Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima

By |

Saat ini banyak yang ingin tahu cara daftar google adsense. Banyak bukti dari orang-orang sukses bahwa google adsense dapat memberi penghasilan yang besar (info dari blogger sukses bisa mencapai ratusan juta per bulan).

Namun ini tentunya tergantung dari usaha Anda serta jenis konten yang disajikan di blog Anda.

Suatu hari saya kedatangan pengunjung di pertamakali.com yang menanyakan kenapa website saya tidak dipasangi adsense. Daripada tidak dipasang Adsense lebih baik dia beli katanya.

Memang website pertamakali.com ini sudah berumur sekitar 2 tahunan, sedangkan domainnya sendiri sudah 4 tahunan. Saya sempat memikirkan masukan tentang pemasangan google adsense dari komentator yang ternyata juga memiliki blog yang sudah ada adsensenya.

Awalnya saya ragu untuk mendaftar di google adsense. Pertama karena saya belum tahu cara daftar google adsense yang saya anggap rumit (karena saya tidak tahu), kemudian karena adanya beberapa pertimbangan mengenai jenis iklan yang akan ditampilkan. Namun setelah saya cari tahu lagi mengenai google Adsense akhirnya saya memantapkan diri untuk mendaftar di google adsense.

Menurut saya ini agak terlambat karena sebenarnya web pertamakali.com memiliki traffic dan usia blog yang memungkinkan untuk diterima sejak lama (jika merujuk dari pengalaman para blogger lainnya).

Setelah saya lebih yakin bahwa web pertamakali.com akan diterima, hal pertama yang saya lakukan adalah dengan melakukan browsing-browsing mengenai syarat dan cara daftar di google adsense. Terus terang selama 2 tahun ngeblog saya masih belum tahu banyak tentang adsense dan cara daftar google adsense.

Dari hasil browsing-browsing, kriteria blog yang dapat diterima memiliki prasyarat konten sebagai berikut :

Jika Anda ingin mengetahui Pra-syarat dari Google mengenai konten dan website agar tidak menyalahi kebijakan program Adsense, sebaiknya Anda mengecek halaman kebijakan konten google Adsense.

Prasyarat di atas adalah persyaratan yang diajukan secara resmi oleh google. Namun beberapa kriteria berikut ini merupakan masukan dari banyak pemain adsense yang merupakan prakondisi minimum agar diterima di google adsense :

  • Usia Blog setidaknya berusia minimal 2 bulan
  • Telah memiliki minimal 6 konten. Minimal 500 karakter
  • Jumlah pengunjung minimal : tidak ada.. dari hasil penelusuran saya tentang informasi jumlah pengunjung, ada juga yang mengatakan bahwa blog yang belum memiliki pengunjung dapat diterima adsense.
  • Konten tidak hasil menjiplak secara utuh, bisa gunakan konten yang sudah dimodifikasi.
  • Memiliki halaman About, Contact, Privacy, dll yang biasanya ada di bagian menu atas. Semakin lengkap semakin mudah diterima.
  • Tidak memiliki backlink spam. Sebaiknya untuk blog yang masih baru, 3 backlink dalam sebulan sudah cukup. Jadi jika web sudah 2 bulan cukup 6 backlink yang mengarah ke blog.

Berikut ini prasyarat yang merupakan pendapat dari saya bagi Anda yang ingin mendaftar adsense :

Kalau menurut pengalaman saya sebaiknya web tersebut minimal telah berumur 3 bulan dan jumlah postingan lebih dari 20 postingan berkulitas (minimal 1000 kata) serta memiliki kunjungan unik minimal 100 per harinya. Ini untuk website dengan bahasa inggris.

Namun untuk blog bahasa Indonesia saya sarankan Anda sabar menunggu sampai pengunjung unik blog Anda minimal 500 per harinya dan sebagian besar kunjungan didapat dari mesin pencarian.

(catatan : agar diterima di adsense tidak perlu menunggu pengunjung sampai seperti jumlah di atas)

Sebaiknya Anda fokus di 3 bulan pertama pada kualitas konten web Anda dan pengunjung, jangan pikirkan untuk mendapatkan penghasilan dulu.

Ini hanya saran saya saja jika Anda ingin membuat blog yang berkualitas dan ke depannya akan terus diupdate.

Jangan beri kesan asal-asalan pada blog yang Anda bangun atau ingin cepat memperoleh pendapatan dengan cara instan.

Blog Anda harus dapat memberi informasi yang bermanfaat pada orang yang membacanya sehingga mereka akan kembali berkunjung bahkan mereferensikan blog Anda kepada kerabatnya.

Mengenai cara lainnya ikuti saran-saran di forum-forum SEO serta aturan google untuk mengoptimasi website Anda. Lakukan optimasi onpage dan offpage secara optimal. Berikut ini forum yang sangat informatif dan berguna untuk belajar mengenai seo dan adsense : ads[dot]id.

Cara Daftar Google Adsense (Akun Non Hosted)

Sebelum mendaftar Adsense Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu akun Hosted dan Non Hosted.

Akun Hosted adalah akun yang didaftarkan dengan menggunakan platform bawaan dari google seperti blospot.com atau youtube. Akun hosted ini nanti nya hanya bisa digunakan untuk platform yang disediakan saat mendaftar.

Akun non Hosted adalah akun yang didaftarkan dengan menggunakan domain sendiri misalkan <domainanda>.com, jadi di luar platform google. Akun non hosted ini nantinya juga bisa digunakan untuk memasang adsense di platform google (seperti blogspot.com atau youtube).

Penggunaan akun non hosted ini tidak dibatasi seperti pada akun hosted.

Mendaftar akun di google Adsense sangat mudah. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang diberikan ketika Anda mendaftar.

Baca Juga: Ide Bisnis online dengan Modal Kecil

Berikut ini Langkah-langkah yang untuk mendaftar di google adsense :

  • Sebelumnya miliki terlebih dahulu akun gmail. Lebih amannya gunakan identitas nama anda pada akun gmail tersebut. Akun gmail yang saya gunakan berupa nama saya. Jangan menggunakan kata-kata yang tidak mencerminkan nama atau identitas pada akun gmail (sekedar untuk berjaga-jaga).
  • Akses halaman berikut kemudian daftar :

https://www.google.com/adsense/signup?hl=en

  • Isikan data atau informasi yang diminta seperti : Alamat website Adsense Anda; Pilih Yes (untuk saran dan performa bantuan); Negara asal. Klik Save and Continue

  • Tinjau prasyarat dari google (skip jika Anda sudah tahu)
  • Klik Create Account.

  • Setelah itu Anda login dengan menggunakan akun gmail Anda.
  • Langkah selanjutnya Anda isikan Alamat rumah sesuai tempat tinggal Anda. Jangan membuat alamat yang tidak dapat dicapai karena nantinya alamat ini akan digunakan google untuk mengirim code verifikasi (berupa surat) yang perlu diisikan pada akun adsense setelah Anda terdaftar (agar uang Anda dapat cair nantinya).

 

  • Pengiriman kode verifikasi akan diberitahukan melalui akun adsense setelah tercapai klik iklan 7 % jumlah PO pertama (sekitar 7 % dari Rp.1.300.000).
  • Selanjutnya copy-paste kan kode yang diberikan oleh google diantara bagian <head> dan </head> pada halaman web Anda. Jika menggunakan word press Anda cukup melakukannya pada file header.php pada template yang Anda gunakan.
  • Setelah itu lanjutkan dengan konfirmasi lagi di halaman google Adsense. Pilih “I’ve pasted the code into my site”, Klik Done :

  • Setelah selesai mendaftar tunggu proses pemberitahuan dari pihak google.

Awalnya setelah mendaftar Anda akan mendapat pesan sebagai berikut :

Setelah itu biarkan sampai ada pemberitahuan berikutnya seperti ini :

Dengan pemberitahuan terakhir ini berarti Anda telah diterima di google adsense. Dari pengalaman saya, cukup cepat juga karena proses nya ternyata cepat tidak sampai 1 hari sudah diapprove.

Selanjutnya Anda lanjutkan dengan memasang script iklan yang telah digenerate dari code iklan adsense sesuai dengan ukuran dan model tampilannya.

Mengenai macam-macam cara pemasangan iklan Adsense Anda dapat mengaksesnya pada halaman Adsense : klik pada menu Iklan Saya -> Unit Iklan.

Anda juga dapat menginstall plugin Adsinverter (plugin wordpress) untuk memudahkan mengatur pemasangan script iklan adsense.

Setelah script iklan dipasang di web Anda, tidak berapa lama kemudian muncul iklan-iklan yang dipublikasikan oleh google.

Dari pengamatan saya, awalnya saya merasa was was karena saya sering melihat (pada blog lain) ada iklan yang tidak sesuai dengan yang ingin saya tampilkan (misal iklan dengan kata kata yang seronok, atau iklan kepercayaaan atau yang bersifat rohani).

Ternyata dugaan saya benar, ada iklan yang tidak ingin saya tampilkan namun muncul di halaman web saya.

Saya waktu itu belum tahu caranya mengontrol iklan yang ingin ditampilkan. Karena ketidaktahuan saya ini akhirnya saya memutuskan untuk membatalkan keanggotaan adsense pertamakali.com.

Tidak berapa lama setelah pembatalan itu, pihak google mengkonfirmasi bahwa adsense saya sudah dibatalkan :

Ketika itu saya berpikir bahwa mungkin saja google adsense memiliki fasilitas untuk mengontrol jenis-jenis iklan yang bisa ditampilkan. Saya pun mencoba mencaritahu lagi mengenai fasilitas ini dan ternyata memang ada (tapi sudah terlambat karena akun saya sudah sempat saya batalkan).

Hari itu juga saya mencoba mendaftar lagi…dan hasilnya adalah…ditolak oleh Adsense! Berikut ini emailnya :

Karena ingin cepat cepat diterima saya coba sekali lagi mendaftar tanpa banyak perubahan pada web (hanya bagian tata letak iklan yang saya ubah). Namun setelah itu kembali ada email peninjauan dan ada email penolakan untuk kedua kalinya.

Waktu itu saya sempat berpikir apa karena pembatalan adsense saya google meragukan akun yang saya daftarkan di google adsense, sehingga bisa jadi saya tidak akan diterima lagi.

Namun saya mencoba mengecek ulang apa yang kurang dari web pertamakali.com. Saya baca lagi apa yang tertera di email penolakannya. Dikatakan bahwa web ini masih belum selesai sepenuhnya. Saya bandingkan website pertamakali sekali lagi dengan website lain yang sudah ada adsensenya.

Waktu itu saya cek blog pertamakali.com ternyata belum ada halaman contact, disclaimer, dan policy. Saya tambahkan 3 halaman tersebut kemudian saya submit sekali lagi.

Setelah menunggu kurang lebih 1 hari, google memberitahukan bahwa akun saya diterima (untuk kedua kalinya setelah sebelumnya dibatalkan).

Alhamdulillah sampai saat ini sudah berjalan 4 bulan dan sesuai dengan apa yang dikatakan banyak praktisi bahwa bisa memberikan tambahan penghasilan yang patut disyukuri.

Demikian cara daftar google adsense, jika masih ada yang belum jelas silahkan tanya di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Share

One thought on “Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *