Cara memilih Layanan Provider Hosting yang Sesuai Kebutuhan

Share

Apakah saat ini Anda sedang mengembangkan web (blog) ? Apakah jenis web Anda merupakan web statis atau web yang dinamis yang diharapkan memiliki trafik yang tinggi? Dalam hal pengembangan website terutama untuk kebutuhan bisnis online jangan asal-asalan dalam memilih provider hosting. Pahami apa yang mereka tawarkan dan apa yang Anda butuhkan.

Carilah provider hosting yang memilih reputasi yang bagus yang dapat memberikan support layanan terbaik (24jam/7hari) yang akan mendukung usaha Anda ke depan.

Berikut ini hal-hal utama yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih provider hosting:

Cara Memilih Provider Hosting

Cara memilih provider hosting

Pahami Kebutuhan Hosting Website Anda

  • Apakah jenis web yang sedang Anda bangun memerlukan banyak file yang akan diupload atau tidak. Jika iya, maka Anda memerlukan space (kapasitas) yang lebih besar daripada web jenis web profile atau web statis. Jika budget Anda minim dan website Anda masih baru, anda bisa memilih paket dengan kapasitas yang lebih kecil dan nantinya dapat diupgrade tanpa perlu memesan paket baru. Biasanya provider hosting akan memberikan pilihan hosting yang dapat diupgrade ke fitur atau space yang lebih besar.

 

  • Apakah web Anda sudah memiliki banyak pengunjung atau masih baru. Jika sudah memiliki pengunjung harian yang besar (misal pengunjung lebih dari 2000-3000 per hari), maka pilih lah server hosting yang sesuai dengan besar bandwith dan jumlah pengunjung website Anda. Jika belum, domain Anda masih baru, Anda bisa memilih paket paling minimal dan kemudian bisa Anda upgrade nantinya.

 

  • Lokasi Target Pengunjung. Sesuaikan lokasi server dengan target pengunjung web Anda. Jika web Anda merupakan web berbahasa inggris dengan target orang Amerika atau Eropa, pilihlah server yang berlokasi di luar negeri (Amerika atau Eropa). Sebaliknya, jika target pengunjung Anda dari Indonesia (lokal), pilih server yang berlokasi di Indonesia atau Singapura. Lokasi server dapat menentukan waktu akses dari pengunjung website Anda. Contoh: pengunjung dari Indonesia akan lebih cepat mengakses website yang server nya berada di Indonesia daripada pengunjung yang ada di Amerika, karena jalur yang dilalui lebih pendek.

 

  • Tingkat Sekuriti Web. Apakah web Anda merupakan website yang memerlukan transaksi pembayaran online (misalnya dengan kartu kredit atau tidak), atau website Anda merupakan website yang menyimpan data-data penting seperti customer atau orang-orang yang perlu dijaga privasi nya. Website dengan tingkat sekuriti tinggi ini memerlukan Server dan IP yang lebih privasi.

 

Setelah Anda memahami kebutuhan website Anda sudah saatnya menentukan jenis atau paket hosting untuk website Anda.

Baca juga: 21 Ide bisnis online berpeluang sukses dengan modal kecil

Paket yang ditawarkan Provider Hosting

Berikut ini merupakan  jenis hosting yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan web Anda :

Shared hosting

Shared Hosting

Merupakan jenis hosting dengan server yang biasanya memiliki performa yang bagus di mana web Anda akan berada bersama web lainnya dalam satu server. Setiap akun akan mendapat ruang virtual yang aman untuk menempatkan file-file Anda termasuk file situs.

Biasanya akan terdapat fitur kontrol panel yang akan memudahkan Anda dalam melakukan proses instalasi, backup serta update situs.

Ada beberapa paket hosting yang telah menyertakan fitur kontrol panel pada paketnya dan ada juga yang menyertakannya secara terpisah sehingga Anda perlu menambah biaya untuk fitur ini.

Anda juga dapat melakukan instalasi, backup atau update web Anda tanpa fitur ini dengan cara manual. Namun ini tidak disarankan bagi pemula atau yang memiliki waktu terbatas.

Semua website yang berada pada server akan berbagi prosessor, RAM, dan fitur lainnya pada server. Kebanyakan website yang baru dibangun dan bisnis menengah menggunakan paket ini dikarenakan harganya yang lebih murah.

Virtual Hosting

Virtual Private Server (VPS) Hosting

Virtual hosting adalah jenis hosting di mana satu server dibagi atau displit menjadi beberapa server virtual yang akan digunakan oleh masing-masing web pengguna. Pada paket virtual hosting ini, Anda memiliki IP sendiri (dedicated IP) atau tidak berbagai IP dengan web lainnya. Paket dedicated IP sebenarnya pada beberapa provider hosting juga bisa diminta (tambahkan) pada shared hosting dengan tambahan biaya tentunya.

Pada paket virtual hosting masing-masing pengguna diberi kebebasan administratif untuk mengatur sendiri penggunaan virtual servernya. Misalnya Anda bisa mematikan server, merestart server, mematikan atau menjalankan firewall, dan lain lain.

Biasanya paket ini dikenal dengan paket Virtual Private Server (VPS). Anda masih berbagi prosesor, RAM dan fitur lainnya pada server yang sama dengan pengguna lainnya.

Dedicated Hosting

Paket ini merupakan paket di mana Anda menggunakan 1 server berperforma tinggi untuk menempatkan hanya web Anda di satu server. Anda tidak berbagi fisik server dengan pengguna lainnya seperti pada paket shared hosting dan VPS.

Dengan menggunakan paket dedicated server berarti Anda memiliki kontrol sepenuhnya pada server yang digunakan yang meliputi : konfigurasi server, perangkat lunak, dan pengaturan lainnya.

Biasanya server ini juga menawarkan space dan bandwith yang lebih tinggi, sehingga cocok digunakan untuk web yang sudah memiliki trafik yang tinggi.

Karena diberikan kontrol penuh maka pengguna diharapkan memiliki kemampuan teknis yang cukup memadai untuk mengelola server.

Server co-location

Server co-location cara kerjanya sama dengan dedicated server. Perbedaannya adalah jika pada dedicated server, server disediakan oleh perusahaan penyedia hosting, pada server co-location, fisik server disediakan sendiri atau Anda beli dan konfigurasi sendiri.

Kemudian server di tempatkan di fasilitas penyedia hosting. Kelebihannya adalah Anda memiliki kebebasan tidak hanya pada pilihan sotware, tetapi juga pada perangkat hardware server.

Cloud Server hosting

Cloud Server Hosting

Cloud hosting merupakan hosting alternatif dari single server (shared hosting, virtual hosting, dedicated server) yang merupakan pengembangan dari konsep clustered server di mana sebuah website dihosting di beberapa server. Tujuan penggunaan cloud server adalah untuk meningkatkan tingkat keamanan pada website serta menambah performa pada akses website.

Biaya yang dikeluarkan juga lebih efektif karena sesuai dengan resource yang digunakan.

Saat ini kebanyakan provider hosting telah menggabungkan layanan cloud hosting dan single hosting yang biasanya telah dimasukkan dalam satu paket hosting.

Selain hal hal di atas dalam memilih provider hosting, Anda perlu mencari tahu reputasi penyedia hosting melalui forum-forum yang membicarakan tentang provider hosting.

Pastikan mereka memiliki reputasi yang bagus dari segi servis (support 24 jam/7 hari) dan performa. Selain itu pastikan bahwa mereka memberikan layanan backup aplikasi dan memberikan jaminan waktu uptime yang mendekati 100 %.

Bandingkan juga dari segi harganya, meskipun harga murah tidak selalu merupakan pilihan terbaik.

Hosting Gratis atau Hosting Murah?

Dalam hal ini ada beberapa provider yang menawarkan hosting gratis yang dapat Anda gunakan. Hosting yang ditawarkan ini murni gratis tanpa syarat apa pun termasuk pemasangan iklan pada web Anda.

Namun hal-hal berikut perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih paket hosting gratis :

  • Website Anda akan berbagi layanan dengan web yang kemungkinan memiliki kualitas rendah (web spam) yang dapat mempengaruhi nilai performa web Anda dan tentunya otomatis mempengaruhi nilai web di mesin pencarian (google, yahoo,dll).
  • Tidak ada support (servis) dari sisi instalasi maupun maintenance
  • Memiliki resiko tinggi dalam segi sekuritas

Saya sendiri tidak menyarankan Anda untuk mengambil paket gratis ini terutama bagi Anda yang berharap website Anda akan berkembang nantinya.

Jika dana Anda minim, sebaiknya Anda mengambil paket paling murah yang masih memberikan layanan support 24 jam selama 7 hari dari pada mengambil paket hosting gratis yang akan merepotkan pekerjaan Anda nantinya.

Demikianlah tips memilih layanan Hosting bagi Anda yang baru memulai web bisnis Anda atau bagi Anda yang ingin mencari provider hosting yang lebih baik untuk pengembangan website Anda ke depan.

Semoga artikel di atas bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment