Cara Unik Menanam Ubi Jalar Hidroponik di Rumah

Cara menanam ubi jalar secara hidroponik adalah cara menanam tanaman tanpa menggunakan tanah.

Ini dianggap sebagai cara baru untuk menanam, biasanya ubi jalar ditanam untuk daun dan umbi, metode ini digunakan untuk menghias sudut meja belajar, kantor perusahaan untuk menghadirkan ruang yang indah dan santai untuk semua orang.

Artikel berikut kami akan memandu Anda cara menanam ubi air sederhana di rumah!

Apa itu ubi jalar hidroponik?

Growing-Sweet-Potatoes-Indoor

Ubi jalar hidroponik hanyalah nama metode baru menanam tanaman pada artikel ini.

Tujuan dari penanaman ini adalah untuk membuat tanaman hias.

Biasanya mereka ditanam langsung di tanah untuk mendapatkan sayuran dan umbi-umbian untuk dimakan.

Namun untuk cara ini ditanam dalam vas, pot berisi air agar kuncupnya bisa tumbuh hijau menjadi seperti tanaman bonsai yang cantik dan ekonomis.

Petunjuk tentang cara menanam ubi jalar hidroponik di rumah

Beberapa bahan yang harus disiapkan saat menanam ubi jalar air

Berikut adalah beberapa alat yang diperlukan untuk mempersiapkan cara menanam ubi jalar hias sebagai berikut:

  • Gelas, vas kaca, pot kecil dengan ukuran tergantung selera.
  • Gunakan 4 tusuk gigi atau tusuk sate kecil.
  • Air bersih.
  • Jika pohon tumbuh besar, Anda harus menyiapkan lebih banyak pot untuk tanaman.
  • Siapkan ubi jalar dengan ukuran yang diinginkan.

Jika Anda memilih vas atau cangkir yang terlalu besar, atau terlalu kecil, akan membuat keseluruhan pot terlihat tidak sedap dipandang, jadi pertimbangkan sebelum menanam!

Proses menanam ubi jalar hidroponik

Sweet-Potato-in-Water

Di pojok belajar atau meja kantor di perusahaan, ubi jalar air masih menjadi pilihan sempurna yang bisa menggantikan sukulen atau kaktus.

Berikut cara budidaya ubi jalar air yang harus Anda simak:

Langkah 1: Anda dapat memotong ubi jalar menjadi dua atau membiarkan seluruh umbinya, lalu gunakan tusuk gigi bambu untuk menusuk bagian tengah ubi jalar untuk membuat penyangga saat diletakkan di segelas air atau toples kaca.

Langkah 2: Selanjutnya, letakkan ubi jalar yang sudah dibuat menjadi rak dalam secangkir air sehingga tusuk gigi bambu berperan membantu ubi menggantung di tengah cangkir air. Sejajarkan umbi sehingga berada di tengah cangkir dan tidak tenggelam ke dasar.

Langkah 3: Lanjutkan menuangkan air ke dalam cangkir sehingga ketinggian air sekitar umbi. Kemudian letakkan cangkir air itu di tempat yang sejuk dan dapatkan sinar matahari penuh.

Langkah 4: Seminggu setelah tanam Anda harus mengganti air sekali untuk ubi, itu akan mulai menumbuhkan tunas pertama dan mengeluarkan daun muda setelah sekitar 2 minggu.

Langkah 5: Setelah 1 bulan sejak tanam, ubi jalar mulai banyak bercabang. Pada titik ini Anda dapat memangkas bagian atas untuk membantu pohon menumbuhkan cabang yang lebih indah.

Langkah 6: Ketika tanaman ubi jalar tumbuh terlalu cepat, Anda harus menanamnya dalam pot untuk membantu tanaman tumbuh lebih hijau dan menghasilkan umbi baru!

Baca juga cara menanam tanaman sirih gading varigata (epipremnum aureum).

Setelah menanam ubi di media air, bagaimana cara merawatnya?

Sweet-Potato-in-Water-2

Tanaman ubi jalar menyukai sinar matahari, sehingga perlu terkena sinar matahari 2-3 kali seminggu untuk membantu tanaman tumbuh dengan stabil.

Semprotkan air pada daun dan batang ubi jalar 1-2 kali sehari agar kulit dan pucuk muda tidak mengering.

Dalam proses pertumbuhan, pohon harus dipangkas dengan hati-hati, menghilangkan daun kuning, hama. Daun dan pucuk muda digunakan untuk membuat banyak hidangan bergizi.

Karena tanaman ditanam secara hidroponik di dalam ruangan, mereka agak rentan terhadap hama dan penyakit.

Jika akar tergenang air, potong bagian yang rusak dan gunakan 0,5% kalium permanganat, rendam akar selama 10 menit, lalu cuci dengan air.

Ganti air dan bersihkan vas, perbaiki tanaman dengan katrol (penyangga) selama 7 – 15 hari.

Ganti air setiap 2 hari sampai tanaman memiliki akar baru, lalu masukkan tanaman ke dalam pot untuk merepoting secara teratur.

Beberapa masalah yang perlu diingat dengan cara menanam ubi jalar hidroponik

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang cara menanam ubi jalar secara hidroponik sebagai berikut:

  • Daun dan tangkai akan menyalip bagian atas ketika ada cukup cahaya sehingga Anda dapat mengontrol pertumbuhan pohon. Jika Anda menyukai tanaman dengan dedaunan lebar, biarkan mengering secara teratur di bawah sinar matahari.
  • Saat tangkai sudah tinggi, sebaiknya dipangkas untuk menciptakan bentuk yang estetis atau merajut cabang agar pohon tidak tumbang dan cukup kuat untuk berdiri tegak.
  • Untuk membatasi alga berbahaya di dalam air, disarankan untuk menggabungkan larutan nutrisi dengan hidrogen peroksida atau 0,1% kalium permanganat untuk memfasilitasi pelepasan oksigen untuk menghambat pertumbuhan alga.

Jika Anda menggunakan toples kaca atau cangkir, Anda bisa memasukkan beberapa batu warna-warni atau beberapa ikan guppy, ikan mas, dll. untuk menciptakan suasana akuarium yang hidup.

Cara unik lainnya untuk menghias adalah dengan menanam umbi di akuarium. Jenis penanaman ini, hanya umbinya yang sedikit kontak atau dekat dengan permukaan air dan tanaman akan menyerap uap yang naik sehingga menyebabkan akarnya jatuh ke dalam air.

Dari artikel di atas kami telah menunjukkan kepada Anda cara menanam ubi air super sederhana di rumah, dan juga mengungkapkan kepada Anda cara merawat tanaman setelah tanam.

Saya harap Anda dapat menanam dan memelihara tanaman yang Anda inginkan!

Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.