3 Cara Sederhana Menanam Bunga Mawar dengan Stek Batang

Mawar dikenal karena keindahan dan umur panjangnya. Bunga ini mudah diperbanyak dengan stek dari tanaman induknya.

Nah, jika Anda ingin memiliki tanaman pot yang indah di taman Anda, silakan simak beberapa cara menanam bunga mawar dengan cara stek melalui artikel di bawah ini!

Apa saja fitur yang menonjol dari mawar?

Berikut adalah beberapa bagian yang menonjol dari mawar:

Batang : Bunga mawar sering tumbuh di semak-semak, pada cabang, batangnya memiliki banyak duri yang tajam dan keras.

Daun: Daun mawar tergantung pada varietas mawar yang berbeda, masing-masing dengan 3-9 daun muda, daun majemuk, tumbuh di seluruh batang.

Bunga: Mawar memiliki warna yang sangat beragam seperti merah muda, merah, putih, kuning-oranye, biru… dengan aroma yang menyenangkan, mereka sering berkelompok di bagian atas cabang atau tumbuh sendiri-sendiri.

Bunganya memiliki banyak kelopak berkat benang sari jantan yang tersusun rapi di sekitar kerucut runcing di tengahnya.

3 cara sederhana untuk menanam bunga mawar dengan stek batang

Cara menanam stek bunga mawar dengan kentang

Stek-Mawar-dengan-Kentang

Ini dianggap sebagai cara khusus untuk menumbuhkan cabang mawar dengan tingkat keberhasilan yang tinggi dan penghematan biaya.

Selain itu, kentang merupakan umbi yang banyak mengandung nutrisi dan memiliki kadar air yang tinggi sehingga membantu akar tanaman tumbuh dengan sangat cepat dan sehat.

 Jika Anda berniat untuk memperbanyak bunga mawar dengan cara ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1:

Anda juga melakukan hal yang sama seperti stek dengan tanah.

Pilih batang bunga yang sehat dengan panjang sekitar 20cm dan potong juga secara diagonal dengan sudut 45 derajat.

Kemudian potong semua daun dan duri pada batang bawah dan pertahankan daun atas. Selanjutnya, celupkan stek setelah memotong ke dalam produk rooting sebelum memotong kentang.

Langkah 2:

Langkah selanjutnya adalah memilih lokasi yang cocok untuk menanam pohon, dengan cahaya penuh dan kelembapan yang cukup untuk pohon.

Maka Anda harus melonggarkan tanah dan menyirami tanah untuk mendapatkan kelembaban yang cukup, gali lubang agar sesuai dengan ukuran kentang.

Langkah 3:

Gunakan bagian ujunga mawar untuk melubangi kentang. Atau gunakan alat untuk membantu melubanginya.

Perhatikan bahwa Anda harus mencoba menekan batangnya dengan hati-hati agar cabangnya tidak patah.

Kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kentang ke dalam lubang yang telah digali dan menggali tanah agar kentang benar-benar terkubur.

Anda harus menyirami tanaman setiap hari agar tetap lembab. Selama proses perawatan, Anda harus membatasi menyentuh cabang agar akar berkembang lebih stabil.

Baca juga 25 gambar bunga mawar sebagai inspirasi dekorasi taman.

Cara Stek mawar dengan media tanah

Cara-stek-tanaman-mawar-dengan-tanah

Stek mawar tanah adalah cara untuk mendapatkan tunas sehat dari tanaman induk dan menanamnya di tanah.

Setelah masa perawatan, bagian batang ini akan berakar dan membentuk tanaman baru. Untuk melakukan teknik ini, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Langkah 1:

Pilih cabang mawar yang segar, sehat, dan bervitalitas tinggi. Kemudian potong dahan yang panjangnya hanya sekitar 15 sampai 20 cm.

Selanjutnya, gunakan pisau tajam untuk memotong secara diagonal pada sudut 45 derajat tepat di set daun pertama di cabang.

Kuncup bunga telah memudar dan tidak ada daun, duri yang lebih rendah Anda potong, hanya menyisakan bagian atas.

Pada langkah ini, Anda perlu memperhatikan alat pemotong yang didesinfeksi secara menyeluruh sebelum digunakan.

Khususnya pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk memotong dahan karena pada saat ini dahan mendapat cukup kelembapan

Langkah 2:

Selanjutnya, pilih lokasi dengan kondisi yang paling menguntungkan untuk stek. Tempat penenaman harus cukup terang tetapi tidak terlalu terang dan dekat dengan sumber air untuk membantu menjaga kelembaban. Untuk stek, Anda harus menyiapkan campuran tanah, pasir dan batu untuk membentuk bedengan atau dimasukkan ke dalam pot.

Langkah 3:

Buat lubang di tanah dan gunakan tongkat untuk membuat lubang sekitar 8 sampai 10 cm di tanah.

Kemudian, masukkan batang stek dengan lembut ke dalam lubang tepat berada di tengah.

Selanjutnya adalah memadatkan tanah disekitarnya agar tanaman dapat berdiri. Terakhir, siram secara rutin setiap hari untuk membantu tanaman cepat berakar.

Baca juga cara menanam dan merawat tanaman bunga mawar di pot.

Cara menanam stek bunga mawar dengan air

Cara-menanam-stek-mawar-dengan-air

Cara menanam bunga mawar dengan air adalah cara menggunakan air murni untuk merangsangnya agar lebih cepat berakar.

Ini adalah cara yang sangat mudah untuk membuat pot bunga yang semarak dalam waktu singkat.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan proses ini:

Langkah 1:

 Anda juga memilih cabang hijau tua yang kuat dengan bunga sekitar 20 cm. Kemudian potong bevel di kedua ujungnya sehingga cabangnya sekitar 15 cm.

Daun dibuang, tetapi daun kecil harus disimpan di atas untuk melakukan sintesis senyawa. Stek harus memiliki sekitar 3-4 mata (node) besar untuk memudahkan rooting.

Langkah 2:

Anda memasukkan air murni ke dalam gelas plastik bening sebagai media pemotongan bunga mawar agar mudah memantau proses perakaran cabang.

 Selanjutnya, tambahkan larutan stimulan rooting ke dalam air dan aduk rata. Selanjutnya, langsung tancapkan ranting mawar yang sudah dirawat ke dalam larutan di atas.

Langkah 3:

Setelah merendam dengan air selama 3 hari, Anda dapat mengganti air untuk menghindari jamur.  Lakukan secara rutin 3-5 hari sekali sampai masa pemindahan ke tanah.

Langkah 4:

Setelah 10-30 hari dari waktu perendaman dalam air, cabang akan berakar. Pada titik ini, Anda harus menanam di tanah dan menunggu sekitar satu bulan sampai pohon mawar mulai bertunas.

Rasakan cara menanam mawar dengan cabang

Agar Anda dapat mengambil stek mawar yang efektif, berikut ini adalah pengalaman teknis umum:

  • Cabang yang perlu dipilih untuk stek, mereka harus berwarna hijau tua, tidak terlalu tua. Tunas terbaik harus memiliki setidaknya 5 daun untuk digunakan untuk sintesis senyawa perakaran yang lebih cepat. Secara khusus, Anda perlu memilih cabang berbunga untuk memastikan bahwa stek berikutnya juga memberikan tingkat pembungaan yang tinggi.
  • Anda harus memilih mawar yang akrab dengan kondisi lingkungan tempat Anda tinggal. Ini membantu meningkatkan tingkat kelangsungan hidup cabang mawar.
  • Mawar adalah tanaman yang menyukai kelembaban, jadi selama proses pemotongan, mereka perlu disiram secara teratur. Namun, jangan menyiram di malam hari, itu akan menyebabkan stagnasi dan busuk akar. Untuk stek, Anda harus menutupinya dengan hati-hati untuk menghindari sinar matahari yang kuat, serta angin dan hujan.
  • Meskipun bunga mawar merupakan tumbuhan yang dapat menumbuhkan akarnya sendiri, namun dalam proses steknya dapat dipengaruhi oleh lingkungan luar. Oleh karena itu, cabang yang belum bertunas akarnya telah mati. Karena itu, Anda juga harus menggunakan rooting stimulant stek mawar dengan mencelupkan cabang sebelum memotongnya. Ini akan membantu mendorong mawar untuk berakar lebih cepat.
  • Waktu terbaik untuk stek mawar adalah sekitar bulan Agustus sampai Oktober, karena ini adalah waktu hujan lebat, kelembaban tinggi sangat cocok untuk tanaman mawar untuk tumbuh.

Baca juga 30 jenis bunga mawar yang siap menghiasi taman Anda.

Proses perawatan setelah menerapkan cara menanam bunga mawar dengan stek

Cara-merawat-Stek-Bunga-Mawar

Penyiraman

Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman hijau secara teratur adalah di pagi hari dan di sore hari yang sejuk jika di hari yang terik.

 Jangan menyiram terlalu sore agar daun dan bunga tidak lagi menggenang.

Penyiraman tanaman perlu dilakukan secara rutin untuk mawar panjat dalam pot, karena tanah di dalam pot lebih sedikit, sehingga kemampuan menahan air umumnya tidak tinggi.

Pemupukan

3 – 5 hari setelah tanam: gunakan pupuk daun seperti Atonik, hijau tiga ukuran 16.16.8, ganggang, HVP 30.10.10, dll. untuk memastikan pembungaan yang lebih baik, rooting yang baik.

10 – 15 hari setelah tanam: Ini adalah tahap ketika tanaman mulai berakar dan menghasilkan daun muda, perlu untuk menerapkan pupuk kelelawar, NPK, DAP atau pupuk granular dinamis.

Hindari pemupukan langsung ke akar, yang akan berdampak buruk pada akar, jadi berikan pupuk di sekitar akar, lalu tutup dengan tanah dan air untuk membantu tanaman menyerap nutrisi dengan baik.

Memangkas

Perawatan harus dilakukan untuk menghilangkan bunga layu, bunga layu, dan daun rusak. Bunga yang sudah mekar juga harus dipotong, saat memotong sebaiknya memotong bagian atas dengan dua lapis daun lagi agar cabang bunga memiliki kekuatan untuk menembak cabang baru dan memberikan kuncup bunga baru.

Pengendalian hama

Penyiraman secara teratur untuk tanaman dan mawar pemupukan berkala tidak hanya membantu mawar untuk berfotosintesis dengan baik dan menambahkan lebih banyak nutrisi, tetapi juga menghindari digigit oleh tungau laba-laba, yang menyebabkan layu daun, dan kelelahan tanaman.

Bila ada bintik-bintik putih di dekat bagian atas atau bawah daun karena kutu putih, buang daunnya dan bunuh bintik-bintik putihnya.

Jika terlalu parah, harus digunakan insektisida yang tepat yang tidak mencemari lingkungan dan tidak berbahaya bagi manusia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.