7 Herbal Kolesterol Ampuh, Cegah Kolesterol Tinggi saat Puasa

Ada sejumlah herbal penurun kolesterol yang terbukti paling ampuh saat berpuasa untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

Herbal-Kolesterol

Mengingat sifat sebagian besar makanan yang kita konsumsi setelah berbuka puasa, seperti makanan yang digoreng dan santan dengan kandungan lemak yang tinggi.

Orang yang makan makanan berlemak jahat dalam jumlah berlebih lebih rentan terhadap kolesterol tinggi.

Gejala yang ditimbulkannya adalah pusing, pegal-pegal, kesemutan di tangan dan kaki (dan terkadang di seluruh tubuh), dan nyeri dada.

Jika tidak segera diobati dapat menyebabkan konsekuensi serius seperti penyakit jantung.

Selain mengonsumsi obat-obatan, penurunan kolesterol dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan herbal penurun kolesterol.

Baca juga 15 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

Daftar Herbal Kolesterol Paling Ampuh

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (6/4/2022), inilah herbal yang bisa kamu coba guys.

1. Daun Salam

Daun salam adalah obat kolesterol yang paling manjur, karena juga membantu menurunkan diabetes, tekanan darah tinggi, dan bisul.

Senyawa flavonoid di dalamnya merupakan antioksidan kuat yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Bawang putih

Bawang putih tidak hanya berguna untuk penyedap makanan. Ini juga mengandung senyawa yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang menjadikannya salah satu obat herbal paling ampuh untuk membantu masalah ini.

3. Daun Sirsak

Penelitian menunjukkan bahwa rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang efektif dalam menghambat pembentukan kolesterol.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya efektif dalam mengobati masalah kesehatan karena adanya senyawa seperti vitamin B3, asam nikotinat, vitamin C, enzim lipase, dan asam folat.

5. Daun Kelor

Obat kolesterol herbal paling ampuh selanjutnya adalah daun kelor, yang sudah lama digunakan untuk mengobati obesitas. Daunnya juga mengandung zat aktif, seperti flavonoid dan tanin.

6. Kedelai

Kedelai merupakan obat kolesterol herbal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL sebesar 12%.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) juga merekomendasikan konsumsi 25 gram kedelai untuk menurunkan kolesterol darah tinggi.

7. Teh Hijau

14 studi menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau selama dua minggu menurunkan kolesterol total sebesar 7 mg/dl dan kolesterol LDL sebesar 2 mg/dL.

Teh hijau juga dapat mencegah kolesterol LDL mengoksidasi dan membentuk plak di arteri, sehingga merupakan obat herbal yang efektif.

Daripada mengonsumsi obat-obatan farmasi yang berpotensi menimbulkan efek samping, cobalah obat herbal kolesterol yang paling efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.