Inilah Keindahan Alam yang Menjadi Tujuan Wisata Raja Salman di Bali

By | March 8, 2017

Bali memang memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Banyak orang yang berkunjung ke Bali untuk menghabiskan waktu liburannya. Termasuk juga Raja Salman Sang Raja dari Arab Saudi juga memilih Bali sebagai destinasi wisata.

 

 

Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Indonesia karena mendapatkan kunjungan dari Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Selain berkunjung ke tanah air untuk urusan kenegaraan, beliau juga ingin menikmati liburannya di Pulau Dewata Bali. Tentunya Raja Salman memiliki alasan mengapa dia memilih Bali untuk berlibur. Kira-kira apa ya alasannya? Adakah alasan lain selain karena Bali merupakan tempat yang indah?

Menurut Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama Mohammed al-Shuibi, Raja Salman memilih berlibur ke Bali karena Bali merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di dunia. Bali memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa. Inilah alasannya mengapa Raja Arab memilih Bali sebagai destinasi wisatanya.

Ketika di Bali, Raja Salman ingin menghabiskan waktunya hanya untuk menikmati keindahan Bali. Di sana, tidak ada agenda lain selain berwisata termasuk bertemu media. Uniknya, walaupun ada Raja Salman di Bali, tempat wisata di Bali tidak akan ditutup untuk umum. Sang Raja memiliki komitmen tidak ingin mengganggu segala aktivitas masyarakat di Indonesia.

Berkunjung ke Pura Uluwatu

Siapa yang tidak mengenal Pura Uluwatu. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Pulau Bali meskipun sebenarnya tempat ini ialah tempat peribadatan penganut Hindu. Hal yang membuat Pura ini begitu istimewa ialah karena lokasinya berada pada ketinggian 97 meter dari permukaan laut. Lokasinya berada pada tebing berbatu di tepi laut lepas. Semua orang yang berkunjung ke Pura ini bisa menikmati indahnya pemandangan lautan yang terbentang di depan mata.

 

Wisata Bali Uluwatu

(http://www.balitrips.co.id/wp-content/uploads/2016/04/uluwatu-sunset-tour-1-800×410.jpg)

 

Lokasi Pura Uluwatu berada di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Tak heran jika Pura Uluwatu menjadi salah satu destinasi yang dituju oleh Raja Salman. Banyak orang yang tidak ingin ketinggalan mengunjungi tempat ini. Berwisata ke Bali akan terasa kurang tanpa mengunjungi tempat ini.

Apabila kamu berniat mengunjungi Pura Uluwatu, sebaiknya datang pada sore hari. Di sana, kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang sangat memukau. Selain itu, ada pagelaran tari kecak yang berada di tempat terbuka. Latar belakangnya ialah lautan lepas sehingga membuat setiap pengunjung merasa sangat kagum dengan apa yang dimiliki Bali.

Setiap pengunjung tidak ingin ketinggalan menikmati indahnya sunset di kawasan Pura Uluwatu sambil menikmati Tari Bali yang indah. Biasanya, Tari Kecak bisa dinikmati oleh setiap pengunjung di malam hari mulai pukuk 18.00 WITA bersamaan dengan waktu matahari terbenam. Saat itulah pemandangan benar-benar indah.

Di sana, para wisatawan bisa melihat pemandangan yang indah akan hamparan tebing batu. Selain itu, ada ratusan monyet yang hidup di kawasan tersebut. Para wisatawan bisa berinteraksi dengan para monyet tersebut. Perlu diperhatikan untuk menyimpan barang-barang bawaan dengan hati-hati agar tidak diambil oleh monyet. Meskipun monyet di sana hidup secara liar, pengunjung tidak boleh memberi makan monyet-monyet tersebut.

Wisata Bali-2

http://3.bp.blogspot.com/-sB7SW4G2b84/UlPg5lzcPUI/AAAAAAAAAec/MJeWcz9rvOk/s1600/uluwatu-2.jpg

Tari Kecak sudah dikenal oleh banyak orang dalam taraf internasional. Tari ini sangat indah dengan dilengkapi alunan musik khas Bali. Penari Tari Kecak ialah beberapa laki-laki. Mereka menari sambil mengeluarkan suara mengikuti alunan musik. Suara sang penari yang bergantian membuat tarian ini semakin menarik.

Wisata Bali Tari Kecak

http://www.uluwatukecakdance.com/wp-content/uploads/Kecak-dance-uluwatu.jpg

Sejarah Pura Uluwatu

Pura Uluwatu sudah ada sejak jaman dulu kala. Bagi penganut Hindu, fungsi pura ini ialah untuk memuja pendeta Dang Hyang Nirartha. Beliau melakukan perjalanan yang dianggap suci oleh penganut Hindu dan berakhir di Bali. Setiap wisatawan yang datang ke lokasi Pura Uluwatu hanya diperkenankan berada di luar sebab bagian pura hanyalah digunakan untuk peribadatan bagi penganut Hindu.

Setiap harinya, ada banyak pengunjung yang memadati daerah wisata Pura Uluwatu. Para wisatawan berasal dari dalam dan luar negeri. Tiket masuk ke kawasan Pura Uluwatu cukup terjangkau yaitu sebesar Rp. 20.000. Apabila kamu ingin melihat pertunjukan Tari Kecak, tiket masuknya ialah Rp. 100.000.

Tips berkunjung ke Pura Uluwatu

Sebelum pergi ke Pura Uluwatu, perhatikan bahwa ada beberapa tips agar berkunjung ke tempat wisata ini lancar dan menyenangkan.

  1. Pilih waktu yang tepat yaitu pada sore hari. Pemandangan di kawasan pura ini akan lebih indah di saat ada pemandangan sunset.
  2. Pakailah pakaian yang sopan sebab para pengunjung tidak diperbolehkan memakai pakaian seksi atau kurang sopan. Di sana, akan ada petugas yang mengawasi pakaian para pengunjung. Misalnya, jika ada pengunjung yang mengenakan celana pendek, maka petugas akan meminjami kain panjang untuk dipakai.
  3. Jika sedang menstruasi dan Anda jujur mengatakannya, maka Anda dilarang berkunjung ke sana. Menurut kepercayaan Hindu, wanita yang sedang mengalami menstruasi tidak boleh masuk ke bagian dalam pura.
  4. Jangan lupa membawa kamera jika berkunjung ke sana untuk mengabadikan setiap moment.
  5. Simpan barang bawaan dengan hati-hati karena ada banyak monyet yang mengintai. Hindari memakai perhiasan berlebihan karena bisa mencuri perhatian para monyet.
  6. Jaga jarak dengan para monyet agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  7. Perhatikan setiap petunjuk dan himbauan yang ada di kawasan Pura Uluwatu.
  8. Jagalah kebersihan di kawasan pura dan di manapun Anda berada.
  9. Jika kamu memang membutuhkan pemandu wisata, kamu bisa mendapatkannya saat berada di pintu masuk.

Keindahan Kawasan Garuda Wisnu Kencana

Selain Pura Uluwatu, tempat yang tak kalah indah yaitu kawasan Garuda Wisnu Kencana. Tak heran jika Raja Salman juga memilih tempat ini menjadi destinasinya. Kawasan ini berada di Tanjung Nusa Dua, Badung, Bali.

Wisata Bali Patu Wisnu

http://www.anythingbali.com/wp-content/uploads/2014/05/Tempat-Wisata-Di-Bali-GWK.jpg

Tempat wisata ini berjarak sekitar 40 km dari Denpasar. Di taman tersebut ada patung Wisnu yang dibuat oleh seorang seniman asal Bali bernama I Nyoman Nuarta. Wisnu adalah dewa pemelihara dalam kepercayaan penganut Hindu. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja. Tinginya mencapai 75 meter dan 60 meter.

Pemandangan di kawasan Garuda Wisnu Kencana sangat indah karena lokasi ini berada di ketiggian 146 di atas permukaan tanah. Saat berkunjung ke tempat ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam sekitar dari ketinggian.

Uniknya lagi, ada mata air di kawasan tempat wisata ini letaknya di samping patung Wisnu yang dipercaya sebagian masyarakat berkhasiat membantu menyembuhkan penyakit. Sebagian orang mempercayai khasiat ini. Selain itu, mata air ini juga tidak pernah (jarang) kering di waktu kemarau.

Wisata Bali Taman Garuda Wisnu

http://wiki-wisata.blogspot.co.id/2016/05/wisata-taman-budaya-garuda-wisnu-kencana-bali-indonesia.html

Sama seperti Pura Uluwatu, perempuan yang sedang mengalami menstruasi dilarang oleh penganut Hindu berada di kawasan ini. Jadi, jika kamu sedang menstruasi, diminta agar jangan masuk ke area tersebut. Beberapa wisatawan yang datang ke kawasan Garuda Wisnu Kencana terlihat melakukan ritual tertentu (seperti doa) di dekat sumber mata air tersebut.

Di tempat tersebut, ada juga patung Garuda yang letaknya berada persis di belakang patung Wisnu. Tinggi patung garuda ini mencapai 18 meter. Lalu, ada sebuah lorong besar yang terbuat dari batu kapur. Ruangan ini mampu menampung wisatawan sebanyak 7.000 orang. Nama lorong ini yaitu Lotus Pond. Di sana, sering diadakan bermacam-macam acara besar. Misalnya yaitu konser musik.

http://1.bp.blogspot.com/-vipCiNwKKMM/UeLWNwWBcQI/AAAAAAAAAdo/Y7oC2ylXXgc/s1600/Things+to+do+in+Bali+at++GWK+-+Garuda+Wisnu+Kencana+Cultural+Park+yeard2.jpg

Berkunjung ke kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana memang mengasyikkan. Di sana juga terdapat bioskop mini yang terdapat film Garuda Cilik. Film ini menceritakan tentang kisah Wisnu dan Garuda. Kamu bisa menonton film ini ketika berkunjung ke sana.

Selain itu, kamu juga bisa menonton pertunjukan tari Bali. Kamu juga berkesempatan untuk berfoto dengan penari dan pemain musik di sana. Siapkan dana sebesar Rp. 70.000 untuk biaya tiket masuk ke kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana.

Tips berkunjung ke kawasan Garuda Wisnu Kencana

Nah, berikut ini ada sedikit tips yang perlu diperhatikan bila berkunjung ke taman budaya Garuda Wisnu Kencana. Yang pertama, tentukan jadwal kunjungan dengan perencanaan yang matang. Pastikan jadwal kunjungan ke tempat ini bertepatan dengan pementasan tari di sana. Tentu sangat disayangkan jika kamu ke sana dengan jadwal yang salah.

Lalu, untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang budaya di Indonesia, tidak ada salahnya jika kamu berwisata dengan menggunakan jasa pemandu wisata. Kamu akan mendapatkan informasi yang lengkap mengenai sejarah tempat ini. Jangan ragu terhadap pemandu wisata jika ada suatu hal yang membuatmu penasaran.

Supaya acara wisata berjalan dengan lancar dan nyaman, pilih pakaian yang berasal dari bahan kaos. Di area GWK cuaca sangat panas. Jika kamu memakai pakaian kaos, kamu tidak akan merasa kepanasan karena bahan katun dapat menyerap keringat dengan baik.

Berkunjung ke Tempat Wisata Puri Ubud Gianyar Bali

Satu lagi tempat wisata di Bali yang akan dikunjungi oleh Raja Arab Salman. Tempat wisata ini yaitu Puri Ubud Gianyar Bali. Tahukah kamu perbedaan antara puri dengan pura? Meskipun namanya hampir sama, keduanya sangat berbeda. Jika pura merupakan bangunan yang digunakan untuk peribadatan bagi penganut Hindu, lain hal dengan puri. Puri merupakan bangunan seperti istana yang digunakan sebagai tempat tinggal.

Wisata Bali Puri Saren

http://plesiryuk.com/wp-content/uploads/2015/07/Puri-Saren-Agung-Ubud.jpg

Lokasi wisata Puri Ubud berada di Ubud, Gianyar, Bali. Tempat ini menjadi destinasi favorit banyak orang baik turis regional maupun internasional. Setiap harinya, lokasi ini sangat ramai dengan pengunjung. Tentu saja, tempat wisata ini dijadikan sebagai destinasi wisata para wisatawan yang berlibur ke Bali karena tempat ini memiliki keindahan yang luar biasa. Saat berada di tempat ini, pengunjung dapat merasakan sensasi berbeda dari kegiatan sehari-hari. Inilah alasannya mengapa tempat ini layak untuk kamu kunjungi.

Lokasi tempat wisata Puri Ubud sangat mudah ditemukan. Kamu tak perlu kebingungan jika ingin mengunjunginya sebagai salah satu destinasi wisatamu berlibur ke Bali. Kamu bisa mencari lokasi ini melalui internet. Sudah ada google maps yang siap membantumu dalam menemukan tempat wisata yang luar biasa ini.

Keindahan alam yang dimiliki oleh Puri Ubud Gianyar Bali memang tidak bisa tertandingi. Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, kawasan ini juga menjadi tempat tinggal penduduk lokal yang sangat ramah terhadap para wisatawan. Hal ini membuat banyak wisatawan merasa betah berada di Ubud, Bali.

Meskipun jaman sudah modern, wisata Puri Saren Agung di Ubud ini tetap menjadi pilihan banyak orang. Justru semakin banyak orang merindukan suasana tradisional. Di tempat inilah nilai kebudayaan masih tetap dipertahankan. Di sana, terdapat rumah-rumah tradisional yang dulunya menjadi rumah peristirahatan Raja Ubud.

Bangunan rumah-rumah di kawasan ini sangat unik karena masih mempertahankan ciri tradisionalnya. Bangunannya memiliki nilai artistik yang tinggi. Di tempat tersebut, kamu bisa menemukan adanya auditorium yang biasa digunakan untuk tempat pertemuan.

Puri ini menjadi salah satu bukti akan kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Warisan nenek moyang yang tetap lestari tidak luntur akibat perkembangan jaman. Masyarakat di Ubud selalu melestarikan alam. Mereka juga menjunjung tinggi adat istiadat yang diwariskan oleh nenek moyang hingga saat ini. Semua itu bisa dilihat dari aktivitas upacara keagamaan yang dilakukan secara santun.

Wisata Bali Puri Saren Ubud

http://bali.panduanwisata.id/files/2011/10/puri-saren5.jpg

 

Fasilitas yang ditemukan di Puri Ubud Gianyar Bali

Jika berkunjung ke lokasi Puri Ubud Gianyar Bali, ada beberapa fasilitas yang bisa dipergunakan oleh para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut yaitu :
– Area Parkir kendaraan

– Restaurant

– Bungalow

– Toko souvenir

– Money changer

– Kamar mandi / MCK

– Tempat Istirahat

– dan masih banyak lainya

Tips berwisata ke Puri Ubud Gianyar Bali

Sebelum berencana berwisata ke Puri Saren Ubud, sebaiknya kamu memahami beberapa tips berwisata ke tempat ini agar wisata bisa berjalan sangat menyenangkan. Banyak orang gagal menikmati liburannya karena tidak adanya persiapan yang matang ataupun karena tidak mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Apabila kamu ingin berkunjung ke Puri Saren Agung, pilihlah waktu yang tepat. Jangan datang di saat cuaca tidak mendukung seperti di musim hujan. Ketika hujan, kamu akan kesulitan berjalan-jalan di sekitar kawasan ini.

Lalu, persiapkan untuk membawa bekal saat ingin berwisata. Bekal makanan dan air minum sebaiknya kamu persiapkan meskipun di sana kamu bisa membelinya. Hal ini untuk berjaga-jaga seandainya di tempat wisata tidak ada makanan yang sesuai dengan seleramu. Kemudian, hal yang paling penting ialah jangan lupa membawa kamera. Liburan rasanya wajib berfoto ria di tempat wisata. Moment yang indah bersama teman atau keluarga bisa diabadikan dengan alat ini. Jadi, jangan sampai kameramu ketinggalan ya.

Selain itu, perhatikan kesehatan saat berlibur ke tempat wisata ini. Ada beberapa perlengkapan kesehatan yang harus dibawa. Barang-barang tersebut misalnya yaitu obat-obatan, sabun, tissue basah, antiseptik, dan lain sebagainya. Kamu juga harus mempersiapkan fisik jauh-jauh hari sebelum berangkat berwisatan. Kondisi tubuh yang prima membuat daya tahan tubuh kuat sehingga akan tahan terhadap berbagai macam penyakit. Persiapkan juga kendaraan untuk berwisata ke Puri Saren Agung Bali. Ada berbagai macam transportasi yang bisa kamu pilih seperti mobil pribadi, taksi, sepeda motor ataupun angkutan umum. Kamu bisa memilih salah satunya berdasarkan selera dan kantong budget. Pastikan bahwa kenyamanan merupakan faktor terpenting dalam berwisata.

Demikianlah informasi mengenai tempat wisata di Bali yang memiliki keindahan luar biasa yang bisa kamu kunjungi. Sungguh Allah Maha besar atas karunianya termasuk keindahan alam di Bali. Masing-masing tempat wisata tersebut memiliki keindahan yang berbeda-beda. Jangan sampai kamu melewatkan untuk berwisata ke beberapa tempat tersebut ketika memiliki agenda berwisata ke Bali. Tanpa mengunjungi tempat-tempat tersebut, berwisata ke Bali belum terasa lengkap. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat sehingga bisa menginspirasi untuk mendapatkan tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selamat berliburan ya.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *