Deretan Tempat Wisata Labuan Bajo Yang Bakal Membuat Kamu Terpukau

By | November 18, 2017

Belakangan wisata Labuan Bajo ramai dibicarakan orang karena keindahannya yang luar biasa. Labuan Bajo sendiri merupakan sebuah kota kecil yang kebanyakan dihuni oleh nelayan yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Meskipun wilayahnya termasuk kecil, kota ini merupakan pusat pemerintahan ibukota Kabupaten Manggarai Barat. Selain itu, Labuan Bajo juga terkenal sebagai pusat perdagangan, pendidikan dan pariwisata. Di sini, kamu akan menemukan banyak tempat wisata menarik yang akan membuat liburan kamu sangat berkesan seumur hidup. Jadi tidak heran jika Labuan Bajo menjadi pusat pariwisata teramai di Flores.

 

 

Keunikan Labuan Bajo

Tidak berlebihan jika Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di Indonesia, khususnya di kawasan timur. Selain karena menawarkan tempat-tempat mengagumkan untuk dikunjungi, kota ini juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu;

• Kota pelabuhan bertingkat

Ya, Labuan Bajo memang kota nelayan. Di sini terdapat sebuah pelabuhan unik dengan bentuk bertingkat dimana keunikan tersebut berasal dari pantainya yang tidak terlalu luas tapi dengan dataran di atasnya yang lebih luas. Unik, kan? Cuma di Labuan Bajo yang ada pelabuhan model seperti ini.

• Dikelilingi pulau-pulau kecil cantik yang tak berpenghuni

Kalau kamu melakukan perjalanan wisata ke Labuan Bajo, kamu akan disuguhi dengan beragam keindahan alam yang mampu menghipnotis mata siapa pun yang menatap, tak terkecuali dengan pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang super eksotis. Hal ini tentu menambah daya tarik bagi Labuan Bajo sebagai pusat kota pariwisata.

• Kota aman dan bebas kriminalitas

Bagi yang baru pertama kali menjelajah ke Indonesia bagian timur, tidak perlu khawatir tentang keamanan. Kota Labuan Baju merupakan kota aman, karena selama ini belum pernah ada kabar ataupun kasus tentang pengaduan tindak kriminalitas. Jadi tenang saja, kamu bisa menikmati liburan kamu dengan maksimal.

Selain sebagai pusat wisata yang sayang sekali dilewatkan jika berlibur ke Indonesia bagian timur, Labuan Bajo juga disebut sebagai titik singgah bagi para pelancong yang akan mengunjungi Pulau Komodo, salah satu pulau paling terkenal dan mendunia milik Indonesia. Karena faktor inilah kemudian Labuan Bajo berkembang semakin pesat sehingga banyak bermunculan tempat-tempat wisata yang mulai dikelola dengan baik sebagai destinasi wisata, baik untuk wisatawan lokal maupun internasional.

Daftar Tempat Wisata Paling Favorit di Labuan Bajo Yang “Wajib” Dikunjungi

Buat kamu yang berniat menikmati liburan di kawasan wisata ini, berikut ini beberapa tempat wisata di Labuan Bajo dan sekitarnya yang paling favorit dan sering dikunjungi karena menawarkan pesona wisata yang luar biasa seru;

  1. Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan tempat wisata Labuan Baju paling terkenal karena memiliki daya tarik besar. Namanya pun telah mendunia, sehingga tidak heran jika tempat wisata ini menjadi destinasi wisata terfavorit bagi wisatawan lokal dan dunia. Seperti juga namanya, di pulau ini kamu bisa melihat dari jarak dekat kehidupan liar hewan peninggalan purbakala raksasa bernama Komodo.

Biasanya komodo akan lebih mudah ditemui diluar musim kawin. Musim kawin komodo puncaknya adalah pada bulan Juli-Agustus, di mana pada musim kawin ini biasanya akan cenderung menghilang untuk kawin. Fakta bahwa komodo hidup secara liar juga mempersulit wisatawan untuk bertemu hewan purba yang satu ini. Menurut salah seorang petugas yang biasa menemani para wisatawan untuk menjelajah pulau,  populasi Komodo saat ini terdiri dari 1.337 ekor di Pulau Komodo, 1473 ekor di Pulau Rinca, 4 ekor di Pulau Padar, 90 ekor di Pulau Gilimotang, dan 80 ekor di Pulau Nusakode. Selain komodo  terdapat juga kakatua kecil jambul kuning sebagai hewan yang diawasi ketat dikarenakan jumlah populasinya yang semakin sedikit.

 

 

Selain berkesempatan menyaksikan kehidupan Komodo, kamu pun akan diajak untuk berwisata alam yang menyehatkan dengan melakukan trekking menyusuri hutan sekaligus mendaki bukit. Tenang saja, rute trekking bisa kamu pilih sesuai dengan kesanggupan masing-masing wisatawan, mulai dari short track, medium track dan long track. Hutan Pulau Komodo merupakan hutan yang banyak ditumbuhi oleh pepohonan asam, lontar, bidara, gebang dan lain-lain.

2. Pulau Rinca

Selain Pulau Komodo, terdapat pulau lain yang akan memberikan kamu pengalaman seru melihat kehidupan liar komodo. Pulau itu bernama Pulau Rinca. Di pulau ini pun, terdapat 3 pilihan trek yang bisa kamu pilih, yaitu short, medium dan long track. Jika dibandingkan dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca memiliki medan dan jalur track yang lebih menantang dan trekking yang lebih panjang. Selain itu, di kawasan pulau ini lebih didominasi oleh padang savana yang eksotis, sedangkan Pulau Komodo lebih didominasi oleh hutan.

 

 

3. Pulau Padar

Pulau Padar berjarak tidak jauh dari Pulau Rinca. Keduanya dipisahkan oeh Selat Lintah. Di pulau ini terdapat sebuah bukit yang dari ketinggian tersebut kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar pulau yang maha indah dengan birunya air laut yang memukau mata. Selain itu, di sini merupakan spot terbaik untuk menikmati indahnya sunset dan juga sunrise. Nama Pulau Padar terkenal sejak tahun 2014. Mulai saat itu, banyak wisatawan berdatangan. Selain untuk menikmati eksotismenya Pulau Padar, beberapa diantara mereka khusus memilih bukit di Pulau Padar sebagai background foto pre-wedding. Hasilnya? Tentu saja keren dan instagramable!

 

 

4. Pulau Kalong

Ada beberapa tempat wisata Labuan Bajo yang menyajikan pemandangan alam sangat memukau, terlebih saat matahari terbenam atau sunset. Pulau Kalong adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika kamu ingin mendapatkan spot terbaik berburu sunset. Namanya juga Pulau Kalong, maka di pulau ini merupakan tempat tinggal bagi banyak kelelawar atau disebut juga dengan kalong.

 

 

Pulau Kalong berjarak sekitar 8 Km dari Pelabuhan Labuan Bajo dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan. Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati eksotisme pulau ini, datanglah pada pukul 6 Waktu Indonesia Timur (WIT). Waktu tersebut merupakan momen terbaik untuk menyibak segala pesona Pulau Kalong, yaitu sunset dan ribuan kelelawar yang menghiasi langit.

5. Pulau Kelor

Selain beberapa pulau yang telah disebutkan di atas, Pulau Kelor juga merupakan salah satu pulau terfavorit untuk dikunjungi di kawasan wisata Labuan Bajo. Pulau ini menawarkan pesona karang dan koral yang sangat menggoda. Seperti juga Pulau Padar, di pulau ini juga terdapat sebuah bukit yang merupakan spot terbaik untuk menikmati pemandangan laut dan pulau di sekitarnya. Meskipun tinggi bukit di pulau ini tidak setinggi bukit di Pulau Padar, bukit Pulau Kelor tetang menyajikan pesona wisata yang menawan. Recommended juga buat kamu yang sedang mencari lokasi untuk foto pre-wedding.

 

 

6. Pulau Kambing

Wisata Labuan Bajo memang didominasi oleh pulau-pulau kecil yang cantik. Pulau Kambing merupakan salah satunya. Meskipun wilayahnya termasuk sangat kecil, tapi tetap memiliki pesona dan keistimewaan. Untuk kamu yang gemar olahraga air, Pulau Kambing merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Kenapa? Karena di sini merupakan surganya wisatawan yang ingin memuaskan hobi mereka akan bersnorkeling ria. Selain itu, kamu pun bisa berenang di laut ataupun hanya sekedar bermalas-malasan di pinggir pantai menikmati liburan.

 

 

Namanya memang Pulau Kambing. Tapi bukan berarti seperti Pulau Kalong yang di dalamnya terdapat ribuan kalong, tidak! Di Pulau Kambing tidak terdapat kambing sama sekali. Sebaliknya, pulau ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang fantastis dan sayang jika dilewatkan.

7. Gua Batu Cermin

Tempat wisata Labuan Bajo bernama Guna Batu Cermin masih berada di dalam kota, sehingga gampang untuk mengaksesnya. Kamu bisa menjangkau tempat wisata ini dengan sepeda, motor dan mobil. Apa yang menarik di sini? Seperti juga namanya, Gua Batu Cermin merupakan sebuah gua dengan suguhan pemandangan berupa stalaktit dan stalagmit yang bisa kamu temukan di banyak lorong dengan panjang tiap lorong mencapai 200 meter.

 

 

Selain kedua daya tarik tersebut, di Gua Batu Cermin kamu juga akan disuguhi pemandangan eksotis dari sinar matahari yang masuk ke dalam gua melalui lubang, kemudian memantul di dinding batu. Seolah pantulan tersebut merefleksikan cahaya kecil ke area lain di dalam gua layaknya cermin. Itulah sebabnya gua ini dinamakan Gua Batu Cermin.

Dari gua inilah sebuah fakta kemudian terungkap bahwa Flores dulunya terletak di bawah laut, karena dari sejumlah bagian gua terdapat fosil hewan laut seperti karang, ikan dan penyu yang menempel. Setelah diteliti oleh seorang arkeolog yang sekaligus merupakan seorang pastur berkebangsaan Belanda, ternyata memang benar jika Gua Batu Cermin pernah berada di dasar laut selama ribuan tahun yang lalu.

8. Bukit Cinta

Dari namanya saja sudah menggoda. Bukit Cinta merupakan salah satu tempat wisata Labuan Bajo yang masih berada di lingkup daerah kota. Jadi jelas jika aksesnya mudah. Baik motor, sepeda maupun mobil, semua kendaraan bisa digunakan sebagai alat transportasi menuju tempat wisata ini. Jaraknya pun benar-benar dekat dari kota, yakni Cuma butuh 5 menit untuk sampai ke Bukit Cinta ini.

 

 

Bukit Cinta merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di sekitar kota Labuan Bajo, pasalnya di sinilah salah satu spot terbaik untuk mendapatkan momen sunset lengkap dengan pesona pemandangan alam berupa hamparan laut dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Spot sempurna pokoknya!

9. Danau Sano Nggoang via Puncak Golo Dewa

Luas Danau Sano Nggoang adalah 513 meter dengan kedalaman yang mencapai 500 meter. Itulah sebabnya danau ini merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia bagian timur. Apabila kamu ingin menikmati keindahan yang ditawarkan tempat wisata alam Labuan Bajo ini, datanglah ke Puncak Golo Dewa. Di sinilah tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan Danau Sano Nggoang dan sekitarnya.

 

Untuk mencapai lokasi Puncak Golo Dewa, kamu membutuhkan perjalanan selama kurang lebih 45-60 menit dari Kampung Nunang. Tidak hanya pesona memukau sebuah danau vulkanik yang akan kamu dapatkan di spot wisata ini, tapi keanekaragaman fauna juga. Tepatnya di hutan yang terletak di sebelah timur Danau Sano Nggoang merupakan tempat tinggal bagi beragam jenis fauna, yaitu sekitar 90 an jenis burung yang keempat dari jumlah tersebut merupakan jenis endemic flores.

10. Gua Rangko

Labuan Bajo laksana surga wisata alam. Selain pantai, pulau dan bukit, di sini kamu juga akan menemukan gua terindah yang bernama Gua Rangko. Dinamakan demikian karena gua ini berada di Desa Rangko. Terdapat dua pilihan cara untuk bisa menikmati keindahan gua menawan ini, yaitu jalur darat dan jalur laut. Meskipun demikian, butuh perjuangan ekstra jika menggunakan jalur darat. Oleh karena itu lewat jalan laut merupakan rute terbaik untuk menjangkau tempat wisata. Dengan menyewa kapal dari Labuan Bajo, kamu sudah bisa langsung sampai ke Gua Rangko.

 

 

11. Air Terjun Cunca Wulang

Tidak jauh dari Labuan Bajo juga terdapat tempat wisata alam berupa air terjun bernama Cunca Wulang. Bisa dibilang jika Air Terjun Cunca Wulang ini merupakan green canyonnya Labuan Bajo, karena topografinya mirip dengan green canyon Indonesia yang berada di Pangandara. Selain topografi yang memukau dengan warna airnya yang berwarna biru toska, di sini juga terdapat tebing setinggi 5 meter-an yang bisa kamu jadikan spot untuk loncat tebing. Seru! Untuk bisa mencapai tempat wisata alam Labuan bajo ini, kamu memerlukan menempuh perjalanan sekitar 2 jam.

 

 

Untuk bisa sampai dan menikmati wisata alam Labuan Bajo ini, kamu bisa menyewa motor ataupun mobil. Sampai pada Desa Wersama, kamu perlu melanjutkan pejalanan dan juga menyewa guide dengan tarif Rp 50.000. Selain loncat dari ketinggian tebing, kamu pun bisa berenang di bawah air terjun yang akan memberikan sensasi luar biasa segar dan menyenangkan tentunya.

12. Air Terjun Cunca Rami

Hampir sama seperti tempat wisata alam sebelumnya, Cunca Rami juga merupakan nama sebuah air terjun yang ada di sekitar Labuan Bajo. Rute perjalanan menuju destinasi wisata ini juga searah dengan Cunca Wulang. Jalur lumayan panjang dan menantang, sehingga kamu butuh sedikit usaha untuk bisa menikmati pesona keindahan air terjun ini. Bagi kamu pecinta petualangan alam, maka rute ini akan memberikan kesan yang seru dan asyik.

 

 

13. Wae Rebo

Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang fantastis, di Labuan Bajo kamu juga bisa menemukan tempat wisata budaya bernama Wae Rebo. Memang tidak mudah untuk bisa mencapai kampong di atas langit yang sarat dengan budaya dan kearifan lokal masyarakat Manggarai Flores ini. Untuk bisa sampai ke sini, kamu harus melakukan trekking menanjak selama 3 jam lebih. Itu bisa kamu katakan sebagai perjuangan karena pada akhirnya jika kamu berhasil menaklukan trekking tersebut, di hadapan kamu akan terhampar pemandangan unik nan eksotis berupa rumah adat yang dikelilingi pemandangan alam seratus persen indah!

 

 

14. Puncak Gunung Mbeliling

Kamu suka menikmati keindahan alam beserta petualangannya? Puncak Gunung Mbeliling merupakan destinasi wisata yang tepat untuk dituju. Puncak Gunung Mbeliling adalah salah satu puncak tertinggi di Labuan Bajo, yaitu dengan ketinggian mencapai 1.250 meter dari permukaan laut. Di spot ini kamu bisa mendirikan tenda untuk berkemah. Tidak hanya camping, di sini kamu bisa trekking dan jika beruntung bisa menyaksikan berbagai jenis burung, termasuk 2 jenis burung endemic Flores, yaitu Serindit dan Gagak Flores.

 

 

Rute Menuju Wisata Labuan Bajo

Labuan Bajo dapat ditempuh melalui beberapa jalur atau rute, yaitu;

  1. Jalur udara

Jika memilih jalur ini, tujuan kamu adalah Bandara Udara Komodo. Bandara udara in memiliki landasan pacu seluas 2.200 meter dan dapat mengakomodasi sebanyak 700 penumpang. Jalur ini merupakan pilihan terbaik bagi yang mau cepat sampai dan menikmati tempat-tempat wisata Labuan Bajo.

2. Jalur laut

Labuan Bajo merupakan daerah kepulauan, jadi untuk menjangkau wisata Labuan Bajo kamu perlu berlayar dengan kapal ataupun boat, terutama untuk bisa menikmati pulau-pulau kecil di sekitar Labuan Bajo.

3. Jalur darat

Apabila kamu ingin lebih mengirit, kamu bisa menggunakan jalur laut untuk menjangkau Labuan Bajo. Meskipun demikian, jalur ini memiliki waktu tempuh yang sangat lama, yaitu 5 hingga 6 hari. Di Laboan Bajo terdapat tempat penyewaan mobil yang bisa kamu manfaatkan untuk menjelajah ke tempat-tempat wisata di sekitar kota Labuan Bajo.

Ketiga jalur tersebut cocok buat kamu yang mau menjelajah Labuan Bajo dengan backpacker. Jika kamu tidak mau repot memikirkan perjalanan dan lainnya yang berkenaan dengan wisata, kamu bisa memilih paket wisata Labuan Bajo yang banyak ditawarkan oleh agen-agen pariwisata.

Banyaknya wisata Labuan Bajo, memang tidak memungkinkan jika kamu bisa mengunjungi dan menikmati semuanya. Untuk itulah kamu perlu mempersiapkan tujuan prioritas. Atau kamu ingin menjelajah kesemuanya? Boleh. Paling tidak butuh beberapa hari ataupun bahkan minggu. Mau?

 

Sumber gambar :

Kota pelabuhan :
Sumber : TEMPO/Dian Nita

Pulau Komodo :
Sumber : twitter – iloveflores1

Pulau Rinca :
Sumber : maritimtours.com

Pulau Kalong :
lovina.co.id

Pulau Kelor :
phinemo.com

Pulau Padar :
Sumber : traveller.com.au

Gua batu cermin :
tripadvisor.com.au

Bukit Cinta :
indonesiakaya.com

Gua Rangko :
komodo.tours

Air terjun cunca wulang :
tripadvisor.co.uk

Cunca rami :
thejourneymagz.com

Wae Rebo :
wisatakomodotours.com

Gunung Mbeiling :
floresdiscovery.com

 

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *