Cara Konsumsi 8 Gelas Air Selama Puasa Ramadhan

Di bulan Ramadhan, umat Islam berpuasa selama 12 jam dan menahan lapar dan haus. Tentu saja hal ini terkadang bisa membuat tubuh terasa lemas.

Cara-Minum-8-Gelas-Air-Selama-Puasa-Ramadhan

Tubuh membutuhkan cairan untuk bertahan hidup, dan kebutuhan tersebut dipenuhi melalui konsumsi air putih. Sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari cairan yang harus dijaga setiap hari.

Untuk menghindari dehidrasi dan menjaga kesehatan, air minum sangat penting. Apalagi, minum air putih bukan satu-satunya cara untuk menjaga cairan dalam tubuh; kegiatan lain juga perlu dijaga.

Misalnya, menghindari terlalu berkeringat saat berolahraga atau menghabiskan waktu di luar di hari yang panas akan mengurangi cairan dalam tubuh.

Lalu, bagaimana pedoman minum air 8 gelas saat berpuasa?

Aru Ariadno, SpPD KGEH, dari RS Brawijaya Depok mengatakan, kebutuhan air harus terpenuhi selama puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar. Tips mengatur minum agar kebutuhan air 8 gelas per hari dapat terpenuhi adalah:

Dua gelas saat buka puasa, dua gelas setelah shalat tarawih, dan dua gelas sebelum tidur dan dua gelas waktu sahur.

Menurut laporan Detikcom baru-baru ini, dr Aru mengatakan bahwa “Kita dapat kebutuhan air saat berbuka puasa dan minum dua gelas.

Setelah shalat tarawih dua gelas. Jumlah air (2 gelas) yang sama diminum sebelum tidur dan di waktu sahur ketika bangun tidur.” Inilah yang dianjurkan dr Aru karena mengikuti aturan 8 gelas air.

Baca juga 5 tips olahraga selama puasa Ramadhan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.