untuk menjadi seorang endorsement adalah tingkatkan jumlah follower Instagram. Lalu, tawarkan jasa Anda.

Sebagai pemula, Anda bisa menerima job secara gratis.

Jika followers Instagram sudah banyak, Anda bisa menentukan tarif berapa untuk jasa endorsement yang Anda miliki.

Menjadi Sosial Media Manager

Bisnis online berikut nya adalah menjadi pengelola sosial media milik perusahaan atau pebisnis.

Tugas seorang sosial media manager adalah mengurus segala hal yang berhubungan dengan sosial media milik pebisnis.

Tujuannya ialah untuk membentuk brand melalui sosial media.

Kebanyakan orang akan memilih sosial media manager secara hati-hati. Sebab, brand usahanya akan menjadi taruhan.

Jika Anda merupakan seorang pemula yang tertarik melakukan ide bisnis online sebagai media sosial manager, ada tips yang bisa dilakukan.

Pertama, coba lakukan optimasi brand awareness milik Anda sendiri. Lihat hasilnya, orang-orang akan menjadi lebih yakin jika Anda memiliki bukti yang real.

Membuat Ebook

Kalau Anda punya keahlian menulis, ide bisnis online membuat ebook bisa Anda pilih.

Dengan cara ini, Anda akan melakukan bisnis yang sesuai dengan passion sehingga terasa menyenangkan.

Keuntungan dari bisnis bikin ebook adalah Anda tidak perlu mencari penerbit buku, proses pembuatan mudah, mendapatkan keuntungan lebih besar karena tidak ada sistem bagi hasil dengan penerbit ataupun pihak distributornya.

Untuk masalah desainnya, Anda tak perlu khawatir. Kini ada banyak jasa pembuat desain ebook yang tersedia.

Contoh bisnis tanpa/minim modal diatas ternyata ada disekitar Kita, tetapi jarang ada yang menyadarinya.

Ketika Anda memiliki ide untuk memulai suatu bisnis demi kebebasan finansial, Anda harus segera melakukan action supaya bisnis Anda dapat segera berjalan.

Jika Anda memiliki ide bisnis lain atau tertarik mengajak kerjasama, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. Di era teknologi yang makin canggih, rasanya setiap orang suda bisa memulai bisnisnya sendiri dan bahkan dari kamar tidurnya saja. *saya bahas di blog saya juga tentang ini 😛

    Makanya, boleh dicoba 7 ide usaha di atas. Mudah-mudahan bisa jadi jalan sukses kita bersama. 😉

    Regards, Raafi
    Owner
    Plaza Bisnis

    View Comment