Beda Antara Internet Marketer dan Ahli SEO serta Tips Mengembangkan Website

By |

Ketika kita berbicara tentang trafik blog, banyak yang mengaitkannya dengan SEO dan Internet Marketing. Bahkan tidak jarang pula yang menyamakan SEO dengan Internet Marketing!

Yah kebanyakan trafik blog yang tinggi ini (terutama untuk blog yang dalam tahap pengembangan), memang datangnya dari hasil pencarian pengguna. Terutama untuk kata kata kunci yang memiliki pencarian yang tinggi.

Sedangkan untuk web yang sudah memiliki nama seperti detikcom atau kaskus, sebagian pengunjungnya datang secara direct meski peran mesin pencarian juga tetap besar (referensi jumlah trafik pengunjung pada suatu web bisa dicek di similarweb).

Trafik Overview Detikcom vs Trafik Overview Pertamakali:

 

Terlihat pada gambar di atas trafik terlihat bahwa trafik overview (pageviews) detik per bulan bisa mencapai 272 juta kunjungan. Jumlah kunjungan terbanyak dari direck (pengunjung mengetikkan langsung alamat pada web address) yang ditandai warna biru. Kemudian trafik terbanyak setelahnya berasal dari search (mesin pencarian).

Sedangkan pada pertamakali terlihat jumlah Travik overview (pageviews) perbulan  520 ribu, dengan jumlah terbesar berasal dari mesin pencarian (88%), lalu dari direct.

Internet Marketing dan SEO

Kembali ke SEO dan Internet Marketing, apakah sebenarnya arti dari kata seo dan internet marketing terkait dengan trafik ini?

Pengertian SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara yang dilakukan untuk mengoptimasi sebuah halaman web agar ketika dilakukan pencarian dengan kata kunci tertentu mendapatkan rangking teratas.

Pengertian Internet Marketing

Internet Marketing adalah cara mempromosikan suatu produk (bisa barang atau jasa) yang dilakukan melalui media online. Media online ini tidak terbatas hanya pada web. Namun juga termasuk media sosial (facebook, twitter, instagram, dan lainnya), termasuk juga email, WA, google ads, dll.

Jadi SEO dan Internet marketing adalah 2 hal yang berbeda menurut pengertian di atas, namun bisa saling mendukung.

Beda Internet Marketing dan SEO

Kalau dalam dunia nyata mungkin bisa diibaratkan SEO adalah seperti lokasi toko tempat Anda berjualan produk.

Jika dalam sebuah mall, toko berlokasi di depan atau di tempat yang dilalui banyak orang, maka produk toko tersebut akan banyak dilihat oleh orang-orang. Namun, meski dilihat banyak orang, produk Anda belum tentu didatangi atau dibeli oleh orang yang lewat bukan?

Sama juga ketika Anda melakukan pencarian di google, saat Anda melihat web teratas, pertama Anda perhatikan judul yang tertera di list google. Jika judulnya membuat Anda penasaran tentu Anda klik! Namun, baru dibaca sebentar ternyata isinya tidak menarik. Biasanya akan langsung ditutup web nya.

Web seperti ini biasanya juga tidak akan bertahan lama di urutan teratas karena google sangat memperhitungkan bagaimana pengalaman pembaca saat mengunjungi sebuah halaman web. Termasuk durasi dan banyaknya halaman tautan yang diklik.

Lalu, apa bedanya dengan Internet Marketing di dunia nyata?

Jika SEO dapat diibaratkan dengan posisi sebuah toko, maka Internet Marketing bisa diibaratkan tentang peran marketer termasuk penjaga atau pemilik toko dalam menawarkan produk atau jasa yang dijual.

Produk atau jasa di sini juga harus menarik dan memberi manfaat bagi pembeli.

Jadi seorang ahli SEO tidak dapat dapat dikatakan Internet Marketer karena belum tentu mahir sebagai influencer dalam menawarkan produk atau jasa seperti layaknya seperti seorang marketing.

Tips Mengembangkan Web

Sebagai seorang blogger atau pemilik web, berikut ini merupakan peran yang perlu Anda ketahui dalam mengembangkan sebuah web:

Pahami peran seorang konten writer, yaitu:

  • Membuat konten, yang diharapkan adalah yang bisa membuat pembaca betah berlama-lama di website Anda. Artinya konten yang dibuat bermanfaat dan enak dibaca.
  • Memahami skill dasar SEO untuk membuat konten yang SEO friendly

Pahami peran seorang Internet Marketer, yaitu:

  • Menshare konten agar diketahui dan diklik pengakses internet, bisa melalui email, media sosial dan lain lain.
  • Meng-influence orang-orang melalui internet agar membaca konten, menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan dalam konten yang dishare
  • Menganalisa tampilan web terutama dari sisi tujuan pemasaran, apakah sesuai dengan tujuan pembuatan web (memasarkan produk, mendapatkan banyak pengunjung, dll)
  • Mengarahkan isi konten web agar sesuai dengan tujuan pemasaran atau bisnis

Peran seorang ahli SEO, yaitu:

  • Mengoptimasi web dengan menciptakan metriks SEO yang dapat menempatkan halaman web di urutan teratas google (minimal halaman pertama atau urutan 10 besar).

Nah, ketiga peran di atas terkadang bisa dijalankan sekaligus terutama bagi yang memiliki modal terbatas atau Anda jalankan sebagian saja misalnya dengan mengambil peran sebagai penulis sedangkan sisanya Anda serahkan dengan membeli jasa seo atau jasa influencer untuk memasarkan konten Anda.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah saat ini algoritma google lebih mengutamakan tingkat kenyamanan pembaca saat mengunjungi web Anda. Jadi istilah konten is the King dari Matt Cutts, jangan disepelekan.

Jangan heran jika web Anda setelah memiliki metriks SEO yang tinggi dengan jumlah kata pada artikel ribuan kata yang telah dioptimasi (on page dan off page optimation) namun kualitas isi konten Anda rendah dan kurang menarik, serta pembaca hanya sebentar saja mampir, maka tidak akan mendapat urutan yang bagus di halaman google.

Sebaliknya konten dengan isi yang menarik yang membuat pembaca betah berlama-lama  membaca meski dengan optimasi SEO seadanya bisa mendapatkan urutan yang bagus di halaman pencarian google.

Contoh konten yang mendapat urutan bagus di halaman google tanpa optimasi, kata kunci yang digunakan :

Untuk tingkat persaingan SEO yang tinggi selain konten yang menarik Anda juga perlu mengoptimasi halaman web Anda untuk mendapatkan rangking yang bagus di google.

Untuk mengecek tingkat persaingan SEO, Anda dapat menggunakan tools berikut: ubersuggest

Isi kata kunci dan sesuaikan pilihan negara. Semakin tinggi nilai SD (SEO DIFFICULTY) semakin sulit tingkat persaingan SEO.

Demikianlah opini saya mengenai perbedaan antara ahli SEO dan ahli Internet Marketing.

Jika Anda memiliki pendapat yang berbeda silahkan komentar pada kolom di bawah ini ya! Semoga bermanfaat.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *