7 Defenisi Sukses Menurut Orang-orang sukses di bidangnya

Setiap orang tentunya ingin sukses dalam setiap aspek kehidupan. Namun, kesuksesan bukanlah sesuatu yang bisa diperoleh dengan mudah.

Untuk menjadi sukses, Anda perlu kerja keras, memililiki ketekunan dan tekad. Selain itu, Anda juga perlu memahami arti kesuksesan. Memahami definisinya akan membantu Anda menetapkan tujuan dan perencanaan yang lebih baik untuk mencapai apa yang Anda inginkan.


Makna Sukses dalam Kamus

Defenisi-Sukses


Asal kata sukses adalah kata Latin successus yang berarti keluaran atau hasil. Sementara itu, itu aslinya dari kata kerja succedere Latin yang berarti mendekati setelah (close after). Kata sukses pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris pada pertengahan abad ke-16.

Kamus bahasa Inggris mendefinisikan kesuksesan dalam dua definisi.

  • Pencapaian hasil yang diharapkan atau diinginkan.
  • Sesuatu yang mencapai hasil positif.

Selain itu, kamus bisnis mendefinisikan kata sukses sedikit berbeda.

  • Pencapaian tindakan dalam parameter tertentu atau periode waktu tertentu.
  • Mencapai tujuan atau menyelesaikan tujuan.
  • Istilah untuk menggambarkan seseorang yang memiliki lebih banyak objek, mis. uang, dibandingkan dengan orang lain.

Bagaimana Orang Terkenal Menentukan Kesuksesan

Meskipun kata sukses telah memiliki defenisi yang baku (menurut kamus), orang tidak selalu mendefinisikan kata ini sama seperti defenisi dalam text book.

Arti kesuksesan untuk satu orang mungkin berbeda dengan yang lain. Itu karena kata ini tidak dapat didefinisikan hanya dalam satu atau dua kalimat. Berikut Ini adalah beberapa kutipan tentang kesuksesan dari berbagai orang terkenal.

1. “Sukses bukan tentang pencapaian. Ini tentang konsistensi. Kerja keras yang konsisten akan menuntun Anda menuju kesuksesan. Lalu, kebesaran akan datang.” ~ Dwayne Johnson


2. “Sukses bukan tentang berapa banyak uang yang Anda hasilkan; ini tentang perbedaan yang Anda buat dalam kehidupan orang lain.” ~ Michelle Obama


3. “Sukses bukan berarti Anda tidak pernah melakukan kesalahan. Ini tentang tidak pernah membuat kesalahan yang sama dua kali.” ~ George Bernard Shaw


4. “Sukses adalah jumlah dari usaha kecil, diulang terus menerus.” ~ Robert Collier


5. “Sukses bukan tentang apa yang Anda miliki. Ini tentang siapa Anda.” ~ Bo Bennet


6. “Sukses bukan kecelakaan. Ini adalah kerja keras, pembelajaran, pengorbanan, ketekunan, dan, yang paling penting, mencintai apa yang Anda lakukan.” ~ Pele


7. “Kunci menuju kebahagiaan bukanlah kesuksesan. Tapi, kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.” ~ Albert Schweitzer


Kisah Sukses yang Menginspirasi


Banyak kisah orang terkenal mengalami berbagai ‘kegagalan’ sebelum mereka mendapatkan kesuksesan. Berikut adalah beberapa rangkuman singkat pencapaian sukses yang menginspirasi dari orang-orang sukses.


1. Bill Gates pernah putus sekolah. Sebelum mencapai kesuksesan dengan Microsoft, ia pernah mengalami kegagalan berbisnis. Itu terjadi pada bisnis Traf-O-Data-nya. Hal ini mungkin dianggap sebagian orang kegagalan, namun dengan ‘kegagalannya’ ini Bill Gates bisa lebih memahami tentang pemrograman komputer hingga ia berhasil berbisnis di bidang software.


2. Sebelum menjadi penulis sukses dan kaya, J.K. Rowling adalah seorang miskin, pernah cerai, tidak punya pekerjaan, dan butuh uang untuk membesarkan anaknya. Namun, karena tekadnya, dia dapat bangkit dari kesulitan-kesulitan itu dan mencapai kesuksesan materi melalui dongeng-dongeng khayalannya. Catatan: saya tidak merekomendasikan bacaan fiksi karangan J.K.Rowling untuk dibaca anak Anda, karena menurut saya mengandung unsur khayalan seperti sihir yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.


3. Albert Einstein adalah Fisikawan hebat. Namun, dia tidak menunjukkan tanda-tanda genius saat dia masih kecil. Dia menderita keterlambatan bicara dan memiliki masalah belajar di sekolah. Namun, begitu dia bisa mengatasi kesulitannya, dia menjadi salah satu orang paling berpengaruh di dunia.


Dari cerita singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa kegagalan seringkali mendahului kesuksesan.


Hal yang perlu diingat, Anda tidak boleh menyerah begitu saja ketika ‘kegagalan’ terjadi. Anda harus tetap berusaha, memiliki tekad dan secara konsisten melakukan kerja keras sepanjang waktu.


Jadi defenisi sukses menurut setiap orang bisa berbeda-beda. Orang yang memiliki tujuan hidup untuk menjalankan syariat Islam secara konsisten bisa jadi memaknai kesuksesan yang berbanding terbalik dengan orang yang hanya mengutamakan kesuksesan harta.


Kesuksesan yang terbaik adalah sukses yang seimbang antara sukses duniawi dan sukses untuk tujuan kehidupan akhirat kelak.

Leave a Comment