Cara Berjualan Online di Marketplace yang Mudah, Bisa Banjir Order!

By |

Di era millennial, dunia digital berperan penting dalam kehidupan manusia. Masyarakat bisa mengakses internet dengan semakin mudah. Salah satu hal yang sering dilakukan oleh mereka adalah berbelanja secara online. Belanja online dianggap lebih efektif dan efisien, terutama bagi orang yang memiliki kesibukan tinggi.

Fenomena ini bisa dimanfaatkan untuk berjualan online karena memberikan peluang besar. Ketika Anda memutuskan untuk berjualan online, artinya Anda akan berkesempatan memiliki penghasilan tambahan.

Pekerjaan ini diminati oleh banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. Terutama bagi ibu rumah tangga yang sibuk mengurus rumah, berjualan online menjadi pekerjaan yang tepat. Tanpa meninggalkan tugas mengurus rumah dan anak, penghasilan dalam jumlah lumayan bisa didapatkan.

 

Jualan Online

 

Untuk berjualan online, Anda tak perlu memiliki modal besar sehingga cocok dilakukan oleh pemula sekalipun. Jualan online tidak perlu ruang seperti toko fisik untuk memajang produk. Salah satu cara berjualan online yang simple dan mudah ialah melalui marketplace. Sudah tahukah Anda bagaimana cara berjualan di Marketplace?

Begini Cara Kerja Marketplace

Marketplace adalah sebuah media sebagai tempat para penjual online menawarkan dagangannya. Bisa dibilang, marketplace menjadi penengah antara penjual dan pembeli ketika ada transaksi yang terjadi. Dari sisi pembeli, belanja di marketplace akan mendapatkan jaminan keamanan. Pihak marketplace akan melepaskan dana ke penjual, setelah barang diterima oleh pembeli.

Berikut ini adalah cara kerja marketplace:

  • Pembeli memilih produk di lapak penjual, kemudian melakukan pembayaran ke pihak marketplace.
  • Kemudian, pihak marketplace akan memberitahu kepada penjual terkait adanya transfer dana dari pembeli untuk pembayaran produk A. Penjual diminta untuk segera memprosesnya dengan mengirim barang menggunakan jasa paket ekspedisi ke alamat pembeli.
  • Pihak marketplace akan melepaskan dana dari pembeli ke rekening penjual setelah barang yang dikirimkan telah diterima oleh pembeli.

Konsep marketplace yang melindungi keamanan pembeli sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang lebih memilih berbelanja di marketplace. Selain aman, pembeli lebih mudah mendapatkan barang berkualitas dari hasil review yang diberikan oleh pelanggan sebelumnya.

7 Cara Berjualan Online di Marketplace yang Mudah Terbukti Laris

Ada beberapa contoh marketplace yang bisa dipilih untuk jualan online. Misalnya adalah Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, JD, Elevania dan masih banyak lainnya. Berikut ini akan kita ulas langkah-langkah cara berjualan di marketplace agar sukses sehingga omzet melejit.

Siapkan Produk

Produk Lokal

Langkah pertama ialah siapkan produk yang akan Anda jual. Pastikan bahwa produk tersebut memiliki keunggulan misalnya, unik dan berkualitas. Sebab, produk berkualitas pasti akan lebih dipilih oleh para pembeli dibandingkan dengan barang kurang berkualitas.

Tak perlu bingung mencari produk bahan jualan. Anda bisa memanfaatkan barang khas dari daerah Anda. Cari produk yang memiliki harga bersaing namun kualitasnya bagus. Dalam hal ini, Anda harus pandai berburu supplier.  Jika Anda memiliki barang berkualitas, konsumen akan merasa puas membelinya. Hal ini memungkinkan akan terjadi repeat order.

Selain itu, konsumen yang puas dengan barang dagangan Anda secara sukarela akan merekomendasikan kepada orang lain yang dia kenal. Secara tidak langsung, satu konsumen yang puas bisa mendatangkan banyak konsumen. Sangat menguntungkan bukan?

Kuasai Produk Anda

Sebagai penjual, Anda harus menguasai produk yang Anda jual. Dengan begini, Anda lebih mudah meyakinkan pembeli. Saat Anda pembeli yang menanyakan detail produk tersebut, Anda pun bisa menjelaskan dengan cepat dan jelas. Hal ini sangat dibutuhkan oleh calon pembeli supaya tidak salah membeli barang yang diinginkan.

Jika Anda belum begitu paham tentang barang yang Anda jual, jangan sungkan untuk menanyakan kepada produsen atau supplier. Kumpulkan informasi mengenai produk sebanyak-banyaknya.

Siapkan Foto Produk yang Menarik

Selanjutnya, jangan lupa untuk menyiapkan foto produk yang bagus supaya konsumen tertarik. Dalam jualan online, gambar produk menjadi hal yang paling penting karena mempresentasikan barang jualan Anda. Konsumen tidak melihat produk secara langsung, sehingga foto inilah yang mewakilkannya.

Selain menampilkan foto produk menarik, jangan lupa tambahkan definisi dan deskripsi produk secara detail. Hal ini sangat perlu dilakukan supaya konsumen mengetahui informasi produk dengan jelas sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan begitu, pembeli bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan harapan.

Download aplikasi marketplace di ponsel

Setelah menyiapkan jenis produk lengkap dengan fotonya yang menarik, saatnya Anda mengunduh aplikasi  marketplace yang akan digunakan. Apapun jenis marketplace tersebut, silahkan lakukan pendaftaran. Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi data diri seperti nomor HP, alamat email, dan informasi lainnya.

Setelah itu, Anda akan membuat username dan password yang bisa digunakan untuk login ke akun profil marketplace. Anda bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja sehingga bisa mengurus usaha Anda dengan mudah.

Upload Foto Produk

Setelah memiliki akun marketplace, silahkan upload foto produk yang akan dijual. Pilih foto produk yang menarik dan gunakan gambar sesuai dengan produk asli. Jangan sampai antara barang dengan foto berbeda jauh karena hal ini bisa membuat pembeli merasa kecewa. Banyak konsumen yang lebih tertarik membeli barang di penjual yang memasang foto asli.

Setelah menambahkan foto produk di akun, berikan keterangan terkait produk tersebut. Misalnya, Anda bisa menyebutkan bahan, size, fungsi, kelebihan dan lain sebagainya.

Tuliskan  informasi yang dirasa berguna untuk pembeli. Selain itu, jangan lupa informasikan berat barang karena akan berpengaruh terhadap ongkos pengiriman. Barang yang dikirim melalui jasa layanan paket ekspedisi biayanya tergantung berat barang dan jarak tujuan pengiriman.

Baca juga: Cara jualan di Facebook

Tulis rekening pembayaran

Jika sudah mengunggah foto produk di akun marketplace Anda, langkah berikutnya adalah menambahkan rekening pembayaran. Langkah ini sangat penting. Sebab, nantinya akan digunakan untuk melepaskan dana dari marketplace ketika barang yang Anda kirim telah sukses diterima oleh pembeli.

Sistem penjualan di marketplace ialah menahan saldo dari pembeli yang dikirimkan untuk penjual. Marketplace berfungsi sebagai pihak ketiga. Dana yang ditahan ini akan dikirimkan setelah produk sampai ke tangan pembeli. Biasanya, ada jadwal pelepasan dana tergantung dari jenis marketplace itu, misalnya dana dilepas setiap hari Senin. Masing-masing marketplace memiliki jadwal yang berbeda.

Kenali Kompetitor Anda

Di marketplace, ada banyak penjual dengan barang yang sama. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengenali kompetitor supaya pembeli lebih memilih berbelanja di tempat Anda.

Selain memiliki foto produk yang menarik dengan keterangan kelebihan yang dimiliki, Anda bisa memberikan harga yang terbaik. Sesekali, berikan harga promo sehingga lebih murah dari harga yang dibandrol oleh kompetitor. Jangan lupa, sertakan kalimat promo yang menarik supaya memikat hati calon pembeli.

Kenali Target Market

Sebagai penjual, Anda harus mengetahui siapa sajakah orang yang kemungkinan akan menjadi pelanggan Anda? Cara ini disebut sebagai pengenalan target market. Pikirkan mengenai siapa sajakah yang membutuhkan produk tersebut. Untuk menentukan target market, berikut ini beberapa hal yang perlu dipikirkan.

  • Usia
  • Gender
  • Lokasi
  • Penghasilan selama satu bulan
  • Tingkat Pendidikan
  • Pekerjaan
  • Status

Bisnis online semakin mudah dengan adanya marketplace. Marketplace ini bisa digunakan sebagai tempat berjualan online atau pemasaran online yang dapat memberikan hasil memuaskan jika ditekuni.

Di tempat ini, ada banyak pembeli yang berkumpul sehingga Anda lebih mudah mendapatkan target market. Yang terpenting ialah, berikan layanan terbaik dengan ramah, fast respond dan professional. Hal ini akan menjadi nilai plus dari toko online yang Anda miliki. Dengan begitu, pembeli akan lebih memilih toko online Anda dibandingkan toko online yang lain.

(Ika Pratiwi)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *