Perlukah Menggunakan Air Fryer untuk Menjalani Pola Hidup yang lebih Sehat?

  • Whatsapp

Membicarakan alat masak memang tidak ada habis-habisnya. Banyak sekali model dan inovasi yang dihasilkan untuk mendapatkan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Kali ini saya ingin menulis artikel tentang Air Fryer. Sekilas bagi sebagian orang mungkin Air Fryer ini merupakan alat masak inovasi baru. Namun alat ini sebenarnya bukan barang baru. Sejak tahun 2010 Philip telah memperkenalkan Airfryer, peralatan dapur baru pada waktu itu, di Internationale Funkausstellung (IFA), pameran elektronik konsumen yang penting di Berlin (baca sejarahnya di sini).

Air Fryer atau jika diterjemahkan artinya penggorengan udara merupakan alat untuk memasak makanan dengan cara digoreng tanpa minyak atau dengan lapisan minyak yang sedikit (sekitar 1 sendok makan atau tidak sama sekali tergantung jenis makanan).

Dengan menggunakan alat ini, Anda akan mengurangi penggunaan minyak goreng, sehingga sebagian orang mengganggap alat ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki pola makan lebih sehat.

Tenaga panas Air Fryer didapat dengan menggunakan energy listrik. Penggorengan dengan menggunakan Air Fryer akan memberikan panas (berkisar antara 200 hingga 250 derajat Celcius) tergantung jenis Air Fryer yang Anda gunakan.

Pada Air Fryer terdapat fitur konveksi berupa kipas yang membantu mengedarkan udara panas agar suhu udara tetap konsisten pada area memasak.

Ini merupakan pembeda antara Air Fryer dengan Oven konveksi biasa.

Mungkin, jika Anda ingin memiliki fitur oven yang mirip dengan air fryer, Anda bisa membeli jenis oven premium yang dilengkapi dengan kipas.

Makanan yang digoreng

Menggoreng merupakan salah satu cara memasak. Biasanya orang menggoreng dengan menggunakan minyak untuk menghasilkan panas yang tinggi, sehingga makanan yang dihasilkan lebih garing, crispy, renyah atau lebih matang merata.

Berapa derajat panas yang dihasilkan dengan cara memasak digoreng dengan minyak? Suhu yang disarankan jika menggoreng dengan minyak adalah 185 derajat Celcius. Lebih dari 200 derajat minyak bisa meletup dan api harus dikecilkan. 

Deep Frying

Sebenarnya suhu memasak dengan menggunakan Air Fryer juga menggunakan suhu yang terbilang tinggi yaitu 200-250 derajat Celcius, namun tingkat kematangan akan lebih merata jika Anda menggunakan minyak goreng. 

Berbeda cara memasak Air Fryer dan cara menggoreng menggunakan minyak,  dengan adanya minyak, makanan akan lebih cepat matang, karena minyak dapat mengalirkan panas ke makanan secara lebih baik. Sedangkan Air Fryer menggunakan media udara (panas udara) untuk mematangkan makanan. Namun, dengan menggunakan Air Fryer, Anda dapat mengurangi penggunaan minyak goreng sebesar 70 sampai 80%.

Bagaimana rasa makanan yang dihasilkan? 

Untuk rasa, dari berbagai review, terus terang saya sendiri belum pernah mencicipi, saya menarik kesimpulan bahwa rasa yang didapat dari menggoreng dengan Air Fryer tidak sama dengan menggoreng konvensional (menggunakan minyak). Sebagian testimoni yang saya baca, konsumen kurang puas dengan rasanya yang didapat dibanding dengan menggoreng cara konvensional. Namun ada juga yang puas dengan hasil masakan dengan Air Fryer.

Contoh hasil makanan dengan menggunakan Air Fryer:

Onion Rings - Air Fryer
Onion Rings
Kentang Goreng Air Fryer
Kentang Goreng
Udang Kelapa Air Fryer
Udang Goreng Kelapa
Keripik Apel Kayu Manis
Kentang Panggang
Banana Bread Air Fryer
Roti Pisang

Selain itu space atau ruang untuk makanan menggunakan Air Fryer lebih terbatas dibanding jika menggoreng cara biasa. Jika makanan Anda memerlukan ruang yang lebih besar, Anda perlu membagi menjadi beberapa bagian sehingga makanan Anda dapat dimasak. 

Jadi, jangan berharap untuk mendapatkan hasil atau rasa makanan yang sama seperti Anda menggoreng konvensional dengan minyak goreng ketika Anda ingin membeli produk ini.

Meskipun tidak sama, hasil dari memasak dengan Air-Fryer tentu bisa menghasilkan masakan yang enak dimakan (enak dinikmati). Saya lebih menekankan bahwa hasil penggorengan dengan Air Fryer tidak bisa dibandingkan dengan hasil penggorengan dengan cara konvensional.

Manfaat Kesehatan Menggunakan Air-Fryer

Mengurangi penggunakan minyak goreng ketika memasak, merupakan alasan utama mengapa Air Fryer digunakan.

Air Fryer dapat mengurangi penggunakan minyak goreng antara 70 sampai 80 %.

Lalu selain itu manfaat kesehatan lainnya? Saya coba cari tahu dari berbagai referensi di Internet, berikut ini manfaat kesehatan lainnya ketika Anda menggunaan Air Fryer:

Mengurangi pembentukan zat berbahaya pada makanan. Jika kentang atau makanan lainnya yang tinggi karbohidrat digoreng dengan minyak, akan terbentuk sebuah zat bernama akrilamida yang dicurigai bersifat karsinogenik, yaitu dapat memicu munculnya kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan air fryer dapat menurunkan kadar akrilamida hingga 90%.

Reaksi penggorengan dengan alat masak biasa akan menyebabkan Reaksi Maillard dalam makanan yang dapat menghasilkan jlavor dun aroma dan dapat menyebabkan kehilangan ketersediaan asam amino, kehilangan nilai gizi, pembentukan antinutrisi, pembentukan komponen toksik dun komponen mutagenik. (ref: Repository IPB).

Selain hal di atas saya tidak menemukan hal istimewa lainnya kenapa Anda perlu menggunaan Air Fryer.

Jadi perlukah membeli alat ini untuk masakan di rumah?

Mungkin bagi yang budgetnya lebih dan ingin merubah pola makan, bisa mencoba alat ini untuk mengurangi konsumsi minyak goreng yang berlebih pada makanan yang digoreng dengan cara pada umumnya.

Atau, jika Anda banyak bepergian atau bagi Anda yang ingin lebih praktis dalam memasak (menggoreng), misalkan Anda yang ngekos atau jarang memasak, Anda juga bisa mempertimbangkan alat ini untuk memasak makanan.

Kalau saya pribadi, saya akan memilih memasak, jika harus digoreng, dengan menggunakan minyak yang lebih sehat seperti minyak Canola atau minyak Zaitun.

Selain itu saya juga akan lebih memilih cara memasak dengan cara dipanggang dengan menggunakan oven untuk memanggang makanan.

Itu opini pribadi saya loh, dalam hal ini saya bersikap untuk senetral mungkin, silahkan jika ada pendapat lain, tuliskan komentar Anda di bawah ini.

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *