Sluurrp…Begini loh Cara Menikmati Kopi agar Kita Juga dapat Manfaatnya

By | December 31, 2017

Tidak hanya sebagai minuman yang sedap diseruput, minum kopi saat ini sepertinya sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Banyak gerai-gerai kopi yang ramai dikunjungi baik hanya untuk sekedar menikmati kopinya, untuk pertemuan bisnis, atau untuk sekedar kumpul-kumpul bareng dengan teman lama atau teman kantor. Jenis-jenis kopi pun sudah beraneka macam serta cara membuat dan pengolahannya juga beraneka ragam.

 

Cara Minum Kopi

 

Jika Anda termasuk orang yang sering menikmati kopi, mungkin Anda juga perlu tahu bagaimana cara menikmati kopi ini agar selain kenikmatannya, Anda juga dapat merasakan manfaat yang terdapat dalam bijih kopi.

Kopi dapat memberi “segudang” manfaat jika diminum secara tepat. Selain sebagai penambah semangat kerja, kafein yang terdapat dalam biji kopi juga dapat menambah daya konsentrasi (berpikir) dan daya tahan tubuh seseorang. Menurut sebuah studi mengkonsumsi kafein setiap hari dapat mengurangi resiko terkena Alzeimer hingga 60 persen. Selain itu mengkonsumsi kopi secara tepat juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, stroke, diabetes, parkinson, asam urat dan batu empedu. Menurut penelitian dari Harvard Edward Giovannuci, kopi memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak dibanding sayur dan buah-buahan.

Cara Tepat Minum Kopi

Kenalilah waktu-waktu terbaik minum kopi. Minum kopi sebaiknya pada jam-jam berikut ini , antara pukul 09.30-11.30 dan 13.30-14.00. Hal ini disebabkan pada waktu-waktu tersebut kadar hormon kortisol ( hormon yang dapat membuat tubuh terjaga) sedang turun. Sedangkan kadar hormon kortisol mencapai puncaknya pada pukul 8-9 pagi, 12-13 (siang) dan jam 17-18 (sore). Sebaiknya tidak minum kopi lebih dari jam 14.00 karena dikhawatirkan dapat mengganggu waktu tidur Anda nantinya.

Kopi Hitam (organik) adalah pilihan kopi terbaik yang bisa Anda pilih. Hindari kopi dengan campuran gula atau kreamer sebagai penyedap. Sebagai alternatif pengganti gula, anda dapat menambahkan gula kelapa organik ke dalam kopi Anda. Gula kelapa organik memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dari gula biasa serta bermanfaat bagi metabolisme tubuh.

Batasi mengkonsumsi kopi tidak lebih dari 2 cangkir per hari. Menurut British Medical Journal minum berkafein tidak boleh lebih dari 300 mg (kafein) dalam sehari. Tiga ratus mg kafein, menurut Standards Foods Agency, setara dengan 3 cangkir teh, 1 cangkir kopi, sepotong cokelat serta 1 kaleng minuman ringan bersoda.

Sebagai tambahan aroma Anda bisa menambahkan kayu manis ke dalam kopi Anda. Porsinya cukup sepotong atau 1 sendok teh. Kayu manis bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah, kolestrol serta trigliserida. Selain kayu manis, Anda juga dapat menambahkan bubuk coklat (cacao) ke dalam kopi hitam Anda. Bubuk coklat sering dihubungkan dengan beragam macam manfaat kesehatan karena kandungan antioksidannya yang tinggi termasuk berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Campuran lainnya yang bisa Anda tambahkan adalah susu kedelai, almond atau bubuk kacang sebagai pemanis.

Gunakan kertas filter ketika menyeduh kopi Anda. Kopi hitam seduhan biasanya mengandung zat berbahaya seperti diterpenes. Zat ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan menggunakan kertas filter zat diterpenes dapat dihilangkan dengan tetap manjaga kandungan antioksidan dan kafein dalam kopi.

Resiko serta Efek Samping Minum Kopi

Disamping nikmat dan manfaatnya kopi juga memiliki resiko jika diminum dengan cara berlebihan (tidak tepat). Kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol serta homosistein (asam amino yang mengandung sulfur). Homositein dapat lebih berbahaya dari kolesterol sehingga berisiko meningkatkan penyakit jantung dan stroke. Selain itu resiko kanker esofageal juga berpotensi terhadap mereka yang suka mengkonsumsi kopi panas lebih dari 70 derajat Celcius. Resiko lainnya kopi dapat memberikan sensasi kecanduan sehingga dapat berakibat pada rasa pusing, cemas atau depresi ketika tidak minum kopi.

Demikian mengenai cara meminum, manfaat serta efek dari kopi. Semoga bermanfaat.

 
Share

2 thoughts on “Sluurrp…Begini loh Cara Menikmati Kopi agar Kita Juga dapat Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *