20 Kata Bijak Islami Penuh Motivasi Tentang Bersedekah

By | November 1, 2017

Kata bijak Islami tentang bersedekah setidaknya akan membuat setiap orang menjadi mengerti apa artinya bersedekah. Sedekah merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Dengan bersedekah, berarti kamu telah membantu meringankan beban seseorang. Sedekah juga tidak akan  membuatmu menjadi miskin dan justru akan  mendatangkan semakin banyak rezeki.

 

Kata kata bijak mendengarkan

 

Sedekah merupakan hal yang sunah (menurut Alquran dan Hadist) dilakukan bagi siapa saja. Terutama, bagi mereka yang mampu. Sedekah itu sangat banyak macamnya mulai dari sedekah dalam bentuk barang maupun dalam bentuk lainnya. Tahukah kamu bahwa senyum adalah bentuk dari sedekah? Benar sekali, senyum adalah jenis sedekah yang paling mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa kata motivasi tentang sedekah yang akan membuatmu lebih bersemangat dalam bersedekah.

Motivasi Kata Bijak Islami Bersedekah

Terdapat banyak sekali kata bijak islami tentang keutamaan bersedekah. Dengan membaca dan mengetahui tentang maknanya, kamu pun akan menjadi paham dan mengerti tentang arti bersedekah dalam kehidupan.

  1. “Sebaik-baiknya sedekah adalah di bulan Ramadhan”

Bulan Ramadhan memang menjadi bulan yang paling mulia bagi umat islam. Pada bulan tersebut, segala jenis kemuliaan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Begitu pula dengan orang yang rajin bersedekah di bulan Ramadhan. Sekecil apapun sedekah yang diberikan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Itulah mengapa banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk melakukan sedekah di bulan Ramadhan. Namun, jangan di bulan Ramadhan saja ya. Sedekah bisa kamu lakukan kapan saja dan dimana saja.

  1. “Satu sedekah yang tulus sama dengan seribu langkah menuju Surga”

Siapa yang tidak ingin masuk surga? Setiap orang pasti ingin masuk surga. Itulah mengapa banyak orang yang berlomba-lomba melakukan kebaikan semasa hidupnya untuk mencapai surga Allah. Terdapat banyak jalan yang bisa ditempuh untuk menggapai Surga Allah. Salah satunya adalah dengan cara bersedekah.

Dikatakan bahwa satu sedekah yang dilakukan dengan rasa tulus dan ikhlas sama artinya dengan seribu langkah yang akan membimbingmu menuju Surga Allah. Namun, sedekah tidak boleh dilakukan dengan pamrih. Meskipun sedekah yang kamu lakukan baru sedikit, namun jika kamu melakukannya dengan ikhlas tanpa maksud pamer atau apapun akan lebih berkah dibandingkan dengan sedekah banyak untuk maksud pamer.

Jadi, mari langkahkan kaki menuju Surga Allah dengan cara bersedekah yang tulus dan ikhlas. Jika seribu langkah bisa didapatkan dengan sekali bersedekah, maka berapa ribu langkahkah yang bisa kamu dapatkan jika kamu bersedekah dalam jumlah yang banyak disertai hati yang tulus?

  1. “Berilah bantuan kepada janda dan orang miskin”

Sebaik-baiknya sedekah adalah jika diberikan kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan. Janda dan orang miskin merupakan dua golongan yang bisa kamu berikan sedekah. Jika kamu ingin mendapatkan pahala yang besar dalam bersedekah, maka bantulah janda dan orang miskin untuk mendapatkan rejekinya.

Terlebih lagi kepada janda yang memiliki banyak anak dan masih banyak membutuhkan biaya untuk membesarkan anak-anaknya. Memberikan sedekah kepada janda dan kepada orang miskin juga diibaratkan sebagai jihad di jalan Allah. Begitu besar pahala yang bisa didapatkan. Kini saatnya kamu memantapkan hati untuk bersedekah dengan ikhlas.

  1. “Sedekah dapat menghapus dosa seperti air yang mematikan api”

Manusia hidup tidak terlepas dari dosa. Ketika melakukan dosa, hal yang perlu dilakukan adalah segera bertaubat dan tidak mengulangi perbuatan dosa tersebut lagi. Jika kamu merasa bersalah atas dosa yang dilakukan, minta ampun lah kepada Allah dan bersedekahlah.

Disebutkan bahwa sedekah merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghapus dosa. Sedekah yang dilakukan dengan tulus dapat menghapus dosa seseorang layaknya air yang dapat memadamkan api. Namun, hal tersebut tentu saja harus dibarengi dengan istighfar dan minta ampun kepada Allah.

  1. “Senyum kepada saudaramu adalah sedekah”

Seperti yang telah dikatakan, senyum merupakan bagian dari sedekah. Jika kamu ingin melakukan sedekah dengan cara yang paling mudah, maka tersenyumlah. Senyum yang tulus dan ramah dapat membuatmu berpahala meskipun kamu tidak mengeluarkan harta sedikitpun.

Setidaknya, memberikan kebahagiaan kepada orang lain melalui senyuman bisa dilakukan oleh siapa saja. Limpahan pahala yang sangat besar akan diberikan oleh Allah untuk hamba-hambanya yang mau membahagiakan orang lain. Jadi, tersenyumlah dengan ramah dan tulus ikhlas.

  1. “Jagalah hartamu dengan zakat dan obatilah sakitmu dengan bersedekah”

Mengapa zakat dan sedekah harus senantiasa dilakukan? Bukankah sudah begitu jelas alasannya? Zakat merupakan sesuatu yang wajib dilakukan bagi umat islam. Bagi seseorang yang memiliki harta yang sudah mencapai nasab, maka seseorang itu pun wajib melakukan yang namanya zakat mal atau zakat harta.

Dengan melakukan zakat harta, ini menjadi salah satu hal yang dapat membentengi harta supaya bersih. Zakat yang diberikan adalah hak milik orang lain sehingga dengan melakukan zakat, hartamu pun akan menjadi bersih, halal, dan berkah. Bagaimana dengan sedekah?

Sedekah yang diberikan dengan tulus dan ikhlas adalah salah satu jalan untuk menyembuhkan sakit. Ketika kamu sedang merasa sakit, cobalah untuk bersedekah. Banyak yang telah membuktikan bahwa kekuatan bersedekah untuk menyembuhkan sakit itu memang nyata dan benar adanya.  Yuk obati sakit jasmani maupun rohani dengan senantiasa rajin bersedekah.

  1. “Bersedekahlah maka seribu kebaikan akan datang kepadamu”

Salah satu jalan untuk mendapatkan kebaikan adalah dengan cara bersedekah. Dikatakan bahwa dengan melakukan sedekah, maka seribu kebaikan akan datang. Dengan kata lain, kamu bisa mendapatkan banyak sekali kebaikan dengan melakukan sedekah.

Tidak hanya pahala saja yang akan didapatkan, namun dengan melakukan sedekah berbagai kebaikan lain akan datang. Contohnya saja mendapatkan rezeki yang lebih melimpah, mendapatkan banyak teman, dan lain-lain. Jadi, pandai-pandailah untuk menjadi orang yang senang melakukan sedekah.

  1. “Sedekah adalah amal yang tidak akan putus hingga mati”

Begitu mulia perbuatan bersedekah sehingga dikatakan bahwa amal dari sedekah merupakan amal yang tidak akan putus hingga mati. Ada 3 macam amalan yang pahalanya tidak akan terputus hingga mati. Pertama adalah anak yang sholeh yang senantiasa mendoakan kedua orang tuanya. Kedua adalah shodaqoh jariyah. Dan terakhir adalah ilmu yang bermanfaat dan diamalkan.

Maka, benarlah jika sedekah adalah salah satu amalan yang tidak akan putus pahalanya hingga mati. Pahala dari amalan sedekah akan mengalir sepanjang masa. Tentu, hal ini akan sangat menguntungkan bagi manusia. Bagi manusia yang benar-benar sedekah dengan tulus dan ikhlas, maka masuklah ia dalam golongan orang-orang yang beruntung. Amalan tersebut akan mengalir meskipun orang tersebut telah meninggal dunia.

  1. “Sedekah akan membuatmu lebih pantas untuk diamanahkan mendapatkan kekayaan”

Anggapan sedekah akan menjadikan seseorang menjadi miskin tentu saja anggapan yang salah kaprah. Sebaliknya, dengan melakukan sedekah, kamu akan menjadi orang yang lebih pantas untuk mendapatkan rejeki yang banyak. Sedekah akan menjadikan rejeki terus mengalir.

Tidak jarang dilihat orang kaya yang rajin bersedekah rasanya seperti hartanya tidak pernah habis. Orang yang rajin bersedekah akan dimuliakan dan Allah akan terus memberinya kebaikan. Sebaliknya, jika orang kaya enggan untuk bersedekah, bisa jadi hartanya akan diambil lagi dengan cara yang tidak diduga-duga.

Maka, berlomba-lombalah untuk melakukan sedekah karena sedekah akan mendatangkan rezeki yang melimpah.

  1. “Sedekah adalah penolak balak dan obat dari penyakit”

Keutamaan lain dari bersedekah adalah bisa menjadi tolak balak dan juga membuat penyakit seseorang menjadi sembuh. Bagaimanapun juga, sedekah adalah salah satu cara untuk membersihkan harta. Harta yang dimiliki hanyalah titipan dari Allah dan sebagian dari harta tersebut merupakan hak dari fakir dan miskin.

Bagaimana jika tidak disedekahkan atau dizakatkan? Tentu saja itu sama dengan mengambil hak milik orang lain. Maka, Allah pun akan menegurnya dengan memberikan penyakit. Kekuatan sedekah memang begitu nyata. Jika sedekah benar-benar dilakukan dengan tulus dan ikhlas, maka Inshaa Allah kamu dapat terhindar dari penyakit.

Semua harta yang dimiliki jika itu merupakan harta yang berkah akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi kehidupan seseorang. Oleh karena itu, berusahalah untuk selalu membentengi hartamu dengan jalan melakukan sedekah kepada orang yang membutuhkan. Harta pun menjadi berkah dan hidup menjadi istiqomah.

  1. “Bersedekahlah, maka doa dari mereka akan selalu membawa kebaikan kepadamu”

Mengapa harus melakukan sedekah? Sedekah kepada orang yang tidak mampu akan membuat kehidupanmu menjadi lebih bermanfaat. Terlepas dari itu, akan datang doa-doa tentang kebaikan dari mereka yang diberi. Dengan doa-doa yang penuh kebaikan tersebut, maka kebaikan pun akan senantiasa datang kepadamu.

Doa-doa baik yang dilantunkan pasti akan didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT. Itulah mengapa orang yang rajin bersedekah akan selalu dikelilingi dengan kebaikan. Jadi, rajin-rajinlah untuk bersedekah untuk mendapatkan kebaikan baik di dunia maupun di akhirat.

  1. “Allah akan mempersulit rejeki orang yang tidak mau bersedekah”

Jika kamu ingin mendapatkan rejeki yang senantiasa berkah dan berlimpah, maka jalan yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan sedekah. Allah akan senantiasa mempersulit atau menutup pintu rejeki bagi seseorang yang tidak mau bersedekah.

Untuk diketahui bersama, sedekah dalam jumlah yang banyak sekalipun tidak akan membuat seseorang menjadi miskin. Dengan melakukan sedekah, Allah pun akan senantiasa melipatgandakan rejeki yang didapat. Jadi, janganlah menjadi orang yang pelit berbagi kepada orang lain.

Ingatlah bahwa sebagian harta yang dimiliki adalah milik orang lain. Jadi, bersedekahlah maka kamu akan merasa pintu rejeki akan lebih mudah untuk digapai. Tanpa melakukan sedekah, nantinya ada-ada saja hal yang akan menghalangi pintu rejeki. Contohnya saja dirampok, sakit yang kritis, atau pun hal lain yang tidak terduga.

  1. “Rutinlah bersedekah dan keajaiban akan selalu datang kepadamu”

Sedekah ternyata membawa keajaiban bagi setiap orang yang melakukannya. Sedekah adalah hal yang wajib dilakukan bagi orang-orang yang mampu untuk membantu orang-orang yang mengalami kesulitan. Meskipun sedekah yang diberikan tidak seberapa, namun ternyata hal yang tidak seberapa tersebut bermanfaat bagi orang yang sangat membutuhkannya.

Melakukan sedekah yang rutin tanpa kamu sadari akan membuat hari-harimu dipenuhi dengan sesuatu yang ajaib dan menakjuban. Berbagai hal menakjubkan tersebut bisa saja kamu sadari atau tidak. Sesuatu yang baik pasti akan dibalas Allah dengan kebaikan pula. Jadi, jangan takut miskin hanya karena rutin bersedekah. Percayalah, terdapat hal-hal menakjubkan dibalik sedekah yang kamu berikan. Di samping itu, kamu pasti akan merasa senang melihat senyuman orang yang membutuhkan bukan?

  1. “Ketika kamu bersedekah, ulurkanlah tangan kananmu dan sembunyikanlah tangan kirimu”

Pepatah mengatakan jika kamu memberikan sesuatu dengan tangan kanan, maka tangan kiri kamu tidak perlu tahu. Ini menunjukkan bahwa dalam melakukan sedekah kamu tidak boleh pamrih atau pamer terhadap orang lain. Jika perlu, sedekah yang  kamu lakukan hanya kamu saja yang tahu.

Tidak perlu memamerkan apa yang telah kamu sedekahkan karena tanpa pamer kepada orang lain pun Allah sudah mengetahui tentang kebaikan yang kamu lakukan. Jadi, usahakan untuk melakukan sedekah dengan tulus dan ikhlas tanpa mengharapkan pujian dari orang lain.

  1. “Ingat, bukan rezeki yang seret. Mungkin kita hanya masih seret dalam bersedekah”

Jika kamu merasa sulit sekali dalam mencari rezeki, kamu harus segera berintropeksi diri. Bukan rezeki yang sulit didapatkan, mungkin kamu sudah lalai tidak melakukan sedekah. Padahal, sesungguhnya sedekah akan mendatangkan rezeki yang lebih banyak dan berkah.

Oleh karena itu, jangan pernah mengeluh ketika sulit mendapatkan rezeki dari Allah. Tanyakan kepada dirimu sendiri apakah kamu sudah memenuhi kewajibanmu untuk melakukan sedekah ataukah belum.

  1. “Semua kesulitanmu bisa dibeli dengan sedekah”

Setiap orang yang hidup pasti pernah mengalami yang namanya kesulitan. Kesulitan akan datang silih berganti dan menjadi cobaan bagi siapa saja yang mengalaminya. Sesungguhnya, jika kamu rajin bersedekah maka kesulitan tersebut akan terasa mudah.

Sulitnya mencari rezeki, susahnya mencari pekerjaan, atau berbagai kesulitan yang datang bisa kamu atasi dengan cara bersedekah. Jadi, sudahkah kamu melakukan sedekah hari ini?

  1. “Sedekah pasti berkah”

Sedekah yang diniati dengan hati yang tulus dan ikhlas pasti akan mendatangkan keberkahan padamu. Sedekah itu sudah pasti berkah. Jika ingin hidupmu berkah, lakukanlah sedekah dengan sepenuh hati. Banyak orang yang masih membutuhkan uluran dan bantuan. Inilah saatnya untuk bersedekah untuk membantu beban sesama.

  1. “Perkataan yang baik adalah sedekah”

Senyum merupakan ibadah, begitu pula dengan perkataan yang baik adalah suatu ibadah. Perkataan yang baik akan membuat orang lain yang mendengarnya menjadi senang dan bahagia. Itulah mengapa kamu harus selalu berkata yang baik.

  1. “Apa yang kamu makan akan habis, apa yang kamu sedekahkan akan kekal”

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat 3 amal yang tidak akan pernah putus meskipun seseorang telah meninggal. Pertama doa anak yang soleh, sodakoh jariyah, dan ilmu yang bermanfaat. Apa yang kamu punya dan kamu gunakan sendiri pada akhirnya akan habis. Lain halnya jika sebagian kamu sedekahkan. Sebagian yang kamu sedekahkan tersebut justru tidak akan pernah habis amalannya. So, siapa yang mau memiliki amal yang tidak akan pernah habis?

  1. “Siapa bilang bersedekah harus nunggu kaya”

Tidak harus menunggu kaya untuk melakukan bersedekah. Bersedekah tidak hanya dinilai dari nominalnya yang besar. Namun, keikhlasan hati dalam bersedekah juga ikut andil. Jika kamu hanya memiliki sedikit, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk bersedekah dalam jumlah yang banyak. Bersedekahlah sesuai dengan kemampuanmu.

Jadi, sedekah memang memiliki nilai yang sangat tinggi untuk kehidupan. Kebaikan dari bersedekah tidak hanya dapat dinikmati di alam dunia saja, bahkan sampai ke alam akhirat. Ayo bersedekah mulai sekarang!

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *