Film yang diangkat dari Kisah Nyata ini Menyebabkan Kita Miris Melihat Aksi Para Koruptor

By |

Libur panjang 3 hari minggu lalu saya lewatkan dengan menonton beberapa film yang saya dapat filenya dari hasil memanfaatkan jaringan internet saya (download film). Salah satu film yang saya download dan kami tonton yang cukup berkesan yang berjudul Madaari. Film berdurasi 133 menit ini diangkat dari kisah nyata seorang bapak bernama Nirmal (Irrfan Khan) yang mencari keadilan atas kematian anaknya yang bernama Apu.

 

 

Dikisahkan (kilas balik) suatu hari Apu, sang putra semata wayang setelah pamitan kepada ayahnya, Nirmal, untuk pergi ke sekolah mengalami kecelakaan akibat jembatan runtuh yang dilaluinya saat pergi ke sekolah. Nirmal yang saat itu sedang berada di tempat kliennya untuk melakukan pekerjaan reparasi jaringan secara kebetulan melihat berita live di TV tentang terjadinya kecelakaan itu dan mendapatkan nama anaknya disebut telah menjadi salah satu korban kecelakaan. Nirmal sesaat tertegun dan terkejut mendengar nama anaknya disebut dan segera menuju rs tempat penampungan para korban. Namun Apu tidak selamat dan menjadi salah satu korban meninggal runtuhnya jembatan akibat salah konstruksi. Nirmal saat itu di rs hanya mendapatkan tas yang dibawa si anak sekolah saat terakhir kalinya. Nirmal (yang merupakan single parent karena ditinggal istrinya ke Amerika) terlihat sangat sedih dan seperti mengalami gangguan psikologis dengan kepergian anaknya. Nirmal mencurigai dan menyalahkan adanya orang-orang yang terlibat korupsi dalam pembuatan jembatan tersebut serta berniat membalas dendam dengan menangkap koruptor yang terlibat.

Selanjutnya film ini diwarnai dengan drama penculikan dan pelarian Nirmal dan Rohan anak menteri dalam negeri India yang diculik. Latar belakang film diwarnai dengan nuansa khas India yang masyarakatnya terdiri dari kasta-kasta mulai dari kasta atas (menteri dalam negeri dan koleganya) sampai kasta menengah ke bawah (Nirmal).

Nirmal berharap menteri dalam negeri India akan memberikan informasi karena menteri dalam negeri merupakan orang yang paling tahu bagaimana penggunaan dana dalam proyek pembangunan jembatan. Meski diculik dan terlibat pelarian, Nirmal sempat melakukan ancaman namun tidak melakukan “kekerasan” yang sesungguhnya terhadap Rohan. Awalnya Rohan (yang tidak terlihat takut) menunjukkan kemarahannya kepada Nirmal  atas kejadian yang menimpanya. Namun akhirnya mereka “berteman” dan si anak menteri dalam negeri menjadi simpatik dengan keadaan Nirmal yang anaknya yang seusia dengannya terlibat kecelakaan.

Akhir film ini menceritakan bagaimana akhirnya menteri dalam negeri dipaksa membeberkan siapa saja orang yang terlibat termasuk dirinya sendiri (didepan kamera tv yang disiarkan secara langsung dan ditonton masyarakat India) yang telah mengakibatkan kecelakaan jembatan yang telah menimbulkan banyak korban jiwa. Meskipun berdurasi lama film bernuansa khas India ini tidak membosankan dan cukup layak ditonton khususnya bagi penggemar film India. Film ini banyak memberikan pesan moral terutama kritikan terhadap pemerintah yang korup serta dampak yang merugikan yang dapat menimpa banyak orang.

Share

One thought on “Film yang diangkat dari Kisah Nyata ini Menyebabkan Kita Miris Melihat Aksi Para Koruptor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *