Tips Wisata Islami ke Tempat Menarik di Negeri Para Nabi

By | April 6, 2017

Arab Saudi merupakan salah satu negeri yang kaya yang terkenal dengan julukan negeri para nabi. Jazirah Arab yang terletak di Timur Tengah ini sangat terkenal dengan tujuan ibadah haji dan umroh. Indonesia memiliki penduduk yang sebagian besar penduduknya beragama Islam. Setiap tahunnya, Indonesia juga memberangkatkan ribuan jamaah haji dan umroh untuk menuju kota para nabi tersebut.

Tidak hanya untuk melakukan ibadah haji dan umroh, namun negeri Arab Saudi memiliki banyak sekali tempat menarik untuk dikunjungi baik dari segi tempat wisata maupun dari segi tempat untuk berziarah. Tempat-tempat wisata yang tersedia sangatlah indah dan diluar bayangmu. Lalu, apakah kamu memiliki mimpi untuk berwisata ke negeri Timur Tengah yang kaya raya dengan minyaknya tersebut? Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata dan ziarah di Timur Tengah.

Gunung Uhud, Saksi Bisu Peperangan Uhud

Wisata Islami Gunung Uhud

(http://metroterkini.com/berita-16564-gunung-uhud-bergetar-didatangi-nabi-dan-sahabat.html)

Gunung Uhud merupakan salah satu gunung yang paling besar di Madinah. Gunung yang terletak pada jarak 4 km dari arah Timur Laut Madinah ini merupakan saksi bisu dari pertempuran Uhud. Pertempuran yang dilakukan oleh Pasukan Mekah dengan Muslim yang melintas di gunung ini pun akhirnya dinamakan dengan pertempuran Uhud. Panjang gunung ini adalah sekitar 7 km.

Kamu bisa mengunjungi gunung Uhud ketika berwisata ke Saudi Arabia. Ini akan membuat liburanmu menjadi semakin menyenangkan. Selain melihat pemandangan gunung Uhud, para wisatawan juga bisa sekalian untuk melakukan ziarah di makam-makam syuhada yang dimakamkan di kawasan gunung tersebut seperti Hamzah bin Abdul Muththalib yang merupakan saudara sepersusuan Rasulullah.

Tips Berkunjung ke GUNUNG Uhud

Untuk mengunjungi gunung Uhud dan sekaligus untuk mengunjungi makam para syuhada, sebaiknya kamu melakukan perjalanan  wisata tersebut di siang hari. Selain itu, berpakaianlah yang sopan dan jangan lupa untuk mencari informasi seputar jam kunjung. Bisa jadi kamu sudah jauh-jauh pergi ke sana di sore hari namun ketika sampai di sana lokasi yang kamu datangi tersebut ternyata sudah tutup.

Tempat Nabi Menerima Wahyu Pertama, Gua Hira

Wisata Islami Gua Hira

(http://www.sabamanagement.com/2015/05/jabal-nur-dan-gua-hira.html)

Tempat wisata kedua yang bisa kamu kunjungi adalah Gua Hira. Gua Hira sejatinya merupakan sebuah saksi bisu tempat Rasulullah menerima wahyu untuk yang pertama kalinya. Gua Hira adalah tempat yang digunakan oleh Nabi Muhammad untuk menyendiri. Ia menenangkan pikirannya di sana. Pada suatu malam ketika wahyu pertama turun di dalam Gua Hira melalui perantara malaikat Jibril, proses yang panjang ia lakukan hingga diterima sebagai seorang nabi dan rasul yang diterima oleh seluruh alam..

Memasuki Gua Hira, ini akan terasa sedikit gelap. Kamu juga harus melewati proses antrian yang cukup panjang karena Gua Hira hanya menampung 4 orang saja. Saat berkunjung ke Gua Hira, biasanya wisatawan juga sekaligus berkunjung ke Jabal Nur Puncak Gunung Jabal Nur. Perjalanan yang panjang akan ditmepuh nantinya.

Namun jangan salah, kamu akan terpana ketika telah mencapai puncak Jabal Nur dan Puncak Gua Hira. Akan ada pemandangan yang super indah bisa ditemui di sana. Pemandangan kota Mekah tanpa halangan gedung-gedung yang tinggi bisa kamu nikmati. Jadi, rasakan serunya napak tilas Rasulullah ke Gua Hira dan Jabal Nur.

Tips Berkunjung ke Gua Hira

Menempuh perjalanan di dalam Gua Hira dan ke Puncak Jabal Nur memerlukan medan yang cukup sulit. Anda harus mempersiapkan stamina fisik yang sangat kuta. Untuk berkunjung ke Gua Hira, kamu akan menempuh perjalanan dalam waktu kurang lebih 1 jalan. Itu juga bukan merupakan jalan yang mulus seperti di jalan raya. Batu yang terjal adalah jalanan yang akan kamu tempuh. Tingkat kemiringan yang ada di jalan juga mencapai 60 derajat sehingga kamu benar-benar harus berhati-hati dengan langkahmu.

Beribadah di Keagungan Masjid Nabawi

Wisata Islami Mesjid Nabawi

(https://www.wallpapersafari.com/wallpaper-masjid-nabawi/)

Masjid Nabawi merupakan salah satu masjid yang termahsyur yang terletak di Kota Madinah. Perlu diketahui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah orang yang membangun masjid ini dan akhirnya masjid ini pun dijadikan sebagai situs makam dirinya dan para sahabat Rasulullah SAW. Masjid Nabawi merupakan bangunan masjid yang paling besar di seluruh dua dunia dan yang kedua adalah Masjidil Haram.

Dikatakan bahwa seseorang yang melakukan ibadah di Masjid Nabawi akan diberikan pahal 1000 kali lipat lebih besar. Jadi selain menjadi tempat wisata yang sangat mempesona di kota Madinah, wisatawan juga akan sekaligus melakukan ziarah ke makan Nabi Muhammad SAW. Dulunya, lokasi Masjid Nabawi hanyalah padang kosong dengan beberapa tanaman kurma yang tumbuh di sana.

Fakta Tentang Masjid Nabawi

Beberapa fakta tentang masjid Nabawi yang belum diketahui oleh banyak orang adalah:

  1. Masjid Nabawi dulu pernah terbakar api. Ketika Masjid Nabawi terbakar, api tersebut menghancurkan beberapa bagian masjid seperti atap dan tiang. Dan pada akhirnya, terdapat dinding yang membatasi Makam Nabi Muhammad SAW. Namun sekarang, masjid atau rumah suci ini telah dilindungi dan direnovasi oleh para pemimpin Negara muslim.
  2. Terdapat sebuah makam kosong pada area makam Nabi. Ini sebenarnya masih merupakan kabar yang simpang siur bahwa makam tersebut telah disiapkan untuk Nabi Isa AS.
  3. Terdapat pita-pita raksasa yang berfungsi untuk menurunkan suhu. Memang suhu yang di kota mekah sangatlah panas dan bisa mencapai 45 derajat. Namun, pita yang terbuat dari bahan khusus ini akan menurunkan suhu hingga 8 derajat.Oleh karena itu, tak heranlah jika banyak orang yang berlindung di bawah pita ini.

Mesjid Nabawi

(http://s33.postimg.org/b6ajzdutr/nabawi2.jpg)

 

Tips Berkunjung Ke Masjid Nabawi

Untuk mengunjungi rumah suci Masjid Nabawi yang berada di Madinah ini, wisatawan juga diperkenankan untuk mempersiapkan kondisi fisik. Kamu harus tahu bahwa suhu di sana tidak seperti di Indonesia. Kamu akan merasakan panas ketika berada di suhu 45 derajat. Jadi, kondisi tubuh yang prima memang sangat diperlukan.

Disarankan untuk mengenakan pakaian yang memiliki bahan dan warna yang mudah menyerap panas seperti warna putih. Kenakanlah pula pakaian yang sopan dan persiapkan diri untuk melakukan ibadah dengan berlipat-lipat pahal yang akan didapatkan.

Keistimewaan Air Mancur King Fahd’s

Air Mancur King Fahd

(http://eljohnnews.com/2017/03/02/wisata-air-mancur-king-fahds-tertinggi-di-dunia/)

Air Mancur King Fahd’s merupakan salah satu tempat wisata yang akan membius hati para wisatawan yang datang. Air mancur ini berada tepatnya di Kota Jeddah. Bagaimana air mancur ini menjadi air mancur yang paling tinggi di dunia? Hal tersebut dikarenakan air yang menjulang tinggi ke atas tersebut didorong oleh jet. Ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat atraktif bagi para wisatawan yang datang.

Ketinggian air mancur ini mencapai 1.024 kaki dan terlihat membentuk warna pelangi ketika dilihat dari kejauhan. Memang tak banyak orang yang mengetahaui bahwa negeri para nabi ini memiliki obyek wisata yang sangat keren. Tujuan dari pembuatan wisata ini adalah untuk konservasi karena air yang digunakan untuk membuat air mancur tersebut ternyata bukanlah air tawar, melainkan air laut.

Tips Berkunjung Ke Air Mancur King Fahd’s

Ada beberapa hal yang penting untuk kamu perhatikan. Berkunjung ke Air Mancur ini dapat dilakukan di siang hari untuk melihatnya dengan lebih jelas. Namun, tips berikutnya untuk mengunjungi air mancur ini adalah pada waktu malam hari.

Ketika malam hari tiba, air mancur tersebut akan menciptakan sebuah iluminasi dimana aka nada seolah-olah malaikat yang turun ke bumi. Ini bisa dinikmati oleh semua pengunjung yang sedang melihat air mancur tersebut. Sketsa malaikat yang turun ke bumi dalam gelapnya alam akan menentramkan hati siapa saja yang melihatnya. Jadi, setelah puas dengan wisata religi di negeri para nabi, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri mengunjungi tempat ini.

Melakukan Aktivitas Air di Albatoul Marine

Albatoul Marine

(https://www.tripadvisor.com/Attraction_Review-g295419-d4764300-Reviews-Albatoul_Marine-Jeddah_Makkah_Province.html)

Bagi kamu yang gemar melakukan olahraga air, ternyata Saudi Arabia juga mempersiapkan sebuah tempat yang spesial untuk kamu. Wisata air water blob merupakan salah satu wisata yang sangat menghibur di tempat ini. Aktivitas air yang kini telah menjadi trend di banyak negara akan kamu nikmati dengan cukup membayar 91 ribu rupiah saja.

Nantinya, kamu akan diberikan peralatan yang lengkap dan bisa terbang tinggi di atas laut karena terdorong dengan tekanan. Ini mirip sekali dengan roket namun bedanya hanya banyak air yang akan dikeluarkan untuk menopang badanmu. Nikmati pemandangan alam yang cantik di sekitar dengan terbang tinggi menggunakan water blob.

Tips Berkunjung ke Albatoul Marine

Persiapan fisik yang cukup harus kamu miliki karena ini memerlukan adrenalin untuk membuat kamu bisa terbang tinggi di atas air. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan keseimbangan tubuh. Tanpa adanya keseimbangan, kamu tidak akan bisa berdiri dengan maksimal di atas roket. Namun jika keseimbangan tersebut bisa kamu jaga, kamu pun bisa menikmati pemandangan di sekitar laut dengan lebih maksimal.

Keelokan Menara Jeddah

Menara Jeddah

(detikNews.com)

Menara Jeddah atau Jeddah tower merupakan salah satu menara yang paling tinggi di dunia. Menara Jeddah sebenarnya merupakan salah satu gedung pencakar langit. Di dalam gedung ini, terdapat banyak ruangan seperti kantor dan beberapa ruangan lainnya. Menara yang menembus awan ini bisa dilihat dengan sangat cantik.

Perancangan menara  yang sangat tinggi ini tentunya memerlukan proses dan pertimbangan yang matang. Ini akan membuat keamanannya terjaga dengan maksimal. Apalagi menara yang sangat tinggi ini harus mampu menahan tekanan angin dan kapasitas di dalam gedung ini sendiri. Pengunjung yang datang akan melihat cantiknya laut merah dari kejauhan.

Tips Berkunjung ke Jeddah Tower

Untuk berkunjung ke Jeddah tower, tentu saja Anda harus mempersiapkan transportasi ke sana. Carilah informasi mengenai rute terdekat dari tempat Anda berada menuju menara Jeddah. Persiapkan kamera untuk mengabadikan pemandangan laut merah yang bisa Anda lihat dari ketinggian yang luar biasa.

Oase Tayma Yang Unik

Oase Tayma

(http://www.triktravel.com/tempat-wisata-di-arab-saudi/)

Oase Tayma merupakan salah satu tempat wisata unik yang bisa kamu kunjungi di negeri para nabi. Tempat ini sangat menonjol dari abad ke 7 SM.Oase berukuran sangat besar ini tepatnya terletak di utara kota Madinah. Anda bisa menemphnya dengan jarak 264 km dari Tenggara kota bernama Tabouk.

Dulunya, oase memangjang ini merupakan bukti dari makmurnya pemukiman Yahudi. Itu bisa dilihat dari adanya sumber air yang banyak, banyaknya sumur-sumjr, dan banyaknya pula bangunan-bangunan yang megah di sana.Jadi, sempatkanlah untuk mengunjungi kota ini ketika berada di negeri para nabi.

Tips Berkunjung ke Tayma

Layaknya tips berkunjung ke tempat wisata di Saudi Arabia, kamu harus mempersiapkan kondisi fisik yang kuat. Suhu yang panas akan berada di hampir semua tempat di sana. Terlebih lagi, kamu harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk menuju ke Tayma. Namun ketika telah sampai di sana, kamu akan terkejut melihat pemandangan oase nan cantik dan penuh dengan nilai-nilai sejarah.

Bawalah bekal untuk perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Atau , kamu bisa mampir terlebih dahulu di tempat yang menjual makanan di sana sebelum menikmati pemandangan oase yang tidak akan membuatmu merasa lapar.

Keunikan Madain Saleh

Madain Saleh

(http://saudi-archaeology.com/sites/madain-saleh/)

Madain Saleh merupakan salah satu situs yang tidak jauh dari Al-Ula. Jaraknya kurang lebih 22 km dari Ula. Situs ini sebenarnya lebih terkenal dengan sebutan Al Hijr. Banyak pula orang yang menyebutnya denagn nama Hegra. Situs ini sebenarnya merupakan sisa-sisa dari peradaban Nabatean. Nama Hegra sendiri merupakan sebutan untuk Madain Saleh dari orang-orang penduduk negeri Nabatean.

Kebanggaan tersendiri bagi Raja Arab Saudi untuk memiliki situs yang sangat menawan ini. Ini dikarenakan Madain Saleh telah dinobatkan sebagai World Heritage Site atau dengan kata lai Situs Warisan Dunia.

Kamu bisa berkunjung dan memasuki situs ini untuk melihat keindahan dari situs peninggalan masa lalu tersebut. Luas dari situs ini adalah sekitar 4.010 hektar. Dalam sejarahnya, pernah ditemukan batu-bata yang berada di sana. Itu merupakan salah satu bukti bahwa diperkirakan batu-bata tersebut merupakan sisa-sisa dari bangunan penduduk Nabatean. Arkeolog yang menemukannya menganggap bahwa itu semua adalah peninggalan dari para muslim umat Nabi Saleh. Itulah mengapa situs ini disebut Madain Saleh.

Tips Berkunjung ke Madain Saleh

Karena jaraknya memang cukup jauh, kamu perlu menempuh perjalanan yang cukup panjang dari Al Ula yang berada di Provinsi Madinah untuk mencapai situs tersebut. Jadi, persiapan fisik yang cukup harus kamu penuhi untuk bisa menikmati keindahan Situs Madain Saleh. Persiapkan pula kamera untuk mengabadikan berbagai moment luar biasa di sana. Wah, sepertinya memang kamu harus berkunjung ke situs paling menarik ini ketika berkunjung ke negeri para nabi.

Jembatan Jamarat

Jembatan Jamarat

(http://www.coss.ethz.ch/publications/supporting/crowd-turbulence.html)

Jembatan Jamarat merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Arab Saudi. Tidak hanya umat islam saja yang bisa melewati jembatan ini. Namun penduduk non islam pun diperkenankan untuk melintasi jembatan ini. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan yang berhubungan dengan pelemparan jumrah.

Tempat ini begitu ramai ketika musim haji tiba. Terdapat setidaknya 12 pintu keluar dan ada 10 pintu masuk . Pintu-pintu tersebu ada di setiap tingkat. Dengan demikian, tidak akan ada antre panjang untuk melewatinya.

Itulah beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di negeri para nabi. Sempatkanlah waktu untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut untuk menapak tilas nabi Agung Nabi Muhammad SAW.

Melihat indahnya ciptaan yang Maha Kuasa di negeri Arab Saudi akan meningkatkan iman dan takwa tersendiri bagi umat islam. Semoga kelak kita semua bisa berkunjung ke negeri yang dicintai Allah ini.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *