6 Ide Bisnis Offline dan Online yang Bisa dijalankan Saat Pandemi

Saat ini banyak produk yang dipasarkan secara online. Namun tidak menutup kemungkinan terdapat produk-produk yang memang pasarnya terdapat di area tertentu (offline) atau local area.

Tidak semua orang, terutama yang telah memiliki pasar offline, melakukan penjualan produknya secara online.

Berbicara tentang ide bisnis offline dan online, sebelum membahas lebih jauh,  ada baiknya kita ketahui terlebih dulu pengertian apa itu bisnis online dan apa itu bisnis offline.

Bisnis online secara sederhana dapat didefenisikan sebagai bisnis yang mayoritas aktifitasnya dijalankan melalui internet.

Sebaliknya bisnis offline merupakan bisnis yang mayoritas aktifitasnya dijalankan dengan menggunakan wujud fisik di area tertentu berupa barang atau jasa.

Suatu bisnis yang dijalankan online akan memiliki banyak keuntungan karena menjangkau lebih banyak konsumen serta waktu yang tidak terbatas (24jam sehari) . Namun,  tentu saja ini tergantung juga dari jenis produk yang dijual dan konsumen yang dituju.

Jika Anda memiliki pasar di area lokal (pasar offline), Anda bisa menekuni pasar itu terlebih dulu, artinya untuk memulainya tidak perlu terlalu ribet dengan memasarkan produk Anda di Internet.

Di saat pandemi covid 19 memang bisnis offline menjadi lebih sulit dijalankan. Banyak pebisnis yang tadinya mayoritas pasarnya berada di area lokal, atau konsumen datang ke tempat berjualannya beralih memasarkan produknya secara online atau mobile (mendatangi konsumen).

Pembatasan perilaku dan jumlah orang yang boleh berkumpul perlu menjadi perhatian ketika kita ingin memulai bisnis offline.

Menurut saya, masih banyak bisnis yang bisa kita jalankan secara offline meskipun tidak semudah sebelum masa pandemi.

Bisnis Tidak perlu 100% Offline

Saat menjalankan bisnis secara offline, Anda bisa juga mengiklankan tentang bisnis Anda melalui sosial media, atau bisa melalui brosur di sekitar lingkungan Anda tinggal.

Jadi gunakan segala sarana yang ada untuk memasarkan bisnis Anda.

Beberapa contoh bisnis yang bisa dijalankan secara offline dan online menurut pendapat saya sebagai berikut:

Jualan Minuman Hangat yang Mengandung Kurkumin (Jahe, Kunyit, dll)

Bisnis offline minuman

Musim pandemi seperti saat ini, menjauhi hal yang bisa menyebabkan tertular virus merupakan keinginan kebanyakan orang.

Makanan atau minuman yang mengandung kurkumin menurut sebagian sumber, merupakan asupan yang baik untuk membantu mencegah tertular virus Covid-19 karena dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Anda bisa berjualan jenis minuman hangat ini di tempat-tempat keramaian seperti di area perkantoran dan area perbelanjaan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana membuat minuman yang terasa nikmat namun tetap memiliki kandungan kurkumin yang alami. Selain itu juga kemasan perlu higienis dan aman diminum. Hal ini yang menjadi PR Anda sebelum memulai berbisnis.

Menjadi Distributor Hand Sanitizer

Bisnis offline hand sanitizer

Hand sanitizer merupakan salah satu benda yang paling sering di bawa orang saat ini. Hampir setiap beberapa kali dalam satu waktu orang-orang menggunakan handsanitizer.

Jadi hampir bisa dikatakan handsanitizer sudah menjadi kebutuhan pokok di saat pandemi.

Ada banyak pedagang yang menjual handsanitizer secara online. Namun untuk yang berjualan secara eceran atau offline belum banyak terlihat, terutama di tempat ramai seperti di area perkantoran. Biasanya barang ini dijual di toko kesehatan, mini market atau mall.

Banyak hal yang memungkinkan seseorang membeli produk hand sanitizer yang Anda jual. Bisa jadi karena stoknya di rumah sudah habis, lupa membawa, dan lain sebagainya.

Anda mungkin bisa membelinya via online dengan harga murah kemudian menjualnya secara eceran seperti dengan memajang (titip) barang dagangan Anda di tempat-tempat makan, warung makan, ke pedagang di tempat pesinggahan seperti di halaman sekitar mesjid, keramaian di area sekitar kebun binatang, dll.

Jadi, Anda bisa bekerjasama dengan pedagang eceran untuk menjualnya.

Layanan Pesan Antar untuk belanja Kebutuhan Pokok

Bisnis layanan pesan antar

Selama masa pandemi belum berakhir banyak orang khawatir keluar rumah karena kondisi virus Covid-19 yang mudah menular. Menyediakan layanan pesan antar bahan kebutuhan pokok (belanja online)  bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin membuka bisnis.

Promosi yang dilakukan, Anda bisa memberikan brosur dari rumah ke rumah mengenai bahan baku yang bisa Anda antar di sekitar lokasi Anda tinggal.

Jadi sistemnya orang perlu memesan belanjaan satu hari sebelumnya serta mentransfer sejumlah uang.

Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga barang yang Anda naikkan sesuai kesepakatan atau tarif belanja dari pasar ke rumah konsumen.

Layanan Konsultasi Psikologi via Online

Bisnis konsultasi psikologi

Sejak diberlakukannya PSBB serta lockdown di beberapa negara beberapa waktu lalu banyak yang harus mengalami kerja dari rumah atau bahkan beberapa yang positif perlu menjalankan karantina mandiri di rumah.

Idealnya anggota keluarga memberikan support kepada orang-orang yang mengalami kondisi dikarantina atau pun kondisi psikologis yang labil karena berada di rumah dalam waktu yang lama.

Namun, tidak semuanya mungkin bisa memberikan support seperti yang dibutuhkan orang-orang yang mengalami gejala stres.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai psikolog, ini merupakan kesempatan Anda untuk memberikan value Anda kepada orang-orang yang membutuhkan.

Untuk kemanusiaan Anda bisa memberikan tarif yang tidak terlalu mahal untuk mengurangi beban penderita.

Konsultasi bisa dilakukan antara 15 menit sampai 1 jam zooming atau sesuai kesepakatan.

Untuk efisiensi waktu diharapkan calon ‘pasien’ mengirimkan keluhan lewat privat message atau email.

Menjadi Distributor Masker atau Face Shield Eceran

Bisnis offline Masker

Tidak bisa dipungkiri, saat ini, masker menjadi salah satu kebutuhan pokok yang perlu dipakai hampir setiap hari, jika seseorang sedang berada di luar.

Masker atau face shield merupakan salah satu produk yang menjadi kebutuhan banyak orang saat berada di kerumunan. Di Rumah sakit, hampir semua petugas rumah sakit menggunakan masker jenis ini.

Anda bisa menjualnya menitipkan kepada pedagang yang juga menjual masker kain di toko-toko, di pinggir jalan, atau menitipkan jualkan ke pedagang keliling, toko helm atau membuka toko atau lapak sendiri untuk menjualnya.

Saran juallah masker yang memenuhi standar kesehatan.

Privat Online dengan Cara Zooming

Bisnis edukasi online

Di era pandemi ini banyak anak-anak yang seharusnya bisa bersekolah secara normal di sekolah, namun harus bersabar dengan belajar menggunakan fasilitas zooming atau online meeting dari rumah.

Dengan cara belajar seperti ini, banyak juga anak-anak yang mungkin ketinggalan dalam memahami mata pelajaran yang diberikan.

Ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk membuka kursus online untuk anak-anak usia sekolah. Anda bisa mengajar matematika, bahasa arab, bahasa inggris, fisika, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kondisi pandemi saat ini membuat banyaknya tempat kursus yang beralih dari cara mengajar offline ke cara online.

Bagi Anda yang memiliki skill tertentu, ini merupakan kesempatan Anda untuk bersaing dengan pangajar online tersebut.

Persiapkan materi Anda serta buat iklan semenarik mungkin. Usahakan Anda mendapatkan peserta kursus dalam sekali pengajaran dengan jumlah antara 5 sampai 10 orang.

Demikianlah berbagai ide bisnis offline dan online yang bisa Anda jalankan yang mungkin belum banyak pelakunya. Jika Anda memiliki ide lain dan ingin berbagi silahkan tuliskan ide Anda di kolom komentar di bawah ini, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.