Asyiknya Wisata Alam ke Berastagi, Danau Toba, dan Pulau Samosir di Sumatera Utara

By | March 18, 2017

Sumatera merupakan salah satu Pulau di Indonesia yang memiliki panorama alam yang begitu memukau. Banyak orang yang merencanakan liburan dengan destinasi pulau Sumatera untuk mengenal dan menelusuri lebih jauh indahnya alam Indonesia. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang tertarik untuk berlibur di Pulau Sumatera. Namun banyak wisatawan mancanegara yang datang.

Indonesia sebagai negara yang terkenal dengan sebutan Gemah Ripah Loh Jinawi nyatanya memang memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah. Tanah air ini telah dianugerahi tanah yang begitu subur, laut yang luas, pemandangan yang cantik, suku budaya yang beragam, dan bahasa daerah yang sangat beragam. Kamu bisa merencanakan waktu liburanmu dengan wisata alam ke Sumatera Utara untuk mengenal lebih jauh alam Indonesia tercinta yang indah dan mempesona ini. Kali ini pertamakali.com akan membahas keindahan alam dan tips menarik wisata alam Berastagi, Danau Toba dan Pulau Samosir di Sumut. Yuk kita ikuti !

Wisata Alam Berastagi di Sumatera Utara

Keindahan Pemandangan Air Terjun Dua Warna, Berastagi

Air Terjun 2 Warna Sibolangit

(Air Terjun 2 Warna Sibolangit – flickr)

Air Terjun Dua Warna, begitu nama objek wisata di Berastagi ini disebutkan. Berastagi nyatanya memang menjadi salah satu objek wisata di Sumatera Utara yang patut dikunjungi. Air terjun ini terletak di kawasan perkemahan Sibolangit. Kamu akan melihat air terjun yang sangat eksotis dengan dua warnanya yang bisa menghipnotis setiap mata yang memandang. Siapapun yang datang pasti ingin segera kembali datang lagi kesana.

Air terjun yang terletak di Sibolangit ini berasal dari bekas letusan Gunung Sibayak. Jadi, masih ada unsure belerang yang yang terkandung di dalam airnya. Namun, hal yang menarik dari air terjun dua warna ini adalah tidak memiliki aroma belerang sama sekali lho. Jadi, airnya tidak lengket.

Kamu yang ingin berkunjung ke Air Terjun Dua Warna ini disarankan untuk mempersiapkan diri secara fisik. Mengapa demikian? Air terjun yang letaknya di area bumi perkemahan membuatmu harus melakukan trekking dan menerobos hutan-hutan yang memakan waktu kurang lebih 3 jam. Kamu yang tidak biasa melakukan aktifitas ini pasti akan merasa sangat kelelahan.

Biaya memasuki area Air Terjun Dua Warna tidaklah mahal. Dengan 25 ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati pemandangan alam yang begitu memukau. Supaya tidak tersasar, kamu bisa menggunakan jasa pemandu wisata yang tersedia. Jasa pemandu wisata mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah. Tidak hanya pemandangan air terjun saja yang kamu nikmati, namun banyak kegiatan di alam bebas yang bisa menjadi pengalaman menarik.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Dua Warna

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Lokasi Air Terjun Dua Warna terletak di area bumi perkemahan yang letaknya cukup jauh. Kamu yang sungguh-sungguh ingin berkunjung ke sana harus mempersiapkan beberapa hal.

  1. Pastikan kondisi fisikmu mendukung karena akan memakan waktu sekitar 3 jam untuk menembus hutan menuju Air Terjun Dua Warna
  2. Persiapkan bekal

Seperti layaknya melakukan trekking, bekal merupakan persiapan yang harus ada di ranselmu. Kamu bisa membawa minuman dan makanan ringan di dalam tas

  1. Persiapkan pakaian

Berkunjung ke Air Terjun Dua Warna biasanya tidak cukup memakan 1 hari saja. Untuk orang yang sudah biasa mungkin akan terbiasa bolak-balik trekking. Namun kebanyakan orang melakukan kemah di sana

Sejuknya Suasana di Bukit Gundaling, Berastagi

Wisata Alam Sumatera Utara-Berastagi-Bukit-Gundaling

(http:/idtoba.com)

Selain Air Terjun Dua Warna, kamu juga bisa mengunjungi Bukit Gundaling. Bukit Gundaling terletak pada jarak 3 km dari pusat kota Berastagi.Kamu bisa melihat indahnya kota Berastagi dari ketinggian  1.575 meter dari permukaan air laut. Terdapat dua Gunung yang membuat pemandangan menjadi lebih sempurna yaitu Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak.

Hal yang cukup disayangkan adalah angkutan umum yang masih jarang untuk mengantar wisatawan menuju lokasi ini. Jadi, kamu harus bersiap-siap untuk menyewa jasa angkutan umum dari Kota Berastagi menuju Bukit Gundaling. Padahal, retribusi untuk memasuki kawasan Bukit Gundaling tidaklah mahal. Kamu hanya perlu membayar 4 ribu rupiah untuk menikmati keindahan alam Bukit Gundaling.

Banyak hal yang bisa dilakukan di bukit Gundaling. Contohnya saja camping atau piknik bersama keluarga, jalan-jalan keliling bukit dengan menaiki kuda yang disewakan, dan jangan lupa untuk membeli souvenir khas Bukit Gundaling Berastagi

Tips Berkunjung ke Bukit Gundaling

Bukit Gundaling merupakan salah satu tempat wisata yang indah. Namun untuk menuju ke sana, hal tersebut memerlukan keberanian. Wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi diharapkan agar selalu waspada ketika melewati lokasi perbukitan menuju Bukit Gundaling. Hal ini dikarenakan jalannya yang menanjak dan sangat sempit. Banyak pula jurang yang akan Anda jumpai di sana.

Angkutan umum untuk menuju lokasi ini memang sangat jarang. Jika Anda belum terbiasa menyetir di perbukitan, sebaiknya Anda menyewa angkutan umum untuk menuju bukit Gundaling. Tenang saja, jalan yang menanjak dan berkelok melewati jurang-jurang nantinya akan terbayarkan ketika melihat pemandangan yang begitu memukau dari Puncak Bukit Gundaling.

Susu Sapi Segar Khas Berastagi

Selain menikmati pemandangan alamnya yang cantik, kamu juga bisa menikmati susu segar yang diproduksi satu-satunya produk sapi perahan di Sumatera Utara. Produk susu ini sudah diolah dengan cara yang modern. Kamu bisa singgah sebentar untuk menikmati segarnya susu sapi perahan sambil melihat cara pengolahan susu sapi khas Berastagi ini. Selain susu sapi segar, kamu yang merupakan penggemar yogurt juga bisa mencicipi yogurt buatan Perusahaan Susu Sapi Segar Gundaling.

Kemewahan Pagoda di Taman Alam Lumbini, Berastagi

Wisata Taman Alam Lumbini Berastagi

(http://www.lihat.co.id/wisata/taman-alam-lumbini-berastagi.html)

Keindahan lain dari Alam Berastagi bisa kamu lihat di Taman Alam Lumbini. Pernahkah kamu berpikir bahwa terdapat Pagoda yang begitu mewah di Sumatera Utara? Itulah yang dinamakan Taman Alam Lumbini. Pagoda ini menjadi pagoda yang paling megah, paling besar, dan paling tinggi yang berada di Indonesia. Inilah tempat wisata paling favorit yang bisa dikunjungi di Berastagi.

Letak Taman Alam Lumbini berada di Desa Tongkoh yang terletak di kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Tanah Karo. Pagoda yang terletak di lereng gunung Sibayak ini merupakan replica dari Pagoda yang ada di Myanmar, yaitu Pagoda Shewedago. Terdapat 2500 patung Budha yang berad di kawasan pagoda ini. Warna kuning keemasan membuat Pagoda ini terlihat begitu Menawan.

Memasuki kawasan Taman Alam Lumbini, kamu mungkin akan merasa kaget karena tidak dipungut biaya sepeserpun. Hal yang harus dilakukan adalah hanya mengisi buku tamu dan mentaati peraturan yang berlaku di dalam Pagoda. Pagoda pada hakikatnya merupakan rumah ibadah. Oleh karena itu, semua tamu yang memasukinya tidak diperkenankan untuk membuat gaduh dan rusuh untuk tetap menjaga kenyamanan dan kedamaian.

Tips Berkunjung Ke Taman Alam Lumbini

Untuk mengunjungi taman Alam Lumbini, trayek yang perlu Anda lalui cukup mudah. Taman Alam ini terletak di lereng Gunung Sibayak. Anda yang suka dengan fotografi tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan emas untuk memotret betapa mewah dan berkilaunya Pagoda di Taman Alam Berastagi.

Berkunjunglah ke Taman Alam Lumbini pada waktu pagi hari untuk mendapatkan pemandangan yang menwan dari Pagoda. Kilauan warna emas yang menyatu dengan langit yang biru akan membuat siapa saja yang memandang menjadi takjub. Berikutnya, kamu harus menjaga sopan santun dan kesopanan ketika memasuki area Pagoda.

Memasuki area Pagoda di Taman Alam Lumbini memang tidak dikenakan biaya sepeserpun. Namun hal yang perlu kamu ketahui adalah Pagoda merupakan tempat ibadah. Jadi kesopanan harus tetap dijaga  untuk menjaga kedamaian suasana di dalam Pagoda.

Wisata Alam Danau Toba di Sumatera Utara

Panorama Danau Toba Nan Memukau

Wisata Alam Danau Toba

(katakata-mutiara.com/obyek-wisata-danau-toba-sumatera-utara.html)

Danau Toba mungkin sudah kamu kenal sejak masa kanak-kanak meski kamu belum pernah berkunjung ke sana. Danau Toba menjadi salah satu dongeng favorit bagi anak-anak. Kisahnya menceritakan tentang asal muasal Danau toba.

Kamu yang berkunjung ke provinsi Sumatera Utara tidak boleh melewatkan objek wisata yang satu ini. Pemandangan danau yang mengharu biru bisa mempesonakan hati siapa saja yang memandangnya. Danau Toba menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di provinsi Sumatera Utara. Di tengah-tengah Danau Toba terdapat pulau yang sangat menawan yang disebut dengan Pulau Samosir. Luasnya hampir seluas Negara Singapura lho.

Sejak jaman dahulu, Danau Toba merupakan tempat yang selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Mereka biasanya juga mengunjungi beberapa tempat menarik lainnya yang berada di sekitar Danau Toba seperti di Bukit Berastagi, Bukit Nias, maupun Bukit Lawang.

Batu Gantung Menakjubkan Di Danau Toba

Batu Gantung Danau Toba Sumatera Utara

(www.gosumatra.com)

Tidak hanya wisata danaunya yang memukau, namun Danau Toba juga menyimpan berbagai keindahal alam lainya. Salah satu hal menarik yang bisa dilihat di danau toba adalah Bukit Gantung Parapat. Ini merupakan daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang ke Danau Toba.

Batu Gantung ini jika dilihat sepintas menyerupai seorang perempuan yang tergantung. Penduduk sekitar menamainya dengan Batu Gantung Parapat. Hal ini disebabkan karena Batu Gantung ini memiliki cerita tersendiri yang begitu berarti bagi warga masyarakat Parapat yang tinggal di sana.

Cantiknya Air Terjun Piso-Piso

Air Terjun Piso Piso Danau Toba

http://www.pedomanwisata.com/wisata-alam/air-terjun/air-terjun-sipiso-piso-eksotisme-keindahan-air-terjun

Air Terjun Piso-piso adalah hal yang sangat menarik untuk kamu lihat. Kamu bisa berkunjung ke sana ketika sedang berada di Kawasan Danau Toba. Air terjun piso-piso dikatakan sebagai salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia. Letak dari Air Terjun ini tidak jauh dari Danau Toba.

Air Terjun dengan ketinggian 800 mdpl ini menyajikan hutan pinus yang hijau dan indah. Gemuruh air terjun yang begitu khas menambah suasana di air terjun ini menjadi semakin menarik. Tempat ini merupakan tempat yang sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto-foto.

Beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan disana adalah menikmati pemandangan air terjun dari jarak yang cukup jauh. Kamu bisa menikmati keindahannya ketika berada di Tengah-tengah Danau toba. Ketika kamu sudah puas menikmatinya dari jarak yang jauh, kamu bisa datang mendekat untuk merasakan sensasi betapa nyamannya berada di dekat air Terjun Piso-piso.

Tips Berkunjung Ke Danau Toba

Lokasi Danau Toba memang mudah untuk dijangkau. Kamu bisa berkunjung ke Danau Toba dengan menggunakan 3 kendaraan yang paling menarik. Kawasan perairan yang sangat cantik ini memang perlu dinikmati dengan perlahan dan tidak terburu-buru.

Untuk menuju kawasan ini, kamu bisa ikut dengan beberapa tur yang menawarkan jasa yang murah untuk berwisata di kawasan Danau Toba. Untuk wisatawan yang baru pertama kali datang ke Danau Toba mungkin akan lebih senang jika berwisata ditemani oleh banyak orang. Pastinya, tur juga sekaligus akan menyediakan penginapan serta makanan.

Kedua, kamu bisa berkunjung ke Danau Toba dengan menggunakan jasa sewa mobil. Jasa sewa mobil bisa kamu dapatkan dengan harga yang murah karena trayek menuju Danau Toba cukup mudah untuk dijangkau.

Wisata Alam Pulau Samosir di Sumatera Utara

Keindahan Pulau Samosir

Wisata Alam Pulau Samosir Sumatera Utara

http://metawisata.com/wisata-pulau-samosir-danau-toba/

Pulau Samosir terkenal sebagai pulau yang cantik yang berada di tengah-tengah Danau Toba. Pulau Samosir memiliki banyak sekali tempat dan aktifitas yang menarik. Jika kamu berkunjung ke Danau Toba, Pulau Samosir tidak boleh kamu lewatkan ya. Mengapa? Inilah alasan mengapa Pulau Samosir benar-benar harus dikunjungi.

Popularitas dari Pulau Samosir memang sudah diakui oleh banyak orang. Ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer di kawasan Sumatera Utara. Danau Toba sebenarnya merupakan salah satu Danau yang terbentuk karena letusan dari gunug Vulkanik yang sangat Dahsyat sehingga membentuk sebuah kubangan raksasa yang berair. Keasyikan berkunjung ke Danau Toba tidak akan pernah terlepas dari keindahan Pulau Samosir yang begitu Menawan

Aktifitas di Pulau Samosir

Berenang di pasir putih yang berada di pinggiran Danau toba memang sangat mengasyikkan. Kamu yang berkunjung ke sana tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini. Tidak hanya para remaja dan orang tua yang suka berenang-renang di pinggiran pantai, namun anak-anak pun menyukainya. Betapa tidak? Ini karena saat berenangmu akan ditemani dengan pemandangan yang sangat mempesona.

Bagi kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Pulau Samosir, kamu tidak boleh melewatkan hal yang tidak terlupakan. Hal pertama yang akan dirasakan oleh para wisatawan tentunya adalah terkagum-kagum melihat Pulau Samosir yang penuh dengan pesona.

Aktifitas pertama yang bakal kamu lakukan di Pulau Samosir adalah dengan melihat Batu Persidangan. Batu Parsidangan merupakan salah satu batu yang disusun melingkar dan terlihat sngat rapi. Batu ini dikatakan sudah memiliki usia ratusan tahun lamanya.

Berikutnya, kamu bisa mengelilingi Pulau Samosir menggunakan sepeda motor. Panorama Pulau Samosir memang bisa dinikmati dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itu, kamu bisa menyewa sepeda motor untuk sekedar menikmati Pulau Samosir dengan lebih dekat.

Pertunjukan Sigale-gale juga merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat di Pulau Samosir. Tarian tradisional dari Batak ini menunjukkan sebuah kerinduan yang mendalam dari masyarakat Kampung Batak dengan Kampong Tua, yaitu Huta Bolon. Wisatawan yang menyaksikan pertunjukannya pasti akan merasakan betapa melekatnya tradisi dari masyarakat dengan leluhur mereka.

Tips Berkunjung Ke Pulau Samosir

Berkunjung ke Pulau Samosir bisa menjadi impian bagi setiap orang. Untuk berkunjung dengan lebih menyenangkan, kamu bisa mencari tiket promo murah ke Medan. Banyak pesawat yang memberikan harga yang murah. Khususnya pada saat promo.

Berikutnya, kamu juga bisa memilih transportasi yang murah ke medan. Gunakan angkutan umum tanpa argo untuk mendapatkan biaya transportasi yang murah. Ketika berkunjung ke Pulau Samosir, jangan lupa untuk berkunjung ke Batu Marhosa, Pantai Ambarita, Aek Natonang, Pantai Pasir Putih. Itulah beberapa tempat wisata alam yang perlu kamu jelajahi di Pulau Samosir.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Sumatera Utara yaitu Berastagi, Danau Toba, dan Pulau Samosir. Masing-masing tempat wisata memiliki keindahan tersendiri. Oleh karena itu, persiapkan fisik dan finansial untuk benar-benar bisa menikmati indahnya alam Sumatera dengan lebih dekat. Semoga informasi ini menginspirasi semua pembaca untuk lebih mencintai alam Indonesia. Selamat berlibur.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *