Nasehat Bijak Tentang Tekad dan Ketekunan

By | February 25, 2018

Dalam meraih sesuatu pasti membutuhkan banyak hal yang disebut modal. Modal yang paling penting dan bisa dikatakan sebagai kunci sukses untuk meraih mimpi atau cita-cita tersebut adalah dua hal, yaitu tekad dan ketekunan. Keduanya perlu menyatu padu agar di dalam proses mengejar cita-cita ataupun kemauan terasa ringan.

Bayangkan saja jika di dalam sebuah perjuangan ingin mendapatkan sesuatu, Anda hanya memiliki salah satunya, pasti untuk meraih sukses akan semakin jauh. Misalkan Anda hanya memiliki tekad yang kuat, tapi tidak dibarengi dengan sifat tekun untuk memperjuangkannya, pasti hasilnya nihil.

Sebaliknya, ketekunan memang kunci utama dalam berjuang dalam hal apapun, namun jika tidak dibarengi dengan tekad, maka kesuksesan apa yang Anda perjuangkan akan memiliki hambatan. Ingat, bahwa tekad hadirnya dari dalam lubuk jiwa.

Tekad sering kali melahirkan sugesti. Sugesti akan selalu mendorong Anda untuk mengatakan, “Ya, Saya Bisa! Saya Sanggup Melakukannya dan Pasti Akan Sukses!” Ingat pulalah, bahwa kata-kata yang meluncur dari lubuk hati Anda bisa dikatakan sebagai do’a. Siapa pun yang sering berdo’a, ibarat mengayuh sepeda, maka suatu saat Ia pasti akan sampai pada tujuannya. Berikut ini beberapa kata bijak tentang ketekunan dan tekad bulat yang bisa menjadi motivasi Anda dalam meraih cita-cita.

Kemerdekaan suatu negara hanya dapat digapai oleh rakyatnya yang memiliki jiwa tekad yang bulat

Kemerdekaan hanya dapat diraih dan dimiliki oleh bangsa yang memiliki rakyat yang setiap jiwanya selalu berkobar dengan penuh tekad yang kuat dan tidak ada pilihan lain selain merdeka atau mati!” – Ir. Soekarno

Indonesia patut bangga memiliki seorang presiden yang selalu memiliki semangat tinggi yang berapi-api. Dialah Ir. Soekarno yang melalui kata bijaknya, beliau berhasil membawa Indonesia dan rakyatnya meraih kemerdekaan.

Saat Indonesia masih berada di bawah tekanan dan jajahan Belanda maupun Jepang, Soekarno tak henti-henti membakar semangat rakyat Indonesia, khususnya para pemuda (laki-laki) untuk berjuang sampai titik darah penghabisan. Beliau mengibaratkan lebih baik mati dari pada hidup dijajah. Namun, akan lebih baik lagi jika mampu hidup dan memerdekakan bangsa.

Nah, dari kata bijak sang proklamator Indonesia inilah kita bisa meniru bagaimana semangat bangsa Indonesia pada zaman dahulu untuk merebut kekuasaan dari tangan penjajah yang notabennya jauh lebih kuat dengan jumlah yang jauh lebih banyak. Jika dinalar akan mustahil bisa menang dari mereka, tapi faktanya dengan tekad kuat dan ketekunan perang, Indonesia mampu meraih kemerdekaannya sendiri.

Jika pada saat sekarang ini, mungkin Anda sedang memiliki impian, namun impian tersebut terasa jauh dari jangkauan, ingatlah dengan kata bijak tentang tekad bulat dari Ir. Soekarno ini. tirulah tekad dan semangatnya untuk meraih kemerdekaan. Jika Anda punya tekad bulat dan ketekunan, pasti bisa meraihnya, apapun itu!

Pekerjaan luar biasa hanya dapat diraih dengan ketekunan

Pekerjaan Hebat tidak dilakukan dengan kekuatan, melainkan hanya dengan ketekunanlah ia bisa berhasil melakukannya” – Samuel Johnson

Mungkin selama ini telah banyak orang yang mengira bahwa pekerjaan yang kelihatannya sangat besar dan hebat pasti akan bisa diselesaikan dengan kekuatan yang sama hebat dan besarnya dengan jenis pekerjaan tersebut. Namun, faktanya tidak sama sekali! Samuel Johnson mempercayai sekaligus membuktikan bahwa pekerjaan yang luar biasa tidak dilakukan dengan kekuatan, tapi dengan ketekunanlah pekerjaan tersebut bisa akhirnya dapat terselesaikan.

Jika selama ini pun Anda juga berpikiran sama dengan kebanyakan orang tersebut, mulai sekarang ubahlah dengan pemikiran Samuel Johnson tersebut. Dengan demikian, tatkala Anda memiliki impian yang tinggi atau pekerjaan yang saat ini Anda rasa susah untuk dikerjakan, bahkan mustahil, dengan ketekunan Anda pasti bisa menyelesaikannya dengan sangat baik. Ingat, ketekunanlah yang akan membawa Anda pada kesuksesan.

Keuletan dan ketekunan pasti akan mengalahkan segala rintangan dan membawa keberhasilan

Kesulitan apapun pasti tidak akan tahan dengan keuletan dan ketekunan. Tanpa ketekunan, orang yang paling pintar dan berbakat sekalipun sering kali merasakan kegagalan dalam hidupnya” – Davis J.Schwartz.

Semua orang, termasuk Anda pasti setuju bahwa dalam meraih sesuatu pasti terdapat rintangan dan cobaan yang menyertainya. Apabila Anda tidak memiliki modal berupa keuletan, ketekunan dan didasari dengan tekad yang kuat, rasanya mustahil bisa mewujudkan impian tersebut. Sebaliknya, mungkin Anda akan stag fokus pada rintangan dan cobaan yang menghadang Anda untuk mewujudkan impian, bahkan mundur dan kalah, tanpa melanjutkan perjalanan untuk sampai pada titik dimana Anda bisa disebut telah meraih impian.

Jadi, mulai sekarang, apabila Anda memiliki sebuah impian, entah itu menyangkut tentang pekerjaan atau impian dan cita-cita, tekunlah dalam meraihnya. Tekun dan kalahkan segala rintangan yang ada. Terus maju hingga akhirnya Anda berhasil mendapatkan apa yang selama ini Anda impi-impikan.

Orang yang tekun dalam menjalankan misi hidupnya tidak akan pernah merasa sia-sia

Ketekunan itu tidak sia-sia”-Desi Puspitasari

Salah satu kunci paling ampuh dalam menjalani hidup untuk segala keperluan adalah sifat tekun. Orang yang memiliki sifat tekun pasti akan lebih sukses dari orang yang tidak memiliki sifat tersebut. Hal ini berlaku dalam segala hal. Contoh kecil adalah pernahkah Anda mendengar bahkan membuktikan sendiri ungkapan bahwa orang yang pintar bisa kalah dengan orang yang rajin? Begitulah kira-kira semangat yang ingin ditularkan oleh seorang penulis bernama Desi Puspitasari melalui ungkapannya yang menyebutkan bahwa ketekunan itu tidak akan sia-sia. Jika dilihat secara global, ungkapan ini mungkin hampir mirip dengan ungkapan yang mengatakan bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses. Nah, dalam proses dibutuhkan ketekunan dan tekad yang bulat, bukan begitu?

Ketekunan itu kunci sukses yang sangat berseberangan dengan sifat keras kepala yang artinya ketidakmauan untuk bergerak atau berusaha

Perbedaan antara ketekunan dengan kekeras-kepalaan adalah, ketekunan berasal dari kemauan yang kuat, sedangkan kekeras-kepalaan berasal dari ketidak-mauan yang kuat” – Hendy Ward Beecher.

Ketekunan memang tidak selalu mulus. Terkadang, bahkan sering kali seseorang yang tekun dinilai sebagai orang yang keras kepala karena terlihat ngotot ingin memperjuangkan sesuatu. Ini yang salah bahwa orang selama ini tidak bisa membedakan antara ketekunan dan kekeras-kepalaan.

Ketekunan jelas diimbangi dengan usaha yang sungguh-sungguh, tekad yang kuat dan tidak mengenal putus asa, sementara kekeras-kepalaan hanyalah milik orang yang selalu mengucapkan bahwa “Saya ingin itu dan pasti bisa meraih atau memilikinya”, namun hanya omong kosong saja, karena sama sekali tidak diimbangi dengan usaha untuk mewujudkan impiannya tersebut. Jadi, jelas sekali bukan perbedaannya? Bahkan bisa dibilang keduanya merupakan kata yang kontras yang memiliki makna yang berseberangan juga.

Syarat terpenting untuk bisa sukses adalah tekad yang bulat, bukan yang lainnya

Ingatlah selalu bahwa tekad Anda untuk meraih sukses adalah jauh lebih berharga dan penting daripada hal-hal lainnya”- Abraham Lincoln

Tekad adalah sebuah rasa kemauan kuat yang hadir di dalam kalbu seseorang yang memang memilikinya. Bisa dikatakan jika tekad merupakan energy yang luar biasa hebat untuk bergerak dan berjuang meraih sesuatu. Sesuatu di sini tidak kenal batas, dari yang paling kecil hingga sesuatu hal yang mungkin dianggap mustahil.

Tekad yang bulat adalah syarat penting untuk bisa sukses, merupakan ungkapan yang benar. Bahkan tekad yang bulat menjadi satu-satunya dan nomor satu kiat yang wajib dimiliki seseorang yang ingin sukses. Jika tekad yang bulat telah dimiliki, maka perjuangan yang Anda lakukan akan terasa memiliki tujuan dan motivasi. Dengan semangat yang kuat itulah, kemudian Anda akan berusaha sebaik-baiknya untuk bisa meraih apa yang Anda cita-citakan.

Jika ingin sukses, maka harus bisa mengambil peluang yang ada dan memperjuangkannya dengan tekad yang kuat

Kemauan harus dilandasi dengan tekad yang bulat, juga harus berani dalam mengambil peluang yang ada” – Bob Sadino

Sukses bermula dari munculnya sebuah peluang. Peluang bisa muncul karena hasil pemikiran ataupun langsung terlihat di depan mata. Syarat penting untuk bisa berubah ke keadaan yang lebih baik adalah dengan mengambil kesempatan atau peluang tersebut. Namun, bukan berarti modal untuk bisa memperoleh sukses tidak hanya dari kesempatan tersebut saja, melainkan Anda juga harus memperjuangkannya.

Bagaimana cara memperjuangkannya? Tentu saja butuh proses. Nah, di dalam proses inilah dibutuhkan modal lain yang tidak kalah penting dari peluang tersebut, yaitu kemauan atau tekad yang bulat dan juga ketekunan. Keduanyalah yang akan mengantarkan Anda ke dalam gerbang kesuksesan.

Baca juga nasehat bijak dari pendiri Amazon : Kata kata Motivasi Jeff Bezos

Jika ingin memperoleh sesuatu, tidak hanya semangat yang dibutuhkan, tapi juga ketekunan

Pengetahuan tidak diperoleh secara kebetulan, melainkan harus dicari dengan jiwa semangat dan penuh ketekunan” – Abigail Adams

Semangat memang merupakan salah satu kunci utama untuk meraih kesuksesan dalam segala hal. Namun, jika tidak dibarengi dengan ketekunan, semangat bisa saja kendur dan menghalangi Anda untuk meraih impian tersebut. Oleh sebab itu, maka keduanya, antara semangat (tekad yang bulat) dan ketekunan wajib dimiliki oleh siapa saja yang ingin meraih sukses atau memperoleh sesuatu.

Sesuatu yang tadinya dirasa tidak mungkin akan berubah menjadi mungkin jika diperjuangkan dengan ketekunan

Ketekunan bisa membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin. Ketekunan membuat kemungkinan kecil menjadi kemungkinan besar, dan ketekunanlah yang akan membuat kemungkinan besar menjadi pasti” – Robert Half

Ketekunan adalah modal yang luar biasa dalam meraih kesuksesan dan mimpi-mimpi. Bahkan, mimpi-mimpi yang awalnya dirasa tidak mungkin pun akan bisa terwujud jika diperjuangkan dengan penuh ketekunan. Tidak hanya itu, ketekunan juga dapat mengubah kemungkinan peluang yang tadinya terasa kecil menjadi kemungkinan peluang menjadi besar dan nyata pasti bisa Anda raih di depan mata.

Prestasi adalah keinginan yang diwujudkan dengan berjuang yang dibarengi dengan ketekunan yang menggebu-gebu

Keinginan merupakan titik awal dari setiap prestasi. Keinginan bukan semata hanya harapan atau khayalan, tapi keinginan adalah sebuah ketekunan yang menggebu-gebu dan melebihi segalanya” – Napoleon Hill

Memang benar jika awal mula dari sebuah prestasi berawal sebuah keinginan, entah itu keinginan yang benar-benar lahir dari hati atau pemikiran atau keinginan yang tercetus setelah melihat peluang atau kesempatan. Namun, keinginan yang dimaksud di sini bukanlah keinginan biasa yang berarti harapan atau khayalan semata, tapi keinginan sejati adalah keinginan yang lahir dari ketekunan yang menggebu-gebu. Ketekunan tersebutlah yang menjadi modal kuat atau tekad bulat dalam berjuang mewujudkan impian atau prestasi.

Jika Anda ingin tau tips mengatasi rasa malas, kunjungi kata kata bijak berikut : Kata kata Inspirasi Mengatasi rasa malas

Jika ingin sukses dalam memperjuangkan sesuatu, tidak hanya butuh target, tapi juga tekad bulat, mental pantang menyerah dan terus fokus

Tidak cukup sekadar memiliki target apa yang ingin diraih, namun dibutuhkan tekad baja, mental pantang menyerah, dan terus fokus dalam memperjuangkannya” – Andrie Wongso

Target mengenai sesuatu apa yang ingin Anda raih hanyalah awal permulaan. Awal permulaan tersebut tidak akan bergerak maju apabila Anda tidak memperjuangkannya. Cara memperjuangkan segala sesuatu adalah dengan cara fokus berjuang, memiliki tekad bulat untuk pasti bisa meraih sukses dan semangat pantang menyerah yang tentu saja perlu dibarengi dengan doa.

Demikianlah kumpulan dari kata bijak tentang kekuatan ketekunan dan tekad bulat dalam meraih sesuatu. Keduanya tersebut merupakan modal paling penting untuk bisa sukses dalam segala hal. Namun jangan lupa semua itu hanya dapat terwujud jika mendapat izin dari Allah SWT. Maka tekad dan kerja keras Anda juga perlu diiringi dengan niat hanya karena Allah SWT serta doa dan kepasrahan bahwa yang menentukan segalanya hanya yang di atas, sementara kita hanya dapat berikhtiar (dengan tekad dan ketekunan dalam bekerja) dan berdoa agar mendapat kesuksesan tidak hanya di dunia namun juga di akhirat kelak.

(Ika Pratiwi)

Images :
Pixabay.com

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *