Wisata ke Korea Selatan Dan Tips Hematnya

By | November 21, 2017

Jika bicara soal wisata Korea Selatan pasti tak lepas dari marak dan fenomenalnya drama Korea dan juga Korea pop. Keduanya benar-benar telah berhasil menyihir masyarakat dunia, khususnya kaum hawa Indonesia. Bahkan tidak sedikit drama Korea yang menampilkan beragam tempat-tempat wisata menarik yang ada di negara tersebut, sehingga bagi para penggemar pasti penasaran seperti apa aslinya negara yang dijuluki Negara Gingseng tersebut.

Bukan Cuma kamu saja yang ingin mengunjungi Korea Selatan. Hampir semua pengagum Korea Selatan ingin sekali bisa berlibur ke sana. Buat kamu yang penasaran dan ingin sekali menjelajah ke sana, berikut ini tips melakukan perjalanan wisata murah ke Korea Selatan. Terapkan tips berikut ini supaya liburan kamu menyenangkan dan pulang membawa rona kepuasan.

Tips Melakukan Perjalanan Wisata ke Korea Selatan

  1. Membuat itinerary atau jadwal

Ada banyak tempat wisata Korea Selatan yang asyik dan sayang untuk dilewatkan. Rasanya tidak mungkin jika kamu bisa menjelajahi semuanya dalam waktu yang singkat. Untuk itulah kamu perlu membuat itinerary atau jadwal perjalanan. Prioritaskan destinasi-destinasi wisata mana saja yang paling ingin kamu kunjungi. Selain dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, dengan menyusun jadwal kunjungan ke tempat-tempat wisata favorit pun dapat membantu kamu menyusun anggara biaya dengan tepat. Jangan lupa siapkan peta supaya jadwal perjalanan kamu nantinya benar dan efisien.

2. Mempersiapkan Paspor dan Visa

Untuk keperluan apapun ke luar negeri, Paspor dan Visa merupakan dua benda yang paling penting dan wajib dibawa. Keduanya merupakan identitas kamu selama melancong ke luar negeri. Lama pembuatan visa untuk Korea Selatan sekitar 5 hari kerja dengan waktu pengambilan hanya bisa dilakukan pada pukul 13.30 sampai pukul 16.30 saja. Adapun biayanya ada beberapa pilihan, yaitu;

  • Single visa

Berlaku kurang dari 9 hari. Harga Rp 554.000

  • Single Visa

Berlaku lebih dari 9 hari. Harga Rp 840.000

  • Multiple Visa

Merupakan jenis visa untuk kunjungan berkali-kali dalam jangka waktu 3 tahun. Harga Rp 1.260.000

  • Double Visa

Merupakan jenis visa untuk 2 kali kunjungan dalam jangka waktu 6 bulan. Harga Rp 980.000

Adapun persyaratan untuk membuat visa adalah sebagai berikut ini;

  • Fotokopi paspor beserta dengan aslinya, terutama pada halaman identitas dan cap negara yang pernah dikunjungi.
  • Formulir aplikasi visa
  • 1 pas foto
  • Foto kartu keluarga
  • Surat keterangan bekerja
  • Surat keterangan pelajar, jika masih berstatus siswa atau mahasiswa
  • Fotokopi bukti keuangan, yaitu buku tabungan dan slip gaji
  • Lampuran form pajak 1721

3. Memesan tiket jauh-jauh hari

Sudah bukan rahasia umum lagi jika kita memesan tiket jauh-jauh bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Selain itu, kemungkinan mendapatkan kursi pun masih terbuka lebar. Selain itu, tips melakukan perjalanan wisata murah ke Korea Selatan adalah dengan mencari tahu jenis dan jadwal penerbangan yang bisa transit. Karena apa? Karena penerbangan transit harga biasanya bisa paling murah. Contohnya adalah dari Jakarta kemudian Kuala Lumpur lalu menuju Seoul.

Kalaupun kamu tidak mau transit, tidak apa-apa. Kamu bisa langsung dari Jakarta menuju bandara Incheon yang merupakan salah satu dari 7 bandara internasional yang ada di Korea Selatan. Ada 3 penerbangan yang bisa langsung dari Jakarta menuju Seoul dengan jumlah total penerbangan sebanyak 25 kali dalam satu minggu. Untuk bisa mendapatkan harga tiket pesawat termurah pun ada tipsnya, yaitu pada waktu 19 minggu lebih awal dari jadwal keberangkatan.

4. Ketahuilah cuaca apa yang sedang berlangsung di Korea Selatan

Korea Selatan memiliki empat musim, yaitu;

  • Musim semi

Dimulai pada akhir bulan Maret hingga awal bulan Mei. Pada musim ini kamu bisa menikmati bunga-bunga sakura indah sedang bermekaran.

  • Musim panas.

Dimulai pada bulan Juni sampai Agustus. Puncak dari musim ini berada pada bulan Agustus. Pada titik ini, suhu di Korea Selatan bisa mencapai 23 sampai 26 derajat celcius.

  • Musim gugur

Dimulai pada bulan September sampai bulan November. Di rentang bulan tersebut udara di Korea Selatan dingin dan kering dengan langit yang biru. Musim gugur adalah musim terbaik untuk menyaksikan dedaunan berjatuhan. Selain itu, pada musim ini kamu akan melihat daun dari pohon Gingko dan pohon Maple berubah warna dari kuning menjadi merah.

  • Musim dingin

Dimulai pada bulan Desember sampai bulan Februari. Suhu terdingin berada pada bulan Januari hingga dapat mencapai minus 3 sampai 6 derajat celcius.

Berkunjung ke Korea Selatan memang bisa kapan saja sesuai dengan keinginan dan kesukaan kamu terhadap salah satu musim. Meskipun demikian, musim gugur merupakan musim terbaik untuk melakukan perjalanan wisata ke Korea Selatan, tepatnya antara bulan September hingga November. Dan yang tidak kalah penting dengan kamu mengerti cuaca dan musim yang sedang berlangsung di sana, agar kamu tepat dalam membawa ataupun memakai pakaian selama berlibur ke Korea Selatan.

5. Membeli T-Money

Apa itu T-Money? Yang baru pertama kali mendengar pasti penasaran. T-Money adalah smartcard prabayar yang bisa dimanfaatkan untuk membiayai ongkos perjalanan di setiap moda transportasi umum, seperti subway dan bus. Meskipun dalam kesehariannya masyarakat Korea Selatan suka menggunakannya, tapi T-Money tidak bisa digunakan di semua wilayah Korea Selatan, hanya Seoul, Gyeonggi, Daejeon, Incheon, Daegu, dan Busan. T-Money ini memiliki beragam bentuk dan ukuran, seperti kartu, USB, gantungan kunci dan lainnya.

Selain dapat digunakan untuk pembayaran moda transportasi public, T-Money ini bisa juga dipakai untuk membayar barang yang dibeli di convenience store yang memiliki simbol T di depan toko di seluruh Korea Selatan. Jadi praktis, kan? Bukan itu saja, T-Money juga menawarkan diskon dan dapat diisi ulang. Canggih, ya?

6. Menukarkan Rupiah dengan uang lokal

Meskipun T-Money memiliki banyak sekali manfaat dan keuntungan, tapi tetap saja kamu perlu memiliki uang cash sebagai nilai tukar, karena tidak semua pembelian barang bisa menggunakan T-Money ataupun kartu kredit dan uang elektrik lainnya. Tips melakukan perjalanan wisata ke Korea Selatan salah satunya adalah menukarkan mata uang rupiah dengan mata uang won. Ingat ya, menukarkannya di Indonesia saja supaya tidak bingung dan ribet apabila kamu menukarkannya di negeri orang.

7. Berburu Penginapan Murah

Di Korea Selatan juga masih bisa ditemukan penginapan yang menawarkan harga yang cukup murah. Baik hotel maupun hostel, kamu bisa mencarinya di situs-situs online. Soal harga, tentu saja hostel lebih murah di bawah hotel. Tarif hostel untuk tipe asrama yang biasa digunakan oleh para backpacker dibandrol dengan harga sekitaran Rp 170 ribuan.

Mau yang gratis dan menawarkan pengalaman wisata Korea Selatan yang pasti mengesankan? Ikutilah beberapa komunitas pecinta wisata seperti AirBnb atau Couchsurfing. Komunitas online ini bisa membantu kamu menemukan orang lokal Korea Selatan yang mau menerima kamu selama berlibur di Negara Gingseng ini.

Bagaimana caranya? Cara untuk mendapatkan kesempatan emas numpang di rumah salah satu warga sambil mengenal budaya mereka lebih dekat adalah dengan mendaftarkan diri di situs online, kemudian buatlah profil yang jelas sejelas-jelasnya. Langkah selanjutnya adalah mengirim email perkenalan dengan penduduk lokal Korea Selatan. Untuk bisa punya kesempatan besar memiliki pengalaman mengesankan ini, hendaknya berkenalanlah dengan sopan kepada mereka. Oke?

8. Memilih makanan yang harganya terjangkau

Soal makanan, Korea Selatan juga tidak jauh beda dengan Indonesia. Di sini juga terdapat semacam warung angkringan atau warung kaki lima yang menyediakan beragam jenis kuliner dengan cita rasa yang otentik dan harga yang relatif lebih murah. Untuk makan di tempat ini, sediakan uang sekitar 3.000 hingga 9.000 won dalam sehari untuk 3 kali makan. Jadi, kalau ditotal, maka satu minggu kamu perlu merogoh kisaran Rp 700 ribuan. Nominal yang terjangkau untuk ukuran plesiran ke luar negeri.

9. Manfaatkan situs resmi pariwisata

Korea Selatan memiliki situs resmi tentang pariwisata yang bernama Situs Visit Korea. Di situs ini terdapat banyak sekali informasi penting dan menarik seputar dunia pariwisata yang ada di Korea Selatan. Tidak hanya itu, juga terdapat informasi mengenai akomodasi dan transportasi juga. Asyiknya lagi, para turis yang melancong ke Negeri Gingseng ini juga bisa memesan tur gratis lewat situs ini. Mantap, kan? Jadi jangan sia-siapa kesempatan untuk melakukan wisata murah dan gratis ke Korea Selatan.

Tur gratis dari Situs Visit Korea ini bernama Walking Tours. Kamu akan diajak berkeliling kota Seoul gratis dan beberapa tempat wisata menarik di sana dengan menggunakan bus lengkap dengan pemandu wisata gratis juga. Tempat wisata yang langganan mendapatkan kunjungan dari tur gratis ini diantaranya adalah;

  • Art Museum
  • Han Sangsu Embroidery Museum
  • Gyeongbokgung Palace
  • Deoksugung Palace

Jika kamu tertarik memanfaatkan tur gratis dari situs resmi pariwisata Korea Selatan ini, kamu harus pesan 3 hari sebelum perjalanan. Cara pesannya mudah dengan mengirimkan pemesanan dan informasi ke alamat email [email protected] Com.

Tempat Wisata Korea Selatan Paling Terkenal dan Terfavorit

Dalam segala persiapan, seperti mencari tiket pesawat, akomodasi, makan dan lainnya memang bisa ditekan dan disesuaikan dengan budget. Tapi kalau urusan tempat wisata, rasanya sayang jika sudah jauh-jauh ke sini, kamu melewatkan berkunjung ke tempat-tempat wisata Korea Selatan yang paling terkenal dan terfavorit, seperti berikut ini;

  1. N Seoul Tower

Kalau Indonesia, khususnya Ibukota Jakarta ada Monumen Nasional, kalau di Korea Selatan ada N Seoul Tower sebagai landmark-nya. Namanya juga landmark, rasanya kalau bertandang ke negara ini tanpa menginjakkan kaki di wilayah N Seoul Tower rasanya kurang lengkap. Tower ini merupakan sebuah menara komunikasi dan observasi dengan ketinggian mencapai 236.7 m.

 

 

Terletak di Gunung Namsan, Seoul Korea Selatan, tower ini memiliki keunikan tersendiri. Di sini terdapat ribuan gembok cinta warna warni dalam beragam bentuk. Gembok-gembok lambing cinta tersebut berada di pohon yang letaknya di pagar bagian bawah tower atau menara.

Selain menikmati tower megah tersebut, kamu juga bisa mencicipi wisata kuliner Korea Selatan di kawasan ini. Ada 2 buah restoran yang bisa memanjakan lidah kamu di sini. Tidak ketinggalan juga toko souvenir dan museum Teddy Bear yang menawarkan beragam cinderamata mengesankan. Banyak rute alternative untuk bisa sampai ke tempat wisata paling terkenal di Korea Selatan ini. Salah satunya adalah dengan naik Cable Car.

2. Pulau Nami atau Namiseom

Pulau ini merupakan salah satu pulau wisata di Korea Selatan yang memiliki luas yang kecil. Meskipun kecil, tapi bentuk pulau ini sangat unik yaitu menyerupai bentuk bulan separuh. Tidak hanya itu, pulau yang berada di wilayah Chuncheon-si, provinsi Gangwon-do ini juga terkenal dengan pesona keindahan alamnya yang memukau. Pulau ini semakin terkenal setelah drama Korea berjudul Winter Sonata menjadikan pulau ini sebagai tempat syutingnya. Baik musim gugur, panas, dingin, atapun semi, Pulau Nami selalu menghadirkan pesona indah nan romantic.

 

 

Tidak hanya pemandangan alam, di Pulau Nami juga sering diadakan pusat acara-acara kebudayaan dan seni di Korea Selatan. Selain itu, di sini juga terdapat kebun binatang, kebun botani, perahu wisata, museum dan galeri seni, dan masih banyak lagi tempat-tempat menarik.

3. Pulau Jeju

Kalau Pulau Nami merupakan pulau kecil, lain hanya dengan Pulau Jeju. Pulau ini merupakan pulau paling besar di Korea Selatan. Meskipun demikian, Pulau Jeju merupakan provinsi terkecil di negara ini. Jika di Indonesia ada Pulau Bali yang selalu hits dan mendunia, di Korea Selatan ada Pulau Jeju. Bahkan pulau ini juga sering dipadankan dengan Hawai. Tidak heran jika wisatawan yang datang ke sini sangat banyak dan tidak sedikit dari mereka yang melalukan wisata honeymoon.

 

 

Dijuluki dengan sebutan ‘Island od the Gods’, Pulau Jeju memiliki beragam spot menarik dan asyik, seperti pantai, padang rumput, taman dewasa Love Land, taman teka-teki Maze, theme park, Teddy Bear padang bunga liar yang indah, air terjun, tebing, gunung, dan lain sebagainya. Benar-benar komplit yang seru abis!

4. Hanok Village

Ingin merasakan seratus persen berada di Korea Selatan dengan sensasi jaman dahulu, datang saja ke Hanok Village. Di sini, kamu akan menyaksikan kebudayaan Korea Selatan yang mencolok dan mengagumkan. Bagi kamu pecinta drama Korea, apalagi yang jenis kolosal, wajib datang ke sini. Tempat ini sering dipakai untuk syuting drama. Siapa tahu mujur sedang berpihak padamu dan kamu punya kesempatan untuk menyaksikan proses syuting drama Korea kolosal. Uniknya, penduduk kampong ini masih asli lengkap dengan rumah-rumah tradisional Korea Selatan yang bernama Hanok. Itulah sebabnya destinasi wisata ini dinamakan dengan Hanok Village.

 

 

5. Istana Kerajaan Korea

Seperti juga Indonesia yang pada jaman sejarahnya memiliki banyak kerajaan, di Korea Selatan pun demikian. Jadi jangan heran jika di sini kamu bisa menemukan berbagai Istana Kerajaan Korea, diantaranya adalah

  • Istana Changdeokgung
  • Gyeonghuigung
  • Deoksugung
  • Gyeongbokgung
  • Changgyeonggung

Tempat-tempat indah yang dibangun pada masa Dinasti Joseon ini juga sering muncul di drama-drama Korea kolosal. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan kelima istana tersebut kalau kamu tidak mau menyesal.

6. Seoungsan Sunrise Peak

 

Selain budaya, wisata Korea Selatan juga identic dengan wisata alam. Seounsan Sunrise Peak salah satunya. Ini merupakan sebuah kawah yang terbentuk oleh letusan Hydrovolcanik pada dasar laut dangkal yang terjadi sekitar 5000 tahun silam. Bentuknya sungguh unik dengan tebing curam yang menghadap laut di sekitarnya. Jika dari kejauhan, spot wisata ini sangat eksotis seperti mangkuk raksasa dengan warna hijaunya yang kontras dengan warna laut dan sekelilingnya.

7. Stasiun Kyeong-Wha, Jinhae

Kamu penggemar bunga sakura? Di Korea Selatan terdapat tempat yang telah terkenal sejak lama sebagai penyelenggara festival bunga sakura terbesar. Tempat tersebut bernama Stasiun Kyeong-Wha, Jinhae yang berada di distrik Changwon City atau lebih tepatnya di tepi tenggara Korea Selatan.

 

 

Di sini kamu akan disuguhi dengan pesona pohon-pohon sakura yang berjejer cantik di sepanjang sisi kanan dan kiri trek kereta. Tentu saja karena berada di sekeliling trek kereta, maka saat kereta tengah melaju, bunga-bunga sakura akan jatuh bertebaran, menciptakan hujan kelopak bunga sakura yang luar biasa indah. Sempurna sebagai background foto.

Wisata Korea Selatan memang luar biasa. Apalagi ditambah dengan pamor drama Korea dan musiknya yang hits di Indonesia, membuat masyarakat Indonesia banyak yang berbondong-bondong mengunjungi Negeri Gingseng tersebut untuk berlibur. Buat kamu yang baru pertama kali hendak menjelajah negara ini, tips melakukan perjalanan wisata ke Korea Selatan akan sangat membantu kamu dalam mendapatkan pengalaman dan sensasi liburan yang terjangkau tapi menyenangkan.

Sumber gambar :

N Seoul Tower:

walkwithcham.com

Nami Island:

wikimedia.org

Jeju Island :

mi9.com

Hanok Village :

korea-hotels.net

Istana Korea, Stasiun Kyeong-Wha :

panduanwisata.id

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *