Cara Mengatur Pola Hidup Sehat Sehari-hari Agar Tetap Fit

By | December 13, 2017

Kesehatan umumnya merupakan hasil dari pola hidup yang dijalani selama bertahun-tahun. Banyak orang yang berumur 30an atau 40an telah mengalami berbagai macam penyakit serius. Namun jangan heran juga dengan orang yang telah mencapai usia 80an masih terlihat bugar. Hal ini dikarenakan pola hidup yang dijalaninya dalam kurun waktu yang lama termasuk pola makan, pola pikir, pola istirahat dan pola olahraga.

 

 

Saya memiliki kerabat dekat (almarhum) yang menderita penyakit gula dan gagal ginjal di usianya yang baru di awal 40an. Dan saya juga memiliki kerabat yang di usia 82 masih bisa berenang setiap hari, bahkan sempat mengikuti ajang lomba renang dalam uji coba stadion asian games baru baru ini. Apakah yang membedakan kedua kerabat saya ini sehingga memiliki kondisi kesehatan yang bertolak belakang? Tentu saja pola hidup mereka sehari-hari. Namun apakah mereka memiliki tingkat kesadaran yang sama akan kesehatan ? Saya sendiri kurang yakin dengan hal ini. Kerabat saya yang masih muda sebenarnya sudah paham mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Berkali-kali kami sempat memberikan saran agar dia tidak merokok, banyak makanan yang mengandung lemak seperti kue berbahan mentega, coklat, dll namun dengan kondisinya yang sudah tidak sehat (gemuk dan tingkat gula darah tinggi) dia tetap tidak perduli akan bahaya pola makannya dan tetap makan sesuai seleranya (yang dia inginkan) dan juga merokok yang seharusnya tidak dilakukan. Bertolak belakang dengan kerabat saya yang sehat di usianya yang 80an, beliau rajin berenang dari muda serta menjaga pola makannya.

Mengetahui mengenai cara hidup sehat itu sebenarnya tidak susah. Namun mempraktekkannya memerlukan kesadaran dan kesabaran bagi yang belum terbiasa bahkan ini bisa dibilang merupakan pilihan pola hidup. Tidak semua orang mau menjalankannya dikarenakan tidak terbiasa dari muda dan masih memiliki pola pikir bahwa hidup harus dinikmati dengan makan makanan enak dan menjalankan pola hidup sesuai keinginan. Ini yang perlu Anda pikirkan ulang, bahwa Anda harus memilih untuk hidup sehat karena banyak keuntungan yang akan diperoleh. Dengan tubuh yang sehat pikiran akan menjadi lebih jernih, produktifitas akan meningkat, dapat terhindar dari stres, dapat terhindar dari berbagai penyakit, lebih bersemangat, kebanyakan memiliki umur yang panjang dan lain sebagainya. Dengan menjalani pola hidup sehat justru kita sebenarnya lebih menikmati hidup. Tentunya kita pernah disuguhi berita-berita tentang tokoh atau artis Indonsia yang terkena penyakit berat seperti kanker atau penyakit lainnya. Bagaimana mereka harus menjalani berbagai pengobatan seperti kemoterapi, dirawat berbulan-bulan di RS, ke luar negeri dan lain sebagainya. Tidak perlu lagi kita bahas panjang lebar dan kita semua tentunya sudah tahu sendiri bagaimana biaya dan tenaga yang perlu dikeluarkan.

Dengan pola hidup sehat, Anda tidak harus meninggalkan seratus persen kebiasaan makan makanan kesukaan Anda namun paling tidak bisa dikurangi misalnya hanya pada waktu waktu tertentu seperti weekend misalnya. Namun memang ada hal-hal yang harus benar-benar Anda tinggalkan dan beberapa hal yang Anda lakukan dalam aktifitas sehari-hari agar hidup Anda menjadi lebih sehat, produktif dan bugar.

Saya sendiri bukan lah dokter, dan pernah menjalani pola hidup yang tidak sehat, seperti pola makan yang tidak teratur, kurang istirahat,   dan kurang santai dalam menjalani hidup. Namun setelah saya menjalani pola hidup sehat yang saya dapat dari berbagai referensi, Alhamdulillah menjadikan tubuh saya lebih fit 180 derajat dari keadaan sebelumnya. Berikut ini hal-hal yang selalu saya lakukan dalam menjaga kesehatan saya sehari-hari :

Pola Hidup Sehat Sehari-hari :

  • Minumlah segera 2 gelas air putih setelah bangun tidur di pagi hari. Setidaknya tunggu 30-45 menit sebelum minum jus atau makan makanan berikutnya.
  • Konsumsi banyak buah-buahan dan sayuran (lebih baik tidak dimasak, bisa dijus) baik di pagi hari atau malamnya. Buah di makan terpisah. Ketika Anda makan buah beri jeda minimal 30 menit sebelum makanan makanan berikutnya karena jika tidak buah tersebut akan dapat mengganggu proses pencernaan karena proses fermentasi. Begitu juga setelah makan makanan berat seperti nasi dan protein, tunggu setidaknya 3 jam sebelum Anda makan buah-buahan.
  • Biasakan untuk selalu buang air besar minimal 1 kali setiap harinya di pagi hari.
  • Cukup minum air putih, setidaknya 8 gelas sehari.
  • Minumlah 2 gelas air putih 1 jam sebelum makan.
  • Hindari hal-hal yang dapat merugikan kesehatan (merokok, makan junkfood, minuman memabukkan, dll).
  • Biasakan berpikir positif dan bersikaplah dengan tenang. Hindari stres dan marah yang berlebihan (Baca juga : cara mengatasi stres).
  • Biasakan olahraga ringan di pagi hari sebelum beraktifitas minimal 15 menit. Bisa dengan melakukan senam penapasan dan lari-lari di tempat. Biasakan bernafas yang dalam untuk menghirup banyak oksigen.
  • Jika Anda terlalu letih bekerja terutama yang banyak menggunakan pikiran sempatkan meditasi sejenak (antara 30-45 menit) untuk menenangkan pikiran.
  • Cukup tidur yang nyenyak, minimal 6 jam per hari.
  • Sebaiknya saat makan karbohidrat seperti nasi, kentang tidak dicampur dengan makanan protein hewani seperti ikan dan daging (cara food combining). Makanlah secara terpisah sumber karbohidrat dan sumber protein hewani dengan jeda 3 jam. Namun sekali-sekali bisa saja Anda melanggar nya namun dengan porsi yang tidak berlebihan. Anda dapat mengganti protein hewani dengan protein nabati seperti tempe dan tahu saat makan karbohidrat. Tambahkan sayuran pada makanan Anda.
  • Sebaiknya tidak makan makanan berat seperti nasi dan lauknya pada malam hari, setelah jam 6.
  • Jangan langsung tidur malam setelah makan. Setidaknya tidur minimal 3 jam setelah makan malam.
  • Makanlah buah atau sayur pada malam hari. Biasanya saya makan buah atau sayur sebelum jam 8 malam atau maksimal jam 9.
  • Hindari mengkonsumsi obat-obatan ketika Anda sakit (ringan). Saat sakit perbaiki pola hidup dengan makan-makanan kaya enzim (seperti jus sayur tidak dimasak  atau buah), atau dengan resep kombinasi jus sayur tertentu untuk menyembuhkan penyakit.
  • Jangan membersihkan gigi segera setelah makan. Bersihkan gigi Anda 1 jam setelah makan (Baca juga : cara sehat menyikat gigi).
  • Kurangi mengkonsumsi daging merah.
  • Konsumsi ikan yang banyak mengandung omega 3 sebanyak 2 atau 3 kali seminggu.
  • Sediakan waktu Anda 1 hari dalam seminggu untuk melakukan detox tubuh hanya dengan memakan buah dan sayur.
  • Gunakan waktu liburan Anda untuk berolahraga, rekreasi atau melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama keluarga atau teman.
  • Jangan tinggalkan sholat dan banyak berdoa agar Anda tetap diberi kesehatan.

Demikian tips pola hidup sehat dari saya, semoga bermanfaat.

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *