Contoh Mind Map untuk Mengoptimalkan Proses Berpikir

  • Whatsapp

Cara Membuat serta Contoh Mind Mapping – Mungkin sudah banyak yang mendengar tentang apa mind map dan mempraktekkannya.

Namun tahukah Anda bagaimana asal mula pemikiran diciptakannya mind map ini serta bagaimana mempraktekkannya dengan benar sesuai dengan ide penciptanya Tony Buzan?

Read More

Asal Mula Mind Map

Ide diciptakannya mind map sebenarnya berasal dari pemikiran bahwa otak manusia tidak bekerja secara linear seperti yang biasa kita lakukan saat kita membaca atau menulis essai.

Otak manusia bekerja melalui proses asosiasi. Apa itu proses asosiasi ?  Merupakan suatu proses yang menghubungkan suatu pemikiran ke pemikiran lain secara terus menerus yang biasanya melalui pengalaman apa yang kita lihat, kita dengar dan kita rasakan.

Otak dapat bekerja secara optimal jika otak kiri dan otak kanan dapat bekerja secara bersamaan.

Jika dilihat dari perannya otak kiri dan otak kanan memiliki cara kerja yang berbeda.

Otak kiri merupakan otak yang berperan untuk berpikir jangka pendek seperti berpikir secara logika, menghitung, sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas bahasa seperti menulis, membaca, berbicara, mendengarkan, membuat prioritas pekerjaan dan membuat rincian atau suatu daftar.

Sebaliknya otak kanan merupakan otak yang berperan untuk berpikir secara konseptual, imajinasi, emosional seperti merasakan sedih dan marah dan saat melamun.

Sifat memori otak kanan adalah jangka panjang berkebalikan dengan otak kiri.

Jadi menurut Tony Buzan diperlukan suatu metode mencatat yang dapat melibatkan pola asosiasi dan gambar-gambar sehingga otak kita lebih optimal dalam mengingat, menganalisa serta mendapatkan ide.

Manfaat Mind Map

Mind map merupakan tools yang diciptakan untuk memudahkan seseorang dalam proses berpikir (termasuk dalam mengingat dan mencari ide) sesuai dengan cara kerja otak manusia.

Dengan menggunakan mind map kita dapat membuat asosiasi-asosiasi antara topik dan sub topik, visualisasi berupa gambar serta visualisasi berupa warna dan kata kunci berupa teks.

Mindmap saat ini sudah banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk mencatat, untuk membuat ringkasan, untuk belajar, mencari ide atau solusi serta untuk berbagai keperluan lainnya.

Setiap orang tentunya akan memiliki catatan mindmap yang unik berdasarkan pengalaman serta asosiasi yang berbeda-beda.

Cara Membuat Mind Map 

Sebelum membuat mind map kita perlu tahu, bagaimana prinsip atau aturan dasar cara membuat mind map berdasarkan ide penciptanya Tony Buzan.

Prinsip Dasar

Berikut ini merupakan prinsip dasar cara membuat mind map :

  • Menggunakan kertas polos berwarna putih dengan ukuran minimal A4.
  • Menggunakan bolpoin atau pensil warna.
  • Buat topik sebagai pusat mind map yang diletakkan pada tengah-tengah kertas. Beri gambar serta tulisan judul pada topik.
  • Buat cabang utama yang merupakan ide-ide pokok pemikiran Anda yang memancar keluar dari topik utama atau pusat mind map.
  • Kembangkan cabang-cabang utama dengan cabang-cabang yang berisi ide lain yang relevan.
  • Gunakan hanya kata kunci untuk setiap ide di atas cabang-cabang itu.
  • Gunakan banyak gambar dan warna pada mind map Anda.

Aturan Grafis Mind Map

Selain itu hal yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana aturan grafis dalam membuat mind mapping. Berikut ini aturannya :

  • Gambarlah kertas polos Anda dengan posisi landscape atau mendatar.
  • Pusat mind map selalu diberi gambar (central image) serta diberi judul. Letaknya di tengah-tengah kertas.
  • Cabang utama memancar langsung dari pusat mind map dengan warna yang berbeda sesuai dengan masing-masing ide. Bentuknya meliuk seperti cabang pohon dari tebal ke tipis.
  • Panjang cabang disesuaikan dengan panjang kata.
  • Semakin dekat ke pusat mind map cabang semakin tebal, atau semakin jauh semakin tipis.
  • Bentuk cabang memancar ke segala arah dengan jumlah maksimal 5-9 sesuai dengan zona nyaman daya ingat jangka pendek manusia.
  • Kata yang ditulis 1 kata yang berupa kata kunci yang ditulis dengan huruf cetak serta kemiringan maksimal 45 derajat.
  • Semakin jauh dari pusat mind map ukuran huruf semakin kecil.
  • Gambar atau Simbol dapat digunakan untuk memperkuat atau menggantikan kata kunci.
  • Gunakan sebanyak mungkin gambar dalam membuat mind map.
  • Gunakan sebanyak mungkin warna, minimal 3 warna. Warna dapat juga digunakan untuk membantu pengelompokan ide.

Membuat Mind Map Secara Manual

Pada video ini diberikan contoh bagaimana membuat Mind Map secara manual. Anda tinggal melakukan praktek sesuai dengan prinsip dan aturan grafis yang sudah diinformasikan di atas.

Membuat mind map untuk memetakan pikiran akan memudahkan Anda untuk mengingat, mendapatkan ide atau untuk merangkum suatu konten pelajaran, penjelasan seseorang dari makalah, video, buku atau tatap muka.

Membuat Mind Map Menggunakan Software iMindMap (AYOA)

Selain dengan cara manual di atas sekarang ini sudah banyak juga aplikasi mind map (software) yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah pembuatan mind map Anda.

Aplikasi ini dapat Anda gunakan baik itu di computer atau pun di smartphone Anda.

Salah satunya yang cukup memenuhi standard prinsip dasar pembuatan mind map adalah iMindMap sekarang sudah berubah menjadi AYOA.

Dengan menggunakan software mind map serta menginstalnya di  smart phone Anda, Anda dapat membuat mind map di mana pun Anda berada.

Biasanya hasil dari pembuatan aplikasi ini dapat diconvert ke dalam bentuk image atau bisa juga ke dalam bentuk file PDF.

Contoh Mind Mapping berdasarkan Penggunaannya

Contoh Mind Mapping untuk membuat Ringkasan

Penggunaan mind map untuk meringkas suatu bahasan sering dilakukan untuk mempermudah dalam mengingat kembali apa yang dibahas.

Cara ini sering digunakan saat sedang diskusi, mendengarkan penjelasan satu topik tertentu, atau membaca suatu tema pada makalah, dll.

contoh mind mapping ringkasan

sumber : haydonlearningblog.com

Contoh Mind Mapping untuk Belajar

Mind map memiliki keutamaan untuk membuat ringkasan dalam belajar. Banyak yang menggunakan mind map dalam proses belajar dan mengajar, karena dapat meringkas poin-point yang diberikan dan memberikan kemudahan untuk mengulangnya kembali.

Contoh Mind Mapping

sumber : misterrichard.weebly.com

Penggunaan dalam Bisnis

Mind mapping bisa digunakan untuk perencanaan dalam bisnis. Dalam contoh yang diberikan topik utama dibagi menjadi empat beberapa kategori, yaitu: Ringkasan, Perusahaan, Finansial, Marketing, Manajemen, Analisis, Produk. Masing-masing kategori kemudian dibagi lagi ke dalam sub kategori.

Contoh mind mapping dalam bisnis

Mind Mapping untuk Brainstorming

Contoh mind mapping di bawah ini, terlihat bahwa pembuatan cabang hanya sampai level 1, selanjutnya dibuat ringkasan berupa kalimat-kalimat pendek. Isi dari mind map yang dibuat berupa peta perjalanan atau trip yang akan dilakukan seseorang ke beberapa negara.

Brainstorming-mind-map

Meringkas Text-Book

Pada contoh di bawah mind map dibuat untuk meringkas sebuah text book. Terlihat bagaimana pembuatnya meringkas buku tentang mind map berdasarkan 4 kategori utama. Kemudian setiap kategori dibagi lagi menjadi sub kategori sampai yang terkecil ke level tiga.

Text-book-mind-map

Merencanakan Meeting

Pada contoh berikutnya mind map digunakan untuk merencanakan meeting. Hal ini berguna untuk membuat meeting berjalan efektif dan tidak sia-sia. Out put meting dibuat ke dalam Notes. Selain itu ada juga pembagian berdasarkan Action Plan yang akan dilakukan setelah meeting. Anda bisa menyesuaikan susuai ide dan kebutuhan Anda.Contoh-Mind-Map-Meeting

Demikianlah petunjuk cara menggunakan serta contoh mind mapping.

Hal yang perlu diperhatikan adalah setiap orang memiliki rangkaian jaringan neuron otak yang unik, sehingga mind map yang dihasilkan untuk satu topik yang sama bisa berbeda-beda. Tidak ada yang salah dalam hal ini, sebaliknya justru akan memperkaya ide untuk menemukan pemecahan suatu masalah.

Semoga artikel tentang cara membuat mind map di atas, dapat membantu Anda dalam pekerjaan, dalam belajar dan dalam proses berpikir atau pekerjaan lainnya.

Edwin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *