Ramuan Alami untuk Mengatasi Gangguan Ginjal dari buku Dr. RA Nainggolan

By | June 28, 2018

Beberapa waktu yang lalu tepatnya seminggu yang lalu rumah kami kedatangan saudara famili (sepupu) yang sedang menemani Ayahnya ke rumah sakit. Kebetulan Rumah Sakit nya dekat dengan rumah kami atau kurang lebih sekitar 3 km dari rumah. Sambil ngobrol kami menanyakan mengenai keadaan ayah dari saudara kami ini yang memang beberapa minggu terakhir diharuskan dokter untuk cuci darah ke rumah sakit karena keadaan ginjalnya yang menurut dokter tidak lagi normal. Salah satu yang diceritakan famili kami adalah mengenai indikasi kesehatan ginjal ayahnya bahwa saat sebelum cuci darah memiliki hasil lab untuk creatinin sekitar 11 dan setelah cuci darah creatinin nya turun menjadi 7.

 

 

Kemudian diceritakan juga mengenai hal hal yang pantang dimakan atau diminum untuk penderita gagal ginjal.

Awal mula penyakit paman saya ini memang dari kebiasaan atau pola makannya yang dapat dikatakan kurang baik. Beliau sangat suka sekali dengan produk-produk bersoda dibanding dengan air putih. Kalau sedang jalan di mobilnya bekal minumnya selalu minuman bersoda. Jarang beliau menyediakan air putih sebagai bekal untuk minumnya. Menurut cerita famili saya lagi paman saya ini suka sekali jajan. Namun saya kurang jelas juga makanan apa yang sering dikonsumsi paman saya ini. Kalau dari pola olahraga nya cukup baik karena beliau sebelumnya rajin bersepeda disekitar rumahnya. Setahu saya paman saya ini juga penyandang sabuk coklat karate.

Setelah agak lama bercerita saya pun ikut menjenguk paman saya di rumah sakit. Karena waktu tunggu sampai cuci darahnya cukup lama kami masih sempat ngobrol cukup lama dan sebelumnya sempat membeli oleh-oleh juga. Ketika itu saya teringat dengan sebuah buku yang pernah diberikan oleh teman kerja saya mengenai ramuan alami untuk menjaga kesehatan termasuk mengobati jika terjadi gangguan kesehatan pada bagian tubuh tertentu. Saya langsung saja menawarkan buku tersebut untuk dibaca sambil mungkin bisa jadi alternatif untuk pengobatannya. Namun ini juga perlu dikonsultasikan dengan dokter yang menangani paman saya ini, saran saya.

Ramuan ini ditulis oleh seorang dokter ahli gizi yaitu Dr. RA Nainggolan MA (oh iya bukan Radja Nainggolan pemain bola loh!). Ramuan ini berisi petunjuk mengenai pengobatan dan peningkatan kesehatan tubuh melalui jus sayur. Oh iya judul bukunya adalah Diet dan Jus Terapy. Pada buku yang ditulis ada bagian yang menuliskan tentang ramuan untuk kesehatan ginjal termasuk pengobatannya jika ada keluhan.

Menurut petunjuk dokter RA pemakan daging, peminum bir serta peminum minuman keras lainnya merupakan orang-orang yang berpotensi menderita penyakit ginjal.

Seperti tertulis pada buku, resep yang diberikan berdasarkan penelitian Norwalle Laboratory of Nutritional Chemistry and Scientific Research yang disusun oleh Dr Walker, dr.N.E.Kirschner dan Susan E.Charmine. Resep ini tidak ditujukan sebagai pengganti resep yang diberikan dokter melainkan untuk membersihkan tubuh dan melancarkan peredaran darah, mencukupkan kebutuhan tubuh yang menimbulkan tenaga fisik melawan jenis-jenis penyakit serta memperbaiki jaringan dan sel tubuh yang sudah rusak.

Berikut ini merupakan Petunjuk Buku tersebut mengenai ramuan Jus untuk Mengatasi Gangguan Ginjal :

Petunjuk Takaran :

1 liter = 1000 cc atau 4 gelas. Sari buah dan sayuran segar tidak dimasak dan tidak dicampur dengan garam, air dan gula.

 

Resep Mengatasi Gangguan Ginjal

 

Pagi :

Wortel 1 gelas

Beet 1/3 gelas

Timun 1/3 gelas

Siang :

Wortel 1 gelas

Bayam 1/2 gelas

Sore :

Wortel 1 gelas

Celery 1/2 gelas

Petroselli 1/4 gelas

Malam :

Wortel 1 gelas

Beet 1/3 gelas

Kelapa 1/4 gelas

Sebelum tidur pada malam hari penderita ginjal dianjurkan untuk minum setengah gelas sari semangka bagian tengah (putihnya) yang menurut buku sangat bagus untuk membersihkan ginjal atau antara merah dan kulitnya. Jika tidak ada semangka dapat diganti dengan asparagus.

 

Nepritis (Radang ginjal)

 

Penyakit ini menyerang kedua ginjal serta ditemukan adanya protein dan butir-butir darah pada air kencing.

Resep untuk ramuan pagi,siang,sore sama dengan di atas.

Sedangkan resep untuk malam adalah sebagai berikut :

Wortel 1 gelas

Petroselli 1/3 gelas

Demikian mengenai pengalaman famili yang mengalami gangguan ginjal serta ramuan jus sayur untuk kesehatan dan mengobati ginjal, semoga bermanfaat. Mohon doanya agar Paman saya diberi kesembuhan. Amin..

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *