Tips Cara Mengukur Tekanan Darah Melalui Gadget (HP)

By | July 9, 2017

Apakah Anda mengalami gangguan kesehatan? Pernahkah anda mengecek tekanan darah anda ? Apakah anda mengecek nya di dokter atau dengan bantuan alat kesehatan yang ada di rumah? Apakah anda melakukannya secara rutin ? Jika Anda termasuk orang yang perduli dengan kondisi kesehatan Anda maka mungkin Anda akan mengecek tekanan darah minimal 1 kali dalam 3  bulan atau bahkan lebih. Namun jika Anda memiliki gangguan kesehatan yang menyebabkan tekanan darah Anda di luar batas  normal ( misal darah tinggi/ hipertensi, darah rendah ) dan perlu secara rutin memeriksa tekanan darah Anda, maka Anda perlu lebih sering mengecek kesehatan Anda. Jika Anda harus pergi ke dokter atau puskesmas hanya untuk mengecek tekanan darah rutin harian atau mingguan tentunya ini akan merepotkan bukn? Tapi jangan khawatir, karena saat ini sudah ada aplikasi yang dapat Anda unduh untuk digunakan dalam mengukur tekanan darah.

Anda dapat menggunakan HP pintar Anda untuk mengecek kesehatan Anda. Saat ini hp pintar berbasis Android atau Apple dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan termasuk untuk mengecek kondisi kesehatan seperti tekanan darah, detak (bit) jantung per menit, dan lain lain. Keuntungannya, selain Anda dapat mengunduh / mendownloadnya secara gratis, juga Anda dapat menggunakannya secara mobile. Penulis sendiri menggunakan aplikasi kesehatan mobile ini terutama untuk mengecek tekanan darah serta membandingkan dengan alat pengecek tensi yang penulis punya merk Omron. Setelah dibandingkan hasilnya tidak jauh beda untuk pengukuran teknan darah serta detak jantung. Untuk pengukuran lainnya karena tidak tersedia di alat ukur omron jadi penulis tidak dapat membandingkan hasilnya.

Banyak aplikasi kesehatan yang dapat didownload baik yang versi gratis mau pun versi berbayar. Namun untuk versi gratis yang menurut penulis lumayan lengkap dan  cukup akurat adalah aplikasi icare. Bukannya mau promo berbayar namun penulis sudah mencoba untuk download  berbagai aplikasi gratis lainnya namun yang penulis rasa paling lengkap adalah aplikasi icare.

Berikut ini merupakan pengukuran penting yang dapat dilakukan icare versi gratisan :

  •  Pengukuran tekanan darah
  •  Pengukuran detak jantung per menit
  •  Pengukuran viskositas darah (tingkat kekentalan darah)
  •  Pengukuran kandungan oxygen
  •  Pengukuran kondisi emosional

Cara download aplikasi cukup mudah dapat dilakukan untuk gadget berbasis Android maupun Apple. Pada gadget berbasis Android, pertama kali buka aplikasi google play, kemudian lakukan searching dengan kata kunci icare. Sedangkan untuk gadget berbasis Apple, Anda dapat membuka aplikasi App Store. Setelah melakukan searching dengan kata kunci icare, kemudian pilih aplikasi icare untuk didownload. Setelah anda mendownload aplikasi, anda dapat melakukan pengukuran dengan meletakkan tangan Anda seperti gambar berikut.

 

 

Jari telunjuk menutupi layar kamera belakang gadget Anda, sedangkan jari jempol diletakkan di bagian depan pada tulisan Measure (bagian screen depan). Tunggu sampai proses pengukuran selesai.

Hasil yang Anda lihat sebagai berikut :

 

Untuk pengukuran tekanan darah dan detak jantung berikut ini perbandingan dengan hasil ukur alat pengukur merk Omron :

 

Sebagai catatan, sebaiknya alat ini dijadikan sebagai pedoman harian / sementara saja. namun bukan sebagai rujukan keadaan kesehatan Anda (pengganti pengukuran medis). Jika ada permasalahan atau keluhan pada tubuh Anda, pergilah ke ahli kesehatan / dokter untuk pengecekan lebih lanjut.

Selain versi gratis, icare juga memiliki versi berbayar yaitu iCare Health Monitor Pro yang dapat Anda beli dengan harga Rp.139rb.

Demikianlah tips dan informasi seputar aplikasi kesehatan yang dapat Anda gunakan secara gratisan melalui gadget Anda. Semoga tips di atas bermanfaat.

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *