Mengunjungi Pameran Tahunan Tingkat Nasional Flora dan Fauna Jakarta 2017

By | September 3, 2017

Pameran flora dan fauna merupakan event tingkat nasional yang diselenggrakan sekali setahun oleh Pemprov DKI sejak tahun 1973 yang mengusung konsep #Karnaval di Hutan#. Pameran yang merupakan tempat berkumpulnya pedagang tumbuhan dan hewan ini selama 1 bulan penuh dijadikan ajang para petani atau pedagang tanaman untuk memamerkan dagangannya sekaligus menjualnya kepada masyarakat di sekitar jakarta yang berlokasi di lapangan Banteng Jakarta. Biasanya pameran ini berlangsung antara bulan Juli sampai Agustus setiap tahunnya (tahun ini telah diselenggarakan pada 21 Juli 2017 sampai 21 Agustus 2017). Aneka tanaman hias, tanaman buah, sayur, tanaman obat dan produk tanaman lainnya dijual pada pameran ini, diantaranya adalah bonsai, adenium dan aneka tanaman hias rumahan lainnya, pohon jeruk, mangga, bibit tanaman, tanaman obat, pelengkapan berkebun seperti pupuk tanaman, dan lain sebagainya. Biasanya tanaman hias yang sedang banyak dicari atau yang lagi booming juga dijual pada ajang pameran flora dan fauna di jakarta ini.

Lapangan Banteng yang biasanya merupakan lapangan penghijauan dan rekreasi warga Jakarta yang terdiri dari lapangan seukuran 25 ribu meter disertai area track berjalan para pejalan kaki, selama 1 bulan penuh disulap menjadi area yang berisi tenda-tenda para pedagang tanaman hias yang dipadu dengan hiasan lainnya bernuansa khas Betawi berpadu dengan bunga-bunga serta tempat bermain yang elok dipandang mata. Meskipun mayoritas yang dijual adalah tanaman, pada pameran ini juga terdapat area yang menjual binatang peliharaan. Biasanya hewan yang diperdagangkan adalah dari jenis burung, reptil, kucing, ikan, juga ada monyet, ayam, dll. Aneka dagangan lainnya juga diperdagangkan disekitar area ini seperti aneka produk buah-buahan hasil pertanian, jus buah, produk tanaman obat, aneka kuliner dan termasuk kerak telor yang merupakan jajanan khas betawi.

Selama pameran biasanya pada sabtu atau minggu akan banyak warga Jakarta yang antusias berkunjung yang dapat dilihat dari area parkir yang penuh dengan kendaraan mobil dan motor.

Berikut ini merupakan hasil jepretan foto penulis saat berkunjung ke pameran flora dan fauna Lapangan Banteng Jakarta yang diselenggarakan antara tanggal 21 Juli sampai 21 Agustus 2017 tahun ini :

Banyak warga Jakarta yang antusias mengunjungi pameran ini sehingga perjalanan ke lokasi cukup padat terutama ketika sudah mendekati area pameran (Lapangan Banteng) :

Perjalanan Pameran Flora Fauna Jakarta

Pintu masuk Flora dan Fauna dihisasi dekorasi dan hiasan bunga yang cukup menarik :

Pintu Masuk Pameran Flora Fauna Jakarta

Jangan lupa bawa perbekalan ringan karena track untuk melihat-lihat berbagai kegiatan pameran dan tempat rekreasi yang cukup membuat berkeringat dengan berjalan kaki :

Tanaman jenis Adenium juga banyak dijual pada saat pemeran :

Adenium Pameran Flora Fauna Jakarta

Selain Tanaman binatang juga dipamerkan serta dijual pada pameran ini, termasuk reptil :

Bagian dalam lokasi pameran dipenuhi hiasan tanaman bunga dan dekorasi khas betawi :

Lokasi bermain mobil anak :

Tips bagi Anda yang ingin berkunjung ke pameran Flora dan Fauna lapangan banteng Jakarta :

– Berangkatlah pagi-pagi sehingga sekitar jam 9 Anda sudah tiba di lokasi pameran. Dengan berkunjung saat pagi, suasananya masih tidak terlalu terik dan cocok bagi Anda yang ingin sekalian olahraga, karena Anda akan banyak berjalan jika ingin melihat sekeliling lokasi pameran

– Bawa keluarga. Bawalah anak, isteri, keponakan atau keluarga Anda lainnya, karena selain membuat pandangan mata menjadi segar dengan melihat flora dan fauna yang dipamerkan panitia menyediakan area bermain dan kegiatan rekreasi lainnya yang cocok buat anak-anak dan keluarga Anda.

– Bawalah bekal makanan ringan (cemilan) atau minuman agar Anda tidak kehausan jika perjalanan memakan waktu yang lama karena macet atau ramai kendaraan.

– Sediakan uang cash karena jika Anda berniat membeli nantinya Anda tidak perlu keluar pameran untuk mencari-cari atm. Anda tidak dapat menggunakan kartu debit untuk membeli karena tidak tersedia alatnya.

– Hari terakhir pameran biasanya flora atau fauna yang dijual bisa lebih murah. Jika menurut Anda barang yang dijual stoknya cukup banyak, Anda dapat datang lagi di hari terakhir pameran yang mungkin harga produk yang dijual tidak semahal di hari-hari pertama (ini hanya asumsi penulis).

Demikianlah gambaran serta tips berkunjung pada pameran Flora dan Fauna Jakarta yang diadakan setahun sekali selama sebulan penuh yang diselenggarakan di lapangan Banteng Jakarta. Semoga artikel di atas bermanfaat dan jangan ketinggalan pada pameran berikutnya tahun depan.

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *