8 Hal yang Perlu diperhatikan Agar Perkawinan Tetap Harmonis

Share

Tidak ada aturan baku bagaimana caranya menjalin hubungan yang tepat antara suami-isteri dalam suatu pernikahan.

Yang ada hanyalah beberapa kriteria yang patut Anda pikirkan ketika sudah hidup bersama pasangan Anda dalam bahtera pernikahan.

Berikut ini merupakan 8 hal yang bisa Anda jadikan sebagai bahan renungan dan evaluasi agar hubungan Anda tetap harmonis bersama pasangan :

8 Hal yang Perlu diperhatikan Suami-Isteri Agar Perkawinan Tetap Harmonis

1. Kompromi

Kesediaan untuk berkompromi adalah hal yang sangat krusial dalam sebuah hubungan.

Bisa jadi keseimbangan dan tingkat kompromi dalam suatu hubungan memiliki kadar yang berbeda-beda.

Namun, yang pasti, keterbukaan hati dan pikiran diperlukan untuk berkompromi di dalam sebuah hubungan.

Berkompromi bukan berarti Anda melepaskan nilainilai yang ada pada diri Anda.

Berkompromi berarti menyadari bahwa di dalam suatu hubungan ada dua orang manusia yang mempunyai kebutuhan, keinginan dan nilai-nilai yang berbeda.

Untuk mencapai hubungan yang bahagia dan saling mengisi diperlukan kerja sama di antara orang-orang di dalamnya.

2. Komunikasi

Seringkali suatu hubungan retak karena tidak adanya komunikasi yang baik.

Berkomunikasi di sini bukan hanya saling berbicara atau mengutarakan isi hati.

Komunikasi yang baik dapat terjalin bilamana Anda dapat menjadi pendengar yang baik.

Pendengar yang baik bukan hanya mendengarkan kata-kata yang diutarakan saja, akan tetapi juga dapat menangkap makna dan pesan yang ingin disampaikan oleh pasangan.

Kadang kala ego seseorang menjadi penghalang untuk dapat memadu seorang pendengar yang baik.

Nah karena setiap orang mempunyai kebutuhan dan gaya berkomunikasi yang berbeda, maka diperlukan keterbukaan hati dan pikiran untuk dapat berkomunikasi dengan baik bersama pasangan.

Karena komunikasi adalah suatu esensi yang sangat penting dalam suatu hubungan, pastikanlah bahwa kebutuhan berkomunikasi Anda terpenuhi.

3. Individualitas diri

Salah satu alasan mengapa dua orang manusia menjalin sebuah hubungan biasanya didasari oleh minat atau aktivitas yang sama.

Akan tetapi sebagai seorang individu Anda harus tetap mempunyai minat dan aktivitas sendiri.

Jangan pernah memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu Anda minati, hanya karena ingin selalu bersama pasangan.

Jika Anda ingin tetap bahagia dan dihargai secara tulus, pastikan Anda tetap dapat menjadi diri sendiri dengan bersamanya.

4. Kedekatan emosional dan fisik

Setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berbeda dalam hal intimasi secara emosional dan fisik.

Dalam area ini mungkin Anda akan banyak menemukan perbedaan. 
Ketika menjalin hubungan, Anda berdua dalam hal ini perlu berada pada tahap yang sama.

Keterbukaan diperlukan untuk mengetahui kebutuhan masing-masing pasangan.

Jika ternyata terlalu banyak perbedaan di antara Anda dan pasangan, sebaiknya pikirkan lagi bagaimana menyelaraskan hubungan Anda.

Masalahnya, jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, yang ada malah akan membawa ketegangan dan frustrasi hubungan di masa yang akan datang.

5. Komitmen

Jika pandangan Anda mengenai komitmen berbeda satu sama lain hal ini tentu hanya akan membawa kekecewaan dalam hidup Anda, termasuk pasangan Anda.

Pastikanlah bahwa pandangan Anda berdua dalam komitmen berada pada level yang sama dan mempunyai tujuan serta pengertian yang sama.

Baca juga artikel tentang: Kata kata nasehat pernikahan

6. Persamaan peran

Walaupun di era millenium ini peranan pria dan wanita dapat dikatakan sejajar, namun pekerjaan rumah dan mengurus anak masih banyak dibebankan kepada wanita, baik yang bekerja di luar rumah atau seorang bu rumah tangga. 

Anda perlu memperjelas bagaimana Anda berdua memandang peranan dalam hidup yang akan Anda jalani sebagai sepasang suami-istri.

Misalnya, bagaimana pembagian tanggung jawab, masalah keuangan, komunikasi dan ekspektasi-ekspektasi Anda berdua jika kelak membina rumah tangga.

Jika harapan-harapan ini telah jelas dan dapat mendukung satu sama lain, maka dapat dipastikan Anda akan terlepas dari rasa ketidakpuasan atau kekecewaan.

7. Prioritas dalam hubungan

Prioritas-prioritas dalam suatu hubungan perlu Anda pertimbangkan.

Ingat, di dalam hubungan yang Anda jalin tidak cuma ada Anda berdua, melainkan juga ada hubungan-hubungan lain yang juga terbentuk.

Misalnya hal lain yang juga bisa Anda jadikan pertimbangan adalah seberapa banyak waktu yang Anda butuhkan berdua, apakah pembagian waktu yang diinginkannya dapat Anda tolerir, atau apakah pembagian waktu yang Anda inginkan dapat ditolerir oleh pasangan?

8. Romantisme

Hal ini sangat penting bagi kebanyakan orang, akan tetapi ada juga yang mengganggap romantisme tidak terlalu penting dalam sebuah hubungan.

Yang jelas, ketahui dengan pasti apa yang Anda inginkan dalam hal ini. 
Jika romantisme adalah yang Anda inginkan, selalu usahakan agar suasana romantis dapat selalu hadir dalam hubungan Anda. 

Jika ada sesuatu yang kurang, selalu berusaha berkomunikasi dengan pasangan Anda.

Semoga tips pernikahan bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda dalam menjalani kehidupan berumah tangga dan dapat memberi manfaat ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *