Rendah Hati Membuat Hidup Lebih Mudah

By | March 6, 2018

Rendah hati merupakan lawan dari kata sombong (gengsi) yang berarti kita tidak merendahkan atau memandang diri kita lebih baik dibanding manusia lainnya. Sikap ini tidak sama dengan rendah diri (minder). Sikap yang jauh dari sifat sombong sejatinya adalah sikap yang perlu dimiliki oleh setiap orang yang ingin sukses dalam hidupnya. Rendah hati biasa dikaitkan dengan sikap orang-orang yang  mudah bersosialisasi. Dengan bersikap rendah hati akan membuat seseorang menjadi lebih bersahaja, lebih tenang dan otomatis akan lebih disukai oleh orang-orang di lingkungan sekitarnya. Orang yang memiliki pribadi yang rendah hati tidak akan mudah marah, tidak akan mudah mengeluh, bahkan dengan sikapnya itu dia akan lebih sigap dalam mengulurkan tangan kepada orang yang membutuhkan.

 

Sikap Rendah Hati

 

Orang yang ingin sukses dan dicintai Allah harus menanamkan sikap rendah hati dalam dirinya.

Allah Ta’ala berfirman,

وَلاَ تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَ تَمْشِ فِي اللأَرْضِ مَرَحاً إِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَجُوْرٍ  {18}

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman:18)

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ

“Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” (QS. An Nahl: 23)

Jika seseorang memiliki sikap sombong, selain tidak disukai Allah maka dia akan sulit untuk meraih kesuksesan dalam hidupnya dikarenakan tidak ada orang yang mau menolongnya. Sebaliknya, orang yang rendah hati akan semakin mudah dalam melakukan berbagai hal dikarenakan banyak orang-orang yang akan membantunya. Dengan sikap rendah hati yang dimiliki akan membuka jalan kesuksesan menjadi lebih luas. Dalam hal perjodohan pun orang yang rendah hati akan lebih mudah dalam mendapatkan pasangan hidup. Tidak hanya itu dalam hal bisnis dan lain sebagai nya Anda juga perlu menanamkan sikap rendah hati ini jika ingin berhasil.

Mario Teguh mengatakan, “Orang yang belum sukses harus rendah hati. Orang yang sudah sukses harus sangat lebih rendah hati lagi”. Betul sekali apa yang ia ungkapkan tersebut. Rendah hati akan mudah mengantarkan seseorang orang dalam kesuksesan. Begitupun orang yang telah sukses harus lebih “merunduk” lagi sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah ia dapatkan tersebut.

Sikap Rendah Hati Nabi Sulaiman yang Patut Kita Teladani

Siapa contoh orang yang sukses dalam hidupnya dan memiliki sikap yang rendah hati ? Nabi Sulaiman adalah salah satunya. Nabi Sulaiman adalah orang yang dikenal paling kaya sepanjang sejarah kehidupan manusia. Bahkan orang yang paling kaya di dunia Bill Gates dikatakan hanya memiliki 8% dari kekayaan Nabi Sulaiman. Itu baru perkiraan, mungkin harta Nabi Sulaiman lebih berlipat-lipat banyaknya lagi.

Meskipun Nabi Sulaiman memiliki harta yang sangat berlimpah, hal tersebut lantas tidak membuat dirinya menjadi sombong. Ia memiliki pribadi yang sangat rendah hati, sangat mulia serta suka membantu sesamanya. Dengan kekayaan yang dimilikinya, ia membantu banyak orang yang memiliki kesulitan dalam hidupnya.

Dengan kebaikannya yang dilakukan untuk membantu sesamanya tersebut tidak membuat harta Nabi Sulaiman menjadi habis. Bahkan, hartanya pun terus menggunung. Suatu kali, Nabi Sulaiman pernah berdoa kepada Allah untuk membantu Allah dalam memberikan makanan kepada seluruh mahluk hidup. Allah pun mengabulkannya.

Akhirnya, Nabi Sulaiman mengumpulkan makanan dalam lapangan yang sangat luas dan jumlahnya menggunung. Dengan makanan sebanyak itu, ia yakin makanan tersebut cukup untuk memberi makan semua mahluk. Namun, Allah mendatangkan makhluknya yang sangat besar dan dalam sekejap makanan yang menggunung tersebut telah dilahapnya.

Nabi Sulaiman pun memohon ampun kepada Allah dan ia sadar telah berperilaku sombong. Benar, sikap sombong memang tidak pantas untuk dilakukan. Allah lah yang Maha Kuasa atas segala makhluknya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sikap rendah hati memang hal yang perlu untuk ditanamkan pada diri kita. Rendah hati akan membawa seseorang dalam kebaikan dan akan disukai oleh Allah, bahkan disukai oleh semua orang. Rendah hati akan dapat membawa seseorang menjadi sukses, dan dapat menjadikan seseorang yang telah sukses menjadi lebih sukses lagi.

Lantas, mengapa sebagian dari kita sombong terhadap apa yang telah kita miliki ? Semua yang ada pada diri kita sebenarnya adalah milik Allah SWT. Jadi dapat dikatakan semua yang ada pada diri kita sebenarnya adalah titipan saja. Tidak ada yang patut untuk disombongkan karena sejatinya semuanya akan kembali ke asalnya.

Tetaplah bersikap rendah hati dalam menjalani kehidupan agar hidup yang kita lalui menjadi lebih mudah dan lebih bermakna serta selalu berada di dalam ridha-Nya.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *