9 Cara Agar tetap Semangat dan Bahagia saat Karantina dari Covid 19

  • Whatsapp

Imunitas tubuh merupakan hal yang penting untuk dijaga atau ditingkatkan saat wabah Coronavirus melanda. 

Dengan doa dan imunitas yang baik maka serangan penyakit Covid-19 dapat dicegah. 

cara-agar-berpikiran-positif

Selain imunitas yang baik, untuk mencegah tubuh dari Covid-19, perlu dilakukan sosial distance antar individu.

Rajin mencuci tangan dan tidak sembarang memegang bagian muka juga merupakan cara yang efektif mencegah diri dari terjangkit virus.

Selain faktor fisik, pola pikir juga perlu mendapat perhatian setiap orang. Jika seseorang mengalami stress atau depresi maka imunitas tubuh akan terpengaruh yang dapat memberi peluang virus menyerang tubuh.

Bahagia” dan “Stress” merupakan dua kondisi mental yang sangat mempengaruhi imunitas tubuh.

Stress dapat merusak imunitas, sedangkan bahagia dapat meningkatkan imunitas. Namun, saat kita tidak bisa kemana-mana, hanya di rumah, apakah kita tetap bisa Bahagia? Menurut Psikolog ternyata jawabannya, Bisa!

Nah, berikut merupakan cara untuk tetap bahagia saat sedang karantina diri dari Coronavirus

9 Cara Agar tetap Bahagia saat Karantina Diri dari Covid 19

Menurut penelitian psikologi yang dilakukan oleh yang dilakukan  (Diener, Sandvik, & Pavot, 2009), seseorang lebih mudah menjadi bahagia jika dia lebih sering melakukan hal-hal yang membuat dirinya bahagia atau senang.

Jadi kebahagiaan seseorang tidak bergantung dari intensitas kebahagiaan itu sendiri, namun tergantung dari seberapa sering seseorang melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Hal yang menyenangkan bagi setiap orang bisa berbeda-beda (subjektif). Selain itu juga Anda perlu memperhatikan bahwa hal-hal utama seperti ibadah dan pekerjaan kantor harus Anda selesaikan lebih dulu agar tidak jadi kendala di masa mendatang.

Berikut contoh hal-hal sederhana yang bisa membuat seseorang bahagia saat sedang melakukan karantina diri di rumah:

1. Membersihkan rumah 

Meskipun sederhana melihat rumah rapih dan bersih merupakan hal yang bisa membuat seseorang bahagia.

Membersihkan rumah bersama keluarga juga akan menumbuhkan rasa kebersamaan antar anggota keluarga.

Pembagian tugas yang bisa dilakukan yaitu: nyapu, ngepel, membereskan tempat tidur, memotong rumput, menyiapkan sarapan, dll.

2. Tambah frekuensi olahraga di pagi dan sore hari

Jika Anda biasanya melakukan olahraga di pagi hari sampai kelelahan, ubah cara olahraga Anda menjadi pagi dan sore hari.

Kurangi intensitas Anda, namun lakukan menjadi lebih sering. Jika perlu ajak anggota keluarga untuk melakukan olahraga bersama.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama keluarga: senam, olahraga permainan, dan lain-lain.

3. Memasak bersama

Mempersiapkan makanan untuk sarapan atau makan siang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan jika dilakukan bersama anggota keluarga.

4. Nonton film atau acara TV humor

Hal lain yang bisa membuat seseorang bahagia adalah ketika bisa menikmati hiburan yang bisa membuat tertawa atau memberikan rasa seru atau penasaran sehingga melibatkan diskusi bersama anggota keluarga.

5. Mambaca quotes motivasi

Salah satu yang bisa membuat seseorang tetap berpikir positif adalah sering memberikan afirmasi pada dirinya dengan pikiran-pikiran positif.

Baca juga: Quotes tentang berpikir positif

6. Tambah frekuensi Anda untuk bersyukur

Meski Anda sedang dalam masa karantina akibat wabah Corona, sebaiknya Anda lebih sering bersyukur atas karunia yang didapat selama ini.

Wujud rasa syukur bisa dengan melakukan ibadah sunnah (sholat sunnah, dzikir, perbanyak baca Quran) serta merasakan nikmat-nikmat apa saja yang sudah Anda dapat. Misal: udara pagi yang segar, bisa berkumpul dengan keluarga, masih diberi kesehatan, masih diberi kekuatan iman, masih dapat gaji bulanan dan masih banyak lagi.

7. Menghubungi Teman Anda

Tetap berkomunikasi dengan kerabat atau teman dekat bisa juga membuat Anda senang dan bahagia.

Saat berkomunikasi jangan terlalu fokus membicarakan tentang wabah Corona. Meskipun mungkin agak sulit, namun tetap bicarakan hal-hal yang positif, humor dan hal lain yang bisa membangkitkan semangat. 

8. Mandi pagi dan sore hari

Bagi sebagian orang, tidak bekerja di kantor berarti bisa bermalas-malasan di rumah. Hal ini boleh-boleh saja, namun Anda harus tetap menjaga kebersihan tubuh dengan tetap mandi pagi dan sore.

Menjaga kebersihan tubuh bisa membuat perasaan seseorang lebih happy. Tubuh yang bersih tentu akan membuat seseorang terhindar dari bau badan yang bisa mengurangi mood kebahagiaan.

9. Tetap ikuti trend perkembangan Covid-19 namun kurangi hanya dari sumber terpercaya

Ada sebagian kecil orang yang memanfaatkan momen wabah korona untuk membuat hoax untuk menciptakan kekacauan.

Kurangi frekuensi Anda dalam membaca berita-berita dari media sosial atau nonton tv mengenai penyebaran Corona. Karena bisa menyebabkan pikiran-pikiran negatif yang dapat membuat Anda stress.

Anda cukup tahu hal-hal prinsip nya saja tentang Corona dan cara pencegahannya. Batasi informasi yang masuk ke kepala Anda dengan hanya melihat berita pada pagi dan sore saja sehingga Anda akan mendapatkan hal-hal yang pentingnya saja dari sumber terpercaya.

Demikianlah tips agar tetap bahagia selama masa wabah Corona. 

Jadi sekali lagi, menurut psikolog untuk menjadi bahagia adalah yang penting frekuensi dalam melakukan hal-hal yang bisa membuat kita senang, bukan intensitas yang besar namun jarang.

Pikiran manusia hanya bisa memikirkan satu hal dalam satu waktu. Maka, tetap menyibukkan diri dengan aktifitas dan pikiran positif merupakan salah satu cara kita untuk melawan kebosanan dan stres.

Mari kita doakan semoga wabah ini segera berlalu dan kita bisa beribadah dan beraktifitas seperti sebelumnya.

Sumber: Buletin KPIN

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *