10 Tips Mudah Untuk dijalankan Bagi Anda yang Sulit Menabung

By | July 15, 2018

Menabung untuk sebagian orang  terkadang menjadi hal yang sangat sulit , terlebih – lebih meningkatnya kebutuhan hidup , naiknya harga barang – barang & biaya pendidikan . Tapi dengan kondisi seperti itu bukan berarti kita tidak bisa menabung , menabung sangatlah penting dan harus kita paksakan walau hanya sedikit. Dengan menabung kita bisa menyiapkan masa depan sesuai dengan yang kita rencanakan dan yang kita inginkan , dengan memiliki tabungan , kita akan lebih siap saat kita di hadapkan pada suatu kondisi dimana kita membutuhkan dana untuk keperluan sekolah atau membeli sesuatu yang kita inginkan , atau tiba – tiba kita perlu dana untuk keperluan mendadak atau mendesak . Bagi yang merasa kesulitan untuk menabung & ingin memulai menabung  , Yuk kita ikuti tips berikut ini :

Tips Menabung yang Mudah dijalankan Bagi Anda yang Sulit Menabung

 

 

1. Pisahkan ATM untuk keperluan sehari – hari dan ATM khusus untuk tabungan.

Mulai sekarang , cobalah untuk memisahkan tabungan untuk keperluan sehari – hari & tabungan khusus untuk simpanan , Jadi anda akan memegang 2 ATM yaitu ATM yang bisa anda tarik tunai saat anda betul – betul membutuhkan dan ATM yang bisa anda tarik tunai kapan saja . ATM yang dapat anda tarik tunai setiap saat ini bisa anda letakkan di dompet & di bawa kemana – mana dan anda bisa menariknya secara tunai kapanpun anda membutuhkan uang cash atau berbelanja & ATM yang bisa anda pergunakan ketika anda betul – betul membutuhkan uang , ATM ini cukup di simpan di rumah saja tanpa harus di bawa kemana – mana untuk menghindari godaan untuk mempergunakannya , karena godaan itu datang kerap kali saat peluang itu ada , tapi jika peluang itu tidak ada , tentu saja anda akan melewatkannya & melupakannya .

2. Non Aktifkan ATM

Ada 1 cara jitu yang cukup berguna & membuat anda di siplin dalam menabung , salah satu caranya yaitu menonaktifkan salah satu ATM yang kita miliki , misal ATM khusus untuk menabung , kita minta petugas bank untuk menonaktifkan atau memblokir ATM kita  . Awal – awal anda akan bingung ketika ATM andalan anda isinya sudah hampir menipis tapi anda tidak memiliki ATM lain yang bisa anda tarik secara tunai . Anda akan di paksa pada suatu keadaan dimana anda harus survive dengan uang yang tersisa & anda harus berjuang supaya cukup tanpa kekurangan .

3. Sisihkan uang untuk menabung di awal ketika terima gaji

Jika anda sudah mempunyai budget untuk belanja bulanan , tidak ada salahnya  anda mencoba untuk menyisihkan atau mengalokasikan uang untuk di tabung pada saat menerima gaji . Dengan begitu , anda lebih mudah untuk mengontrol pengeluaran anda .

4. Debit otomatis untuk jumlah tertentu dalam setiap bulannya .

Jika anda tidak dapat melakukan cara di atas atau gagal untuk mengaplikasikannya , anda bisa mencoba cara lain yaitu dengan meminta petugas bank untuk melakukan pendebitan otomatis dalam jumlah tertentu dan sesuai tanggal yang anda minta , misalnya ketika tanggal gajian  , begitu gaji anda masuk rekening , maka bank akan mendebit atau memotong secara otomatis .

5. Mengkoleksi uang 5000an atau 20.000an

Nah cara ini terlihat sangat mudah & sepele , tapi jangan salah , jumlah yang sedikit jika di lakukan secara rutin lama – lama jumlahnya tak terasa akan semakin banyak . Kalau kita sudah membiasakan untuk mengkoleksi uang 5000an atau uang 20.000an tersebut , anda akan merasa sangat sayang untuk membelanjakannya . Anda akan lebih memilih untuk menyimpannya . Cobalah cara ini , terlihat sepele tapi sudah banyak terbukti bahwa cara ini cukup bekerja loh .

6. Biasakan membawa uang secukupnya ketika hendak bepergian

Cara ini yang jarang di sadari bahwa kebocoran keuangan di karenakan kebiasaan menyimpan uang lebih di dompet , memang tujuan anda menyimpan uang lebih di dompet untuk keperluan 1 minggu , tapi tidak sedikit orang yang tanpa pikir panjang segera menghabiskan atau membelanjakan uang tersebut saat sekali bepergian . Mungkin anda akan berfikir bahwa “ minggu depan atau sebentar lagi kan gajian , jadi ya sudahlah , saatnya berbelanja ya belanja “ . tapi ketika anda membawa uang dalam jumlah terbatas, tentu anda akan lebih selektif untuk berbelanja , anda akan belanja untuk hal – hal yang memang perlu atau sesuai dengan yang di rencanakan , karena jika ingin membeli sesuatu di luar itu tentu anda tidak mempunyai cukup uang untuk itu .

7. Hindari Window shopping ( sekedar lihat – lihat atau cuci mata ).

Window shopping biasanya di lakukan oleh orang – orang yang tujuan awalnya  janji ketemu teman lama di suatu café atau tujuan awal hanya untuk nonton atau makan saja tapi sekedar hanya untuk menghabiskan waktu , lalu iseng – iseng window shopping , hanya melihat – lihat saja & dan tidak ada tujuan untuk berbelanja .Tapi tak diduga kadang bisa merubah tujuan ketika kita menemukan ada barang bagus dengan harga murah , Jadi pada akhirnya tujuan window shopping tadi berubah menjadi berbelanja .

8. Sebelum keluar rumah buatlah daftar tujuan & daftar yang akan di beli

Pernahkah anda mengalami , saat keluar rumah rencana hanya pergi ke 1 tujuan tapi tiba – tiba berubah ke beberapa tujuan dan tujuan untuk membeli 3 barang tapi pada saat membayar menjadi 10 barang ? Hal ini wajar sekali terjadi & biasa terjadi saat berbelanja tanpa tujuan yang jelas dan tanpa daftar belanja . Jadi ketika anda melewati lorong – lorong swalayan atau mall , anda akan berbelanja sesuai dengan apa yang anda lihat dan temukan , bukan berbelanja berdasarkan rencana awal atau berdasarkan daftar belanja . Mulai sekarang cobalah untuk merubah kebiasaan tersebut dengan membuat rencana , ada berapa tujuan yang akan di kunjungi dan apa saja barang yang perlu di beli  , perlu saya garis bawahi yaitu yang perlu di beli bukan yang ingin di beli .

9. Memiliki komitmen terhadap diri sendiri bahwa kartu kredit hanya untuk kebutuhan mendesak atau untuk membeli barang dari cicilan bunga 0%.

Salah satu penyebab kebocoran keuangan adalah kartu kredit , penggunaan yang tidak tepat dan tanpa control , kartu ini juga bisa memposisikan anda dalam situasi yang sulit bahkan bisa menjadi perangkap bagi penggunanya . oleh karena itu sedapat mungkin hindarilah penggunaannya kecuali jika anda betul – betul sudah terdesak atau saat anda ingin membeli barang dengan cicilan tanpa bunga atau 0%.

10. Tetapkan budget kebutuhan anda untuk 1 bulan & kebutuhan per hari .

Setelah anda menyisihkan uang untuk ditabung , lalu yang tersisa tinggal uang untuk belanja selama 1 bulan , nah uang yang tersisa ini untuk kebutuhan per hari , coba tetapkan kebutuhan anda per hari berapa ? lalu sediakan amplop sebanyak jumlah hari dalam 1 bulan , misal 30 amplop – 31 amplop dan bubuhkanlah tanggal di setiap amplopnya , lalu anda masukkan sejumlah uang di tiap – tiap amplop tersebut . Namun anda harus disiplin dalam penggunaannya & memiliki komitmen yang kuat untuk tidak menggunakan amplop yang lain. Selama anda disiplin dengan cara ini & memiliki komitmen untuk menabung , anda akan merasakan hasilnya .

Di luar semua itu , senantiasa selalu berdoa agar selalu di beri kecukupan & bersyukur atas segala nikmat yang sudah di beri . Langkah ini adalah langkah yang mutlak harus di lakukan oleh setiap orang , karena ini sangat berpengaruh secara psikologi . Orang yang selalu berdoa agar selalu di beri kecukupan & bersyukur atas nikmat – nikmat yang telah di terimanya , maka akan melahirkan hati yang selalu merasa cukup  , orang yang merasa cukup  ,dia akan berusaha untuk menabung berapapun jumlahnya , dia akan selalu merasa cukup dengan rejeki yang sedikit ataupun banyak , dia akan mampu hidup menyesuaikan dengan standar kemampuannya walaupun saat kemampuannya sedang berada di bawah , namun orang yang selalu merasa tidak cukup , dia akan mempunyai pikiran “ jangankan menabung , untuk kehidupan sehari – hari saja kurang atau pas – pasan, semoga kita di jauhkan dari pikiran seperti itu .

Demikianlah tips dari pertamakali.com tentang tips menabung bagi yang sulit menabung atau tidak memiliki kebiasaan menabung , semoga tips – tips di atas dapat bermanfaat & dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari – hari .

( Lisnawati )

Baca juga nasehat Menabung dari Orang Terkenal melalui Kata kata bijak Berhemat.

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *