Tips untuk Bekerja Lebih Efisien Tanpa Stres

By | May 8, 2017

Ketika pekerjaan kita terasa overload , hectic , padat , dan di kejar-kejar deadline , kita biasanya segera ingin menyelesaikannya secara tepat waktu atau pada hari itu juga, karena jika ditunda, pekerjaan akan bertumpuk, tetapi rutinitas seperti ini bisa menyebabkan stress dan stamina tubuh kita menjadi drop , kita sangat membutuhkan waktu untuk istirahat dan tidur yang cukup .  untuk itu di perlukan kiat-kiat bekerja lebih efisien tanpa stress.

  1. Disiplin

Anda harus punya target setiap hari anda harus pulang jam berapa , misal saat overload , anda menargetkan untuk pulang jam 7 malam , saat anda menargetkan sesuatu anda berusaha untuk mencapainya bukan ? Sehingga anda lebih menghargai waktu & menggunakan waktu secerdas mungkin & bekerja se efisien mungkin .

  1. Buat List “Thing To Do“

Sebelum Anda meninggalkan kantor, buatlah list pekerjaan yang akan anda kerjakan besok “Thing To do“ tulislah di agenda Anda secara berurut dan saat Anda selesai mengerjakannya coretlah dalam daftar “Thing to do” Anda (sebagai tanda sudah selesai dilakukan).  Cara membuat List To Do yaitu pertamakali Anda membuat daftar permasalahan yang sedang ada dalam pekerjaan Anda. Jika tidak ada buatlah daftar yang kira-kira akan menjadi permasalahan jika tidak segera Anda kerjakan. Misalkan pekerjaan Anda belum selesai karena kurangnya kelengkapan data, sehingga yang perlu Anda lakukaan adalah bagaimana mendapatkan data tersebut. Setelah Anda membuat list permasalahan, kemudian Anda buat list daftar hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Urutkan setiap langkah Anda dalam skala prioritas mulai dari yang terpenting sampai ke yang tidak terlalu urgen.

  1. Buatlah Skala Prioritas

Walau Anda sudah membuat list “Thing to do“ mungkin Anda akan mendapat instruksi mendadak untuk mengerjakan bahan meeting untuk atasan atau atasan meminta anda mengerjakan report , di mana kita harus segera mengerjakannya. Saat anda sedang mendapatkan instruksi tersebut , tanyakan pada atasan anda , mana yang lebih prioritas untuk di kerjakan , karena jika report yang sedang anda kerjakan dan sudah due date dan anda terlambat mengerjakannya, anda akan di nilai lambat dan kurang reponsible terhadap pekerjaan anda . Jadi sebaiknya anda tanyakan kapan report yang di instruksikan oleh atasan harus selesai .

  1. Lakukan apa yg Menjadi Hobi Anda

Untuk menghilangkan kejenuhan , penat dan stress , Anda perlu sedikit refreshing yang bisa membuat Anda have fun dan enjoy , misal : Karaoke bersama teman-teman / keluarga , menonton , fitness , berenang , berkumpul bersama teman-teman atau keluarga di suatu tempat (cafe) .

  1. Ambil Cuti dan Liburan

Jika Anda masih memiliki jatah cuti , tidak ada salahnya jika Anda , mengambil cuti Anda beberapa hari saja , untuk berekreasi ke luar kota , dengan suasana baru akan membuat anda lupa dengan masalah-masalah di kantor dan ketegangan-ketegangan dalam pekerjaan Anda, sehingga saat Anda kembali ke kantor , Anda akan lebih fresh , walaupun Anda menghadapi rutinitas Anda seperti sebelumnya .

Demikianlah tips agar dapat bekerja lebih efisien serta terhindar dari stress dan ketegangan sehari hari di kantor. Semoga tips di atas dapat bermanfaat.

 

(Lisnawati)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *