Awal Tahun 2019 Zarry Hendrik Hasilkan 40 juta dari Bisnis Rangkai Kata

By |

Suatu saat di hari Sabtu saya membuka aplikasi berita detikcom di gadged saya. Terlintas sekilas tulisan tentang Startup Online lokal di awal 2019 yaitu bisnis rangkai kata.

Lalu saya membaca berita dari detikcom mengenai bisnis rangkai kata yang dirintis Zarry Hendrik.

Bisnis online ini dimulai oleh Zarry yang biasa di sapa Bang Jep ini melalui akun twitternya yang followernya mencapai 300ribuan orang pada bulan Desember 2018. Awal mulanya Zarry yang rangkaian katanya juga diupload di youtube dalam bentuk puisi, mengumpulkan rangkaian kata kata nya dalam bentuk buku berjudul “Titik Lemah” yang ingin dia publikasikan melalui akun twitternya.

Selain itu Zarry juga menawarkan followernya juga untuk membuatkan rangkaian kata untuk berkomunikasi untuk masalah pribadi seperti percintaan, dan ada juga komunikasi lainnya seperti email perpisahan. Awalnya gratis.

Ternyata apa yang dibuat Zarry mendapat  tanggapan positif berupa tag testimoni pada akun twitternya dan pesanan ulang dari followernya. Pada permintaan berikutnya Zarry mematok harga. Meskipun mematok harga ternyata banyak yang memesan kembali jasa Zarry.

Serperti diinfokan detikcom, harga yang dipatok Zarry antara 50rb sampai 500rb per rangkaian kata tergantung tingkat urgensinya (waktu penyelesaian). Zarry mengatakan sejak ia membuka jasa rangkai kata dia telah mendapat penghasilan kotor sebesar 40juta per bulan. Cukup menarik bukan ?

Dikatakan juga Zarry berkolaborasi dengan 5 orang temannya dalam menjalankan bisnis.

 

Bisnis Internet

 

Anda penasaran bagaimana cara mulai Bisnis Online ini?

 

Awal mulanya Zarry merintis bisnis ini memang cukup sederhana. Zarry memiliki hobi merangkai kata rupanya. Ini bisa dilihat dari akun youtubenya yang banyak mengupload video bertema kata kata cinta yang diiringi alunan musik. Jadi bisnis yang dijalankan Zarry merupakan bisnis yang awalnya dari hobi dan skill yang sudah dimiliki.

Namun tidak hanya merangkai kata untuk masalah personal. Zarry rupanya juga pernah memenuhi permintaan untuk rangkaian kata kata dalam bentuk lainnya seperti kata kata untuk pesan kampanye parpol serta untuk kepentingan bisnis atau komersil. Beda dengan harga personal untuk pesanan komersial Zarry mematok harga antara 300rb sampai 1 juta.

Apa yang dilakukan Zarry adalah memilihkan kata-kata yang menarik dari infomasi yang ingin disampaikan. Jadi sebenarnya data atau informasi sudah disediakan oleh pemesan yang bersangkutan namun pemilihan katanya diserahkan ke Zarry.

 

Apakah bisnis rangkai kata ini benar benar baru?

 

Sebenarnya bisnis merangkai kata bukan hal baru di Indonesia dan di luar negeri. Jika Anda pernah ke Jogja mungkin Anda juga pernah singgah dipenjual kaos Dagadu, tempat yang menjual baju baju dengan kata kata yang unik. Kata kata unik ini yang sebenarnya menjadi daya tarik utama banyak orang untuk membeli kaos Dagadu.

Memang apa yang dilakukan Zarry sebenarnya hanya rangkaian katanya saja. Tentunya kaos Dagadu juga memesan kata kata unik tersebut dari orang orang yang memiliki kreatifitas seperti Zarry.

Apa saja yang bisa dijadikan rangkaian kata berbayar?

Menurut pengamatan pertamakali.com banyak ide yang bisa dikembangkan melalui bisnis rangkai kata ini. Berikut ini yang bisa dijadikan lahan bisnis rangkai kata :

  • Influencer untuk memasarkan suatu Brand
  • Pembuatan email, penawaran bisnis (bahasa Indonesia atau inggris)
  • Ucapan selamat
  • Kata kata Motivasi untuk pembuatan kaos, poster, gelas, dan lainnya
  • Rangkai kata untuk even tertentu (promosi, kampanye, dll)
  • Pesan personal (masalah hubungan percintaan, pertemanan, dan masalah lainnya).
  • Bahkan selain juga bisa dikembangkan lebih jauh lagi untuk rangkai kata yang dikirim harian untuk memotivasi pembacanya bisa melalui email atau wa

Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis ini, dalam memulainya Anda bisa menawarkan versi gratis sampai misalkan 3 kali lalu setelahnya dengan memasang tarif yang bisa Anda tentukan.

Hal yang sangat penting adalah bentuk interaksi dan pengetahuan dan kosa kata yang cukup tentang apa yang ingin disampaikan pemesan. Kebanyakan orang yang membutuhkan rangkaian kata sebenarnya sudah memiliki data atau informasi yang ingin disampaikan namun belum memiliki kata kata yang tepat dalam penyampaiannya.

Misalkan ada yang ingin memesan rangkaian kata email untuk penawaran bisnis katering. Tentunya orang yang membuat email perlu mengetahui produk makanan termasuk apa saja menunya bahkan kalau perlu mencicipi salah satu menunya. sehingga sangat penting mengetahui situasi si pemesan rangkaian kata.

Tingkat keberhasilan tentu sangat bergantung juga dengan skill perangkai kata. Diperlukan kemampuan imaginasi, bahasa dan pengetahuan yang cukup untuk dapat memahami apa yang dibutuhkan customer.

Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis seperti Zarry, sebelum Anda menerima order dan memulai bisnis ini ada baiknya Anda pahami dulu apa yang dibutuhkan kemudian bisa menentukan apakah bisa dikerjakan atau tidak terutama untuk hal hal yang masih baru.

Apakah Anda tertarik memesan jasa ini atau menjalankan bisnis online ini? Tidak ada salahnya mencoba !

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *