8 Kutipan Kata Inspirasi untuk Mengevaluasi Kebiasaan Sehari-hari

By |

Karakter seseorang dimulai dari pola aktifitas yang dilakukan secara berulang yang dinamakan kebiasaan. Untuk menjadi sukses Anda perlu membangun kebiasaan yang positif serta membuang kebiasaan yang negatif. Setidaknya itulah yang dikatakan Andrie Wongso melalui kata kata bijaknya.

Banyak tokoh-tokoh lain yang menyampaikan nasehat bijak tentang pentingnya memperbaiki dan menjaga kebiasaan ini untuk membangun karakter serta mencapai kesuksesan. Langsung saja kita ikuti kata kata para tokoh tersebut di bawah ini !

 

Kutipan Kata Tentang Kebiasaan

 

Mimpi merupakan hasil Tindakan

“Mimpi menjadi kenyataan adalah hasil dari tindakan Anda dan tindakan Anda sebagian besar dikendalikan oleh kebiasaan Anda.” – John C. Maxwell

Jika Anda ingin merealisasikan cita cita Anda maka Anda perlu membangun kebiasaan yang positif. Sesuaikan aktifitas Anda dengan tujuan Anda. Jangan melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan cita cita dan target Anda di masa depan.

Misalkan Anda bermimpi menjadi dokter, tentunya Anda perlu banyak membaca buku kedokteran, mengerti tentang bagaimana hidup sehat serta banyak bergaul dengan orang-orang dengan cita cita yang sama.

Salah satu kunci untuk merealisasikan mimpi Anda juga tentunya Anda perlu disiplin dalam menjalankan setiap aktifitas Anda untuk mewujudkan cita cita Anda. Miliki kebiasaan sehari-hari untuk disiplin melakukan aktifitas yang bermanfaat sesuai cita-cita dalam keseharian Anda sehingga itu akan menjadi karakter Anda.

Contoh lainnya adalah Bobby Fischer seorang pecatur jenius dari Amerika. Sejak umur 5 tahun dia sudah membiasakan diri berlatih catur dan dia memiliki cita cita besar sejak awal bermain catur bahwa suatu saat ia ingin menjadi juara Dunia. Dengan tekadnya itu dia berhasil menjadi juara dunia dengan mengalahkan pecatur Rusia Boris Spassky pada usia yang masih sangat muda.

Semakin tinggi jam terbang seseorang dalam melakukan hal yang sama secara berulang pada suatu bidang maka semakin dia mahir dalam bidang yang dia tekuni. Biasanya dia akan banyak belajar dari kesalahannya dan terus berupaya memperbaiki agar sesuai yang diharapkan.

Seorang pengusaha seperti Liem Sioe Liong tentu memiliki jam terbang tinggi dalam melakukan penjualan sejak masa mudanya. Seorang pebasket seperti Michael Jordan tentu memiliki jam terbang yang tinggi pula dalam berlatih bola basket agar menjadi pebasket top dunia. Seorang motivator dunia seperti Anthony Robbins tentu telah memiliki jam terbang yang tinggi dalam berbicara di depan umum dan memberi motivasi kepada banyak orang.

Baca Juga : Kata kata bijak Fokus pada Tujuan

Miliki Karakter sendiri

“Saya mengakui bahwa saya punya hak apa pun untuk menghakimi orang lain berdasarkan adat kebiasaan saya sendiri, betapa pun saya boleh bangga dengan kebiasaan saya itu.” – Nelson Mandela

Setiap orang unik karena memiliki karakter nya masing-masing yang dipengaruhi oleh kebiasaan perilakunya, lingkungan atau tempat dia dibesarkan atau tumbuh.

Nelson Mandela menyampaikan melalui kata kata bijaknya bahwa dia bangga bahwa dia memiliki karakter dan pendapatnya sendiri (sesuai dengan ciri khas dan adat bangsanya) untuk menyampaikan pendapat dan memberi penilaian kepada orang lain.

Keindahan, Kebebasan dan Kebiasaan

“Keindahan kebebasan, kebiasaan, dan tindakan bergantung pada diri mereka sendiri.” – Walt Whitman

Baik tidak nya kita sebagai manusia atau sukses atau tidak nya kita sebagai manusia dipengaruhi oleh pilihan kita apakah kita ingin melakukan pola aktifitas yang mengarah kepada kebaikan atau kesuksesan atau kita ingin melakukan hal-hal lain yang tidak berguna atau tidak ada tujuannya.

Anda bebas memilih kebiasaan atau pola aktifitas yang akan menentukan apakah Anda akan sukses atau tidak.

Kehidupan diciptakan dari kebiasaan kecil

“Kehidupan tidak diciptakan dari pengorbanan atau tugas besar, tapi dibuat dari hal-hal kecil seperti senyuman, kebaikan, dan kewajiban kecil yang telah menjadi kebiasaan yang memenangkan dan mengabadikan hati dan menjamin kesenangan.” – Humphry Davy

 

Menurut kata kata bijak Davy di atas untuk menjadikan hati senang dan memenangkan hati seseorang tidak perlu sebuah pengorbanan yang besar. Tetapi cukup dengan melakukan hal-hal kecil seperti senyuman, kebaikan-kebaikan kecil serta melaksanakan kewajiban kewajiban kecil yang dilakukan sehari-hari serta menjadi kebiasaan.

Contohnya di tempat kerja kita tidak memasang muka garang tapi muka yang murah senyum sehingga orang-orang mudah berkomunikasi dan tidak menjauhi kita. Juga kita datang tidak telat serta menyelesaikan pekerjaan kita dengan baik dan tepat waktu. Banyak kebaikan kecil yang bisa dilakukan yang penting bermanfaat bagi rekan kita, seperti membantu teman kita yang sedang kesulitan dalam pekerjaannya, membawakan makanan cemilan, dan lain lain.

Keunggulan

“Keunggulan adalah sebuah seni yang dimenangkan oleh latihan dan kebiasaan.” – Aristoteles

Jika Anda ingin menjadi ahli di bidang tertentu maka mulailah mengasah keterampilan Anda sejak dini dan sejak usia muda. Semakin lama Anda berlatih dan belajar tentu keterampilan Anda akan semakin terasah. Menurut kata kata bijak Aristoteles di atas, Anda akan menjadi unggul jika persiapan Anda lebih baik dari orang lain.

Kebiasaan berpikir baik pada Orang Lain

“Hingga kamu membentuk kebiasaan untuk mencari kebaikan daripada keburukan yang ada di orang lain, Anda tidak akan sukses atau bahagia.”  – Napoleon Hill

Seseorang yang memiliki kebiasaan mencari kesalahan orang lain akan sulit untuk sukses di masa depannya. Kenapa begitu ? Ya, biasanya orang tersebut akan banyak menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang tidak berguna dengan pikiran-pikiran negatif. Yang lebih buruknya lagi jika ia membuang waktunya dengan mendiskusikan keburukan orang lain dengan temannya. Waktunya akan terbuang sia sia dan pikiran negatifnya akan muncul serta dia akan memberi pengaruh negatif kepada temannya. Biasanya orang seperti ini juga kurang sadar akan kekurangan dirinya sendiri.

Sebaliknya seseorang yang lebih memilih melihat sisi positif dari orang lain dan kebaikan dari orang lain maka orang ini akan dikelilingi oleh pikiran pikiran positif sehingga ia akan mudah mencapai kesuksesannya.

Orang yang memiliki kebiasaan berpikir positif kepada orang lain akan mudah berteman dan mudah bekerjasama. Sisi baik lainnya adalah dia juga dengan mudah meniru hal hal positif yang ada pada orang lain tersebut serta mengesampingkan hal hal yang bersifat negatif sehingga kesuksesan akan mudah ia raih.

Itulah inti kata kata bijak di atas.

Membaca dan Berpikir Logika

“Membaca, setelah beberapa waktu, menggelapkan pikiran terlalu jauh dari pencarian kreatifnya. Seseorang yang membaca terlalu banyak dan menggunakan otaknya terlalu sedikit akan menjadi kebiasaan malas untuk berpikir.” – Albert Einstein

Menurut Albert Einstein melalui kata kata bijaknya harus ada keseimbangan antara membaca dan berpikir secara logika. Membaca di sini berarti kita mengikuti alur pikiran orang lain melalui bacaan. Sedangkan berpikir logika berarti kita menggunakan alur pikir kita sendiri.

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kemampuan dalam berpikir secara unik sesuai dengan pengalamannya masing-masing.

Sebagai contoh jika saya menyebut lingkaran, apa yang terpikir oleh Anda ? Macam macam orang tentunya akan memiliki macam hal yang ada di pikirannya, bisa jadi ada yang terpikir donat, ada yang terpikir garis bulat satu dimensi, ada juga yang terpikir roda mobil, dan lain-lain. Semuanya  benar.

Jadi Einstein mengatakan agar kita jangan terlalu mengikuti apa yang kita baca, tapi gunakan juga logika berpikir kita agar kita dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan unik yang dalam bidang bisnis biasa disebut inovasi.

Jaga Kebiasaan

“Jaga kebiasaan Anda karena akan menjadi karakter.” – Laozi

Kebiasaan yang baik akan menghasilkan karakter yang baik sedangkan kebiasaan yang buruk akan menghasilkan karakter buruk. Kira kira itu yang ingin disampaikan Laozi melalui kata kata bijaknya.

Jadi lakukanlah aktifitas berulang yang akan mengantarkan kita menjadi manusia berkepribadian baik dan unggul dan mendapat ridho Nya bukan yang sebaliknya.

Itulah kata kata bijak tentang kebiasaan yang dapat menjadi bahan renungan kita apakah kebiasaan kita selama ini sudah mengarah pada tujuan yang ingin kita capai atau malah sebaliknya.

Semoga bermanfaat !

Rekomendasi untuk dibaca : Kata kata bijak tentang disiplin

Images :

Pixabay.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *