4 Aspek Penunjang Gaya Hidup Sehat yang Mungkin Dilupakan Saat Diet

By |

Sebelum Anda melakukan diet untuk menurunkan berat, penting bagi Anda untuk mengingat kembali bahwa diet adalah bagian dari tujuan Anda dalam mencapai kondisi badan yang ideal sehingga Anda dapat menjaga stamina tubuh, daya tahan dan kondisi kebugaran yang akan berdampak pada produktifitas kerja nantinya.

Sangat mudah mengatakan “ikuti cara hidup sehat!”, namun kenyataannya kita sering lupa faktor faktor yang menunjang gaya hidup sehat yang dimaksud. Menurut ahli kesehatan setidaknya ada empat aspek penting yang perlu dilakukan untuk menunjang gaya hidup sehat.

Gaya Hidup Sehat

Simak terus ulasannya!

Faktor Penunjang Gaya Hidup Sehat

Pola Makan Sehat

You are what you eat…!

Menurut saya kata kata ini bisa jadi benar. Kalau kita ingin sehat tentu asupan yang masuk ke dalam tubuh kita harus memenuhi kriteria sehat.

Mengenai pola makan, berikut anjuran dari kebanyakan ahli gizi :

  • Jumlah Komposisi Makanan

Seimbangkan jumlah kalori yang masuk dengan energi yang keluar. Jika jumlah kalori yang masuk lebih besar dari jumlah energi yang keluar dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah.

Disamping jumlah, komposisi sekali makan pun harus lengkap dan seimbang.

Kekurangan nutrisi dapat dihindari dengan mengkonsumsi banyak sayur-sayuran dan buah-buahan.

  • Jenis Makanan

Upayakan mengkonsumsi makanan secara bervariasi serta tinggi nutrisi.

Misalnya karbohidrat, pilih yang berserat tinggi seperti gandum dan beras merah.

Disarankan untuk mengkonsumsi sayur dan buah sebanyak 5-9 porsi per hari. Lebih baik memilih sayur atau buah-buahan yang berwarna karena menandakan kaya akan zat antioksidan.

Jangan sering makan makanan yang mengandung lemak tidak baik. Anda perlu cermat memilih jenis lemak yang baik untuk dikonsumsi seperti minyak zaitun, alpukat atau lemak kacang-kacangan.

  • Jadwal Makan

Hal penting lainnya adalah mengatur jadwal makan menjadi lebih sering dalam jumlah kecil dan teratur daripada sekali makan dengan porsi yang banyak.

Jadwal makan yang baik adalah makan pagi, makan siang dan makan sore (sebelum jam 6). Jika malam masih lapar dapat mengkonsumsi sayur atau buah-buahan.

Pola Gerak Tubuh

Melatih gerakan tubuh secara rutin dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga metabolisme tubuh dapat berfungsi dengan baik dan tubuh tetap bugar.

Luangkan waktu 30 menit setiap hari untuk melakukan olahraga ringan atau sedang seperti jogging atau jalan cepat keliling kompleks rumah.

Manfaat yang lebih optimal dapat diperoleh jika Anda melakukannya di pagi hari atau sore hari. Karena pada saat ini kondisi tubuh Anda masih segar dan belum dekat dengan waktu tidur.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga pada hari kerja, Anda dapat menyiasatinya dengan memperbanyak jalan kaki dan naik turun tangga, baik pada saat berangkat kantor atau ketika jam istirahat.

Pola Istirahat Berkualitas

Setelah lelah kerja dan melakukan berbagai aktifitas lainnya seharian, tubuh Anda perlu waktu untuk memperbaiki dan meregenerasi sel sel tubuh.

Tidur berkualitas selama 6 – 8 jam sehari, selain memperbaiki sel-sel tubuh, juga membantu memulihkan energi yang terpakai.

Tips agar Anda dapat Tidur dengan Nyenyak di malam hari :

  • Aturlah ruangan tidur agar Anda merasa nyaman tidur di dalamnya. Jauhkan ruangan tidur Anda dari benda-benda elektronik seperti tv, komputer, kulkas dan lain sebagainya. Atur penerangan seminim mungkin agar tidur Anda lebih nyenyak karena penerangan yang minim membuat ruangan lebih tenang dan senyap.
  • Jangan membawa pekerjaan kantor ke rumah. Namun jika terpaksa kerjakan secepatnya agar pikiran Anda saat tidur lebih tenang.
  • Hindari minuman berkafein
  • Membaca bacaan yang menenangkan sebelum tidur seperti buku Agama, Alquran (dalam Islam) dapat membantu pikiran Anda lebih tentram.
  • Jika menggunakan AC Atur suhu ruangan agar sesuai dengan kenyamanan Anda.

Pola Pikir Positif

Kali ini saya juga sepakat jika ada yang mengatakan You are what you think…!

Iya memang benar bahwa apa yang kita pikirkan menggambarkan keadaan diri kita. Berpikir positif merupakan salah satu cara dalam menyehatkan jiwa kita.

Memunculkan pikiran positif dapat dilakukan dengan cara:

  • Mensyukuri apa yang telah diperoleh. Selain itu ikhlas (merasa ridha) atas apa yang diberikan Tuhan (Allah) kepada kita baik itu susah atau mudah, sehat atau sakit merupakan salah satu kunci untuk memunculkan pikiran positif dalam diri kita.
  • Bersikap sabar serta menyingkirkan segala pikiran negatif dalam diri kita.
  • Kurangi sikap yang berlebihan dalam setiap aktifitas Anda.
  • Tidak memiliki obsesi yang belebihan dalam mencapai suatu target.
  • Bersikap pasrah pada ketentuan Tuhan (Allah SWT)
  • Menjalankan ibadah yang diperintahkan Agama, baik yang wajib dan sunnah, dengan sebaik-baiknya (termasuk banyak membaca Alquran dalam Islam). Dengan memperbanyak ibadah hati kita terasa tentram karena apa pun yang kita lakukan kita merasa Allah ridha terhadap kita.

Demikianlah ulasan mengenai Gaya hidup sehat yang perlu diterapkan dalam pola hidup kita sehari-hari terutama jika kita ingin agar program untuk mendapatkan berat yang ideal (menurunkan berat badan) yang dilakukan berhasil.

Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *