Arti Minal Aidin Wal Faizin yang Sering Diucapkan Saat Lebaran

Setiap Lebaran tiba, umat Islam di seluruh Indonesia selalu mengucapkan “Minal Aidin Wal Faizin”. Apa arti kalimat Minal Aidin Wal Faizin? Dan kapan orang mulai mengucapkan kalimat ini saat Lebaran?

Arti-Minal-Aidin-Wal-Faizin

Mungkin kebiasaan mengucapkan kalimat ini sudah turun temurun selama puluhan, bahkan ratusan tahun. Tradisi ini dimulai sejak Idul Fitri dan telah menjadi elemen budaya dalam kehidupan kita.

Baca juga ucapan selamat pada Hari Raya Idul Fitri.

Apa Arti Minal Aidin Wal Faizin?

Kalimat ini sebenarnya hanyalah sebuah bagian dari frasa yang sebenarnya lebih panjang. Jadi itu sama sekali bukan kalimat – SPO atau subjek/predikat/objek.

Kalimat lengkapnya:

“Ja alanallahu wa iyyakum minal aidzin wal faidzin” secara harfiah berarti “semoga Allah SWT menjadikan kami dan kamu orang-orang yang sukses”. Jadi kalimat Minal Aidin Wal Faizin mengandung makna “orang yang kembali dan beruntung”.

Dengan pengertian tersebut, jelaslah bahwa ungkapan “Minal Aidin Wal Faizin” tidak memiliki arti apa-apa untuk permintaan maaf atau bermaaf-maafan.

Dalam bahasa Indonesia, “maaf-maafan” bisa dianggap berlebihan, karena kata “maaf” sudah berarti meminta maaf.

Dalam bahasa Arab, ungkapan ‘afwan’ berarti tulus meminta maaf dan jujur.

Jika Kamu tidak puas dengan “afwan” sebagai kata tersingkat untuk permintaan maaf, cobalah kata yang lebih panjang “afwan zahin wal bathin”. Beginilah bunyi permintaan maaf dalam bahasa Arab.

Baca juga tips menggunakan THR secara optimal.

Populer di Indonesia

Makna kata-kata yang diucapkan oleh Minal Aidin Wal Faizin hanya ada di Indonesia. Dalam budaya Arab, Idul Fitri identik dengan “Eid Mubarak”.

Mayoritas umat Islam di daerah itu saling menyapa dengan “taqabbalallahu minna wa minkum” selama Idul Fitri yang biasa di kalangan sahabat Nabi Muhammad SAW, salam yang juga digunakan untuk mengucapkan selamat kepada teman dan keluarga.

Ungkapan tersebut diterjemahkan menjadi: “Semoga Allah SWT menerima amal saya, juga amal Anda (kalian).”

Umat Islam di luar Indonesia, merayakan Idul Fitri tidak semeriah seperti di Indonesia. Lebih meriah lagi saat merayakan Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Haji, atau Hari Raya Idul Qurban.

Apa yang dimaksud dengan ucapan Minal Aidin Wal Faizin? Sekarang Kamu sudah tau! Setelah ini, cobalah untuk menggunakannya dengan cara yang sesuai artinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.