7 Cara Sukses Bisnis Fashion Online bagi Pemula

  • Whatsapp

Bisnis online dewasa ini menjadi sebuah peluang besar bagi para pebisnis di Indonesia saat ini seiring dengan makin berkembangnya teknologi yang semakin menjadi factor pendukung dari bisnis jual beli secara online.

Cara-Bisnis-Fashion-Online

Ada banyak cara sukses bisnis online yang bisa dipelajari melalui pelatihan maupun secara otodidak.

Salah satu peluang bisnis online adalah di bidang fashion. Ya, tak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan pakaian itu akan terus ada sepanjang kehidupan manusia.

Selain makanan, pakaian menjadi salah satu yang harus dipenuhi dan tentunya dibutuhkan setiap harinya sebagai pemenuhan sandang manusia.

Tidak menjadi sesuatu yang mengherankan bila saat ini banyak pebisnis yang bergerak di bagian fashion. Untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan masyarakat akan pakaian ini.

Bisa dilihat di pasar atau pun di mall, kebanyakan toko fashion bukan? Itu membuktikan bahwa peluang bisnis ini memang sangatlah besar.

Artikel kali akan mengulas tentang bagaimana peluang usaha bisnis fashion saat ini, bagaimana cara sukses bisnis online fashion yang cocok bagi pemula dan lainnya.

Informasi ini mungkin akan sangat membantu siapapun yang baru memulai dan merintis bisnisnya. Jadi, simak sampai tuntas ya.

Seberapa Besar Peluang Fashion di Indonesia?

Berbicara soal seberapa besar peluang yang dimiliki oleh bisnis online fashion,  jika ingin ditelusuri lebih jauh bisnis ini cukup menjanjikan dengan jangkauan pasar yang luas.

Sebelum mengetahui bagaimana cara sukses bisnis online, mari melihat dulu beberapa peluang bisnis online fashion ini:

1. Merupakan Kebutuhan Manusia

Bisnis  fashion memang tidak akan pernah ada matinya, karena dipakai oleh manusia sebagai pemenuhan kebutuhan sandangnya.

Seiring berkembangnya peradaban, di mana populasi manusia semakin bertambah, kebutuhan akan pakaian ini juga akan selalu dibutuhkan.

2. Pangsa Pasarnya Luas

Bukan hanya digunakan oleh segelintir orang saja, namun dibutuhkan oleh semua orang dari kalangan masyarakat mana pun.

Semua memakainya dan membutuhkannya sekalipun mereka menganggap itu mahal, karena fashion dalam artian disini pakaian adalah sesuatu yang prioritas dan harus diutamakan.

3. Banyak Bidang Fashion Yang Bisa Digeluti

Tidak harus menjual pakaian atau memproduksi pakaian baru bisa dikatakan berbisnis fashion.

Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa dilakukan, seperti bisnis butik, jasa designer, usaha jahit, reseller fashion, atau pun menjadi penulis majalah fashion (pengamat fashion).

4. Mudah Dijalankan

Ada beberapa bisnis fashion yang mudah dijalankan untuk pemula dengan catatan memang memiliki niat yang serius untuk berbisnis.

Jika tak memiliki modal tapi ingin berbisnis di bidang ini bisa mencoba peruntungan menjadi seorang dropshipper.

Dengan cara ini, seseorang tak perlu melakukan stok barang tapi bisa mendapat keuntungan dari penjualan.

Baca juga: Cara menjalankan bisnis baju online bagi pemula

5. Bisnis Online Tak Perlu Modal Besar

Menjual online memang seakan menjadi sebuah peluang berwirausaha yang amat menguntungkan. Hanya bermodalkan keterampilan promosi dan berbagai soft skill lainnya bisa menghasilkan uang.

Begitu pula dengan bisnis fashion yang dilakukan secara online, di awal-awal seseorang bisa tidak menggunakan toko konvensional sehingga bisa menghemat anggaran.

Bagaimana Cara Sukses Bisnis Fashion Online Bagi Pemula?

Setelah membaca tentang bagaimana peluang usaha dari bisnis online di bidang fashion ini, mungkin pembaca ingin tahu bagaimana sebenarnya cara sukses bisnis online yang harus diterapkan agar bisa mendapatkan usaha yang profitable ke depannya.

Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang bisa dipraktekkan bagi pemula:

1. Milikilah Niat dan Mulailah Menambah Wawasan

Dalam memulai sesuatu, hal dasar yang paling pertama harus dimiliki oleh seorang yang ingin merintis usaha adalah niat.

Menjadi sesuatu yang mustahil jika seseorang mau berkembang dan memulai sesuatu jika tak memiliki niat sedikitpun dalam hatinya.

Jadi, sebelum memulai hal besar, milikilah niat berbisnis itu dalam hati terlebih dulu.

Setelah niat, bulatkan tekad ingin memulai berbisnis. Temukan passion dalam diri, jika berbakat dalam dunia fashion, mulailah menggelutinya.

Pekerjaan yang paling nikmat adalah pekerjaan yang berasal dari passion diri. Fashion itu tidak aka nada matinya, jadi dengan terus berinovasi, bisnis akan terus eksis sampai kapan pun.

Jadi sudah memiliki niat? Sudah berani memulai? Jika ya, itu adalah langkah yang baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa sampai pada keinginan yang sudah ditargetkan.

Mulailah mencari lingkungan yang mendukung semua niatmu, teman yang ingin membantu dan lainnya.

2. Mulai Dari Hal Kecil

Terkadang hal-hal kecil yang luput dari perhatian seseorang pebisnis bisa menjadi penghambat yang besar untuk ke depannya.

Maka dari itu mulailah usaha dari hal kecil, seperti melihat bagaimana potensi-potensi usaha yang akan dikembangkan nantinya, bagaimana peluangnya, dan lain-lain.

Pemikiran seperti ini akan memberikan sebuah gambaran dasar bagaimana harus memanage bisnis ke depannya.

Bisnis fashion itu gampang-gampang susah, orang akan dengan mudah beralih jika kita lengah dalam melihat hal kecil yang menjadi peluang sekaligus ancaman bagi kelangsungan bisnis ke depannya.

Pikiran orang-orang mengenai bisnis yang dikerjakan itu sebenarnya ada pada tampilan atau apa yang ia lihat untuk pertama kali. Jadi sebisa mungkin untuk memberikan kesan yang baik di awal kunjungan.

Menurut beberapa orang yang bergelut di bidang ini, jika bangunan luas, pegawai ramah, barang banyak, dan sebagainya menjadi penentu utama.

3. Jangan Lupakan Konsep

Cara sukses bisnis online yang berikutnya dan berlaku juga untuk bisnis fashion adalah bagaimana seseorang bisa membuat konsep atau jika bisa focus pada satu kategori produk.

Milikilah perencanaan yang baik lagi terperinci, ini akan sangat membantu kelangsungan bisnis dengan banyaknya planning yang dibuat.

Sebisa mungkin untuk membuat konsep bisnis sebelum akhirnya mengekskusinya. Konsep ini bisa berupa, “produk apa yang akan dijual”, “siapa target konsumennya”, “merek seperti apa yang akan dijual”, dan lainnya.

Tentunya seseorang juga harus tahu produk seperti apa yang akan dijual.

Langkah pertama dan sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan riset kecil-kecilan.

Mintalah pendapat teman-teman atau orang sekitar tentang kebutuhan produk apa yang mereka butuhkan.

Jika sudah, kembangkan lah kebutuhan tersebut dan fokuslah di sana, sehingga orang bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan mudah.

Baca juga: 10 Daftar peluang bisnis minuman yang menjanjikan.

4. Buat Produk Fashion yang Unik

Buat produk fashion yang unik adalah salah satu cara sukses bisnis online d i bidang fashion.

Semakin hari, persaingan semakin komptetitif dan hal tersebut membuat pegiat bisnis harus selalu berupaya memunculkan inovasi yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Misalnya fashion tempo dulu, bisa dimodifikasi menjadi lebih unik dan dipasarkan kembali.

Keunikan atau inovasi produk-produk fashion yang dipasarkan akan memberikan kesempatan yang besar untuk para pebisnis menjadi seorang pionir dalam bidang bisnis tersebut.

Selain itu, adanya keunikan dari produk akan membuat konsumen  akan merasakan kepuasan terhadap barang dan akan meningkatkan pembeliannya.

Sangat penting memang dalam berbisnis untuk selalu mengupgrade wawasan tentang perkembangan dunia fashion setiap tahunnya. Ini menjadi sebuah kunci sukses dari bisnis yang dijalankan.

Bagi pemula, banyak sekali media belajar yang bisa dimanfaatkan, termasuk internet ini.

5. Cari Pemasok Produk Fashion Yang Cocok

Biasanya setelah tahap penentuan produk fashion apa yang dijual, langkah selanjutnya sebagai salah satu cara sukses bisnis online dalam dunia fashion adalah mencari supplier atau pemasok barang yang tepat.

Jangan sembarangan memilih supplier, terlebih lagi hanya berinteraksi dalam dunia maya.

Sebisa mungkin untuk mendatangi tempat supplier itu secara langsung. Ini dilakukan untuk memastikan bagaimana kualitas bahan pakaian, apakah harganya cocok, dan segala hal teknis lainnya.

Jalinlah kerjasama dengan supplier yang kooperatif, baik serta dapat dipercaya. Jika bisa, pilihlah yang sudah berpengalaman.

Baik toko online maupun offline pastinya membutuhkan stok barang bukan untuk dipromosikan? Untuk itu mencari supplier ini adalah salah satu cara untuk menyetok barang.

Kecuali jika bisnis online fashion yang dilakukan itu dengan menjadi dropshiper, maka menyetok barang hingga pengemasan pun tak perlu lagi dilakukan.

6. Mulailah Promosi

Seorang wirausaha biasanya dianugerahi kemampuan promosi yang tak kalah handalnya.

Bagaimana orang akan tahu produk yang saat ini dijual jika tdak dipromosikan lebih dulu. Proses promosi ini bisa melalui social media, surat kabar, dan berbagai media lain yang sebisa mungkin bisa dilihat oleh banyak orang.

Buatlah kalimat menarik dan tentunya persuasive dan membuat orang penasaran dengan produk yang dijual.

Jangan promosi satu atau dua hari saja ya, karena itu tidak akan berefek. Informasi akan tenggelam oleh berita lain jika tidak dilakukan setiap hari.

Melakukan dengan online bisa dengan  membuat iklan di website.

Begitu pun dengan promosi secara offline, mungkin bisa dengan mulai melakukan promo sale sebagai bentuk pengenalan toko.

Pebisnis yang berani mengambil resiko adalah mereka yang siap sukses ke depannya.

Dunia bisnis itu adalah dunia yang keras, lengah sedikit saja posisi akan tergeser. Jadi, jangan takut mengambil resiko ya.

7. Upgrade Ilmu Marketing 

Bukan hanya pelajar yang harus selalu belajar, pebisnis pun juga. Teknologi semakin berkembang dan tentunya pemasaran produk pun lambat laun akan mengalami perubahan.

Bisa kita lihat, jika dulunya media promosi hanya seputar Koran, majalah, radio sekarang  sudah lebih praktis dan efektif.

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, di mana social media seakan menjadi life style anak muda akan menjadi media promosi yang tepat. Baca juga: cara promosi dengan viral marketing.

Terlebih lagi perkembangan fashion dengan mudah mereka jangkau, keinginan untuk sama tau memiliki salah satu produk fashion tersebut akan semakin besar.

Ini sebuah peluang besar, bagaimana pelaku bisnis online memanfaatkan keinginan dari pengguna social media untuk bisa memiliki produk yang diidam-idamkan tersebut.

Ilmu marketing it uterus berkembang menyesuaikan dengan zaman, jadi jangan malas untuk terus belajar melalui pelatihan maupun secara otodidak ya agar bisnis bisa terus beroperasi.

Cara-cara di atas merupakan cara sukses bisnis online fashion yang bisa dilakukan secara otodidak dengan memanfaatkan teknologi.

Saat ini sudah sangat banyak forum pelatihan atau pun seminar bisnis yang bisa menjadi wadah belajar yang tepat untuk berbisnis.

Selain mendapat ilmu, bisa jadi juga mendapat relasi bisnis yang bisa diajak bekerja sama.

Ulasan tentang bagaimana peluang usaha dan juga cara sukses bisnis online fashion yang semoga bisa menjadi inspirasi bagi pemula yang saat ini tengah merintis usahanya.

Ingat pepatah ini bahwa usaha tanpa doa adalah sombong dan doa tanpa usaha adalah sombong. Jadi seimbangkan keduanya agar mendapatkan kesuksesan.

  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *