Ingin membuat Foto Album yang bisa di Mouse Hover pada Teks Excel ? Begini Caranya !

By | June 6, 2017

Anda sering bekerja dengan microsoft excel bukan ? Tentunya aplikasi buatan Microsoft ini sudah tidak asing lagi terutama bagi Anda yang sering melakukan pengolahan data menggunakan komputer berbasis windows. Selain dapat melakukan perhitungan dan pengolahan data teks, ternyata excel juga dapat kita manfaatkan untuk membuat database untuk menampilkan foto-foto (gambar).

Kali ini pertamakali.com akan memberi Anda tips bagaimana memanfaatkan aplikasi excel ini untuk menampilkan foto-foto dengan cara mouse hover pada teks yang kita pilih. Anda dapat menamakan foto Anda sesuai teks yang Anda ketikkan pada sel excel.

Untuk membuat foto atau gambar yang muncul secara pop up ketika salah satu teks pada sel di-mouse hover atau ketika mouse kita didekatkan pada teks tesebut, caranya cukup mudah :

Buat komentar dengan klik kanan pada sel >> klik Insert Comment >> gunakan Backspace untuk menghapus nama pada komentar >> Pilih/klik kanan Area Comment (klik pada bingkai comment /jangan bagian dalam comment agar terpilih semua nya) >> klik Format Comment.

 

 

Pada jendela Format Comment klik tab Colors and Lines >> pada kolom Color klik tombol panah drop down >> klik Fill Effects…

 

 

Pada jendela Fill Effects masuk ke tab Picture >> Pilih gambar yang ingin Anda masukkan dengan klik Select Picture… >> Jika sudah terpilih klik OK >> klik OK sekali lagi pada jendela Format Comment.

 

 

Anda dapat memperbesar atau memperkecil gambar dengan memperbesar /memperkecil jendela komentar yang sudah Anda buat.

Pilihan Lock picture aspect ratio akan menyebabkan perbandingan panjang dan lebar gambar Anda sesuai dengan aslinya ketika Anda memperbesar atau memperkecil gambar.

Agar gambar yang sudah dibuat dapat muncul secara pop up Anda perlu menyembunyikan jendela komentar. Untuk menyembunyikan komentar / gambar yang sudah Anda buat,  klik kanan pada sel lalu klik Show / Hide Comments.

Sekarang foto Anda dapat muncul secara pop-up ketika Anda mengarahkan pointer Anda pada sel yang sudah diisi komentar.

Lakukan hal yang sama pada teks lainnya untuk foto yang berbeda. Teks yang Anda buat pada sel ini bisa berupa deskripsi foto Anda atau sesuai dengan yang Anda inginkan.

Prinsipnya sama dengan kita memasukkan komentar berupa teks, namun kali ini teks diganti dengan foto atau gambar. Jadi seperti komentar berupa teks, gambar ini juga dapat kita munculkan secara pop up dengan melakukan mouse over atau mengarahkan pointer mouse kita pada teks yang berisi komentar tersebut.

Demikianlah tips untuk membuat foto album dengan aplikasi excel, pertanyaan lebih lanjut dapat Anda sampaikan melalui komentar pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan dapat Anda terapkan.

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *