Cara Menggunakan Filtering Pada Oracle Primavera

By | November 28, 2017

Filtering merupakan salah satu hal yang penting dan sering dilakukan dalam penggunaan primavera. Primavera merupakan aplikasi yang dapat menampung ratusan hingga ribuan aktivitas, sehingga fasilitas filtering berupa pencarian data dengan kriteria tertentu akan sangat membantu pengguna terlebih untuk proyek dengan data aktivitas sampai ratusan atau ratusan ribu (dibatasi 100 ribu) per proyek.

Banyak hal atau kriteria yang dapat dilakukan saat melakukan filtering dengan primavera. Beberapa diantaranya adalah berdasarkan ID aktivitas, nama aktivitas, wbs, critical path, periode aktivitas, serta sampai berdasarkan kriteria tertentu lainnya yang diinginkan.

Fasilitas filtering pada Oracle Primavera (versi P6 R8.3) dapat diakses dengan cara berikut ini :

Setelah kita membuka project activities, klik kanan pada header table -> klik Filter…

Setelah itu akan muncul jendela Filters.

Seperti sudah diterangkan sekilas di atas mengenai kriteria filter pada Primavera, selanjutnya kita akan mempraktekkan cara filter yang dapat dilakukan sesuai dengan kriteria yang diinginkan :

  • Setelah jendela filter terbuka, untuk memulai kriteria filter yang baru, klik pada menu (+) New pada bagian kanan. Setelah itu akan muncul jendela Filter seperti terlihat pada gambar (di bawah).
  • Kita dapat melakukan filtering sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pada bagian kolom parameter dapat dipilih berdasarkan : Activity ID, Activity Name, WBS, WBS name, dan banyak pilihan lainnya yang dapat dipilih.
  • Setelah menentukan kriteria pada kolom parameter kemudian pada bagian kolom selanjutnya di sebelah kanan terdapat kolom Is yang merupakan kolom penghubung (secara logika) antara kolom parameter dengan kolom value (nilai). Pilihan yang tersedia pada kolom Is diantaranya : contains, equals, end with, dan lain lain.
  • Setelah menentukan pilihan (kriteria) pada kolom parameter dan kolom Is, selanjutnya perlu diisi nilai atau teks pada kolom value (nilai). Sebagai contoh kasus, filtering yang dapat dilakukan yaitu :
  1. Kita ingin menampilkan hanya aktivitas yang memiliki Actvity ID PD1030 pada tabel aktivitas. Maka kriteria filter yang kita lakukan adalah sebagai berikut : kolom parameter diisi pilihan Activity ID, kolom Is diisi pilihan equals, kolom value diisi dengan PD1030.
  2. Kita ingin menampilkan hanya aktifitas yang memiliki nama Design New Product. Maka kolom-kolom filtering diisi dengan nilai sebagai berikut : kolom parameter diisi Activity Name, kolom Is diisi equals atau bisa juga contains (jika tidak harus persis sama namanya), kolom value diisi teks sesuai nama aktivitas yang diinginkan yaitu Design New Product.

Selain filtering dengan cara di atas kita juga dapat melakukan filtering berdasarkan kriteria lainnya seperti periode tanggal mulai, tanggal selesai, dan lain-lain. Semua pilihan kriteria itu terdapat pada kolom parameter seperti yang sudah dipraktekkan di atas.

  • Setelah selesai memilih serta menentukan kriteria filter, kita akan menamakan filter yang sudah kita definisikan sebelumnya. Penamaan ini bertujuan agar kita mengenal kriteria filter yang sudah kita tentukan tadi berdasarkan namanya. Nama filter ini dapat kita isikan di kolom Filter Name.
  • Selanjutnya kita pilih filter yang sudah kita defenisikan tadi dengan mengklik kotak kosong (centang) pada kolom Select. Pilihan pada kolom select dapat dipilih lebih dari satu pilihan.
  • Jika kita memilih lebih dari satu pilihan, hasil filtering akan bergantung pada kriteria hubungan antara beberapa filter yang dipilih tersebut. Dalam menentukan hubungan antara filter yang dipilih perhatikan kolom Show activities that match pada bagian paling atas. Pilihan All selected filters akan memberikan hasil logika AND yang artinya jika salah satu filter (dengan kriteria tertentu) tidak memenuhi maka data tidak akan ditampilkan. Sedangkan Any selected filter akan menghasilkan logika OR, di mana data akan ditampilkan jika salah satu saja, beberapa atau semua filter (dengan kriteria tertentu) terpenuhi.

Custom Filter pada Primavera

Adakalanya kriteria filter yang diinginkan tidak terdapat pada tampilan kolom activities primavera. Seperti misalnya saya perlu melakukan filtering untuk menampilkan data yang hanya terkait dengan predecessor aktifitas A serta merupakan aktifitas yang kritikal (driver activity) bagi aktivitas A. Secara default Oracle Primavera pada versi P6 R8.3 yang saya jadikan acuan untuk tips ini tidak memiliki fasilitas untuk melakukan filtering berdasarkan predecessor. Jika menggunakan kolom yang ada saya tidak dapat melakukan filtering sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Sehingga sebelum saya melakukan filtering saya perlu menambahkan kolom custom yang akan saya isikan dengan remark tertentu (misal : Yes, dan lainnya) agar dengan kolom baru ini saya dapat melakukan filtering sesuai data yang ingin saya tampilkan.

Jadi misalkan saya ingin melakukan filtering aktivitas PD1030 beserta semua predecessor nya. Berikut ini yang saya lakukan :

  • Buat satu kolom custom melalui User Defined Fields (caranya akan diterangkan pada bagian lain). Tentukan namanya sesuai yang diinginkan. Dalam contoh ini saya namakan Predecessor PD1030.
  • Setelah kita buat kolom custom seperi langkah di atas, selanjutnya tentukan aktifitas yang merupakan predecessor dari aktifitas PD1030 serta tandai (remark) aktifitas tersebut dengan Yes (termasuk aktifitas PD1030). Remark ini bisa dengan tulisan lain sesuai dengan yang diinginkan yang penting harus seragam, agar dapat difilter.

  • Setelah selesai menandai dengan remark Yes kemudian lakukan filter dengan cara yang sama dengan cara filter sebelumnya, dengan pilihan sebagai berikut : kolom parameter diisi dengan Predecessor PD1030 (sesuai nama custom kolom), kolom Is diisi dengan equals atau contains, kolom value diisi dengan Yes. Langkah selanjutnya sama dengan cara melakukan filtering seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Hasilnya sebagai berikut :

Activitas yang ditampilkan hanya PD1030 beserta predecessor nya.

Selain kriteria di atas kita juga dapat melakukan filtering lainnya yang dapat disesuaikan dengan kriteria yang diiinginkan dengan menambahkan kolom custom ini.

Demikian cara filtering dengan menggunakan Oracle Primavera versi P6 R8.3 semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang terlibat dalam proyek yang melibatkan banyak aktivitas.

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *