15 Tips Memulai Bisnis Baju Muslim Online dari Nol

By |

Apakah Anda termasuk karyawan yang memerlukan tambahan penghasilan dibanding dengan penghasilan dari pekerjaan yang dimiliki saat ini ? Apakah Anda merasa kebutuhan Anda semakin bertambah, namun penghasilan Anda tidak seiring dengan pertambahan kebutuhan ?

Menjalankan bisnis merupakan salah satu solusinya !

Dengan memiliki bisnis yang bisa memberikan tambahan finansial merupakan solusi untuk meningkatkan kesejahteraan setiap orang termasuk karyawan yang berpenghasilan tidak jauh dari umr yang saat ini hanya cukup untuk menafkahi kebutuhan keluarga.

Mayoritas penduduk Indonesia beragama muslim. Hal ini berpengaruh pada adat dan budaya serta busana yang dikenakan.

Salah satu dampaknya adalah busana muslim menjadi salah satu produk fashion yang laris dijual di Indonesia. Banyak orang yang mencarinya untuk berbagai keperluan (pengajian, pakaian kerja, pakaian rumah, pakaian pesta dan sebagainya).

Bisnis online pakaian muslim menjadi salah satu jenis bisnis yang bisa dilirik yang memiliki prospek bagus.

Jadi, Anda sudah memiliki alasan yang jelas untuk berjualan baju muslim kan?

Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman Anda bisa belajar dari kisah sukses orang orang yang sudah berkecimpung di bidang ini sebelum Anda. Tidak masalah Anda memulai bisnis baju muslim online ini dari nol tanpa modal yang besar.

Tak perlu punya toko fisik bahkan tak perlu membeli produk, jualan pun tetap bisa dilakukan.

Mau tau caranya ? Yuk tetap ikuti tips jualan baju muslim online tanpa modal ini!

Bisnis Baju Muslim Online

 

Tips Memulai Jualan Baju Muslim dari Nol

 

Bisnis baju muslim menjadi peluang bagus untuk mendapatkan keuntungan. Itu karena permintaan akan baju muslim tinggi.  Bukan hanya di waktu menjelang lebaran saja, namun hari-hari biasa pun kini banyak permintaan. Itu karena semakin banyak muslim muslimah Indonesia baik remaja sampai dewasa yang memilih berbusana syar’I untuk segala keperluan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memulai berjualan busana muslim mulai darinol:

Melakukan survey pasar

Hal pertama yang mesti dilakukan ialah melakukan survey ke pasar untuk mengetahui baju model apa yang sedang ngetrend. Silahkan amati baju muslim seperti apa yang dibeli oleh kebanyakan orang. Selain survey pasar secara konvensional, Anda bisa mencari tahu jenis model pakaian muslim yang sedang ngetrend dengan memanfaatkan internet. Caranya ialah dengan mengunjungi beberapa marketplace seperti shopee, lazada, atau tokopedia. Kemudian, ketikkan busana muslim. Lihatlah model baju muslim seperti apa yang laris terjual.

Mempelajari Model dan jenis Bahan untuk Pakaian

Menguasai produk yang dijual merupakan hal yang wajib dilakukan oleh penjual. Begitupun ketika Anda memutuskan untuk jual busana muslim, Anda harus paham mengenai apa yang Anda jual termasuk model dan jenis-jenis bahan yang digunakan.

Anda perlu memahami jenis bahan yang dijual karena banyak konsumen yang sangat konsen dengan kualitas baju muslim dengan mengetahui jenis bahannya. Kualitas bahan juga akan menentukan harga jual.

Jangan sampai ketika ada pembeli yang bertanya mengenai bahan pakaian, Anda tidak bisa menjawabnya.

Tentukan target market

Jenis busana muslim itu beraneka ragam. Harganya pun bervariasi tergantung model dan bahan yang digunakan. Baju muslim yang berbahan lembut dan nyaman memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan baju muslim dengan bahan yang agak panas bila dipakai.

Anda bisa memilih jenis baju muslim sesuai dengan calon konsumen yang ditarget. Misalnya, Anda ingin menarget ibu-ibu kelas bawah, menengah atau atas. Selain status, bisa juga memperhatikan apakah ingin menjual kepada konsumen anak-anak, dewasa, wanita ataupun laki-laki.

Anda harus memahami apa yang diinginkan oleh konsumen. Para konsumen tingkat atas akan memiliki selera yang berbeda dengan mereka yang berada pada kelas menengah ke bawah. Konsumen tingkat atas sangat mementingkan kenyamanan dan model dari baju tersebut. mereka biasanya ingin baju muslim itu menampilkan kesan elegan. Buat mereka, harga tak jadi masalah.

Sementara itu, bagi konsumen tingkah bawah, hal yang menjadi pertimbangan utama ketika akan berbelanja pakaian muslim adalah harga. Bahan dan model pakaian akan menjadi pertimbangan belakang setelah harga cocok.

Menentukan keuntungan

Dalam menentukan keuntungan, ada rumus yang bisa digunakan. Caranya ialah harga jual dikurangi harga beli beserta biaya lain-lain. Agar bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, carilah supplier yang memberikan harga rendah. Dengan demikian, Anda bisa menjual busana muslim dalam harga pasaran yang tidak terlalu mahal.

Anda juga sebaiknya mencari supplier  lebih dari satu. Tujuannya ialah agar bisa menjualbaju muslim dengan berbagai model. Dengan begitu, customer memiliki banyak pilihan model. Jualan pun semakin laris karena sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.

Miliki database supplier

List supplier Anda kemudian lakukan survey mengenai produk yang mereka jual. Sebagai langkah awal untuk mendapatkan database supplier Anda bisa langsung mencari nya melalui mesin pencarian di internet. Selain itu Anda juga bisa mencarinya di Marketplace atau bisa membeli kumpulan database supplier di Internet melalui penjual terpercaya.

Setelah Anda memiliki database supplier lakukan surver mengenai barang yang mereka jual,dengan menemui calon supplier Anda sehingga Anda mengetahui kualitas barang yang akan dijual.

Langsung action, bisa mulai dari dropship

Jika Anda tak punya modal untuk berjualan baju muslim online, Anda bisa memulainya dengan cara menjadi dropshipper. Di sini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli stock baju muslim. Dengan kata lain, dropship adalah menjualkan produk milik orang lain. Jika ada yang ingin membeli, nantinya supplier yang akan mengurus pengiriman tersebut. Tugas Anda ialah hanya melakukan pemasaran saja.

Memiliki komitmen yang tinggi

Seorang pengusaha harus punya mental baja dan berkomitmen tinggi. Dalam proses menjalankan usaha untuk mencapai kesuksesan, pasti akan ada rintangan dan halangan. Hanya orang yang berkomitmen ingin sukses lah yang dapat menghadapi itu semua.

Selain itu, Anda harus siap untuk bekerja keras dan berpikir secara kreatif agar dapat bersaing dengan kompetitor.

Melakukan perencanaan dengan matang

Buatlah perencanaan secara matang dan detail mengenai bisnis yang dijalankan. Tak perlu panjang lebar, cukup yang simpel saja. Misalnya mengenai deskripsi perusahaan secara umum, keterangan informasi mengenai produk yang dijual, keterangan operasionalserta model bisnis yang akan dijalankan.

Selalu melakukan perbaikan

Seiring berjalannya waktu, Anda harus terus melakukan perubahan menuju hal yang lebih baik. Jangan mudah merasa puas atas apa yang sudah Anda dapatkan saat ini. Anda harus terus berinovasi untuk terus mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar.

Jaga hubungan baik dengan konsumen

Sebaiknya, perlakukan konsumen dengan baik. Gunakan teknik relational marketing maka bisnis Anda dalam berjualan baju muslim online dari nol bisa semakin berkembang. Ada yang bilang bahwa jika sudah merasa nyaman dengan penjualnya, maka seseorang enggan pindah ke lain tempat. Sebab itulah Anda perlu melakukan pelayanan sepenuh hati supaya para konsumen merasa nyaman dan puas berbelanja di tempat Anda.

Lakukan investasi ilmu

Ilmu tentang pemasaran dalam jualan online baik itu jualan baju muslim atau produk lainnya sangat penting. Oleh karena itu, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mempelajari bagaimana cara melakukan penjualan yang baik dan efektif.

Berjualan secara online bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya memanfaatkan sosial media, marketplace ataupun memiliki toko online sendiri di website. Mengikuti suatu kursus secara online menjadi hal menarik. Anda akan memiliki kemampuan berjualan online yang semakin berkembang.

Rekrut orang untuk menjadi tim Anda

Jika Anda menguasai teknik jualan baju muslim online dengan benar, Anda akan mengalami banjir order. Kemudian, Anda akan kewalahan dalam melayani pembeli.

Segeralah rekrut orang untuk membantu pekerjaan Anda sebagai customer service.

Gunakan Sosial Media

Pasarkan barang dagangan Anda dengan menggunakan sosial media yang sedang ramai saat ini. Anda bisa juga bergabung di grub Facebook, melakukan pemasaran melalui Twitter, Pinterest dan sosial media lainnya.

Membuka Toko Online

Pada awal usaha Anda bisa memajang barang dagangan Anda di blog gratisan (blogspot, wordpress), agar Anda tidak usah susah-susah menerangkan detail barang pada tiap konsumen yang akan membeli.

Namun, jika jualan busana muslim sudah mulai meningkat, artinya Anda memiliki modal untuk mengembangkan usaha. Saatnya Anda mengembangkan bisnis jualan baju muslim dengan membuka toko online dan mulai melakukan stock barang.

Cari nama domain yang mencerminkan bisnis Anda serta panjang domain tidak terlalu panjang. Cari nama domain yang berekstensi .com atau .net karena merupakan ekstensi yang sudah dikenal banyak orang.

Lipat gandakan keuntungan

Di awal memulai jualan baju muslim dari nol, Anda memilih sebagai dropshipper. Kini, setelah usaha Anda lancar dan memiliki stock barang, saatnya Anda membuka peluang sebagai dropshipper. Para dropshipper yang mempromosikan barang milik Anda akan membantu dalam menaikkan keuntungan.

Jangan Percaya Tips Jika Anda tidak Sungguh-sungguh

Tidak ada tips yang benar-benar manjur untuk Anda jika Anda tidak sungguh-sunguh. Hanya Anda sendiri yang dapat menentukan apakah suatu cara cocok atau sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Hal utama yang menentukan keberhasilan adalah kesungguhan Anda dalam menjalankan usaha. Karena tanpa usaha yang sungguh-sungguh Anda tidak akan pernah berhasil (sulit untuk berhasil).

Sebaliknya dengan doa dan usaha yang sungguh-sungguh dan berkelanjutan Anda dapat menjalankan usaha Anda dengan sukses tanpa perlu membaca semua tips yang bertebaran di Internet yang pada akhirnya hanya membingungkan Anda, karena bisa jadi cara-caranya memiliki perbedaan sesuai dengan kondisi penulisnya.

Itulah Cara Berbisnis baju muslim online dari nol khusus untuk pemula. Lakukanlah hal-hal tersebut untuk membuat bisnis Anda semakin berkembang dari waktu ke waktu. Bersiaplah untuk menjalani setiap prosesnya untuk mencapai kesuksesan. Sebab, tidak ada kesuksesan yang terjadi secara instan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *