Menikmati “Surganya” Alam Selatan Jepang, Okinawa

By | May 1, 2017

Banyak orang mengenal kota-kota besar di Jepang seperti Tokyo, Osaka, Hokkaido dan Kyoto. Akan tetapi, masih jarang orang yang mengenal Okinawa. Padahal, tempat ini menyimpan pemandangan yang indah sehingga sangat disayangkan apabila Anda melewatkannya ketika berkunjung ke Jepang.

 

https://youstudyjapan.com/assets/img/refectures47/refectures47_58.jpg

Okinawa merupakan kota di Jepang yang terletak di sebelah selatan. Tempat ini memiliki banyak pulau sehingga banyak orang menyebutkan sebagai Kepulauan Ryukyu. Panjang kepulauan Okinawa ini sekitar 1000 km.

Hal yang membuat banyak wisatawan mancanegara mengunjungi Okinawa ialah tempat ini memiliki pantai yang indah dengan batuan karangnya, air laut yang jernih serta pemandangan di sekitar pantai yang luar biasa.

Untuk mencapai Okinawa, Anda bisa menggunakan pesawat terbang. Pesawat akan mendarat di Bandaea Naha. Kemudian, Anda harus berpindah menggunakan monorail setelah sampai di bandara untuk menuju Kota Okinawa.

Tempat Destinasi Wisata yang Indah di Okinawa Jepang

Ada beberapa tempat destinasi wisata yang indah di Okinawa sebagai pilihan Anda. Berikut ini akan kita bahas satu persatu:

Gahi-jima

https://i.ytimg.com/vi/Grz9uxjVVUI/hqdefault.jpg

Okinawa terkenal sebagai tempat yang memiliki pantai indah dan asri. Salah satu pulau di Okinawa yang memiliki keindahan pantai luar biasa adalah Gahi-jima. Pantai di pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat indah dengan langit biru dan air yang jernih. Ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, persiapkan bekal makanan dan minuman karena di tempat ini Anda tidak akan menemukan restoran. Satu lagi, siapkan topi karena di pulau ini cukup panas karena hanya ada sedikit pohon untuk berteduh.

Untuk menuju ke Pulau Gahi-Jima, pengunjung bisa menggunakan Ferry cepat. Lama perjalanan sekitar 50 menit. Namun, jika Anda menginginkan biaya yang lebih murah, Ferry biasa bisa menjadi pilihan dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Yoron-to

http://www.gwigwi.com/wp-content/uploads/2017/01/gwigwi_okinawas-secret-surga-pantai-tersembunyi-di-okinawa-5.jpg

Yoron-to merupakan tempat di Okinawa yang juga memiliki pantai indah. Nama pantai di Yoron-to yaitu Pantai Yurigahama. Keunikan dari pantai ini ialah pasir di sekitar pantai memiliki bentuk mirip bintang. Sebenarnya, pasir bintang ini adalah kerang.

Ada kepercayaan yang berkembang bahwa ketika mengumpulkan pasir mirip bintang ini sejumlah umur Anda, keberuntungan akan selalu hadir. Bahkan, ada penjual yang menyediakan pasir ini yang dikemas dalam botol lucu sehingga sangat cocok dijadikan souvenir.

Shikinaen Royal Garden

http://www.japan-guide.com/g5/7104_01.jpg

Jika berada di tempat yang terik membuat Anda kepanasan, Anda bisa menuju ke tempat yang sejuk di Okinawa. Ya, ada Shikinaen Royal Gargen untuk menikmati sensasi berbeda. Angin semilir dan pepohonan yang rindah bisa dijumpai di tempat ini. Pada awalnya, tempat ini dibangun untuk dijadikan tempat rekreasi utusan Kaisar Cina pada tahun 1799.

Air Terjun Hiji

https://m.kawaiibeautyjapan.com/upload/gallery/3163.jpg

Air Terjun Hiji memiliki pemandangan yang sangat indah. Tempat wisata ini terletak di Yambaru. Penduduk di tempat ini masih sangat jarang sehingga daerahnya masih banyak terdapat hutan. Bagi Anda yang senang mengunjungi tempat wisata alam, air terjun Hiji sangat cocok dijadikan pilihan. Untuk menuju ke air terjun, Anda harus menyusuri jalan setapak. Meskipun Anda harus merasakan lelahnya berjalan kaki, rasa lelah akan terbayar ketika melihat pemandangan air terjun di depan mata. Suasana yang tenang membuat pikiran fresh. Udara di tempat ini juga masih sangat bersih.

Istana Shuri

http://jakarta.tokyo/wp-content/uploads/2015/02/Shuri-Castle.jpg

Di Okinawa, ada tempat bersejarah yang bisa dijadikan destinasi wisata ketika liburan ke Jepang. Ada Istana Shuri. Pada jaman dahulu, Istana Shuri dijadikan sebagai pusat pemerintahan. Lokasi istana ini ada di atas bukit dengan ketinggian sekitar 130 meter.

Anda akan takjub dengan indahnya bangunan Istana Shuri yang dibangun dengan kombinasi unikk antaran gaya tradirtional Cina dan Jepang.

Pengunjung yang ingin mengunjungi Istana Shuri tak perlu cemas karena aksesnya sangat mudah. Anda bisa memilih menggunakan monorail kemudian berhenti di Stasiun Shuri. Dari stasiun ini, lokasi Istana Shuri lumayan dekat.

Kuil Shinto Naminoue

http://the-dailyjapan.com/wp-content/uploads/2016/04/naminoue-interior.jpg

Kuil Shinto Naminoue merupakan bangunan yang digunakan untuk beribadah bagi kaum agama Ryukyu. Dulunya, kuil ini sempat dihancurkan pada tahun 1945. Akan tetapi, kuil ini bisa dibangun kembali sehingga saat ini bisa dipergunakan kembali untuk tempat beribadah sekaligus sebagai tempat wisata kebudayaan. Bahkan, kuil ini dijadikan sebagai kuil utama di Pulau Shinto untuk merayakan berbagai perayaan setiap tahunnya.

Tips Berwisata ke Okinawa

Mendapatkan kesempatan berwisata ke Okinawa, Jepang tentu sangat menyenangkan. Anda bisa menikmati perjalanan menuju Kota Okinawa ini dengan sangat antusias sebab ketika di perjalanan Anda bisa melihat adanya ruas-ruas jalan yang tertata rapi. Ketika berwisata ke tempat ini, Anda harus selalu memperhatikan peraturan yang berlaku dan jangan sampai melakukan perbuatan yang menyimpang dari aturan tersebut.

Penting untuk diketahui bahwa ada beberapa larangan di Okinawa seperti dilarang merokok di beberapa tempat seperti Okiei Dori, Palette Kumoji-mae Dori, Kokusai Dori, dan Oki Gin Honten mae Dori.

Anda bisa mengelilingi Kota Okinawa hanya bermodalkan peta atau Google Map di smartphone. Namun, sebaiknya Anda mempersiapkan kuota internet dari tanah air. Bukan berarti di Jepang tidak ada penjual kuota internet, justru ada SIM khusus untuk menikmati internet di Jepang. Hanya saja kartu SIM tersebut belum tentu dapat digunakan untuk smartphone Anda. Lebih baik berjaga-jaga ya.

Perhatikan makanan yang dijual di Okinawa terutama bagi kaum muslim. Sebagaimana kita tahu, Jepang merupakan negara minoritas Islam. Oleh sebab itu, banyak penduduk yang mengkonsumsi makanan dari bahan babi. Sebelum membeli makanan, tanyakan terlebih dahulu bahan makanan apa yang digunakan. Warga Jepang banyak yang tidak mengerti bahasa Inggris, untuk menanyakannya, Anda bisa menggambar hewan babi yang disilang sebagai ungkapan bahwa Anda tidak mengkonsumsi babi.

Mereka akan mengerti apa yang kita sampaikan kemudian melayani kita dengan menyajikan makanan yang tidak terbuat dari daging babi.

Cara menuju Okinawa dari Tokyo

Okinawa semakin dikenal dunia sebagai tempat wisata indah di Jepang. Hal ini membuat semakin banyak pengunjung yang mendatangi tempat ini. Mereka ingin menikmati indahnya pemandangan alam yang masih asri di Okinawa. Tentu saja, pengunjung akan sangat terhibur ketika berada di sana.

Menggunakan Pesawat

https://www.jalan2kejepang.com/wp-content/uploads/2015/10/pesawat-ANA.jpg

Jika Anda ingin menghemat waktu dan dan biaya, menggunakan pesawat untuk menuju Kota Okinawa merupakan pilihan yang tepat. Tidak perlu khawatir memilih jam terbang karena dalam satu hari ada sekitar 30 jadwal penerbangan menuju Bandara Naha. Berbagai maskapai penerbangan tersedia. Biasanya, perjalanan yang ditempuh menuju Okinawa sekitar 2 jam lebih 30 menit dengan menggunakan pesawat. Harga tiket pesawat bervariasi sekitar 13.790 sampai 44.090. Jenis maskapai Skymark biasanya memberikan diskon khusus. Jadi, jika Anda ingin berhemat sebaiknya memilih maskapai tersebut dengan membeli di awal waktu.

Setelah sampai di Bandara Naha, Aanda harus menggunakan bis untuk menuju tempat wisata yang ada di Okinawa. Bis akan melewati semua tempat wisata yang ada di kota ini. Selain naik bis, Anda bisa memilih naik taksi. Anda banyak taksi Okinawa yang beroperasi. Harganya lebih miring jika dibandingkan dengan harga taksi di Kota Tokyo.

Menggunakan Shinkansen atau mobil sewa

Selain menggunakan pesawat, ada alternatif lain yang bisa dipilih yaitu menggunakan Shinkansen atau mobil sewa. Mobil sewa ini hanya sampai di Kogoshima. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal menuju Okinawa. Waktu yang diperlukan untuk menuju Okinawa dengan mobil sewa ialah sekitar 16 jam. Tentu waktu ini lebih lama dibandingkan dengan menggunakan pesawat. Akan tetapi, keuntungan menggunakan mobil sewa ialah Anda bisa pergi mampir ke tempat manapun yang Anda suka selama perjalanan. Namun, Anda harus mempersiapkan uang ekstra untuk biaya tambahan tersebut.

Nah, Anda bisa memutuskan akan menggunakan transportasi apa untuk pergi menuju Okinawa. Pesawat terbang merupakan transportasi yang sangat direkomendasikan karena selain cepat juga harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil sewa. Namun, semua itu tegantung pilihan Anda.

Setelah mengetahui keindahan alam Okinawa, tentunya tak heran jika banyak pengunjung yang menjadikan Okinawa sebagai tempat yang wajib dikunjungi ketika berliburan ke Jepang. Tidak hanya tempat wisatanya saja yang menarik perhatian para pengunjung, ternyata gaya hidup warga lokal tak luput dari perhatian para wisatawan.

Okinawa memiliki penduduk yang berumur panjang sehingga mendapatkan julukan sebagai “ibukota dunia umur panjang”. Warga Okinawa rata-rata memiliki resiko kematian terendah. Bahkan, ada beberapa warga yang memiliki umur sampai 100 tahun. Jarang sekali ada penduduk yang menderita penyakit mematikan seperti kanker, jantung dan stroke.

Karena umur mereka yang panjang, banyak warga dunia terinspirasi untuk menjalani hidup seperti mereka sehingga bisa hidup sehat dan panjang umur. Berbeda jika melihat penduduk Amerika Serikat. Statistik menunjukkan bahwa penyakit jantung yang diderita oleh penduduk Amerika sangat tinggi.

Ada pertanyaan, sebenarnya apa yang membuat mereka bisa beruntung memiliki umur panjang dan tubuh sehat. Apakah karena faktor keunggulan genetis? Ternyata, jawabannya bukan. Menurut seorang pakar gerontologi dan psikiater Dr. Robert Butler, tubuh manusia sebenarnya mampu bertahan sampai umur 120 tahun. Artinya, kita pun bisa memiliki kesempatan memiliki umur panjang jika bisa menjaga pola hidup sehat seperti orang Jepang.

Rahasia Umur Panjang Penduduk Okinawa

Penduduk Okinawa, Jepang memiliki umur panjang karena mereka memiliki pola hidup sehat. Menu makanan yang dikonsumsi menjadi faktor utama mereka bisa memiliki tubuh sehat. Sebagian besar makanan yang dimakan berasal dari bahan makanan alami. Sementara ketika sakit, mereka memanfaatkan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tidak hanya berumur panjang, penduduk Okinawa juga memiliki tubuh sehat meskipun sudah memasuki usia lanjut. Keadaan fisiknya lebih baik dibandingkan orang-orang usia lanjut di daerah lain. Jika Anda sedang berliburan di sana, Anda akan menemukan bahwa banyak orang-orang usia lanjut yang berusia 90 sampai 100 tahun masih mengendarai sepeda motor. Bahkan, mereka masih bisa berlatih karate. Tentu hal ini menjadi pemandangan yang tak biasa yang jarang ditemukan di negara lain. Banyak orang Okinawa yang lebih senang berjalan kaki ketika akan beraktivitas menuju tempat berkebun.

 

http://mulaisekarang.com/wp-content/uploads/2013/12/Okinawa-diet.jpg

Kesimpulannya, ada dua faktor utama yang membuat seseorang bisa hidup sehat dan memiliki umur panjang yaitu menjaga menu makanan sehar dan gaya hidup sehat. Hal tersebut disebut Ikigai. Siapapun bisa meniru gaya ini supaya bisa hidup sehat dan panjang umur.

Apakah menu makanan penduduk Okinawa?

Okinawa merupakan daerah subur yang terletak di gugusan kepulauan bernama Ryukyu. Sebagian besar penduduknya memiliki pekerjaan sebagai petani. Mereka mengkonsumsi hasil kebun yang mereka tanam sendiri. Mereka senang menanam berbagai jenis tumbuhan. Tidak hanya bahan makanan saja, tetapi berbagai tanaman obat juga ditanam.

Sebagian besar penduduk Okinawa makan makanan yang mengandung sedikit kalori. Hal ini berbeda dengan kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang di berbagai negara. Biasanya mereka memakan makanan dengan banyak kalori.

Ternyata, mengkonsumsi makanan rendah kalori akan menyebabkan berkurangnya radikal bebas. Artinya, berbagai penyakit serius seperti kanker dan penyakit lainnya bisa dihindari. Hal ini menurut Dr Mark Stibict PhD.

Seringnya, penduduk Okinawa memakan makanan dari biji-bijan, sayuran, makanan yang terbuat dari kedelai, dan ikan. Dulunya, mereka sering makan tahu dan rumput laut. Cumi dan gurita termasuk jenis makanan favorit penduduk Okinawa yang ternyata  mengandung banyak taurin sehingga bisa menurunkan kolesterol.

Berikut ini daftar menu makanan sehari-hari yang sering dikonsumsi oleh penduduk Okinawa:

  1. Sayuran dan buah-buahan
  2. Serealia
  3. Bahan makanan yang terbuat dari kedelai
  4. Ikan
  5. Daging serta susu

 

http://the-dailyjapan.com/wp-content/uploads/2016/04/makanan-okinawa.jpg

Secara keseluruhan, penduduk Okinawa memakan makanan yang sangat rendah kalori serta memperbanyak makan sayuran.

Selain memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi, penduduk Okinawa juga memperhatikan gaya hidup Okinawa. Seperti masyarakat pada umumnya, hubungan antara warga Okinari terjalin sangat baik. Mereka hidup tolong menolong dalam berbagai hal misalnya dalam bidang keuangan, sosial, dan emosional. Mereka masih menjunjung tinggi gaya hidup gotong royong yang semakin lama hal tersebut hilang ditelan jaman yang serba modern ini

Dengan adanya hubungan hangat antar sesama, hal ini menciptakan ikatan lingkungan dan spiritual yang bagus. Hal tersebut membuat tingkat stress rendah sehingga kesehatan tubuh membaik.

Selain itu, mereka melakukan aktifitas fisik yang berhubungan dengan mata pencaharian sebagai petani. Hal ini secara tidak langsung seperti melakukan olahraga sehingga membuat badan sehat. Mereka juga sering melakukan nafas mendalam yang disebut ala taichi.

Bagaimana? Apakah Anda terinspirasi untuk selalu hidup sehat ala penduduk Okinawa? Tidak ada salahnya bisa meluangkan waktu untuk mempelajari lebih mendalam mengenai kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan oleh penduduk Okinawa. Mereka memperhatikan menu makanan dan gaya hidup sehat sehingga kesehatan tubuh sehat dan umur panjang.

Jika berlibur ke Okinawa Jepang, Anda bisa memperhatikan hal apa saja yang dilakukan oleh penduduk Okinawa secara langsung. Dengan bertanya langsung dan berinteraksi dengan mereka, Anda akan semakin termotivasi menanamkan gaya hidup seperti mereka. Tidak sulit menanamkan gaya hidup sehat jika dibekali dengan niat yang kokoh. Meskipun awalnya sulit, jika dilakukan terus menerus akan menjadi suatu kebiasaan yang mendarah daging.

Keunikan penduduk Okinawa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Okinawa, Jepang. Selain untuk menikmati surganya pemandangan alam, para wisatawan juga ingin melihat langsung bagaimana banyak orang yang bisa hidup sehat memiliki tubuh bugar meskipun usia sudah tak muda lagi. Hal tersebut sangat menginspirasi bagi siapapun yang ingin memiliki kesehatan yang bagus sehingga terbebas dari berbagai penyakit  yang bisa mengancam nyawa. Otomatis, kondisi tubuh yang bagus akan membuat seseorang memiliki umur panjang.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *