15 Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Home Learning

  • Whatsapp

Adanya wabah virus yang sedang melanda Indonesia saat ini membuat banyak pihak terpukul, termasuk dunia pendidikan.

Aplikasi-belajar-online

Banyak sekali sekolah yang kemudian memberikan kebijakan untuk melakukan belajar di rumah atau Home Learning.

Agar proses belajar di rumah bisa berjalan dengan lancar, beberapa aplikasi belajar online gratis berikut ini bisa digunakan.

1. Aplikasi Ruangguru

Aplikasi belajar online gratis yang pertama adalah aplikasi Ruangguru yang dikembangkan oleh Ruangguru, salah satu startup yang bergerak di bidang pendidikan.

Ruangguru yang menjadi startup pendidikan di Indonesia mendukung kebijakan belajar di rumah untuk mencegah penyebaran virus di sekolah.

Pemiliknya mengembangkan aplikasi yang berisikan berbagai materi yang dibutuhkan oleh siswa untuk belajar di rumah.

Dalam aplikasinya, Ruangguru menyediakan beragam materi yang dapat disesuaikan menurut jenjang pendidikan maupun kurikulum yang digunakan di sekolah.

Materi-materi yang disampaikan berbentuk video yang menarik dan sangat mudah dipahami oleh siswa.

Tersedia juga berbagai paket bimbingan belajar yang akan dibimbing langsung oleh para staf pengajar ahli di Ruangguru.

2. Zenius

Aplikasi-Zenius

Seperti halnya Ruangguru, Zenius merupakan salah satu aplikasi belajar online gratis yang bisa diakses oleh siapa saja.

Dalam rangka persiapan ujian nasional, Zenius juga menyediakan layanan belajar mandiri secara gratis.

Pengguna Zenius akan mendapatkan video pembelajaran yang sangat menarik dan dihadirkan dalam format papan tulis agar tetap memberi kesan seperti belajar di ruang kelas.

Zenius memiliki puluhan ribu video berbagai materi yang lengkap untuk semua jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA.

Pengguna juga bisa menyesuaikan dengan kurikulum yang dipakai di sekolah mulai dari kurikulum KTSP hingga kurikulum 2013 revisi.

Pengguna bisa mengakses semua video pembelajaran dari Zenius dengan melakukan proses unduh terlebih dahulu pada Play Store atau App Store.

3. Google: Google Suite for Education

Sebagai salah satu perusahaan teknologi informasi terkemuka di dunia, Google juga turut serta berpartisipasi untuk mengembangkan teknologi yang bertujuan untuk peningkatan pendidikan anak.

Melalui aplikasi belajar online gratisnya yang bernama Google Suite for Education, Google menyediakan berbagai fitur untuk membantu siswa dan guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa batas waktu dan tempat.

Google Suite for Education bisa diakses baik oleh guru maupun murid secara offline maupun online.

Dalam aplikasi buatannya tersebut, Google menyiapkan fitur ruang kelas yang dapat dibuat oleh guru dan diikuti oleh semua muridnya.

Dengan adanya fitur tersebut, guru dapat membuat penjelasan melalui streaming video hingga melakukan penilaian tugas.

4. Microsoft: Office 365 for Education

Aplikasi-Office35-Belajar-Online

Sama halnya dengan Google, sebagai perusahaan teknologi, Microsoft juga tidak mau kalah untuk ikut berkontribusi dalam dunia pendidikan.

Microsoft menciptakan aplikasi belajar online gratis dengan nama Office 365 for Education.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis oleh semuanya dengan cara memasukkan alamat email sekolah yang sah sesuai dengan yang terdaftar dalam Microsoft Indonesia.

Dalam Office 365 for Education ini, Microsoft menghadirkan aplikasi yang sudah umum seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, atau Microsoft Power Point. Selain itu, Microsoft juga menambahkan fasilitas lain yakni Microsoft Teams.

Dalam Microsoft Teams ini guru dapat membuat sebuah ruang kelas online untuk mengajar yang bisa diakses oleh semua muridnya.

5. Quipper School

Quipper School menjadi aplikasi belajar online gratis berikutnya. Aplikasi ini sudah menggunakan teknologi Learning Management System (LMS) dalam teknologi pendidikan.

Dengan memanfaatkan teknologi pendidikan menggunakan LMS dapat menjadi sebuah solusi bagi para guru dan siswa untuk memaksimalkan kegiatan belajar-mengajar di rumah dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus.

Dalam aplikasi Quipper School, guru dapat membuat dan mengelola materi pembelajarannya untuk kemudian dikirim kepada para muridnya.

Guru juga dapat mengadakan ujian bahkan melakukan penilaian terhadap tugas para muridnya secara online.

Bagi siswa, adanya Quipper School akan memudahkan  untuk mengerjakan pekerjaan rumah hingga ujian secara online di rumah.

6. Sekolahmu

Aplikasi belajar online gratis bernama Sekolahmu ini merupakan sebuah aplikasi pendidikan yang melibatkan sejumlah instansi pendidikan.

Aplikasi-Belajar-Online-sekolahmu

Dalam aplikasi Sekolahmu, beberapa instansi pendidikan seperti Yayasan Diponegoro, Cikal, hingga Sekolah Lazuardi dilibatkan untuk membuat materi pendidikan. Sehingga materi pendidikan yang ada dalam Sekolahmu dijamin sesuai dan menjadi materi yang berkualitas.

Ada himbauan dari pemerintah untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah selama wabah virus berlangsung ini membuat aplikasi Sekolahmu menggratiskan semua materinya.

Sekolahmu mendukung kebijakan dari pemerintah tersebut sehingga semua materinya dapat diakses oleh para siswa di seluruh Indonesia. Dalam aplikasi Sekolahmu, terdapat sekolah gratis secara online melalui live streaming di YouTube.

7. Kelas Pintar

Kelas Pintar juga memberikan akses gratis pada aplikasi belajarnya bagi guru maupun siswa di seluruh Indonesia selama satu bulan.

Aplikasi ini memiliki banyak sekali materi pengajaran untuk siswa yang sangat menarik dan mudah dipahami.

Selain itu, dalam Kelas Pintar juga terdapat fitur assesment yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk melakukan interaksi secara online dengan muridnya.

Kelas Pintar menambahkan jam operasional Fitur Tanya sehingga dapat memaksimalkan proses belajar bagi para siswa.

Para siswa dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk bertanya pada guru online bila tidak memahami materi yang sedang dipelajarinya.

Guru online dalam Kelas Pintar merupakan staf-staf yang kompeten pada bidangnya masing-masing.

8. Edmodo

edmodo

Aplikasi Edmodo merupakan aplikasi belajar online gratis yang dapat menghubungkan antara guru, murid, dan orang tua sekaligus.

Dalam aplikasi ini, guru dapat memberikan penyampaian materi.

Selain itu, guru juga dapat mengadakan survey terhadap metode dan materi pelajaran yang disampaikannya langsung di dalam aplikasinya, sehingga sangat memudahkan kerja guru dalam proses belajar-mengajar secara online.

Murid bisa mendapat berbagai macam materi yang langsung disampaikan oleh gurunya secara online dalam aplikasi Edmodo. Aplikasi dengan ukuran hanya 22MB ini juga menyediakan fitur pesan yang langsung menghubungkan antara murid dan gurunya.

Orang tua juga dapat langsung melakukan pengawasan terhadap proses dan perkembangan belajar anak sehingga membuat aplikasi ini banyak diunduh oleh para orang tua.

9. Rumah Belajar

Tidak mau kalah dengan berbagai perusahaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia juga membuat dan memiliki aplikasi belajar online gratis sendiri. Aplikasi yang diberi nama Rumah Belajar ini merupakan sebuah portal belajar yang menyediakan beragam materi.

Materi yang disampaikan dalam aplikasi ini menggunakan konten audio visual yang sangat menarik dan interaktif.

Konten-konten materi belajarnya yang menarik dan interaktif sangat mudah dipahami oleh para murid.

Di dalam aplikasi Rumah Belajar terdapat beberapa fitur unggulan seperti Sumber Belajar dan Laboratorium Maya, sehingga membuat murid bisa semakin betah untuk belajar di rumah.

Rumah Belajar sudah bisa diakses baik melalui peramban dalam komputer atau mengunduh melalui App Store dan Play Store.

10. Google Classroom

Google juga menyediakan aplikasi belajar tidak hanya untuk murid SD hingga SMA saja, tetapi juga untuk mahasiswa.

Melalui Google Classroom, Google membuat sebuah aplikasi yang membuat penggunanya merasakan seperti dalam sebuah forum belajar.

Dalam forum belajar tersebut baik mahasiswa maupun dosen juga dapat melakukan interaksi, mengerjakan tugas, memberikan nilai, hingga melakukan konsultasi.

Pada aplikasi Google Classroom, pengguna cukup menggunakan akun Gmail untuk dapat mengakses secara keseluruhan, sehingga sangat memudahkan penggunanya.

Dalam aplikasi ini tidak memiliki banyak konten interaktif seperti aplikasi belajar lainnya yang banyak diperuntukkan pada murid sekolah, sehingga kurang cocok bagi anak usia sekolah.

11. KelasKita

Aplikasi-kelas-kita

Aplikasi belajar online secara gratis yang bisa diunduh untuk melakukan belajar di rumah adalah aplikasi KelasKita. Aplikasi KelasKita memiliki materi-materi yang diajarkan dalam pembelajaran secara formal pada umumnya.

Selain itu, KelasKita juga memiliki program untuk meningkatkan skill pemrograman dasar Android, desain grafis, hingga cara membuat website.

Materi-materi yang disampaikan oleh aplikasi KelasKita juga menggunakan konten-konten yang menarik dan mudah untuk dipahami oleh penggunanya.

Pengguna bisa mengakses aplikasi belajar online ini kapan saja dan di mana saja. Dalam aplikasi KelasKita juga terdapat fitur yang membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan pengguna lain sehingga dapat saling berbagi pengalaman dan cerita.

13. Brainly

Sepertinya sudah banyak sekali yang mengetahui salah satu forum belajar Brainly. Salah satu forum belajar terbesar di dunia ini memiliki banyak sekali pengguna yang tergabung di dalamnya.

Total kurang lebih ada 100 juta orang yang tergabung ke dalam forum belajar Brainly. Kini forum Belajar Brainly memiliki aplikasi yang bisa diunduh gratis.

Dalam aplikasi Brainly, pengguna dapat melemparkan pertanyaan tentang materi yang tidak dipahaminya. Kemudian pengguna lainnya akan memberikan jawaban sesuai dengan kapasitas pengetahuan yang dimilikinya.

Aplikasi Brainly menjadi aplikasi sharing ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat antara penggunanya. Terdapat fitur verifikasi juga yang dilakukan oleh para ahli untuk menghindari jawaban yang tidak tepat.

14. Pahamify

Pahamify merupakan salah satu aplikasi belajar online yang bisa diunduh secara gratis oleh siapapun.

Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fasilitas menarik terutama bagi adik-adik pelajar kelas 12 SMA atau sederajat.

Namun, tentu saja aplikasi ini tetap dapat digunakan oleh siapapun karena memiliki banyak fasilitas materi yang berlimpah.

Dalam aplikasi Pahamify, materi-materi yang ada sudah dipisah-pisahkan menurut tipenya sesuai dengan jurusan masing-masing.

Ada materi khusus untuk jurusan IPA maupun IPS yang dilengkapi dengan soal-soal untuk latihan agar semakin mendalami materinya.

Pahamify juga memiliki beberapa latihan soal untuk UTBK, Ujian Masuk STAN, SBMPTN, SIMAK UI, dan sebagainya yang bisa dimanfaatkan oleh siswa kelas 12.

15. Bimbel SMARRT

Aplikasi-Bimbel-Smarrt

Aplikasi terakhir yang bisa digunakan untuk belajar online dan bisa diunduh secara gratis adalah Bimbel SMARRT.

Aplikasi gratis ini membuat penggunanya seperti sedang menjalani kegiatan bimbingan belajar privat tanpa mentor langsung.

Cukup dengan membuka dan mengakses aplikasi ini, penggunanya dapat langsung belajar dengan materi-materi yang sangat lengkap dan mudah dipahami.

Seperti halnya bimbingan belajar pada umumnya, aplikasi belajar online gratis yang satu ini juga fokus pada mata pelajaran yang menjadi momok bagi para murid: Matematika, Kimia, dan Fisika. Bimbel SMARRT menyediakan berbagai video interaktif yang menyampaikan materi dengan menarik agar mudah dipahami.

Selain itu, tersedia juga berbagai kuis dan latihan soal untuk meningkatkan pemahaman materi.

Adanya berbagai macam aplikasi belajar online gratis untuk belajar di rumah ini sangat bermanfaat dan memberikan efek positif bagi para siswa.

Siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran dengan tambahan materi-materi yang disampaikan secara apik dan interaktif.

Ditambah juga dengan berbagai latihan soal dan bimbingan langsung dari mentor online yang berkualitas untuk membimbing pemahaman materi murid.

  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *