5 Quotes Pebisnis Mapan sebagai Motivasi Hari ini

Share

Kamu sedang mencari kata motivasi bisnis? Ya, menjalani profesi sebagai pengusaha memang tak mudah. Dibutuhkan mental tahan banting untuk menghadapi berbagai risiko kegagalan yang bisa datang kapan saja.

Dunia bisnis memang menjanjikan imbalan cukup menjanjikan. Mulai dari kebebasan finansial, kemapanan, hingga hubungan sosial yang luas.

Read More

Selain itu, sisi baik berwirausaha adalah mengajarkan banyak sekali nilai kebaikan, seperti sabar, optimis, bersyukur, mandiri, dan lainnya.

Mengingat tantangan dan keuntungan berbisnis, untuk kamu yang sekarang menjadi pelaku bisnis bisa membaca kata kata motivasi bisnis agar lebih sabar dalam menyikapi segala kondisi.

Quotes Bisnis dari Pengusaha Mapan Dunia

Berikut beberapa kata kata bisnis yang pernah dilontarkan oleh pengusaha yang udah mapan dengan usahanya sesuai pengalaman mereka di dunia wira usaha, diantaranya:

Inspirasi memulai bisnis sejak muda

“Saya membangun situs Facebook ketika berumur 19 tahun dan pada waktu itu, saya belum tahu banyak tentang bisnis.” – Mark Zuckerberg.

Saat ini sudah bukan zamannya membangun usaha menunggu usia pensiun. Berkembangnya industri kreatif memberi peluang bagi anak-anak muda untuk terjun dan sukses sebagai entrepreneur.

Anak-anak muda yang beralasan bahwa dirinya belum banyak pengalaman, bisa terpatahkan dengan fakta bahwa Mark Zuckberg, pendiri Facebook, memulai bisnisnya di usia 19 tahun.

Tuhan telah membekali semua manusia dengan akal pikiran luar biasa, tanpa membedakan. Ini berarti, jika Mark bisa, kamu tentu juga memiliki kemampuan.

Tak perlu menunggu gagasan besar, pengalaman, atau pengetahuan bisnis mendalam.

Cukup renungkan apa yang menjadi bakat dan minatmu, entah fashion, kuliner, sport, seni, traveling, atau lainnya, lalu bergeraklah untuk menjadikan itu sebagai ladang usahamu.

Jangan pernah menjiplak ide bisnis kompetitor

“Kamu memang harus belajar dari para kompetitor, tetapi bukan menjiplak. Menjiplak akan membuatmu mati.” – Jack Ma.

Pantangan terbesar seorang pengusaha adalah menjiplak utuh ide orang lain. Hal ini merupakan tindakan mencuri ide yang dapat merugikan diri sendiri dan orang yang dijiplak.

Masing-masing orang memiliki ide yang khas, jadi sekali saja kamu mencoba menjiplak, konsumen akan segera sadar tindakanmu.

Bukankah ini justru akan memperburuk citra bisnismu?

Sebagaimana nasehat Jack Ma, kamu harus selalu ingat bahwa fungsi belajar dari kompetitor adalah mencari celah untuk mengembangkan produkmu menjadi lebih baik lagi.

Jika ingin meniru jangan meniru ‘mentah-mentah’ tanpa ada modifikasi. Lakukan modifikasi untuk menghasilkan produk yang lebih baik tentunya.

Temukan inovasi baru yang lebih unggul. Ya, bersainglah secara positif.

Pentingnya belajar untuk memperkuat ide bisnis

“Orang cenderung takut untuk memulai ide bisnisnya, terutama jika ide tersebut tidak terlalu dikuasainya. Untuk berani, kamu memang harus menggali.” – Nadiem Makarim.

Segala sesuatu memang terasa sulit di awal, terutama dalam bidang entrepreneurship.

Sering kali pengusaha pemula terkendala oleh ide. Padahal ide merupakan pondasi dasar sebuah bisnis, lebih penting dari modal.

Oleh karena itu, bagi kamu yang masih kesulitan mendapatkan ide, teruslah belajar agar kemampuanmu tergali lebih dalam.

Di dunia yang serba canggih saat ini, tak ada alasan kamu sulit mencari referensi.

Terpenting, banyaklah membaca, mendengar, melihat, merasakan, dan bangun komunikasi dengan banyak orang. Sebab ide bisa muncul kapanpun, di manapun, dan dari siapapun.

Jangan pantang menyerah dalam dunia bisnis

“Bagi kamu yang sudah mempunyai usaha, bersikaplah pantang menyerah. Teruslah berjuang mencari jalan, karena jalan di depan semakin menantang.” – Achmad Zaky.

Semua orang tak pernah tahu setinggi apa ‘tangga’ yang harus dilalui untuk menuju kesuksesan.

Maka dari itu pantang untuk menyerah sebelum sampai tujuan. Prinsip ini perlu kamu terapkan dalam menjalani bisnismu.

Jangan pernah mudah melepaskan usaha yang telah dibangun dengan susah payah, sebab di luar sana bisa jadi banyak orang yang berada di posisimu. Jatuh bangun dalam dunia entrepreneurship adalah wajar.

Jika sekarang bisnismu lesu, itu berarti Tuhan ingin membuatmu lebih tangguh, kompeten, dan lebih siap menghadapi tantangan yang lebih berat ke depannya.

Bukalah pikiran dan komunikasi dengan banyak orang yang optimis, sampai kamu menemukan jalan.

Kondisi hidup tergantung jalan yang ditempuh

“Jika kamu terlahir miskin, itu bukan salahmu. Tetapi jika kamu mati dalam keadaan miskin, itu sepenuhnya adalah kesalahanmu.” – Bill Gates.

Semua orang di dunia tak pernah bisa meminta dilahirkan dalam keluarga seperti apa. Sebab ini merupakan ketentuan mutlak dari Tuhan.

Jadi, jangan pernah marah jika kamu terlahir dalam keluarga miskin. Hindari pikiran bahwa Tuhan tak adil atau tak sayang padamu.

Sekarang cobalah berpikir positif bahwa ini adalah cara Sang Pencipta untuk mendidikmu menjadi manusia yang lebih sabar, rendah hati, menghargai, dan mampu berjuang.

Selanjutnya setelah kamu menjalani kehidupan, tugasmu adalah merubah nasib. Meski tak memiliki harta melimpah, kamu masih dibekali akal pikiran.

Gunakan  harta berharga ini secara optimal untuk membuka jalan kesuksesan.

Begitu pula kamu yang terlahir kaya, jangan terlena, kamu juga perlu pintar mengelolah untuk mempertahankan statusmu. Ya, seperti ungkapan Bill Gates, jika akhir kehidupanmu miskin itu salahmu.

Sebagaimana jalan yang ditempuh Bill Gates, kamu bisa terjun dalam dunia bisnis untuk meraih kesuksesan.

Apa yang kamu rasakan selesai membaca katak bijak bisnis diatas? Semoga bisa membuatmu semakin mantap menjalani bisnismu, ya.

Selalu ingat bahwa ada imbalan besar setelah kamu berhasil sukses di dunia entrepreneurship.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *