Dietrich Mateschitz, Milyuner dari Usaha Minuman Berenergi

By |

Dialah, Dietrich Mateschitz, pengusaha asal Austria yang menjadi salah satu orang terkaya nomor 287 di seluruh dunia. Menurut majalah Forbes, kekayaannya mencapai US$ 20,2 miliar pada Mei 2019.

Pria yang lahir pada tanggal 20 Mei 1944 ini, merupakan sesosok pria yang sangat ulet dan tekun dalam menjalankan bisnis minuman berenergi, Red Bull.

Kisah Sukses

Terinsipirasi dari kejadian pada sebuah bar di negara tempatnya bekerja, Thailand, Dietrich Mateschitz kemudian mengembangkan sebuah minuman lokal menjadi minuman berkelas yang menjamur hingga ke seluruh dunia.

Di bar itu, Dietrich Mateschitz mencicipi sebuah minuman energi yang penuh kafein dan diklaim dapat meningkatkan energi secara instant.

Minuman ini cukup populer di kalangan masyarakat sekitar. Namun terkadang rasanya tidak karuan.

Berawal dari kejadian tersebut, Dietrich Mateschitz mencoba mencari cara untuk mengembangkan produk minuman tersebut agar lebih layak dikonsumsi.

Melalui berbagai macam percobaan dan penelitian, awalnya Dietrich Mateschitz tidak menemukan satu formula yang pas.

Hingga akhirnya ia memutuskan untuk bekerja sama dengan Chaleo Yoovidhya yaitu pemilik produk Krating daeng, sejenis minuman berenergi yang cukup terkenal di Thailand.

Bersama Chaleo Yoovidhya, Dietrich Mateschitz mendirikan perusahaan yang memproduksi dan memasarkan Krating daeng di luar Thailand dengan nama Red Bull.

Dietrich Mateschitz dan Chaleo Yoovidhya sama-sama memegang saham sebesar 49% dan sisanya dimiliki oleh anak Chaleo Yoovidhya.

Negara lain yang pertama kali mendapatkan pemasaran Red Bull adalah Hongaria dan Slovenia pada tahun 1989 setelah sebelumnya diluncurkan di Austria pada tahun 1987.

Berbagai macam strategi pemasaran dilakukan demi memperkenalkan dan meningkatkan penjualan Red Bull ke seluruh dunia.

Baca juga: Steven Quandt pewaris perusahaan raksasa BMW

Mulai dari pemasaran door to door menggunakan jasa para mahasiswa, menyewa seorang selebriti hingga membiayai sebuah turnamen atau pertandingan olah raga.

Segala macam cara dan sistem pemasaran dilakukan oleh Dietrich Mateschitz.

Hasil tidak akan mengkhianati sebuah proses. Hal ini terbukti pada Dietrich Mateschitz. Semua kerja kerasnya membesarkan Red Bull berbuah manis.

Meskipun sempat jatuh bangun oleh berbagai macam kejadian dan hambatan, Red Bull menjadi produk minuman berenergi yang menguasai pasar dunia.

Pada tahun 2017, Red Bull telah menjual lebih dari 6,3 miliar kaleng minuman. Inilah yang mengantarkan Dietrich Mateschitz pada kekayaan yang fantastis.

Gambar: Successstory[dot]com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *